Tips Mengatasi Perut Kembung

Tips Mengatasi Perut Kembung

Image result for Perut Kembung

Apakah Anda kerap merasakan perut kembung? Perut kembung bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti maag, masuk angin, bahkan kekurangan enzim. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perut kembung bisa terjadi ketika saluran pencernaan terisi udara atau gas yang berlebih. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan bisa membuat perut Anda terasa membesar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda Tips Mengatasi Perut Kembung , jadi bagi anda yang penasaran , yuk langsung kita simak ulasannya berikut ini .

  1. Hentikan Minuman Soda

Cara pertama untuk mengatasi perut yang kembung agar tidak bertambah parah adalah degan menghentikan pengkonsumsian soda dalam kehidupan sehari-hari. Jika suka mengkonsumsi soda, akan banyak gas yang masuk ke dalam perut hal itu dikarenakan soda merupakan minuman karbonasi. Selain bisa memperparah dan menyebabkan perut menjadi kembung, banyak sekali dampak bahaya minuman bersoda untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kesehatan ibu hamil. Tidak hanya itu saja, soda juga merupakan minuman yang memicu penyakit diabetes dikarenakan kandungan gulanya yang sangat tinggi.

  1. Membatasi Susu

Khasiat susu sapi murni dan berbagai macam susu lainnya sudah tidak diragukan lagi. Susu dipercaya sebagai minuman kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun siapa sangka jika susu ini juga bisa memicu perut kembung. Oleh sebab itu untuk menghilangkan dan mengatasi perut kembung adalah dengan menghentikan pengkonsumsian makanan dan minuman yang bisa memicu dan memperparah kondisi perut kembung.

Alasan susu bisa menjadi perut kembung sebab susu kaya dengan laktosa. Orang yang alergi pada laktosa bisa menyebabkan perutnya menjadi kembung. Oleh sebab itu menghindari dan membatasi produk susu dan olahannya dipercaya bisa mengatasi perut kembung. Untuk anda yang suka susu namun sering kembung setelah mengkonsumsinya, anda bisa beralih ke produk susu yang bebas dari laktosa atau memiliki laktosa dengan tingkat rendah.

  1. Membatasi Makanan Famili Kubis

Famili kubis merupakan keluarga yang dipercaya bisa menyebabkan gas menjadi menumpuk di dalam perut manusia. Famili kubis itu tidak hanya daun kol dan bunga kolnya saja, namun ada banyak sekali famili kubis yang menjadi pemicu gas berlebihan di dalam tubuh manusia. Brokoli pun juga termasuk dalam family kubis sehingga meski bagus untuk kesehatan, mengkonsumsi brokoli dalam jumlah banyak pun menjadi penyebab seseorang menjadi kembung dan begah.

Salah satu alternatif untuk mengurangi gas yang ada dalam sayuran itu adalah dengan memasaknya dengan tumbuhan jejamuan seperti jahe, rosemary dan bay leaf. Alasan memasak family kubis menggunakan tumbuhan jejamuan dikarenakan mampu memecah kandungan gula yang menyebabkan produksi gas.

  1. Hindari Alkohol

Untuk mengatasi perut kembung anda juga harus menghindari pengkonsumsian alkohol. Banyak sekali bahaya alkohol bagi kesehatan yang harus anda ketahui salah satunya adalah menjadi penyebab seseorang mengalami kembung. Oleh sebab itu menghindari penyebabnya bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi perut kembung.

  1. Batasi Mengkonsumsi Makanan Kacang-Kacangan

Meskipun kacang-kacangan banyak bermanfaat untuk kesehatan dikarenakan sumber lemak nabati namun siapa sangka jika kacang-kacangan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kembung dan begah. Alasan suku kacang-kacangan seperti keluarga pea, lentil dan bean menjadi pemicu kembung dan begah dikarenakan dalam suku kacang-kacangan itu memiliki banyak gula alami dan sulit dicerna dan diurai oleh tubuh. Sama halnya ketika anda mengkonsumsi family kubis. Untuk mengatasi perut kembung pun bisa anda lakukan dengan membatasi pengkonsumsian makanan suku kacang-kacangan.

  1. Menghindari Makanan Olahan dan Pemanis Buatan

Bagi anda yang ingin meredakan perut kembung ada baiknya anda menghindari makanan olahan dan juga makanan maupun minuman yang mengandung pemanis buatan. Makanan olahan yang dimaksud disini adalah makanan cepat saji atau makanan beku dimana untuk menyajikannya harus menggunakan bantuan microwave. Semua makanan olahan itu justru tertahan di dalam perut sehingga membuat perut menjadi kembung dan juga terasa begah. Alasan lainnya makanan olahan bisa menyebabkan perut menjadi kembung dikarenakan makanan olahan itu mengandung banyak bahan kimia dan juga lemak yang tidak dengan mudah dicerna oleh tubuh manusia.

