Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Tips Mengatasi Perut Kembung

Tips Mengatasi Perut Kembung

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis , Cara Mengatasi Perut Kembung , Gejala Lambung Luka
Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dialami. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan gas atau udara pada saluran pencernaan. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan makan dan minum terlalu cepat, merokok, mengunyah permen karet, hingga penggunaan gigi tiruan yang longgar.

Selain rasa tidak nyaman, perut kembung dapat menimbulkan tanda dan gejala berupa nyeri pada perut, buang angin secara berlebihan, sendawa terus-menerus, dan perut yang membesar. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya berikut ini kami akan memberikan Cara Mengatasi Perut Kembung :

1. Minum Air Putih

Dalam menghilangkan perut yang kembung dan penuh, cara sederhana untuk Anda di sini adalah minum air putih. Ingat bahwa air putih tak sekadar menjauhkan tubuh kita dari bahaya dehidrasi, tapi juga membuat proses pembuangan segala bentuk zat racun yang ada di dalam tubuh lebih lancar.

Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, air akan ditahan secara otomatis oleh tubuh sehiingga akhirnya perut bakal penuh dan malah menjadi kembung. Bahaya akibat kurang minum air putih perlu juga untuk Anda ketahui agar mulai mengubah kebiasaan menjadi lebih rajin mengonsumsinya. Konsumsi ideal yang dianjurkan adalah 8-10 gelas dan pastikan dilakukan setiap hari.

2. Mengonsumsi Sup Hangat

Perut terasa kembung tidak ada salahnya untuk dihilangkan dengan cara mengonsumsi sup hangat. Anda mungkin merasa terbeban dan tak nyaman ketika perut terasa tak enak, jadi ketika Anda berada di rumah atau di suatu tempat yang bisa dengan mudah membeli makanan berupa sup, cobalah untuk mengonsumsinya.

Sup adalah makanan berkuah di mana sama halnya dengan air putih, ini bisa secara efektif menghilangkan gas atau udara yang seolah tak bisa keluar dari dalam perut. Sup hangat jauh lebih disarankan karena efektivitasnya termasuk tinggi dalam membuat tubuh mampu dalam mengeluarkan dan meredakannya dari dalam perut.

3. Bergerak sehabis Makan

Kebanyakan orang terbiasa sehabis makan langsung duduk, dan bahkan ada pula yang langsung tidur. Ketika sudah makan dengan kenyang, memang ada hasrat untuk santai-santai saja karena efeknya pun membuat mengantuk. Tapi jangan lakukan itu, ada bahaya tidur setelah makan yang harus diwaspadai.

Bergerak bukan berarti Anda harus melakukan olahraga tepat sesudah makan, tapi pastikan Anda melakukan jalan kaki santai selama kurang lebih 10-17 menit. Jalan berwara-wiri di dalam rumah atau sekitar rumah/kantor bisa juga menjadi solusi. Ini karena bergerak sehabis makan akan membantu supaya tumpukan gas di saluran pencernaan bisa berkurang dan tak membuat kembung.

4. Mengonsumsi Jahe

Jenis rempah satu ini memang sangat terkenal akan manfaatnya dalam menghangatkan tubuh. Walau diketahui pula ada efek samping jahe, rempah ini berkandungan shogaols dan gingerol yang mampu menjadi obat bagi radang usus. Untuk saluran pencernaan yang terganggu, termasuk perut kembung, jahe juga bisa diandalkan.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah karena Anda hanya cukup mengonsumsi air rebusannya saja dan jumlah penimbunan gas pada usus kecil juga bisa dikurangi. Ketika gas berkurang, otomatis masalah perut kembung juga dapat diatasi dan diredakan. Sebagai minuman penghangat tubuh, air rebusan jahe juga akan membuat tubuh berkeringat, pencernaan menjadi lancar, dan perut lebih tenang.

5. Tidak Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki banyak penggemar karena memang selain memang bermanfaat dalam menghilangkan rasa dahaga, minuman jenis ini sangat segar dan nikmat secara lebih. Tapi sayangnya, minuman ini tak baik untuk organ pencernaan kita dan justru bisa menjadi pemicu gangguan pencernana kalau dikonsumsi terlalu sering.

Minuman bersoda sangat berisiko dalam membuat tubuh mengalami penumpukan gas sehingga memang kondisi perut yang kembung menjadi lebih parah nantinya. Daripada minum minuman bersoda, kembali lagi lebih dianjurkan untuk minum air putih saja. Karena sata perut mengandung gas berlebih dari soda, jangan heran kalau Anda jadi lebih sering bersendawa.

6. Makan secara Teratur

Perut kembung bisa jadi disbebabkan oleh kondisi kosong yang terlalu lama dan ini biasanya dipicu oleh kebiasaan menunda waktu makan. Telat makan tak hanya bisa menimbulkan penyakit maag semacam naiknya asam lambung, tapi gangguan pencernaan seperti kembung juga sangat memungkinkan.

Ketika perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama, otomatis tubuh juga menjadi lebih mudah terserang masuk angin. Pada waktu masuk angin, jelas udara bakal memenuhi bagian perut yang dalam kondisi kosong tadi. Maka dari itu, ada baiknya Anda mulai makan sehari 3 kali secara teratur, yakni sarapan, makan siang dan juga makan malam; asalkan porsi tak berlebihan tak akan membuat gemuk.

7. Menghindari Makanan/Minuman Dingin

Perut kembung bisa saja berasal dari masuk angin dan kondisi masuk angin bisa terjadi dikarenakan suhu udara atau lingkungan begitu dingin. Demi menghilangkan perut kembung, itu artinya Anda perlu mengonsumsi yang hangat-hangat. Salah satu contohnya sudah disebutkan sebelumnya, yakni sup hangat.

