Categories
Uncategorized

Manfaat Kulit Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Anggur Untuk Kesehatan

6 Manfaat kulit anggur buat kesehatan, bisa turunkan kolesterol

Saat memakan buah anggur segar, biasanya kita akan membuang bagian kulit dan bijinya. Kita hanya menikmati daging buahnya saja tanpa berpikiran jika ternyata bagian kulit dan biji buah anggur yang sering tidak kita perhatikan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Dalam kulit dan biji buah anggur ini juga terkandung berbagai senyawa kimia yang memiliki efek yang positif yang tidak kalah pentingnya dengan efek atau manfaat yang dihasilkan dari daging buahnya. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Kulit Anggur Untuk Kesehatan. Simak ulsannya dibawah ini.

1. Mencegah kerusakan sel.
Ketika kita jatuh sakit, beberapa sel mengalami kerusakan. Salah satunya penyebabnya ialah kurangnya oksigen yang dibutuhkan sel. Nutrisi yang sangat dibutuhkan ialah aktioksidan. Nah, kulit anggur ini, banyak sekali mengandung antioksidan yang tinggi sehingga kebuthan yang dibutuhkan sel-sel dalma tubuh kita tercukupi.

2. Mengatasi herpes.
Herpes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan rasa panas pada tubuh penderitanya. Selain lidah buaya yang dapat mendinginkan kulit tubuh si penderita, mengonsumsi buah anggur beserta kulitnya juga dapat membantu mematikan virus herpes. Menelan bijinya malah dianjurkan karena bijinya juga dapat membantu mematikan virus herpes.

3. Mengatasi polio.
Selain dapat diatasi dengan imunisasi yang biasa dilakukan oleh anak-anak, mengonsumsi anggur beserta kulitnya juga dapat memperbaiki system saraf yang sering diserang oleh virus polio.

4. Mentralisasi racun dari dalam tubuh.
Racun yang ada ditubuh kita sering kali tak terlihat bahkan tak bisa dirasakan secara langsung. Namun dpaat dipastikan racun tersebut sudah banyak tak terhitung yang tinggal dalam tubuh kita. Untuk mencegahnya, anggur hijau menjadi perisai paling kuat sepanjang penelitian untuk menetralisir racun dalam tubuh kita.

5. Mengatasi kelelahan.
Rasa lelah memang tak bisa dihindari karena padatnya aktivitas kita. Namun, rasa lelah dapat diatasi dengan mengonsumsi anggur tanpa membuang kulitnya secara rutin. Kulit anggur sendiri mengandung zat besi yang dapat mengembalikan energi dalam tubuh hingga kita bersemangat kembali untuk melanjutkan aktivitas.

6. Mencegah kanker.
Flavonoid, antosianin, resveratrol, dan senyawa antioksidan adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit yang membunuh jutaan manusia tiap tahun. Apalagi bagi peroko, kanker adalah penyakit yang pasti mereka tanggung akibat kebiasannya. Mengonsumsi anggur sebanyak 0,25 gr perhari dapat mencegah kanker.

Categories
Uncategorized

Fakta Penyakit Pneumonia

Fakta Penyakit Pneumonia

Malaria dan AIDS adalah dua penyakit yang paling ditakutan terutama jika terjadi pada anak-anak. Tapi seberapa banyak yang tahu tentang penyakit pneumonia? Faktanya, masih sedikit orang yang tahu mengenai penyakit yang sering terjadi pada anak-anak ini.

Penyakit ini disebabkan oleh sejumlah microorganisme seperti virus,bakteri dan jamur. Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Padjadjaran, Cissy B. Kartasasmita melanjutkan pneumonia adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya infeksi jaringan paru-paru.

Saat seseorang terkena pneumonia, alveoli dipenuhi oleh nanah dan cairan yang menyebabkan asupan oksigen terganggu. Berikut merupakan Fakta Penyakit Pneumonia .

1. Gejala pneumonia berbeda-beda, tergantung pada usia

5 Fakta Penyakit Pneumonia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Balita

Gejala pneumonia pada anak dan orang dewasa berbeda. Pada anak, biasanya mereka akan mengalami sesak di bagian dada, sulit bernafas, dan kadang bibir serta kukunya berwarna biru atau abu-abu. Pada orang dewasa, biasanya badan akan terasa menggigil, diare, muntah, dan kembung.

2. Orang dengan asma berisiko lebih tinggi

5 Fakta Penyakit Pneumonia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Balita

Pneumonia terjadi karena adanya beberapa virus, seperti Haemophilus influenza, Streptococus pneumoniane, atau bisa juga akibat komplikasi pada virus flu dan virus pada penyakit pernafasan lain. Itu sebabnya, seseorang yang mengidap asma juga memiliki kemungkinan besar terserang pneumonia.

