Tips Mudah Cegah Penyakit Campak

Tips Mudah Cegah Penyakit Campak

Rubeola, atau yang lebih dikenal dengan penyakit campak adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Sebelum imunisasi campak digalakkan, campak adalah salah satu penyakit endemik yang menyebabkan kematian terbanyak setiap tahunnya.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dalam keluarga paramyxovirus yang biasanya ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita atau lewat udara. Virus menginfeksi saluran pernapasan dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala spesifik dari penyakit ini adalah ruam kulit berwarna kemerahan yang muncul 7-14 hari setelah paparan dan dapat bertahan selama 4-10 hari. Pada anak-anak, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius yang mematikan jika tidak ditangani dengan baik. Oleh sebab itu, segera konsultasi ke dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat jika Anda atau anak Anda mengalami penyakit ini. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Tips Mudah Cegah Penyakit Campak  :

1. Cucilah tangan sesering mungkin

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Tips pertama adalah mencuci tangan sesering mungkin. Hal sederhana ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak.

Pasalnya, dengan sering mencuci tangan, maka dapat meminimalkan penyebaran virus dan dapat membantu kamu agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. Sehingga, risiko terjadinya penyakit campak akan semakin kecil.

2. Melakukan vaksin

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Tips kedua adalah melakukan vaksin. Vaksin merupakan cara yang wajib kamu lakukan untuk dapat tercegah dari terjadinya penyakit campak.

Vaksin MMR adalah vaksin yang dapat melindungi kamu dari terjadinya penyakit campak, sekaligus mencegah terjadinya gondok dan rubella. Untuk anak-anak dapat menerima vaksin MMR pada usia 12 bulan dan dosis kedua pada usia antara 4-6 tahun.

Serta untuk orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin MMR, kamu dapat meminta vaksin dari dokter untuk mencegah terjadinya penyakit campak.

3. Gunakan masker

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Menggunakan masker terutama saat berada di tempat-tempat umum merupakan cara yang perlu kamu lakukan untuk mencegah dirimu dari serangan penyakit campak. Pasalnya, penyakit campak ini dapat menyebar melalui butiran-butiran air kecil yang terlempar ke udara saat si penderita campak batuk atau bersin.

Sehingga, dengan sering menggunakan masker terutama saat berada di tempat-tempat umum dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit campak.

4. Menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit campak adalah cara yang paling utama untuk dapat tercegah dari penyakit campak. Pasalnya, penyakit campak dapat menular dengan menyentuh si penderita atau bahkan barang yang disentuh oleh penderita penyakit campak.

Sehingga jangan mudah bersalaman, berbagi pakaian, handuk, selimut, peralatan makan atau minuman dengan penderita penyakit campak.

5. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Jangan Sampai Terjadi, Ini 5 Tips Mudah untuk Cegah Penyakit Campak

Tips yang terakhir adalah makan makanan yang sehat. Hal ini dikarenakan campak mudah menyerang seseorang yang memiliki kondisi imun tubuh yang rendah.

Sehingga untuk menjaga imun tubuh, kamu harus makan makanan yang sehat dan tentunya bergizi untuk menghindarkan kamu dari bahaya penyakit campak.