Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara

Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara

Salah satu faktor risiko kanker payudara adalah keturunan. Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang mengidap kanker payudara, maka risiko Anda untuk menderita kanker payudara juga lebih besar. Terlebih lagi, jika yang menderita kanker adalah anggota keluarga dari tingkat pertama, seperti ibu, saudara perempuan, atau anak perempuan. Tentu risiko Anda menjadi lebih besar.

Sebuah teori mengatakan bahwa jika Anda mempunyai salah satu anggota keluarga tingkat pertama yang menderita kanker payudara, maka risiko Anda menderita kanker payudara menjadi dua kali lipat. Sedangkan, jika Anda mempunyai dua anggota keluarga tingkat pertama yang menderita kanker, risiko kanker Anda akan meningkat menjadi lima kali lipat.

Namun, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Faktor risiko kanker payudara tidak hanya keturunan, tetapi juga bisa dari lingkungan. Anda memang tidak bisa mengontrol faktor risiko dari keturunan, tetapi Anda mungkin bisa mengontrol faktor risiko dari lingkungan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya untuk mengurangi risiko kanker payudara. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara :

1. Konsumsi sayur dan buah secara teratur

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin tentunya sangat sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu penerapan pola makan yang memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat digunakan sebagai sarana diet yang manjur.

2. Perbanyak aktivitas fisik dan berolahraga 30 menit sehari

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Meskipun malas, selalu paksakan tubuh untuk bergerak dan berolahraga setiap harinya, hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kanker salah satunya adalah kanker payudara.

Berolahraga menjaga agar sel lemak tidak menumpik dalam tubuh, karena saat sel lemak menumpuk maka tubuh akan memproduksi estrogen tambahan.

Nah saat sel kanker payudara terpapar oleh estrogen yang dihasilkan tadi maka risiko terkena kanker payudara semakin besar. Jika tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga maka dapat digantikan dengan berjalan-jalan atau jogging yang tidak membutuhkan perlengkapan khusus.

3. Hindari rokok

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Rokok dapat menyebabkan banyak sekali penyakit kanker yang bermacam-macam. Mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, pankreas, payudara, dan masih banyak lagi. Meskipun kamu tidak merokok, kamu tetap akan terkena dampak negatifnya jika terlalu sering menghisap asap rokok.

Oleh karena itu bagi kalian yang merokok, segera hentikan penggunaan rokok mulai dari sekarang. Dan jika kamu bukan perokok, kamu juga harus menjauh dari asap rokok yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini. Selain mencegah kanker, menjauhi rokok juga mengurangi potensi terkena penyakit jantung dan juga stroke.

4. Lakukan pijatan pada payudara

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Dengan melakukan pijatan payudara, aliran darah yang awalnya tersumbat karena pemakaian bra dapat kembali normal. Selain itu pijatan payudara juga dapat menekan pertumbuhan sel-sel tak terkendali yang mengarah pada kanker payudara.

Penggunaan minyak untuk memijat payudara dapat membuat payudara menjadi lebih rileks serta menjaga kesehatan payudara.

5. Temukan kedamaian dan jangan stres!

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Stres merupakan hal yang dapat menimbulkan banyak penyakit, termasuk kanker payudara. Perempuan yang mengalami stress berat selama 5 tahun memiliki kemungkinan terkena kanker payudara sebesar 50 persen.

Oleh karena itu sangat penting untuk dapat meemukan kebahagiaan dan kedamaian. Baik dengan cara berlibur, mengobrol bersama teman dan keluarga, rileksasi dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mampu mengusir rasa stress yang kamu rasakan.

Selain cara-cara diatas, yang paling penting adalah selalu melakukan pengecekan pada payudara ke dokter atau mengeceknya sendiri dengan memperhatikan tanda-tanda kanker yang mungkin muncul.

Selalu luangkanlah waktu untuk merawat payudara dan terapkan kebiasaan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.