Dengan demikian, itu artinya Anda perlu menghindari makanan maupun minuman dingin agar perut kembung tak makin menjadi-jadi. Ketika perut sudah terasa tak enak dan masih ditambah dengan konsumsi makanan/minuman dingin, tubuh akan merasa semakin tak nyaman nantinya. Jadi, lebih baik buatlah perut lebih nyaman dengan makanan/minuman hangat saja.

8. Mengenakan Jaket saat Keluar/Berkendara di Malam Hari

Mungkin Anda cukup sering berada di luar ketika malam hari, hati-hati akan serangan angin malam yang bisa dengan mudah menyebabkan masuk angin. Ketika berada di luar atau berkendara (terutama melakukan perjalanan jauh) di malam hari, pesiapkanlah secara lengkap akan perlindungan bagi diri Anda.

Tubuh Anda memerlukan pelindung berupa jaket, terutama ketika mengendarai sepeda motor yang bisa dengan mudah terekspos angin. Jaket tebal adalah yang perlu Anda persiapkan saat hendak pergi, apalagi kalau perut sudah terasa tak enak. Untuk menghilangkan perut yang sudah terasa kembung, berikan kehangatan pada tubuh, salah satunya memakai jaket ketika pergi di malam hari.

9. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya adalah bahan alami yang mampu memberikan kenyamanan bagi yang mengalami perut kembung. Dalam menghilangkan perut kembung, Anda bisa merebus daun pepaya di mana hasil air rebusannya bisa Anda minum selagi hangat. Memang daun pepaya itu sendiri terbilang pahit, tapi efektivitasnya tak akan membuat Anda menyesal.

Cita rasa yang pahit bukanlah masalah karena manfaat dari daun pepaya sangat besar untuk perut kembung. Ketika perut terasa kembung, terutama yang disebabkan oleh masuk angin, maka Anda bisa mencoba menggunakan ramuan ini. Ketika tak kuat karena saking pahitnya, madu murni bisa ditambahkan ke ramuan, tapi sedikit saja.

10. Minum Jus Jeruk

Untuk mengatasi perut yang kembung, Anda juga bisa memanfaatkan jus jeruk di mana memang jeruk adalah buah yang bagus untuk yang sedang masuk angin. Seperti kita ketahui, makanan yang mengandung vitamin C paling besar salah satunya adalah buah jeruk. Vitamin C di dalam buah ini bermanfaat dalam menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi vitamin C termasuk di dalam cara meningkatkan daya tahan tubuh, jadi ketika daya tahan tubuh tetap stabil, kemungkinan sakit apalagi terkena gangguan pencernaan juga berisiko kecil. Untuk perut yang penuh dan kembung, jangan ragu untuk mengonsumsi buah jeruk sampai perut terasa lebih nyaman.

11. Teh Kamomil

Kalau biasanya teh kamomil dikonsumsi sebagai cara untuk menenangkan diri ketika sedang stres, sebetulnya teh ini bukan hanya menjadi cara mengatasi stres saja. Kandungan di dalam teh bunga kamomil memiliki sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi yang memang bermanfaat untuk membuat perut dan pencernaan terasa nyaman.

Itulah mengapa, ada sebagian orang meyakini betul bahwa teh ini bisa membawa perut menjadi lebih baik ketika terasa kembung. Secangkir teh bunga kamomil bisa diseduh dan tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok jika kurang manis hasilnya. Teh ini dipercaya efektif karena sudah ada banyak orang yang membuktikannya, jadi tak salah bila Anda juga turut mencobanya.

12. Minum Tidak dengan Sedotan

Kalau perut sudah terasa tak enak apalagi penuh, itu artinya Anda bisa jadi terkena perut kembung, apalagi ditambah bersendawa. Perut kembung menandakan bahwa di dalam perut sedang dipenuhi udara atau gas sehingga memang harus berhati-hati juga ketika makan atau minum.

Supaya perut kembung cepat hilang, hindari betul penggunaan sedotan ketika sedang minum, apapun minumannya. Kebiasaan menggunakan sedotan sebaiknya dihentikan dulu ketika sedang kembung. Dengan memakai sedotan, otomatis akan adalebih banyak udara yang berkemungkinan masuk ke dalam perut sehingga memang akhirnya nanti membuat perut kembung tak kunjung hilang.

13. Menggunakan Peppermint

Pada peppermint ada kandungan baik yang disebut dengan minyak mentol dan sifat anti-spasmodik pun terkandung di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sifat anti-spasmodik adalah sifat yang akan membuat perut terasa lebih nyaman. Jadi tentu saja intinya peppermint ini boleh dikonsumsi ketika Anda hendak menghilangkan rasa kembung di perut dengan cara alami.

Kurangi rasa tak nyaman yang datang dari perut kembung dengan mengunyah daun peppermint. Pastikan bahwa daun peppermint yang Anda pilih dan gunakan adalah yang masih dalam kondisi segar supaya khasiatnya juga lebih besar dalam mengatasi perut kembung. Hanya saja, bagi para wanita hamil perlu konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi peppermint.

14. Menggunakan Bawang Putih

Untuk dapat meredakan rasa perut kembung dan menghilangkannya pelan-pelan, bumbu dapur ini juga pilihan yang tepat terlepas dari efek samping bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki sifat penyembuh alami yang bisa menolong dalam mengurangi efek kembung yang disertai rasa panas di dari saluran pencernaan.

Sup bawang putih segar bisa jadi pilihan, atau bisa juga merebus sejumlah siung bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke dalam air. Tambahkan pula lada hitam dan juga biji jintan bila ada dan setelah mendidih, angkat lalu Anda bisa menyaringnya. Tunggu lebih dingin sebelum bisa dikonsumsi; konsumsilah sehari 3 kali untuk hasil yang lebih memuaskan.

15. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Selain mampu memberikan efek kesembuhan bagi yang menderita tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah, cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang rasa kembung pada perut. Tak perlu sulit-sulit, cukup tambahkan saja 2-3 sendok makan cuka sari apel ke air hangat dan minumlah sampai kembung hilang.

16. Memakai Cuka Putih

Sama seperti cuka sari apel, cuka putih memiliki kegunaan yang sama untuk para penderita perut kembung. Saat cuka sari apel sulit dijumpai, maka Anda bisa memakai cuka biasa atau cuka putih sebagai obatnya. Cara penggunaan pun sama, yakni mencampurkan 2-3 sendok makan cuka putih ke dalam air hangat dan konsumsilah.

17. Meramu Teh Dandelion

Teh kamomil dan teh peppermint mungkin lebih sering terdengar akan khasiatnya, namun bagaimana dengan teh dandelion. Rupanya jenis teh ini pun sama berkhasiatnya dengan jenis teh lain yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Untuk perut kembung, manfaatkan akar tanaman dandelion dan jadikan teh.

Teh dandelion ini termasuk di dalam jenis teh herbal yang menawarkan sifat penyembuh efektif serta maksimal. Untuk menghilangkan gas dari dalam perut, Anda bisa menggunakan dandelion (khususnya bagian akar). Tak hanya dijadikan teh, sebetulnya dandelion sendiri bisa dijadikan sebagai bumbu pada masakan, tapi akan lebih efektif bila Anda mengonsumsi tehnya.

18. Menggunakan Peterseli Organik

Dalam menghilangkan perut kembung, Anda juga bisa menggunakan peterseli organik yang dipercaya sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Demi melancarkan pencernaan juga, Anda bisa mencoba mengonsumsi peterseli organik yang tentunya masih dalam kondisi segar. Tapi sebetulnya peterseli kering juga bisa digunakan dengan efek yang sama ampuhnya.

Tak perlu bingung untuk menggunakannya karena pemakaian peterseli sebagai obat perut kembung terbilang sederhana. Iris dan cincang-cincang peterseli yang kemudian bisa Anda tambahkan ke makanan Anda. Ini akan membantu agar perut kembung cepat membaik hanya dalam waktu singkat. Bahkan cara ini juga bisa sebagai langkah pencegahan perut kembung.

19. Minum Air Kelapa

Kalau biasanya kita tahu air kelapa adalah obat alami bagi yang mengalami keracunan, kali ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghilang kembung pada perut. Air kelapa kaya akan protein dan ini akan sangat baik jika dikonsumsi untuk meredakan masalah kembung. Konsumsi rutin bakal memenuhi asupan protein yang tubuh perlukan, namun jangan sampai berlebihan.

20. Memakai Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan rasa kembung dan penuh pada perut. Jika masalah atau gangguan pencernaan begitu mengganggu, mungkin bawang merah adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk Anda dapatkan serta gunakan sebagai obat praktis.

Hanya saja, yang dibutuhkan di sini adalah ekstrak jus dari bawang merah, sehingga Anda perlu mengekstraknya lebih dulu. Ekstrak jus inilah yang perlu dikonsumsi agar masalah kembung bisa hilang tanpa adanya efek samping berbahaya. Efek samping bawang merah memang ada, tapi tak perlu khawatir selama penggunaan tidaklah secara berlebihan yang bisa berakibat buruk bagi tubuh.

21. Memakai Seledri

Satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan perut kembung secara aman dan alami. Seledri adalah jenis sayuran yang bisa menurunkan hipertensi sekaligus mampu mengurangi iritasi dan perut kembung. Caranya adalah dengan mengunyah-ngunyah daun seledri secara rutin agar perut lebih baik.

22. Menggunakan Daun Jambu

Perut kembung yang menghambat aktivitas bisa juga diatasi dengan memakai daun jambu untuk menghilangkannya. Ambil beberapa lembar daun jambu yang kemudian dimasukkan ke dalam air secukupnya. Rebuslah dan setelah mendidih, saring dan buang daunnya, sementara airnya bisa diminum ketika sudah lebih hangat.

23. Memakai Daun Kunyit

Selain daun jambu, cara untuk menghilangkan perut kembung yang alami adalah dengan memakai daun kunyit. Kunyit sendiri terkenal akan kandungan penyembuh yang tinggi, namun bagian daunnya pun juga bisa digunakan. Ambil beberapa lembar daunnya untuk kemudian digiling halus dan campurkan ke segelas susu; minumlah rutin sampai rasa kembung hilang.

24. Mengonsumsi Jus Kentang

Kentang yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini bisa diambil jusnya dengan cara menggilingnya. Hasil gilingan atau tumbukan dari kentang tersebut bisa Anda peras untuk mendapatkan sari atau ekstrak jusnya. Minumlah jus tersebut setiap sebelum makan yang artinya bisa dilakukan sehari 3 kali.

25. Menggunakan Kayu Manis

Banyak makanan yang ditambah dengan kayu manis agar rasanya lebih sedap atau nikmat, tapi kayu manis bisa digunakan juga sebagai obat. Dalam menghilangkan rasa kembung di perut, sesendok teh bubuk kayu manis bisa ditambahkan ke secangkir susu hangat. Tambahkan madu bila Anda merasa perlu dan minumlah sesudah diaduk rata.

26. Meramu Baking Soda dan Lemon

Ketika hendak memakai kombinasi kedua bahan ini, maka yang perlu dilakukan adalah mengambil 1 buah jeruk lemon segar yang kemudian diambil bagian jusnya. Setelah itu, jus lemon dapat dicampurkan dengan baking soda secukupnya. Dari situ nanti akan mulai timbul gelembung-gelembung.