3. Ibu hamil juga rentan terserang pneumonia

5 Fakta Penyakit Pneumonia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Balita

Ibu hamil rentan terserang berbagai virus karena daya tahan tubuhnya melemah akibat perubahan hormon. Jadi, saat hamil, waspadalah ketika mengalami flu dan batuk biasa yang disertai radang tenggorokan. Itu karena gejala awal pneumonia seperti itu sering dianggap remeh.

4. Kebiasaan mengupil bisa menyebabkan pneumonia

5 Fakta Penyakit Pneumonia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Balita

Inilah satu penyebab mengapa penyakit ini banyak menyerang balita. Dilansir dari New York Post, menurut jurnal European Respiratory penyebaran bakteri terjadi antara hidung dan tangan. Biasanya anak-anak tidak memperhatikan kebersihan tangan sebelum mengupil.

Hal tersebut juga berlaku pada orang dewasa dan orang tua yang berusia lanjut. Kebersihan tangan memang perlu dijaga, terutama saat hendak makan atau setelah bepergian.

5. Jarang sikat gigi dapat memicu pneumonia

5 Fakta Penyakit Pneumonia, Penyebab Kematian Tertinggi pada Balita

Sikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur memang wajib dilakukan. Tujuannya tidak hanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, melainkan juga menjaga kesehatan organ tubuh lainnya, seperti paru-paru.

Dilansir dari laman Bustle, jika mulut mengandung banyak kuman dan bakteri, kuman patogen yang masuk lewat mulut menuju ke paru-paru. Itu sebabnya seseorang bisa mengalami penyakit pneumonia.

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Bagi kamu yang mengalami batuk dan flu dalam jangka waktu yang lama, jangan remehkan, ya. Segera ke dokter jika kamu atau keluargamu terserang pneumonia.

Categories
Uncategorized

Cara Mengobati Paru Paru Basah

Cara Mengobati Paru Paru Basah

Paru-paru basah adalah suatu kondisi yang umum terjadi di Indonesia dan tidak menular dari satu orang ke orang lain. Meskipun tidak menular, penyakit paru-paru basah yang tergolong ringan tetap bisa berubah menjadi parah jika tidak segera diobati. Lantas, bagaimana cara mengobati paru-paru basah yang ampuh? Berikut merupakan Cara Mengobati Paru Paru Basah .

1. Layaknya penyakit pada umumnya, sang penderita paru-paru basah harus beristirahat secukupnya dan menjauhi aktifitas fisik yang berat

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

2. Penderita paru-paru basah juga harus makan makanan kaya gizi yang mempercepat penyembuhan

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

3. Walaupun paru-paru basah, pemenuhan cairan tetap dibutuhkan lewat air putih, teh herbal, hingga sup yang hangat

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

4. Untuk menangani gejala batuk, sang penderita bisa meminum teh herbal pepermin, kayu putih dan fenugreek

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

5. Kumuh air garam juga bisa menghilangkan gejala batuk tersebut karena ia menghilangkan lendir atau kuman dalam tenggorokan

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

6. Penderita paru-paru basah umumnya susah bernapas, sehingga kopi, teh hijau, teh hitam serta air hangat bisa membuka jalur udara ke paru-paru

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

7. Minuman hangat juga membantu penderita paru-paru basah yang mendapatkan gejala kedinginan

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

8. Untuk mengurangi rasa sakit di dada karena batuk yang parah, minumlah teh herbal dengan campuran jahe di dalamnya

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

9. Penderita paru-paru basah juga mendapatkan demam, karenanya meminum obat seperti ibuprofen bisa mengurangi demamnya tersebut

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

10. Jika perlu, mengompres tubuh dengan sesuatu yang hangat dapat meredakan suhu tubuh yang mengalami demam

10 Cara Mengobati Paru-paru Basah yang Efektif

Tips atau cara mengobati paru-paru basah bisa dihindari dengan salah satu metode memberikan nutrisi yang tepat kepada lambung alias makan makanan sehat.

Selain itu berolahraga, mengontrol tingkat stres, dan beristirahat secukupnya adalah kunci kesehatanmu karena menghindarkanmu dari infeksi. Butuh waktu yang lama untuk sembuh dari penyakit ini, karena itu sang penderita harus bersabar.

Categories
Uncategorized

Penyebab Kista Coklat

Penyebab Kista Coklat

Image result for Kista Coklat

Kista cokelat adalah kista non-kanker, berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Kista cokelat ini mendapatkan namanya dari penampilan cokelat mereka, seperti tar, yang tampak seperti cokelat leleh. Kondisi ini juga disebut endometrioma ovarium.