Sama halnya dengan makanan olahan, pemanis buatan ada yang menggunakan bahan kimia didalamnya sehingga tidak bisa dicerna oleh tubuh. Anda yang sering mengalami perut kembung dan ingin meredakannya bisa menghindari makanan yang bebas pemanis buatan di dalamnya. Pemanis buatan yang sering ditemukan adalah mannitol, xylitol dan sorbitol. Pemanis buatan ini merupakan masalah umum pencernaan yang menjadi penyebab perut menjadi kembung dan bergas.

  1. Mengunyah Lebih Lama

Tahukah anda bahwa kebiasaan yang kita lakukan bisa menjadi pemicu kembung di dalam tubuh kita?, kebiasaan buruk yang menjadi pemciu kembung dan perut bergas di dalam tubuh kita adalah mengunyah dan memakan makanan secara cepat. Hal itu diperparah dengan berbicara di sela waktu makan sehingga menyebabkan udara banyak yang masuk ke dalam perut kita. Oleh sebab itu untuk mengatasi perut kembung cobalah untuk mengubah kebiasaan anda tersebut dengan mengunyah perlahan makanan yang ada di dalam tubuh kita. Untuk bisa mendapatkan nutrisi yang tepat dan terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan ada baiknya anda mengunyah makanan minimal 20 kali sebelum anda menelannya.

  1. Jangan Menelan Udara Berlebihan

Untuk mengatasi perut kembung dan tidak memperparah kondisi perut kembung ada baiknya anda menghindari menelan udara. Kebiasaan buruk ini akan membuat anda menjadi kembung. Menelan banyak udara akan membuat perut menjadi terisi dengan udara, udara itulah yang menyebabkan perut menjadi kembung. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa membuat perut anda terisi dengan banyak udara kemudian menjadi kembung :

  • Minum menggunakan sedotan. Minum dengan cara ini tanpa anda sadari bisa membuat anda memasukkan banyak udara di dalam tubuh anda. Hal itu dikarenakan ketika anda meminum menggunakan sedotan udara ikut terhirup kemudian tertelan. Hal ini bisa terjadi saat anda meminum minuman di tetes terakhir.
  • Menghisap permen. Saat menunggu di ruang tunggu atau menunggu dosen banyak orang yang memilih untuk menghisap permen. Namun siapa sangka jika menghisap permen bisa menyebabkan anda akan menelan udara berlebihan di dalam tubuh anda.
  • Pemakaian gigi palsu. Selain bisa menyebabkan bau mulut pemakaian gigi palsu bisa menjadi penyebab seseroang menjadi kembung. Coba perhatikan diri anda lagi, apakah anda memakai gigi palsu dan anda sering mengalam kembung. Bisa jadi kembung yang anda alami merupakan akibat dari pemakaian gigi palsu tersebut. Gigi palsu yang telah longgar akan menyebabkan udara menjadi masuk ke dalam tubuh sehingga membuat menjadi kembung. Untuk mengatasinya tentu saja anda harus ke dokter gigi atau ahli gigi untuk merapatkan kembali gigi palsu anda yang telah longgar.
  • Merokok. Bagi yang suka merokok tentu akan sering mengalami perut kembung hal itu dikarenakan saat menghirup rokok, perokok juga akan memasukkan udara ke dalam tubuhnya.
  1. Makan Cukup

Bagi anda yang suka makan berlebihan anda tentu sering merasa kembng, oleh sebab itu ada baiknya anda makan dengan bijak misalnya saja makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Rasa terlalu kenyang akan membuat organ pencernaan anda semakin terbebani sehingga timbulah kembung dan begah pada tubuh anda. Agar tidak terkena kembung dan mengatasi kembung anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :

  • Makan dengan perlahan. Makan secara perlahan bisa membuat otak memiliki waktu untuk mengetahui bahwa perut anda telah penuh. Makan yang cepat dan berlebihan membuat otak tidak memiliki waktu untuk mengetahui bahwa perut anda telah terisi secara penuh.
  • Minum air sebelum makan. Tubuh kadang salah mengenali rasa haus sebagai rasa lapar. Oleh sebab itu cobalah untuk meminum air putih agar anda tidak makan terlalu banyak sehingga anda bisa terhindar dari perut kembung. Mengkonsumsi segelas air putih sebelum makan akan membuat tubuh memiliki hidrasi yang baik sehingga pencernaan menjadi lancar.
  • Penyajian makanan. Penyajian makanan juga bisa membuat anda terhindar dari perut kembung. Agar anda terhindar dari perut kembung sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dalam piring yang kecil sehingga anda akan menipu otak. Otak berpikir bahwa anda makan dengan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan sebenarnya sehingga penambahan porsi tidak akan dilakukan.
  1. Minum Cukup Air

Penyebab perut kembung yang lainnya adalah anda meminum banyak air putih. Salah satu bahaya akibat terlalu banyak minum air putih adalah akan membuat perut menjadi kembung. Alasannya adalah perut jadi terisi dengan banyak air atau cairan sehingga perut akan terasa begah dan kembung. Memang ada bahaya akibat kurang minum air putih  namun ada juga dampak yang akan dirasakan oleh manusia akibat kelebihan air putih di dalam tubuh. Oleh sebab itu untuk mengatasi perut kembung anda harus benar-benar memastikan kapan anda harus minum air putih cukup dan kapan anda harus mengkonsumsi air putih secara berlebihan. Ada beberapa kondisi dimana anda harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang berlebihan misalnya saja adalah ketika anda olahraga dan menjadi berkeringat. Saat itu anda harus mengganti cairan yang telah anda keluarkan melalui keringat.

  1. Banyak Olahraga

Cara untuk mengatasi perut kembung yang bisa anda lakukan adalah dengan banyak berolahraga. Olahraga selama ini banyak dijadikan sebagai cara untuk hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup buruk. Olahraga pun dipercaya bisa digunakan sebagai pencegah perut kembung bagi manusia. Gaya hidup yang buruk pun menjadi penyebab seseorang mengalami perut kembung. Salah satunya adalah bermalas-malasan sehabis mengkonsumsi makanan. Kebanyakan orang yang sehabis mengkonsumsi makanan berat mereka langsung duduk atau bahkan tidur padahal hal tersebut merupakan hal yang harus dihindari. Oleh sebab itu untuk menghindari perut kembung dan cara mengatasi perut kembung super ampuh, anda harus berolahraga ringan sehabis mengkonsumsi makanan. Berikut ini adalah olahraga yang cocok untuk anda lakukan sehabis makan :

  • Jalan cepat selama sepuluh menit.
  • Melakukan aktivitas rumah tangga seperti mengepel, menyapu dan lain sebagainya. Aktivitas itu akan mempercepat tubuh mengeluarkan gelembung udara yang ada di saluran pencernaan. Pengeluaran gelembung udara itu bisa menghilangkan dan mencegah perut kembung.
  1. Kentut

Selama ini orang masih merasa jijik atau malu jika membahas soal kentut. Namun siapa sangka jika kentut adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Orang yang sulit kentut akan mudah terkena kembung, tidak hanya itu saja orang yang sehabis melakukan operasi dengan bius total pun sebelum makan atau minum harus kentut terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan kentut yang dialami oleh orang pasca operasi bisa berfungsi sebagai pelancar saluran pencernaan sehabis operasi dilakukan.

Bagi orang yang sehat, menahan kentut menjadi penyebab perut kembung sehingga jika anda ingin kentut anda tidak perlu menahannya. Jika anda sedang kembung cobalah untuk kentut sesering mungkin, namun sayangnya orang yang kembung pun bermasalah dengan pembuangan gas yang ada di saluran pencernaannya. Berikut ini adalah cara membuat anda mudah kentut ketika sedang mengalami kembung :

  • Duduk di toilet. Meski anda sedang tidak ingin buang hajat anda bisa duduk di toilet seperti posisi orang ingin buang hajat. Duduk atau jongkok di toilet ini bisa mengirimkan sinyal ke otak dan di alam bawah sadar manusia untuk menjadi mengerti bahwa tubuh anda sedang ingin mengeluarkan angin yang sedang terperangkap di dalam tubuh terutama di dalam saluran pencernaan.
  • Menggunakan minyak angin. Jika anda kesulitan kentut cobalah untuk mengurut bagian samping perut anda menggunakan minyak angin hangat. Ingat yang diurut adalah samping perut anda saja, bukan di bagian perut anda. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengurut punggung anda menggunakan minyak angin tersebut. Mengurut punggung anda bermanfaat untuk membantu gas yang sedag terperangkap di dalam tubuh anda menemukan jalan untuk keluar. Mengurut bagian punggung ini harus sampai di bagian atas pantat sehingga gas akan dikeluarkan melalui pantat.
  • Posisi menungging. Akan lebih baik lagi jika anda mengurut punggung anda ketika dalam posisi menungging dengan meletakkan kepala di lantai atau di kasur. Posisi menungging itu akan memudahkan gas keluar dari pantat anda.
  1. Teh