Belum selesai, tambahkan pula secangkir air putih dan baking soda lagi sedikit. Campurkan dengan mengaduknya sampai benar-benar rata. Ketika memang sudah siap minum, maka minumlah untuk menghilangkan kembung mengganggu. Bahaya baking sodatak perlu terlalu dikhawatirkan asalkan pemakaiannya tak terlalu banyak, sering apalagi berlebihan.

27. Tidak Merokok

Jika ingin menghilangkan perut kembung, maka sebaiknya Anda menghindari kegiatan merokok karena merokok sama dengan menghisap. Menghisap artinya akan menambah banyak jumlah udara yang masuk ke dalam perut karena tertelan. Masalah pencernaan umum yang dihubungkan dengan merokok tak hanya kembung saja, tapi ulu hati yang nyeri, gangguan perut dan lainnya.

28. Mengonsumsi Labu

Gas berlebih di dalam perut juga dapat diatasi dengan mengonsumsi labu. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengukus, memanggang, atau dibuat sebagai sup. Labu adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda coba efektivitasnya dalam menghilangkan perut kembung sekaligus masalaha pencernaan lain yang cukup mengganggu.

(Baca juga: gejala lambung luka)

29. Mengonsumsi Nanas

Masalah perut kembung dapat juga dihilangkan dengan mengonsumsi buah nanas dikarenakan kandungannya yang merupakan enzim bromelain. Enzim tersebut memiliki fungsi sebagai pemecah protein, meredakan rasa kembung dan juga membuat penceraan menjadi jauh lebih ringan. Langsung saja dimakan atau bisa juga dibuat jus nanas, tergantung selera dan keinginan Anda dalam menikmatinya.

30. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain baik untuk dijadikan obat batuk, jeruk nipis adalah bahan yang bisa meredakan perut kembung secara efektif yang bisa dicoba. Untuk menyembuhkan perut kembung, jeruk nipis yang sudah disiapkan dapat Anda peras dan kemudian dicampurkan dengan air hangat. Setelah dicampur rata, ramuan air jeruk nipis bisa diminum.

31. Olahraga

Kurang olahraga tak hanya berdampak pada ketegangan otot maupun penimbunan lemak di dalam tubuh, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Tak hanya mencegah gangguan pencernaan, ketika perut terasa kembung, Anda juga bisa melakukan olahraga sebagai solusi dengan membuat tubuh aktif selama paling tidak 15 menit lamanya. Senam, jogging, jalan kaki, dan juga bersepeda adalah ide yang bagus.

32. Tidak Makan Makanan yang Bergaram Tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi rata-rata tentunya adalah makanan olahan dan cepat saji. Contoh makanan bergaram tinggi salah satunya adalah makanan kemasan, seperti nugget. Walau nikmat, Anda perlu menghindarinya ketika sedang mengalami perut kembung karena makanan-makanan tersebut berpotensi membuat perut makin terasa tak enak.

Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Buah Manggis

Khasiat Buah Manggis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis
Manfaat Buah Manggis

popularitas buah manggis kian menanjak karena kandungan sehatnya yang banyak diberitakan pada pariwara dan tayangan komersial di televisi. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana ini disebut-sebut endemik di kawasan Asia Tenggara, yang meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia serta di beberapa wilayah Afrika. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, buah manggis juga ternyata bermanfaat bagi kecantikan wajah Anda. Kekayaannya akan mafaat inilah yang membuat buah manggis dijuluki The Queen of Tropical Fruits. Nah berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Manfaat Buah Manggis yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan :

1. Untuk Mencegah Kanker

Manggis memiliki kandungan senyama xamtone yang merupakan salah satu senyawa anti kanker yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Senyawa anti kanker dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar dan usus hati, serta dapat memperlambat pertumbuhan sel berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit leukimia.

2. Mencegah Batu Ginjal

Mengkonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

3. Mencegah Timbulnya Jamur

Jamur merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang khususnya pada wanita. Dengan mengkonsumsi manggis secara teratur akan membuat kita terhindar dari bakteri atau jamur.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan tidak ada salahnya jika mencoba dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dalam proses penurunan berat badan. Kandungan xanthone barmanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dan vitamin E, yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kecantikan.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan zat Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis membuat manggis menjadi salah satu obat kolesterol. Manggis dipercaya dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan didalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah manggs yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma, yakni gangguan yang diakibatkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.

8. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah manggis dipercaya dapat memulihkan kembali pada konsidi pembuluh dara yang mengalami kehilangan keelastisitasannya, melalui antimikrobial dan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis. Sehingga, resiko terjadinya penyakit jantung dapat berkurang dan dapat dicegah dengan solusi mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

9. Mengobati penyakit Asma

Penyakit asma tergolong penyakit yang darurat dan dapat berujung pada kematian, diakibatkan rusaknya sistem pada pernafasan. Bagi anda yang mengalami sesak nafas tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis ini. Sebab, buah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.

Categories
Tips Kesehatan

Tips Menghilangkan Bau Ketiak

Tips Menghilangkan Bau Ketiak

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak
Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Ketiak menjadi anggota tubuh yang menjadi langganan munculnya keringat berbau. Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin yang letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap.Selain menurunkan tingkat kepercayaan diri, adanya bau ketiak juga bisa mengganggu orang di sekitar Anda. Daripada Anda terus-menerus menderita karena bau ketiak, cobalah untuk menghilangkannya seperti berikut ini kami akan memberikan anda Cara Menghilangkan Bau Ketiak :

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

  1. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
  2. Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  3. Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  4. Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini:

  1. Rebus daun beluntas hingga matang
  2. Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Daun kemangi

Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya:

  1. Anda cukup memakannya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore
  2. Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh.

