Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Apakah minum minuman dingin es bikin gigi tidak nyaman? Atau Anda meringis saat sikat gigi atau membersihkan mulut? Jika ya, gigi Anda mengalami hal yang dikenal sebagai gigi sensitif yang dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi. Gigi menjadi sensitif ketika lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi, misalnya karena kerusakan enamel. Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut-serabut saraf. Jadi, ketika dentin terpapar dingin, panas, atau makanan, otomatis serabut saraf juga terpapar dan membuat gigi ngilu.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi ngilu. Anda dapat menghindarinya agar rasa ngilu tidak berulang atau semakin parah. Berikut ini merupakan Tips Mengatasi Gigi Ngilu  :

  1. Bijak memilih sikat gigi

Tips ini mungkin menjadi yang paling mudah untuk dilakukan oleh Ibu. Pilihlah sikat gigi yang tertera label dari asosiasi perkumpulan dokter gigi. Selain itu, Ibu dapat memilih sikat gigi yang paling lembut karena bulu sikat yang keras cenderung mampu mendorong gusi turun kea rah akar dan dapat mengikis email gigi. Untuk pemakaian, gantilah sikat gigi apabila sikat telah melebar ke samping. Rutin mengganti sikat gigi juga diperlukan agar proses pembersihan sisa makanan di gigi tetap optimal.

  1. Sikat gigi dengan benar

Perhatikan cara sikat gigi Ibu, yuk. Jangan-jangan, penyebab gigi sensitif Ibu tidak lain karena sikat gigi yang terlalu keras. Dilansir dari buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu, untuk mengurangi gigi sensitif, Ibu juga dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, ya.

  1. Hindari makanan asam

Dilansir dari buku Serba Serbi Kesehatan Gigi & Mulut, makanan seperti minuman berkarbonasi, kopi, buah dengan rasa asam yang dapat mengakibatkan peningkatan sensitivitas. Nah, sebaiknya Ibu benar-benar membatasi atau menghindari makanan mengandung asam ini demi tak kambuhnya gigi sensitif. Kalau pun tak bisa menghindari minuman bersoda, Ibu bisa gunakan sedotan buat mengurangi kontak antara cairan bersoda dengan gigi Ibu.

  1. Hindari menggosok gigi sehabis makan atau minuman asam

Apabila Ibu menyukai minuman atau makanan asam, Ibu dapat mengurangi risiko terkena gigi sensitif dengan berkumur air untuk menyeimbangkan kadar asam di mulut. Dikutip dari Mayoclinic, Ibu juga dapat menghindari gigi sensitif dengan tidak menyikat gigi setelah konsumsi makanan atau minuman asam.