Warna cokelat ini berasal dari darah menstruasi lama dan jaringan yang mengisi rongga kista. Kista cokelat dapat mempengaruhi satu atau kedua indung telur.

Kista cokelat terjadi pada 20 hingga 40 persen wanita yang menderita endometriosis. Endometriosis adalah gangguan umum di mana lapisan rahim, yang dikenal sebagai endometrium, tumbuh di luar rahim dan ke ovarium, saluran tuba, dan area lain dari saluran reproduksi.

Pertumbuhan berlebih lapisan ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan kadang-kadang infertilitas.

Kista coklat adalah subkelompok endometriosis. Kondisi ini sering dikaitkan dengan bentuk-bentuk gangguan yang lebih parah. Nah berikut ini kami akan memberikan anda tetntang apasaja Penyebab Kista Coklat .

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kista coklat, antara lain:

  • faktor genetik, dimana seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan penyakit kista coklat akan memiliki resiko yang sangat tinggi
  • menstruasi retrograde, yaitu darah menstruasi yang tidak keluar dari vagina melainkan mengalir masuk ke belakang menjuju tuba falopi dan ke arah perut
  • gangguan pada imunitas, dimana wanita yang daya tahan tubuhnya sedang rendah lebih resiko mengalami kista coklat
  • faktor lingkungan, yaitu paparan dioxin yang tinggi memicu aktivitas sel yang tidak normal dan dapat meningkatkan resiko munculnya kista coklat.

Gejala Kista Coklat

Kista coklat memiliki gejala yang tidak jauh berbeda dengan kista ovarium, dan biasanya akan muncul tanda seperti:

  • siklus menstruasi yang tidak normal, bisa memendek, tidak keluar sama sekali atau justru darah yang keluar terlalu banyak
  • nyeri pada pinggul
  • mudah lelah
  • mengalami depresi
  • nyeri hebat saat menstruasi yang jauh berbeda dari biasanya
  • nyeri saat berhubungan seksual
  • wanita dapat mengalami infertilitas.

Untuk mendiagnosis penyakit ini, dokter akan menggunakan alat ultrasonografi, dan pengambilan sampel atau biopsi cairan kista dengan menggunakan jarum. Kista coklat dapat menjadi penyebab tidak haid pada wanita, karena itu jangan sepelekan dengan haid yang tidak teratur dan segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan Kista Coklat

Dalam menentukan metode pengobatan kista ini, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu dari segi usia pasien, gejala yang dirasakan dan apakah pasien ingin punya anak atau tidak. Jika kista masih berukuran sangat kecil, biasanya dokter tidak akan melakukan tindakan apapun, dan pasien diwajibkan untuk memeriksakan diri secara berkala untuk memantau kondisi kista.

Jika kista semakin besar dan terasa menyakitkan, dokter akan melakukan tindakan pembedahan melalui laparoskop. Terkadang dokter juga akan memberikan obat untuk menghambat ovulasi, dengan memberikan pasien pil KB. Namun cara ini hanya ampuh untuk menghambat kista bertambah besar, bukan menghancurkan kista.

Berbagai metode dari pengobatan kista coklat dapat berakibat buruk terhadap fungsi ovarium, karena itu bagi pasien yang belum memiliki anak perlu konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan terbaik tanpa mengganggu fungsi indung telur. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat mencegah penyakit ini muncul, jadi waspadalah dan segera memeriksakan diri jika terdapat gejala yang tidak wajar.

Categories
Uncategorized

Khasiat Makan Telur Rebus

Khasiat Makan Telur Rebus

Image result for Telur Rebus

Sarapan pagi dengan mengonsumsi telur bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasa kenyang lebih lama. Manfaat makan telur diketahui membuat perut kenyang lebih lama karena kendungan protein dalam telur, dibandingkan dengan protein dalam gandum.

Sebutir telur memiliki sekitar 70 kalori dan mengandung sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak, dan 186 miligram kolesterol. Berikut ini kami akan membahas seputar Khasiat Makan Telur Rebus .