Caranya:

  1. Jemur daun kemangi hingga kering
  2. Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring
  3. Minum 2 kali sehari secara rutin

4. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan caranya adalah:

  1. Parut temulawak sampai halus
  2. Kemudian beri air sembari diperas
  3. Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya
  4. Minum air perasan temulawak tersebut

5. Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
  2. Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

6. Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Caranya:

  1. Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan segelas air
  2. Minum 2 kali sehari secara rutin

7. Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini bisa Anda coba sebagai solusi mudah selanjutnya.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:

  1. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  2. Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

8. Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

9. Mentimun

Mentimun terdiri dari 95 persen air. Mentimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Caranya:

  1. Anda hanya perlu menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak.
  2. Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

10. Cengkeh

Ramuan tradisional lainnya yang mengandung minyak atsiri adalah cengkeh. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Rendam bunga cengkeh dalam air panas hingga bunga mengembang
  2. Lalu minum airnya

Minum 2 kali sehari secara rutin, niscaya bau badan Anda akan menghilang.

11. Bawang putih

Aromanya yang menyengat membuat kita tidak suka dengan bawang putih. Padahal bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena kaya akan anti oksidan. Yang membuat bau bawang putih menyengat adalah kandungan senyawa sulfur yang disebut allicin.

Untuk pemakaiannya sebagai cara penghilang bau badan adalah:

  1. Haluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

12. Cuka

Kandungan asam dalam cuka malahan akan membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

Caranya:

  1. Teteskan cuka pada kapas
  2. Lalu oleskan pada ketiak, gunakan sama seperti deodoran

13. Daun jambu biji

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimakan, daun jambu biji juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau badan. Kandungan mineral dan anti-bakteri pada daun jambu biji akan membunuh kuman penyebab bau badan.

Caranya adalah:

  1. Tumbuk halus 3 lembar daun jambu biji
  2. Lalu oleskan pada ketiak
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

14. Baking soda

Baking soda dipercaya sebagai penghilang bau badan karena dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya adalah:

  1. Campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis, lalu oleskan pada ketiak
  2. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat
  3. Lakukan sehari sekali secara rutin

15. Cuka apel

Asam tartar yang ada dalam apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asem asetat juga adalah dalam cuka apel. Asam asetat ini berfungsi sebagai antimikroba.

Caranya:

  1. Oleskan cuka apel menggunakan kapas pada ketiak
  2. Diamkan selama 15 menit lalu bilas
  3. Setelah itu mandi

Gunakan setiap sebelum mandi

16. Bunga rosemary

Tambah lagi satu tumbuhan yang mengandung minyak atsiri sebagai cara menghilangkan bau badan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan herbal, bunga rosemary juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif. Ada dua cara mengaplikasikan rosemary sebagai penghilang bau badan:

Pertama adalah dengan mengoleskan langsung minyak esensial rosemary pada ketiak.

Kedua adalah dengan mandi menggunakan air rebusan bunga rosemary.

Cara menghilangkan bau badan dengan pola hidup sehat

17. Mandi 2 kali sehari

Anda termasuk orang yang jarang mandi? Sebaiknya jangan diteruskan. Hal tersebut akan membuat bakteri penyebab bau badan akan semakin berkembang tak terkendali. Dengan rutin mandi 2 kali sehari, efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

18. Hindari makanan penyebab bau badan

Selain menjaga kebersihan badan dengan mandi 2 kali sehari. Anda juga harus mengatur makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang malahan akan menyebabkan bakteri penyebab bau badan berkembang cepat. Macam-macam makanan penyebab bau badan adalah daging merah, alkohol dan kafein, makanan cepat saji, dan tembakau.

19. Mengonsumsi buah-buahan

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bahwa buah-buahan memang menyehatkan bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh agar berfungsi sempurna sehingga tidak akan ada lemak yang tertimbun yang kemudian malah menyebabkan berat badan bertambah dan bau badan.

20. Mengonsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya klorofil ampuh menghilangkan bau badan karena berfungsi sebagai deodorant alami.

21. Rajin minum air putih

Proses berkeringat akan semakin lancar dengan bantuan air mineral. Dengan lancarnya berkeringat, maka bakteri yang ada pada pori akan keluar juga dari tubuh. Minumlah minimal 8 gelas air mineral dalam sehari.

22. Rajin olahraga

Olahraga memang menyebabkan Anda berkeringat. Namun dengan berolahraga maka keringat yang keluar akan membuang kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori Anda.

23. Menyeka keringat dengan segera dan sering

Keringat berlebih dan menumpuk akan menyebabkan bakteri semakin senang untuk berkembang biak pada tubuh Anda. Oleh karena itu segeralah seka keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit.

24. Cuci pakaian dengan bersih

Baik pakaian yang baru Anda beli atau pakaian kotor harus Anda cuci dengan bersih untuk menghindari adanya bakteri maupun virus yang ada pada pakaian tersebut.

25. Ganti pakaian secara rutin

Anda malas mengganti pakaian agar cucian tidak menumpuk? Salah besar. Dengan semakin jarang Anda berganti pakaian maka bakteri yang bersarang pada kulit akan menempel pada pakaian dan berkembang biak dengan cepat.

26. Pakai pakaian yang dapat menyerap keringat

Anda malas menyeka keringat yang keluar? Maka gunakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hal ini agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian yang dapat menyerap keringat adalah pakaian berbahan katun. Namun jangan lupa mencuci pakaian dengan bersih setelahnya.

27. Menggunakan deodoran

Meski tidak dapat mengurangi keluarnya keringat, namun deodoran berguna untuk mencegah bau badan. Gunakan sebelum beraktivitas.

28. Menggunakan bedak

Banyak jenis bedak yang dapat digunakan sebagai pencegah timbulnya keringat pada kulit. Anda bahkan bisa menggunakan bedak bayi yang tentu saja manjur untuk mencegah keringat keluar. Bedak juga bisa jadi cara menghilangkan bau badan pada anak.

