Categories
Tips Kesehatan

Waspada Makanan Untuk Penderita Maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang pada bagian lambung, maka waspada makanan untuk penderita maag. Banyak faktor yang dapat menyebabkan lambung menjadi sakit / perih seperti terlalu cepat makan, terlalu banyak makan, stress, kurang tidur, merokok, komsumsi alkohol, makanan pedas, makanan berlemak, makanan berminyak, minuman bersoda, minuman berkarbonasi serta bercaffein.

Makanan dan minuman memang dapat memacu maag menjadi kumat, terlebih lagi apabila anda sedang menghadapi masalah stress, tentunya lambung tidak akan merasakan rasa lapar sehingga dapat memicu terjadinya maag.

Hindari serta waspada makanan untuk penderita maag dikarenakan penyakit maag memang dapat menjadi berbahaya. Apabila lambung tidak dapat dimasukan makanan, maka maag akan menjadi maag yang sangat berbahaya. Simak berikut ini makanan apa saja yang tidak disarankan untuk penderita maag:

1.Jenis makanan / minuman yang asam

Makanan atau minuman yang harus dihindari adalah makanan terlalu pedas, berminyak, makanan jenis goreng, makanan yang masih keras, berlemak, saus tomat, jus lemon, buah jeruk, limau, minuman mengandung bahan pengawet / manis buatan, minuman bersoda dan berkarbonasi yang menyimpan zat asam paling tinggi. Bila maag anda sedang kumat, maka patut anda hindari makanan tersebut untuk sementara.

2.Jenis makanan / minuman dengan olahan susu

Susu merupakan jenis kandungan laktosa yang susah dicerna oleh tubuh dan juga dapat menjadi basi saat berada di lambung. Saat laktosa berada didalam lambung, pencernaan dapat terganggu karena tidak dapat mencerna dengan semestinya sehingga akan menimbulkan gas didalam perut. Untuk susu sendiri, anda dapat menanyakan saran dari dokter tentang susu manakah yang cocok untuk penderita maag.

3.Alkohol dan juga minuman cafein

Alkohol dan minuman berjenis cafein tidak disarankan untuk penderita maag, gas yang dihasilkan oleh kedua minuman tersebut sangatlah cepat menimbulkan gas yang sangat banyak didalam perut anda.

Walau banyak makanan yang harus dihindari untuk penderita maag, tetapi masih banyak juga makanan / minuman yang dapat anda pilih untuk kebutuhan kondisi kesehatan yang baik bagi penderita maag. Diharuskan juga untuk penderita maag, mengunyah makanan lebih halus dan juga sering memakan makanan walau hanya sedikit serta hindari juga merokok.