  1. Menyehatkan Otak

Mengonsumsi telur rebus nyatanya bisa menjadi cara menjaga kesehatan otak secara alami dan efektif lho. Ada kandungan mineral dan vitamin tinggi di dalam telur rebus yang siap memaksimalkan fungsi otak maupun mengembalikan fungsi yang sempat menurun. Pastikan mengonsumsinya rutin agar fungsi memori, sel otak, dan sistem saraf terjaga baik.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Zeaxanthin dan juga lutein, yakni dua jenis antioksidan esensial terkandung di dalam telur. Maka dengan merebusnya, kita bisa tetap mendapatkan manfaat nutrisi tersebut saat menikmati telur rebus. Nutrisi itulah yang penting sebagai cara menjaga kesehatan mata dari dalam sekaligus menjadi proteksi bagi mata dari bahaya sinar ultraviolet yang otomatis mampu mengurangi potensi katarak.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Jangan lupa bahwa makan telur rebus akan memberi tubuh asupan asam amino sehingga tubuh mampu menggunakan protein dengan maksimal. Ketika protein dipakai tubuh dengan mudah, otomatis metabolisme pun terdorong dan mengalami peningkatan.

  1. Mendukung Perkembangan Janin

Makan telur rebus matang untuk para ibu hamil juga sangat berguna lho untuk perkembangan organ tubuh janin selama di kandungan. Perkembangan otak janin dapat terjadi secara sempurna dan bahkan kandungan pada telur akan mencegah bayi lahir cacat pula.

  1. Menjaga Berat Badan

Karena telur rebus adalah sumber protein tinggi yang juga pemberi energi bagi tubuh, mengonsumsinya akan memberi efek kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan sering apalagi bakal tertekan. Ini menjadikan telur rebus patut dikonsumsi bagi yang ingin menjaga berat badan atau tengah mencari cara menurunkan berat badan yang alami.

  1. Membangun Kekuatan Otot

Makan telur rebus bagi yang rajin berolahraga atau yang sedang diet dan ingin membentuk otot maka akan sangat menguntungkan. Telur rebus tak hanya membantu menstabilkan berat badan, tapi juga berguna dalam mencegah penurunan massa otot serta mendukung kekuatan otot agar meningkat.

  1. Mendukung Pertumbuhan Kuku dan Rambut Sehat

Telur rebus yang dikonsumsi rutin pun memberi keuntungan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih sehat. Ini karena ada kandungan antioksidan, vitamin D dan sulfur tinggi bersama dengan mineral dan vitamin lainnya yang ditawarkan pada kuku dan rambut agar terjaga kesehatannya.

  1. Meningkatkan Kadar HDL

Saat kadar HDL rendah dan LDL yang tinggi, ini pertanda yang cukup buruk lho karena itu artinya kolesterol jahat jauh lebih tinggi di dalam tubuh. Makan telur rebus 2 butir setiap hari bermanfaat meningkatkan kadar HDL sehingga risiko penyakit jantung serta gangguan kesehatan serius lainnya dapat dihindari.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Sering merasakan perut terasa penuh akibat kembung? Ada kemungkinan hal ini terjadi sebagai efek mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat terlalu sering. Makanlah telur rebus entah itu sebagai sarapan atau di jam makan lainnya agar tidak mengemil atau menikmati makanan lainnya yang tak sehat. Saat rasa kenyang tahan lama tanpa berlebihan, perut akan terasa lebih nyaman dan tidak akan mudah kembung.

Jadi, manfaat makan telur rebus bagi kesehatan tubuh begitu banyak bukan? Baik itu untuk jantung, otak, berat badan, rambut maupun kuku bisa merasakan manfaatnya. Maka mengonsumsi telur rebus setiap hari tak akan membuat kita menyesal, namun juga jangan sampai berlebihan sebab cukup 2-4 butir dalam sehari.

Categories
Uncategorized

Obat Tradisional Untuk Kudis

Obat Tradisional Untuk Kudis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis
Obat Tradisional Untuk Kudis

Kudis adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa sangat gatal di kulit, terutama pada malam hari, disertai dengan timbulnya ruam bintik-bintik menyerupai jerawat atau lepuhan kecil bersisik. Kondisi ini merupakan dampak dari adanya tungau yang hidup dan bersarang di kulit.

Jumlah tungau yang terdapat di kulit penderita kudis berkisar 10-15 ekor, dan dapat berkembang biak hingga berjumlah jutaan, dan menyebar ke bagian tubuh lain, jika tidak mendapatkan penanganan tepat, tungau.