29. Menggunakan antiperspirant

Antiperspirant mengandung bahan aktif yaitu zat alumunium yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Sebelum beraktivitas jangan lupa gunakan pada ketiak.

30. Konsultasi dengan dokter

Jika semua cara yang telah dipaparkan di atas ternyata masih belum bisa menghilangkan bau badan Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter agar penyebab bau badan serta cara menghilangkan bau badan yang efektif bagi Anda segera Anda ketahui sehingga bau badan akan segera menghilang.

Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Penyebab Sulit Hamil

Penyebab Sulit Hamil

COVID-19: Advice for Pregnant Women

Memiliki anak adalah dambaan banyak pasangan suami istri (pasutri). Sayangnya, tidak semua pasangan berkesempatan untuk segera memiliki anak setelah menikah. Ada yang memang sengaja menunda, tapi ada juga yang sudah berusaha namun belum diberikan keturunan. Nah, bagi anda yang penasaran , mengapa sudah mencoba berbagai cara tetapi tidak membuahkan hasil , untuk itu berikut ini TradisionalSehat akan memberitahukan apa saja Penyebab Sulit Hamil yang harus anda ketahui.

1. Gangguan ovulasi

Untuk bisa hamil, tubuh wanita perlu melepaskan sel telur setiap bulannya. Proses pelepasan sel telur atau ovulasi inilah yang menentukan masa subur wanita. Namun, proses ovulasi terkadang bisa terganggu.

Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa gangguan ovulasi merupakan salah satu penyebab utama mengapa seorang wanita sulit untuk hamil. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gangguan ovulasi, antara lain:

  • Gangguan pada kelenjar hipofisis di otak
  • Kelebihan hormon prolaktin
  • Kegagalan ovarium prematur, yaitu ketika ovarium (indung telur) berhenti melepaskan telur secara teratur ketika wanita berusia kurang dari 40 tahun
  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

2. Tuba falopi tersumbat

Tuba falopi merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim. Saat ovulasi, sel telur akan berjalan dari ovarium menuju rahim melalui tuba falopi. Di saluran ini pula sel telur akan bertemu dengan sel sperma untuk menghasilkan pembuahan.

Jika tuba falopi tersumbat, sel telur tidak bisa mencapai rahim dan bertemu dengan sperma. Akibatnya, pembuahan pun tidak akan terjadi. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan tuba falopi wanita tersumbat dan membuat wanita jadi susah hamil, yaitu:

  • Radang panggul
  • Penyakit menular seksual (PMS) tertentu, seperti chlamydia dan gonore
  • Riwayat kehamilan ektopik
  • Pernah menjalani operasi di perut atau panggul
  • Infeksi rahim yang disebabkan oleh aborsi atau keguguran

3. Endometriosis

Endometriosis juga dapat menjadi penyebab sulit hamil. Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Diperkirakan sekitar 50% wanita yang menderita endometriosis akan sulit hamil.

Saat menstruasi, endometriosis dapat menyebabkan kram yang sangat menyakitkan, volume darah yang keluar banyak, durasi menstruasi yang lama, dan mual. Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan masalah pada usus dan kandung kemih, serta nyeri saat berhubungan seks.

4. Bentuk rahim abnormal

Kelainan bentuk rahim juga bisa menjadi penyebab sulit hamil. Rahim yang bentuknya abnormal atau tidak beraturan dapat menyulitkan sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada dinding rahim.

Kondisi tersebut dapat terbentuk secara alami atau disebabkan oleh fibroid rahim (miom) dan jaringan parut akibat pembedahan atau infeksi.

5. Infertilitas pada pria

Tak hanya disebabkan oleh gangguan pada tubuh wanita, kondisi sulit hamil juga bisa disebabkan oleh ketidaksuburan atau infertilitas pada pria. Bahkan, lebih dari 30 persen kasus susah hamil diperkirakan disebabkan oleh masalah pada pria, seperti:

  • Jumlah sperma sedikit
  • Pergerakan sperma rendah
  • Bentuk sperma abnormal
  • Tabung vans deferens tersumbat
  • Disfungsi ereksi

Infertilitas pada pria dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya faktor bawaan atau genetik, penyakit tertentu seperti diabetes, masalah psikologis, hingga pola hidup tidak sehat.

6. Usia

Wanita yang berusia di atas 35 tahun dan pria yang berumur lebih dari 40 tahun membutuh waktu lebih lama untuk memiliki anak. Pada wanita, usia yang semakin bertambah akan mengurangi kualitas dan kuantitas sel telur. Sedangkan pada pria, pertambahan umur akan menurunkan kualitas dan kuantitas sel sperma.

7. Kondisi lainnya

Beberapa kondisi medis tertentu dapat menyebabkan infertilitas pada pria dan wanita, misalnya ketidakseimbangan hormon tiroid, obesitas, malnutrisi atau kurang gizi, penyakit autoimun seperti lupus, dan penyakit menular seksual.

Selain itu, masalah psikologis seperti stres berat, depresi, dan gangguan cemas juga bisa menjadi hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi sulit hamil.

8. Gaya hidup tidak sehat

Selain karena penyakit atau kondisi medis tertentu, kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab sulit hamil. Gaya hidup tidak sehat tersebut misalnya menggunakan narkoba, mengonsumsi alkohol, atau merokok.

Obat-obatan terlarang, seperti kokain dan ganja, diduga dapat menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Sementara itu, tembakau dan alkohol juga dapat menurunkan tingkat pembuahan dan meningkatkan risiko keguguran

Jika Anda dan pasangan sudah berusaha memiliki anak dengan sering berhubungan seks tanpa kondom selama lebih dari setahun namun masih belum membuahkan hasil, jangan ragu untuk pergi ke dokter kandungan untuk menjalani pemeriksaan dan memastikan apa penyebab sulit hamil yang Anda atau pasangan alami.

