Categories
Tips Kesehatan

Tips Makan Sehat Selama WFH

Tips Makan Sehat Selama WFH

10 Tips Menjaga Pola Makan Tetap Sehat Selama WFH

Wabah corona yang terjadi saat ini membuat Anda terpaksa harus membatasi aktivitas di luar rumah. Alhasil, kegiatan belajar dan bekerja pun harus kita lakukan dari dalam rumah guna menghindari kerumunan dan berkumpul di tempat ramai. Masa karantina yang sedang dijalani di rumah sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat.  Bagi Anda yang sedang menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, artinya Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Hal ini, merupakan pertanda baik bagi peningkatan kesehatan tubuh.   Manfaatkan masa WFH yang sedang dijalani dengan mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat dan bergizi. Rutinitas baru ini bisa menjadi detoks bagi tubuh yang akan menghasilkan perubahan luar biasa untuk kesehatan. Berikut merupakan Tips Makan Sehat Selama WFH.

1. Buat Jadwal Makan dan Kudapan

Selain dari jam bangun tidur, waktu olahraga, dan juga waktu membersihkan diri, pastikan untuk membuat jadwal makan yang teratur.

Buatlah jadwal sarapan, makan siang dan makan malam, berikut juga jadwal ngemil. Setelah menetapkan jadwal tersebut, ikuti jadwal yang sudah dibuat secara disiplin.

Menu sarapan pun pentingkan memperoleh asupan protein untuk menjaga supaya kadar gula dalam darah tetap seimbang.

Hal ini akan meminimalisir juga rasa lapar sehingga tidak mudah tergoda untuk mengemil dalam satu jam ke depan.

2. Makan Makanan Bernutrisi Seimbang

Selain sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di kala pandemi korona Covid-19, mengonsumsi makanan sehat bernutrisi seimbang adalah sebagai cara untuk menjaga perut kenyang tahan lama.

Ketika perut dalam kondisi kenyang, otomatis daya konsentrasi lebih tinggi, kadar energi tubuh tinggi, dan suasana hati juga tetap baik.

Selama WFH, perbanyak asupan makanan kaya serat, protein, dan lemak sehat, seperti sayuran dan buah.

Tak ada salahnya merencanakan menu harian supaya nutrisi lengkap dapat terpenuhi secara maksimal dari berbagai bahan makanan sehat.

3. Hindari Junk Food

Bekerja dari rumah bukan berarti kita dapat mengonsumsi apapun yang kita mau tanpa memedulikan efeknya bagi kesehatan tubuh.

Hindari sebisa mungkin junk food yang dapat memicu keinginan makan atau ngemil secara terus-menerus.

Hindari juga menyetok atau menyimpan makanan-makanan jenis tersebut agar tidak tergoda untuk selalu memakannya.

Pada junk food, terkandung zat aditif, gula, lemak, garam, serta kalori yang tinggi sementara mineral, vitamin dan seratnya berkadar rendah.

Karena rendah nutrisi, maka mengonsumsi junk food sering-sering akan meningkatkan berbagai macam risiko penyakit mengancam jiwa.

4. Jaga Porsi Makan

Perhatikan porsi makan dan usahakan agar tidak menjadi berlebihan karena sekalipun makanan bernutrisi, asupannya perlu diseimbangkan untuk tubuh dapat merasakan manfaatnya.

Contohnya, di atas sebuah piring dapat disajikan setengahnya adalah sayuran, seperempatnya sumber protein (makanan laut, daging ungas, telur, keju, atau tahu), seperempat sisanya adalah makanan kaya karbohidrat dan serat seperti gandum utuh.

5. Tidak Lakukan Hal Lain Saat Makan

Hindari makan sambil mengerjakan pekerjaan atau hal lainnya. Luangkan waktu benar-benar untuk menikmati makanan yang disantap sekaligus untuk rileks barang beberapa menit dari kesibukan di rumah.

Ketika berhasil menikmati makanan, hal ini secara tak langsung dapat membuat diri kita siap untuk mengerjakan hal-hal selanjutnya yang sedang menunggu.

6. Batasi Kafein

Bekerja dari rumah juga bukan alasan untuk bisa membuat kopi dan menikmatinya hingga bercangkir-cangkir secara bebas.

Kafein yang terlalu banyak di dalam tubuh akan menyebabkan berbagai efek, mulai dari kecemasan, sakit kepala, hingga gangguan pencernaan yang justru dapat menghambat pekerjaan maupun aktivitas lainnya.

Per hari, pastikan batasi asupan minuman berkafein cukup 2-3 cangkir saja. Selain itu, asupan berlebihan dapat menyebabkan insomnia, detak jantung cepat, sering buang air kecil, hingga tremor.

7. Minum Air Putih Banyak

Salah satu tips makan sehat selama bekerja dari rumah adalah mengonsumsi banyak-banyak air putih.

Tidak hanya mengisi perut dengan makanan sehat, pilihan jenis minuman seperti air putih juga akan membantu menghindarkan diri kita dari dehidrasi.

Kebutuhan cairan 2 liter per hari yang terpenuhi dengan baik dan maksimal berpengaruh cukup besar pada tingkat produktivitas.

Maka selama bekerja dari rumah, selalu persiapkan sebuah botol minum di meja kerja atau di manapun yang letaknya dekat dan mudah kita jangkau.

Seseorang dapat makan berlebihan, makan makanan yang tidak sehat jauh lebih banyak daripada biasanya, atau justru menjadi sering lupa makan karena WFH.

Namun, tips makan sehat selama WFH (working from home) tersebut semoga dapat membantu dan diterapkan untuk menjaga agar daya tahan tubuh sekaligus produktivitas tetap maksimal.