Kudis merupakan penyakit yang mudah menular, baik secara kontak langsung atau tidak. Maka dari itu, jika telah merasakan gejala-gejala kudis, dianjurkan untuk segera menemui dokter. Infeksi pada awalnya berasal dari tungau betina yang membuat lubang di lapisan tanduk kulit. Disinilah tungau betina bertelur setiap hari, kemudian menetas dalam waktu 2 sampai 4 hari hingga menjadi larva berkaki 6. Dalam 1 hingga 2 hari, larva berubah menjadi tungau dari stadium pertama ke stadium kedua yang berkaki 8. Tungau dewasa berkembang dalam waktu 2 sampai 4 hari, hingga memulai fase berulang dan terus berkembang biak. Aktifitas ini membuat kulit tampak berlubang-lubang, sangat gatal dan permukaan kulit tampak kemerahan. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Tradisional Untuk Kudis  :

Secara tradisional, orang tua kita telah mengajarkan cara mengobati kudis, salah satunya dengan daun Mindi. Mindi Kecil merupakan tanaman bercabang banyak dengan ciri kulit batang berwarna coklat tua. Batang tanaman silindris, dan tidak berbanir, kulit beralur membentuk garis-garis dan bersisik. Ciri daun majemuk, menyirip ganda, tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm.
Senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman mindi diantaranya flavone glicoside, quercitrin, dan kaemferol. Tanaman ini mengandung protein tinggi dan bersifat insektisida terhadap nematoda. Adapun cara membuat ramuan obat kudis tradisional sebagai berikut:
  1. Siapkan kulit batang dan akar tanaman mindi, kemudian dicuci bersih.
  2. Iris atau dihaluskan, kemudian masukkan kedalam wadah yang berisi air hangat.
  3. Gunakan air ini untuk mencuci bagian kulit yang berkudis dan gatal, gosok ampasnya pada bagian tersebut.
  4. Lakukan dua kali sehari hingga kudis sembuh.
Ramuan ini bisa digunakan untuk semua usia tanpa efek samping. Obat kudis tradisional ini hanya digunakan untuk pemakaian luar kulit. Tanaman ini berasa pahit, dingin dan sedikit beracun jika tertelan. Pastikan untuk tidak menelan atau meminum air yang telah bercampur dengan tanaman Mindi.
Categories
Uncategorized

Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan
Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Bernapas merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun apa jadinya jika kita mengalami gangguan dalam bernapas atau sesak napas? Jelas hal itu bisa menurunkan kualitas hidup kita.

Sesak napas sendiri adalah kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan Anda sesak napas. Hmmm berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat :

Sebagian orang mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas hanya dalam waktu singkat, namun sebagian orang lagi mengalaminya dalam jangka panjang, hingga berminggu-minggu. Jika sesak napas yang Anda alami bukan karena kondisi darurat medis, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini sebagai cara mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat-obatan.

  • Pursed-lip Breathing
    Ini merupakan teknik bernapas sebagai cara mengatasi sesak napas yang sederhana dan mudah dilakukan. Teknik ini membantu memperlambat laju pernapasan Anda, yang membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Anda bisa melakukannya kapan saja ketika mengalami sesak napas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda, atau menaiki tangga. Caranya dengan merelaksasikan otot leher dan bahu Anda. Tutup mulut Anda saat menghirup, dan ambil napas pelan-pelan melalui hidung dalam dua hitungan, dan buang napas perlahan melalui celah bibir atau mulut sampai hitungan keempat.
  • Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk
    Istirahat sambil duduk bisa membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat pernapasan lebih mudah. Duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak lantai, condongkan dada sedikit ke depan. Perlahan letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Otot leher dan bahu Anda harus tetap rileks. Posisi duduk ini juga bisa Anda lakukan dengan bertumpu pada meja, istirahatkan lengan dan kepala Anda di meja, jangan lupa gunakan bantal untuk menyangga kepala Anda agar posisi lebih nyaman.
  • Berdiri Menyandar Dinding
    Berdiri menyandar pada tembok atau lainnya bisa turut membantu merilekskan tubuh dan saluran pernapasan Anda. Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul. Jaga agar kaki Anda terbuka selebar bahu dan tangan berada di samping kedua paha Anda. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan. Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan Anda bertumpu pada meja dan merilekskan otot leher dan bahu Anda.
  • Berbaring Santai
    Cobalah bernapas sambil berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal. Usahakan punggung tetap lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan saluran udara Anda rileks, membuat pernapasan menjadi lebih mudah.
  • Pernapasan Diafragma
    Pernapasan diafragma juga dapat menjadi cara mengatasi sesak napas. Caranya, Anda cukup duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher. Letakan satu tangan Anda di depan perut, dan satu lagi di depan dada. Bernapaslah dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas. Saat Anda mengembuskan napas, kencangkan otot perut. Buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Jaga agar mengembuskan napas lebih lama dari biasanya, sebelum perlahan menghirup napas lagi. Ulangi sekitar lima menit.
  • Batuk
    Batuk yang terkontrol juga dapat membantu Anda bernapas lebih baik. Terlebih jika Anda memiliki banyak lendir dalam tenggorokan atau di sekitar paru-paru Anda.
  • Kipas Angin
  • Beberapa studi menyebutkan bahwa udara sejuk kipas angin bisa membantu meredakan sesak napas. Anda cukup menyalakan kipas angin dan bernapaslah seperti biasa. Tapi jangan lupa untuk sering membersihkan kipas angin agar tidak terpapar debu.
  • Minum Kopi
    Kafein yang terdapat pada kopi disebut dapat melemaskan otot-otot di saluran napas penderita asma. Hal ini dapat memperbaiki fungsi paru hingga empat jam.
  • Pola Hidup Sehat
    Gaya hidup sehat dapat membantu Anda terhindar dari serangan sesak napas. Berhentilah merokok atau menghindari asap rokok, hindari paparan polusi udara, dan turunkan berat badan jika Anda terlalu gemuk. Jaga pola makan dengan menu yang sehat dan tidur yang cukup. Anda perlu berkonsultasi ke dokter terkait kemungkinan masalah medis yang mendasari kondisi sesak napas yang Anda alami.