Minum teh herbal hangat dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan kembung yang ada di dalam tubuh anda. Tidak sembarang teh yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Teh herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung adalah teh yang bahan dasarnya chamomile dicampurkan dengan daun mentol, jahe dan juga irisan lemon. Seduhlah semua bahan menggunakan air panas kemudian diminum selagi hangat. Ramuan tersebut dipercaya bisa digunakan untuk menenangkan perut dan bisa digunakan dalam melancarkan saluran pencernaan. Meminum teh ini saat pagi hari dan saat makan malam dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung yang sedang anda alami.

  1. Jintan dan Adas

Untuk mengatasi perut kembung yang sedang anda alami anda bisa menggunakan jintan dan juga biji adas yang manis. Hal itu dikarenakan kedua biji itu bisa untuk menghilangkan gas dan bisa meringankan gejala kembung yang sedang anda alami. Cara menghilangkan kembung dengan adas dan jintan pun sangat mudah sekali yaitu degan memakan kedua biji tersebut satu jumput sampai dengan dua jumput setelah anda mengkonsumsi makan besar.

  1. Arang Aktif

Bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung yang sedang anda alami adalah arang aktif. Arang aktif adalah supplemen makanan dan kegunaannya adalah untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam saluran pencernaan serta untuk meringankan kembung yang sedang anda alami. Untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di apotek atau di toko obat. Perhatikan cara pengkonsumsian dan dosis yang dianjurkan.

  1. Kompres Panas

Cara lainnya untuk mengatasi kembung yang sedang anda alami dan membuat perut anda menjadi lebih nyaman anda bisa menggunakan bantalan atau pengganjal perut yang sudah anda isi menggunakan air panas. Fungsi kompres atau bantalan panas tersebut berguna untuk melegakan tekanan yang ada di dalam perut anda. Tekanan itu disebabkan oleh adanya gas yang ada di dalammperut anda sehingga perut anda menjadi tertekan.

Cara mengatasi masalah perut kembung ini, dapat menggunakan bantalan atau kompres panas adalah dengan mengisi botol air menggunakan air panas kemudian kompreslah perut anda menggunakan botol tersebut. Rasa panas yang dihasilkan di botol itu akan memaksa gas yang ada di dalam perut anda menjadi keluar dari dalam tubuh anda sehingga tekanan yang ada di dalam perut anda menjadi berkurang dan menghilang.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Cara mengatasi perut kembung yang bisa anda coba adalah menggunakan bawang putih. Selama ini kita sudah tahu beberapa khasiat dari bawang putih untuk kesehatan. Banyak orang yang menggunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan panu di wajah dan kini bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung.

Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung dikarenakan mampu merangsang sistem lambung dan mengurangi gas yang ada di lambung dimana gas itu menjadi penyebab dari perut kembung. Bawang putih yang bisa anda gunakan disini adalah bawang putih yang segar sehingga akan melegakan perut secara cepat, namun jika anda tidak memiliki waktu anda pun bisa menggunakan supplemen dari bawang putih untuk melegakan perut anda yang kembung. Berikut ini adalah cara menghilangkan perut kembung menggunakan bawang putih :

  • Sup bawang putih. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi perut kembung yang anda derita adalah dengan mengkonsumsi sup dengan bawang putih. Mengkonsumsinya pun harus dalam kondisi hangat sehingga sup dengan bwang putih itu bisa meresap ke dalam saluran pencernaan dengan cepat. Caranya adalah dengan memotong bawang putih tipis-tipis, tumis bawang putih itu menggunakan sedikit minyak di atas kompor, setelah harum masukkan satu liter air setelah mendidih tambahkan beberapa sayuran ke dalam air rebusan itu. Tambahkan juga kaldu ayam ke dalam sop anda. Masak selama 3 menit agar sayuran tidak over cook atau terlalu matang. Santap selagi hangat.
  • Pantangan bawang putih. Meski bermanfaat untuk berbagai macam kesehatan, ada bahaya bawang putih mentah yang harus anda waspadai. Bawang putih mentah justru bisa membuat produksi gas berlebihan di dalam lambung, tidak hanya itu saja megkonsumsi bawang putih mentah menggunakan makanan lain pun bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan bergas. Oleh sebab itu usahakan anda selalu mengkonsumsi makanan dengan menggunakan bawang putih yang dimasak terlebih dahulu.
  1. Obat Pereda Gas

