Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda

Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata

Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Hal ini berlaku juga untuk kondisi tekanan darah tinggi yang telah menjadi penyebab utama dari tingginya angka kematian di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah gangguan kesehatan yang sering kali telat dideteksi dan suka diremehkan. Padahal, dari tekanan darah tinggi Anda dapat mengalami berbagai penyakit kronis lainnya.

Namun tenang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi. Berikut ini kami akan memberikan Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda :

  1. Menjaga berat badan

Jangan salah, menjaga berat badan tetap ideal memiliki pengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh, termasuk risiko hipertensi. Jika kita mengalami kelebihan berat badan, maka lemak akan semakin menumpuk di dalam tubuh, termasuk di dalam pembuluh darah. Jika sampai lemak ini kemudian berubah menjadi plak yang menempel di bagian dalam pembuluh darah, maka akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Selain rajin berolahraga, kita sebaiknya menjaga asupan makanan tinggi serat dan menghindari makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan tidak sehat lainnya demi memastikan berat badan tetap dalam kondisi ideal.

  1. Perhatikan menu makanan

Demi menjaga kesehatan sirkulasi darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Sebagai contoh, ada baiknya kita memperbanyak asupan makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Kita juga sebaiknya memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat. Selain itu, cobalah untuk menurunkan asupan makanan tinggi kalori.

  1. Mengurangi asupan makanan asin

Tak hanya makanan yang diberi tambahan garam yang tinggi, kita juga harus memperhatikan makanan-makanan olahan atau kemasan yang bisa jadi tinggi MSG atau tambahan natrium. Sebagai contoh, keripik kentang kemasan yang memiliki rasa yang nikmat ternyata tinggi kadar natrium yang bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Selain itu, banyak makanan olahan yang ternyata juga tinggi kandungan bahan pengawet yang juga bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah.

  1. Aktif bergerak

Tak hanya rajin berolahraga, kita bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sering bergerak seperti lebih sering berjalan kaki untuk mencapai toko alih-alih memakai sepeda motor, lebih rajin membersihkan rumah, atau lebih sering memakai tangga alih-alih memakai lift. Kita juga bisa pergi ke tempat kerja dengan memakai sepeda jika memang memungkinkan. Hal ini akan membuat tubuh lebih sehat dan risiko hipertensi pun menurun.

  1. Menghindari asap rokok

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan beracun di dalam asap rokok mampu merusak pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan risiko hipertensi.

  1. Menghindari alkohol

Minuman beralkohol terbukti mampu membuat tekanan darah naik. Selain itu, minuman ini juga cenderung tinggi kalori sehingga akan menyebabkan kenaikan berat badan, salah satu faktor penyebab kenaikan tekanan darah.

  1. Mengelola stres dengan lebih baik

Stres akibat pekerjaan atau berbagai masalah lainnya menjadi salah satu penyebab utama datangnya hipertensi pada generasi muda. Karena alasan inilah kita sebaiknya pandai-pandai mengelolanya dengan cara meditasi, yoga, mendengarkan musik, menikmati waktu bersantai, hingga jalan-jalan atau rekreasi.

Dengan melakukan berbagai hal ini, maka kita pun tidak akan mudah terkena hipertensi dan masalah kardiovaskular yang terkait dengan kondisi tersebut di usia muda.