Langkah mudah cara mengatasi sesak napas tersebut bisa Anda lakukan di rumah. Apabila sesak napas disebabkan oleh penyakit penyerta atau gejala lebih berat dari sebelumnya maka biasanya kecil kemungkinan sesak napas bisa ditangani tanpa pengobatan, dengan kata lain penyakit penyerta yang mendasari munculnya gejala juga perlu diobati. Selain mencoba langkah di atas, tenangkan pikiran dan emosi saat napas mulai terasa kurang nyaman atau sesak.  Namun, segeralah ke dokter atau unit gawat darurat jika mengalami sesak napas yang berkepanjangan di malam hari, atau sesak napas yang disertai demam, menggigil, batuk-batuk,  dan kaki atau pergelangan kaki membengkak dan terasa dingin.

Categories
Uncategorized

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata
Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, tugas utama selanjutnya adalah memberikan nutrisi melalui ASI (air susu ibu). Maka dari itu, seorang ibu yang menyusui harus mengosumsi makanan-makanan yang sehat agar bayi mendapatkan ASI berkualitas. ASI yang berkualitas akan menjadikan bayi sehat dan lincah.

Berikut ini ada Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui :

1. Ikan salmon

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang pertama adalah ikan salmon. Ikan yang satu ini tidak hanya direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, tapi juga selama masa menyusui.

Kandungan vitamin B12 dan juga asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dipercaya dapat membantu menangkal depresi pascapersalinan. Salmon juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI dan membuat ASI lebih bergizi dengan kandungan DHA yang ada di dalamnya.

2. Oatmeal

Selanjutnya makanan yang masuk ke dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil adalah oatmeal. Makanan yang satu ini dapat menjadi pilihan menu para ibu untuk sarapan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya.

Oatmeal yang kaya akan zat besi dapat membantu mencegah anemia pada ibu menyusui. Perlu diketahui bahwa anemia juga akan berpengaruh pada produksi ASI.

3. Telur

Sama seperti oatmeal, telur juga bisa menjadi bahan makanan praktis lainnya. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral.

Jenis telur yang paling direkomendasikan adalah telur yang diperkaya omega-3 sehingga kandungan DHA dan EPA di dalamnya lebih tinggi dari telur pada umumnya.

4. Wortel

Salah satu sayuran yang merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui adalah wortel. Sayuran satu ini memiliki kandungan provitamin A, yaitu betakaroten yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Wortel dapat meningkatkan produksi ASI dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu menyusui.

5. Bayam

Sayuran lainnya yang juga baik untuk ibu menyusui adalah bayam. Sayuran hijau satu ini memang menjadi sayuran andalan sejak masa kehamilan. Bayam memang memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui mulai dari zat besi, kalsium, asam folat, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya.

6. Susu dan produk olahan susu

Makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju. Susu merupakan sumber kalsium dan kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

7. Ubi

Ubi banyak disebut sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui, padahal belum terdapat penelitian ilmiah apakah benar ubi dapat meningkatkan produksi ASI. Meskipun begitu, ubi memang tetap menjadi makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ubi memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan zat besi.

8. Pepaya muda

Pepaya muda dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Konsumsi pepaya muda sendiri memang merupakan hal yang lumrah di Indonesia. Pepaya muda atau pepaya mengkal dapat diolah menjadi salad yang sehat untuk ibu menyusui.

9. Pisang

Pisang juga menjadi buah lain yang dipercaya sangat baik untuk ibu menyusui. Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan menjaga asupan kalium sangatlah penting ketika sama kehamilan dan juga selama menyusui.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Kacang seperti kacang almond juga memiliki kandungan vitamin E dan omega 3. Pilihan kacang seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mede bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk ibu menyusui.