Setelah dokter menentukan penyebabnya, dokter dapat memberikan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut. Dokter juga dapat menyarankan metode reproduksi bantuan, seperti inseminasi buatan atau bayi tabung, jika diperlukan.

Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil

Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil

Manfaat kacang merah saat hamil untuk pertumbuhan janin ...

Seperti yang kamu ketahui, para pelaku hidup sehat menjadikan kacang merah sebagai makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga pola makan sehat.

Hal itu nggak lain, karena kacang merah mengandung mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Oleh karenanya, mengapa mengonsumsi kacang merah semasa kehamilan baik untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini ada beberapa Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil. Simak ulasannya dibawah ini.

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) sering disebut kidney bean karena bentuknya yang menyerupai ginjal. Dalam masakan Indonesia, kacang merah kerap dijadikan sebagai campuran beberapa menu masakan, seperti sup dan rendang, serta minuman ringan, seperti es kacang merah.

Dalam seporsi kacang merah yang sudah dimasak (sekitar 100 gram), terkandung 100–130 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • 7–8,5 gram protein
  • 20–25 gram karbohidrat
  • 5,5–7 gram serat
  • 0,5–1 gram lemak
  • 80–90 miligram (mg) kalsium
  • 6–7 miligram zat besi
  • 300–1.400 miligram kalium
  • 4,5–5 miligram vitamin C
  • Sekitar 400 mikrogram (mcg) folat

Selain beragam nutrisi di atas, kacang merah juga mengandung vitamin B, vitamin K, kolin, fosfor, mangan, zinc, dan magnesium. Karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, tak heran jika ada banyak manfaat kacang merah bagi ibu hamil.

Aneka Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beragam manfaat kacang merah yang bisa Bumil peroleh:

1. Mendukung perkembangan saraf dan otak janin

Kacang merah merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung folat. Folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini berperan penting dalam menunjang pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida. Selain mengandung folat, kacang merah juga mengandung kolin yang berperan penting dalam menunjang perkembangan otak janin.

Saat hamil atau sedang berencana untuk hamil, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan folat sehari-hari sebanyak 400–600mcg, terlebih pada trimester pertama kehamilan.

Asupan tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung folat, seperti kacang merah, buah, sayuran, telur, dan ikan, serta suplemen kehamilan.

2. Mencegah anemia

Zat besi, folat, dan vitamin B12 merupakan jenis nutrisi penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ tubuhnya.

Oleh sebab itu, ibu hamil perlu menambah asupan zat besi, folat, dan vitamin B12 lebih banyak agar jumlah sel darah merah yang dihasilkan tercukupi. Kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12 bisa menyebabkan produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan darah dan berisiko terserang anemia.

Kondisi anemia atau kurang darah saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur, cacat janin, bayi terlahir dengan berat badan rendah, hingga perdarahan pascabersalin. Agar jumlah sel darah merah tercukupi, ibu hamil perlu mendapatkan asupan 28–30 mg zat besi setiap harinya. Asupan zat besi tersebut bisa diperoleh dari kacang merah, daging, ikan, telur, atau suplemen zat besi yang diresepkan dokter.

3. Mencegah dan meredakan konstipasi

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah diketahui dapat mencegah dan mengurangi gejala konstipasi yang kerap dialami oleh ibu hamil. Tak hanya kacang merah, ibu hamil juga dapat mengonsumsi makanan berserat lainnya, seperti buah dan sayuran untuk mengurangi sembelit.

4. Mendukung pertumbuhan jaringan dan organ tubuh janin\

Kacang merah banyak mengandung protein, kalsium, dan karbohidrat kompleks. Nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh janin. Kalsium pada kacang merah juga berperan penting dalam membentuk jaringan tulang dan gigi janin, serta memastikan tulang ibu hamil tetap sehat dan kuat.

5. Mengatasi kelelahan dan kram otot

Selama masa kehamilan, ibu hamil mungkin akan merasa cepat lelah dan sering kram. Untuk mengatasi keluhan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi kacang merah karena makanan ini banyak mengandung magnesium. Magnesium merupakan mineral yang dapat membantu otot lebih rileks, sehingga dapat mengurangi keluhan kram.

Selain itu, kandungan karbohidrat dan kalium yang tinggi pada kacang merah juga dapat memberi lebih banyak tenaga kepada ibu hamil agar tidak mudah lelah.

6. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Salah satu manfaat kacang merah adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini berkat kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam kacang merah.

Kalium merupakan mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah agar tetap normal sekaligus mengatur irama detak jantung. Kekurangan kalium selama masa kehamilan diketahui dapat menjadi salah satu penyebab ibu hamil merasa cepat lelah, lemas, atau bahkan mengalami masalah pada irama jantung.

Saat hendak mengonsumsi kacang merah, pastikan Bumil sudah mencuci kacang merah hingga bersih dan memasaknya hingga matang sepenuhnya. Hal ini dikarenakan kacang merah yang mentah memiliki zat beracun yang disebut fitohemaglutinin. Racun ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil, Bumil juga disarankan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan. Semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi, semakin banyak pula jenis nutrisi yang bisa Bumil peroleh.

Untuk memastikan kondisi Bumil dan janin tetap sehat, serta mengetahui apakah nutrisi yang Bumil dapatkan sudah tercukupi, Bumil perlu rutin menjalani konsultasi kehamilan ke dokter kandungan.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Seledri untuk ibu hamil, inilah 7 manfaat yang jarang diketahui ...