Cara mudah lainnya untuk bisa meredakan tekanan yang ada di dalam perut anda sehingga perut anda menjadi tidak kembung kembali adalah dengan mengkonsumsi obat pereda gas yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Salah satu jenis obat pereda gas yang bisa anda temui adalah obat dengan jenis antasida. Fungsi dari obat pereda gas itu adalah untuk mencegah produksi gas berlebihan dan mencegah perut kembung. Berikut ini jenis obat pereda gas selain antasida yang bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung :

  • Obat yang mengandung simetikon yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya pembentukan gas.
  • Obat anti arang untuk mengurangi gas yang ada di dalam tubuh anda atau di dalam lambung anda.
  1. Supplemen Beano

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi sayuran bergas namun perut anda sedang kembung anda bisa menggunakan suppelemen beano. Mungkin anda sedikit asing dengan supplemen itu dikarenakan masyarakat luas belum banyak yang menggunakan supplemen tersebut. Fungsi supplemen ini adalah bisa digunakan untuk mengurangi produksi gas di dalam lambung selama organ pencernaan sedang menjalankan fungsinya. Untuk mengkonsumsi makanan yang bergas dan tinggi serat tubuh perlu dibantu untuk menguraikan atau mencerna makanan tersebut dengan menggunakan supplemen ini. Umumnya supplemen ini bentuknya cair dan ditambahkan saat gigitan pertama kali.

  1. Supplemen Probiotik

Supplemen lainnya yang berguna untuk menghilangkan perut kembung dan gas yang ada di dalam perut adalah supplemen probiotik. Supplemen ini adalah supplemen yang berisi bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bakteri baik di dalam supplemen ini ada jamur dengan satu sel yang bermanfaat dalam melancarkan pencernaan dan juga membantu pencernaan. Supplemen ini bisa digunakan untuk meredakan perut kembung dengan cara membantu organ pencernaan yang kesulitan dalam mencerna makanan yang mengandung serat tinggi. Probiotik juga bisa digunakan untuk meredakan perut kembung yang disebabkan oleh penyakit diare  dan juga perut kembung dikarenakan masalah iritasi usus.

  1. Menghindari Makanan Tinggi Garam

Cara untuk mengatasi perut kembung yang harus anda lakukan adalah dengan menghindari makanan dengan tinggi garam. Anda harus mengurangi takaran garam yang masuk ke dalam makanan anda. Selama ini garam memang dijadikan sebagai pantangan untuk berbagai macam penyakit misalnya saja bagi penderita darah tinggi. Makanan yang asin dan mengandung banyak garam merupakan makanan pantangan darah tinggidikarenakan garam yang terkonsentrasi didalam darah bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

  1. Membatasi Minuman Dingin

Bagi anda yang sedang kembung sebaiknya anda membatasi pengkonsumsian minuman dingin atau makanan dingin. Hal itu dikarenakan makanan dan minuman yang dingin bisa menyebabkan anda menjadi kembung. Alasannya adalah minuman dingin bisa menyebabkan perubahan suhu secara tiba-tiba di dalam tubuh. Berikut ini salah satu bahaya minum air es yang bisa menyebabkan kembung dan juga begah :

  • Air es atau minuman dingin akan membuat suhu perut berubah secara tiba-tiba dan menyesuaikan suhu minuman yang masuk ke dalam tubuh.
  • Irama organ pencernaan menjadi berubah akibat mengkonsumsi minuman dingin. Irama yang berubah ini membuat lambung berkontraksi, lambung yang berkontraksi akan menciptakan gas yang berlebihan di dalam lambung atau perut sehingga perut menjadi kembung dan begah.
  1. Air Jahe

Untuk mengatasi perut kembung anda bisa menggunakan bahan alami seperti air jahe. Cara pembuatannya pun mudah yaitu menyeduh jahe menggunakan air panas kemudian diminum selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan madu kedalamnya agar rasa air jahe menjadi lebih enak. Kandungan panas dan hangat yang ada di dalam jahe bisa digunakan untuk menghangatkan perut yang kembung. Efek hangat itu pun bisa membuat gas yang ada di dalam perut keluar secara tertaur sehingga gas yang ada di dalam perut menjadi berkurang.