Namun jangan lupa juga untuk memerhatikan pengolahannya agar kacang tetap baik untuk kesehatan.

Tips Menjaga Produksi ASI

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk ibu menyusui agar produksi ASI tetap mencukupi dan sehat:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Mengonsumsi air putih yang banyak sangat dibutihkan oleh ibu menyusui. Bila perlu, konsumsi jus buah juga bisa dilakukan. Ketika menyusui, ibu membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tubuhnya terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi ASI terhambat.

2. Hindari stres dan istirahat cukup

Bayi yang baru lahir terkadang menuntut orang tuanya untuk banyak terjaga di malah hari. Meskipun begitu, ibu menyusui harus tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika kelelahan atau kurang istirahat, maka produksi ASI juga dapat berkurang.

Terlalu banyak pikiran juga dapat menjadikan produksi ASi terhambat. Ibu sering kali mengalami berbagai macam kekhawatiran ketika menghadapi bayi yang baru lahir. Jika mendapatkan masalah, minta saran ke orang di sekitar Anda agar lebih tenang. Bila perlu Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

3. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dapat menngurangi produksi ASI. Menghindari alkohol dan rokok juga merupakan salah satu langkah hidup yang lebih sehat yang tidak hanya baik untuk sang ibu, tapi juga baik untuk buah hati Anda.

Nutrisi yang didapatkan oleh bayi yang menyusui, sangat bergantung pada sang ibu. Jika ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, maka ibu menyusui juga harus mengonsumsi makanan terbaik.

Kunci dari makanan sehat untuk ibu menyusui pada dasarnya adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika memiliki masalah seputar menyusui, jangan sungkan untuk berbagai dengan orang terdekat maupun dengan dokter.

Categories
Uncategorized

Kenali Jenis Penyakit Mata

Kenali Jenis Penyakit Mata

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras , Obat Sakit Tenggorokan Alami , Titik Pijat Mengatasi Sakit Kepala , Tips Menjaga Kandung Kemih , Tips Agar Tidak Keracunan Makanan , Cara Mengatasi Gatal Akibat Kutu , Obat Tradisional Kuku Berjamur , Obat Alami Mengatasi Cantengan , Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering , Tips Melahirkan Lancar Dan Normal , Cara Menghilangkan Stretch Mark , Makanan Memicu Kebutaan , Kenali Jenis Penyakit Mata , Bahaya Kafein Bagi Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu
Kenali Jenis Penyakit Mata

Kasus kebutaan di Indonesia secara keseluruhan tergolong tidak begitu tinggi. Meski begitu, gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi momok kesehatan serius khususnya pada kelompok lansia. Tingginya angka kebutaan di usia lanjut sebagian besar disebabkan oleh katarak, yang memang dapat berkembang seiring bertambahnya usia. Lantas, apalagi jenis penyakit mata lainnya yang paling umum terjadi di Indonesia?. Berikut ini kami akan mengajak anda Kenali Jenis Penyakit Mata , jadi bagi anda yang penasaran , maka simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

1. Katarak

Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia, bahkan hingga mencapai 50 persen. Menurut data Riskesdas Kemenkes RI tahun 2013, per setiap 1,000 jiwa ada 1 orang penderita baru katarak. Kasus katarak terbanyak ada di Provinsi Sulawesi Utara dan yang terendah ditempati DKI Jakarta.

Penduduk Indonesia bahkan dilaporkan 15 tahun lebih cepat untuk mengembangkan katarak dibandingkan penduduk daerah subtropis lainnya (seperti Malaysia, Hong Kong, dan Jepang). Sekitar 16-22% penderita katarak di Indonesia yang sudah menjalani operasi katarak berusia di bawah 55 tahun.

Tingginya kasus kebutaan akibat katarak di Indonesia kebanyakan disebabkan oleh ketidaktahuan telah mengalami katarak dan/atau tidak begitu menyadari gejala katarak. Katarak menyebabkan lensa mata menjadi berawan, sehingga penglihatan tampak kabur pada awalnya. Dilansir dari Health Line, penderita katarak biasanya kesulitan melihat di malam hari, peka terhadap cahaya, dan tidak bisa membedakan warna dengan jelas.

Selain karena faktor usia, beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko katarak sejak usia mudaadalah genetik, diabetes yang tidak diobati, hipertensi yang tidak ditangani, merokok, hingga pernah terkena penyakit mata tertentu lainnya.

2. Glaukoma

Penyakit mata ini menyumbang angka kebutaan sebanyak 13,4% di Indonesia. Glaukoma mengikis dan merusak saraf optik yang menunjang penglihatan mata.

Ada dua jenis glaukoma, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup. Keduanya bisa disebabkan oleh faktor usia, keturunan, komplikasi hipertensi pada mata, komplikasi diabetes, hingga penyakit mata tertentu seperti ablasi retina dan retinitis (infeksi peradangan retina).

Glaukoma dapat dicegah dengan deteksi dini terhadap penyakit yang mendasarinya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Masalah refraksi

Masalah refraksi mata adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan cahaya masuk tidak terpusat langsung ke retina. Kelainan refraksi menyebabkan kebutaan sebesar 9,5% di Indonesia.

Beberapa kelainan refraksi pada mata meliputi:

  • Rabun dekat (hiperopia): menyebabkan penglihatan buram saat melihat benda dekat, seperti saat membaca buku atau menggunakan komputer.
  • Rabun jauh (miopia): menyebabkan penglihatan buram saat melihat objek dari kejauhan, seperti saat menonton TV atau mengemudi.
  • Astigmatisme: menyebabkan penglihatan ganda saat melihat objek dari jarak dekat ataupun jauh.
  • Presbiopia (mata tua): terjadi pada usia 40 tahun ke atas yang menyebabkan penglihatan buram dalam jarak dekat. Kondisi ini terkait dengan penambahan usia.

Gejala umum dari refraksi mata adalah ketidakmampuan melihat benda dengan jelas (baik jauh atau dekat), pandangan kabur atau berbayang, hingga kepala terasa pusing saat memfokuskan titik penglihatan pada satu obyek.

4. Konjungtivitis (mata merah)

Konjungtivitis atau iritasi mata sering terjadi di Indonesia akibat paparan asap polusi, alergi, paparan zat kimia (sabun atau sampo), hingga infeksi (virus, bakteri, dan jamur). Konjungtivitis menyebabkan mata merah, terasa nyeri, gatal, berair hingga pembengkakan di sekitar area mata. Mata merah bisa disembuhkan dengan penggunaan obat tetes mata.

5. Pterigium

Pterigium adalah gangguan mata akibat adanya selaput lendir yang menutupi bagian putih mata. Penyakit mata ini sering terjadi akibat sering terpapar radiasi sinar matahari. Gejalanya bisa meliputi mata merah, pandangan kabur, serta mata yang terasa gatal atau panas. Adanya selaput lendir tersebut juga membuat mata seperti kelilipan benda asing. Pterigium bisa disembuhkan dengan pemberian resep tetes mata kortikosteroid untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut atau dengan operasi.

Categories
Uncategorized

Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia
Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Daun ungu (Graptophyllum pictum) atau biasa disebut juga daun wungu adalah tumbuhan obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia. Spesies ini memiliki nama daerah sebagai berikut: demungtulakwungu (Jw), daun temen-temenhandeuleum (Sd), karotong (Md), temen (Bl), kadi-kadikobi-kobi (Tn), dan daun putri (Am). Daun ungu adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m.  Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan.  Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata.  Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda. Spesies ini aslinya berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Kemudian, diperkenalkan ke Indo-Cina, Semenanjung Malaya, Filipina, dan Indonesia. Di Jawa, daun ungu tumbuh sampai pada 1250 mdpl. Tumbuhan ini dibudidayakan sebagai tumbuhan pagar dan tumbuhan hias, yaitu yang bervarietas daun yang berwarna merah. Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu pula, ia tumbuh di tempat yang lembab, dan hangat. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai Pengobatan Alternatif Daun Ungu :

1. Ambeien
Bahan: 3-7 lembar daun ungu dan adas pulawaras. Cara membuat: daun direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. cara menggunakan: minum 1 kali setiap pagi secara teratur.

2. Melancarkan buang air seni
Bahan: 1-2 genggam daun ungu dan adas pilowaras. Cara membuat: ditumbuk bersama dengan halus. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian perut seperti param.

3. Mempelancar haid
Bahan: 3 sendok makan bunga daun ungu yang sudah dikeringkan. Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih sehingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara mengunakan: diminum 3 hari menjelang datang bulan ( haid )

4. Rematik/encok
Bahan: 1-2 lembar daun ungu. Cara membuat: ditumbuk sampai halus.cara menggunakan: oleskan pada bagian yang sakit sebagai param.

5. Bisul
Bahan: 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat: daun ungu diolesi minyak kelapa kemudian dipanggang diatas api. Cara menggunakan: dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang sakit (bisul)

Komposisi
Daun ungu (graptophyllum pictum) memiliki kandungan kimia, antara lain: alcohol, pectin, asam fomiat.