 Informasi awal kehamilan terkait pangan yang baik dikonsumsi penting untuk diketahui. Salah satu makanan yang direkomendasikan ialah seledri, berdasarkan informasi awal kehamilan.

Informasi awal kehamilan tersebut tentu berupa berbagai manfaat yang bisa diperoleh bila ibu hamil rutin mengonsumsi seledri. Seledri sendiri memang sayuran yang cukup dikenal sebagai penambah cita rasa, aroma, dan warna dalam masakan.

Walau seringkali dikonsumsi dalam jumlah sedikit, anda tidak bisa meragukan manfaat besarnya. Berikut merupakan Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebagian ibu hamil berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi ketika hamil, termasuk pada kondisi preeklamsia, dapat menurunkan aliran darah ke plasenta yang menyebabkan bayi kekurangan asupan nutrisi dan oksigen selama di kandungan dan lahir dengan berat badan rendah.

Kandungan phthalides dan kalium pada seledri memiliki manfaat untuk melemaskan jaringan dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah. Untuk memperoleh manfaat ini, Bumil dianjurkan mengonsumsi kira-kira 4 batang seledri setiap hari.

2. Mencegah dehidrasi

Ketika hamil, kebutuhan cairan akan meningkat dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk tidak kekurangan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi saat hamil merupakan kondisi yang serius karena bisa menyebabkan komplikasi, seperti cacat tabung saraf pada bayi, air ketuban sedikit, produksi ASI menurun, hingga persalinan prematur.

Seledri mengandung banyak air. Mengolahnya menjadi jus bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Bumil. Namun, pastikan Bumil juga banyak minum air putih setidaknya 8–12 gelas per hari, ya.

3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada seledri dapat menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Nah, jika Bumil sering mengalami sembelit, mengonsumsi seledri bisa menghindarkan Bumil dari gangguan ini, lho.

Selain itu, serat juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Bumil dari keinginan makan camilan yang tidak sehat.

Seledri juga mengandung serat yang disebut apiuman. Serat ini terbukti dapat mengurangi gejala asam lambung naik yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama di akhir kehamilan. Jadi, bagi Bumil yang memiliki masalah asam lambung, seledri bisa dimanfaatkan untuk meredakan keluhan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Bumil. Bila daya tahan tubuh sedang lemah, beragam jenis penyakit bisa mengintai Bumil kapan saja. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun seledri. Tanaman ini kaya akan antioksidan, antiradang, serta vitamin C. Ketiganya mampu melindungi Bumil dari kerusakan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Bumil tidak mudah sakit.

5. Melindungi ibu dari perdarahan pasca persalinan

Seledri juga mengandung vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah dan dibutuhkan ibu hamil, terutama saat persalinan. Namun, kadar vitamin K justru cenderung menurun di trimester ketiga kehamilan.

Memenuhi kebutuhan vitamin K bisa melindungi Bumil dari perdarahan pasca persalinan atau perdarahan post partum yang kejadiannya kadang tak terduga. Di samping itu, vitamin K juga dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan tulang yang sehat, sehingga juga baik untuk bayi.

Mengonsumsi daun seledri sangat dianjurkan ketika hamil. Untuk memperoleh seledri yang baik, pilihlah seledri dengan batang yang kokoh dan mudah dipatahkan, serta daun yang segar dan berwarna hijau cerah. Jangan membeli seledri yang sudah berwarna kuning dan kecokelatan atau sudah busuk karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa ikut rusak.

Meski seledri sangat baik untuk kesehatan, beberapa orang memiliki alergi terhadap sayur ini. Jika Bumil salah satunya, jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi seledri, ya. Lagipula, tubuh yang lebih sehat dan fit tidak bisa dicapai dengan hanya satu jenis makanan. Jadi, mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya juga sama pentingnya.

Agar kehamilan tetap sehat hingga persalinan tiba, usahakan untuk beristirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Selain itu, Bumil juga dianjurkan untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter sesuai dengan jadwal yang ditentukan agar kondisi kehamilan bisa selalu terpantau.

Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Anda pasti tahu hadiah apa yang sering kali diberikan oleh Presiden Jokowi di setiap kuis yang beliau berikan? Ya, sepeda. Kendaraan beroda dua ini dapat ditemui saat Car Free Day untuk berolahraga. Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaat bersepeda terhadap kesehatan?Jika belum, berikut adalah beberapa Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan yang perlu Anda tahu.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Melansir Healthline, bersepeda bisa membantu kamu mengontrol stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Tetap fokus pada jalan ketika sedang naik sepeda juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Alhasil, kamu akan menjadi orang yang sangat fokus dalam berbagai kegiatan.

Kalau kamu sedang merasa lesu atau sedih, segera bersepeda setidaknya selama 10 menit. Bersepeda bisa melepas endorfin dalam tubuh supaya kamu merasa lebih baik dan tidak stres lagi. Dan yang terpenting, kamu menjadi pribadi yang lebih pede ketika mampu bersepeda secara rutin setiap hari.

2. Membantu menyembuhkan penderita kanker

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda adalah kegiatan fantastis bagi para pengidap kanker. Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa membantumu tercegah dari kanker, terutama kanker payudara karena aktivitas ini membuatmu merasa fit setiap saat. Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, tubuh yang tetap aktif efektif dalam mengurangi risiko dari kanker payudara.

3. Memulai hari dengan kegiatan positif

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Mulailah hari kamu dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda. Pasalnya, bersepeda bisa membuatmu tidak mengantuk lagi dengan meningkatkan sirkulasi. Uniknya, kamu juga akan merasa lebih sehat untuk menjalani hari.

Bersepeda di pagi hari memiliki beberapa manfaat, di antaranya membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan tubuh, serta meningkatkan energi setiap harinya. Kalau ingin membakar lebih banyak lemak, usahakan untuk bersepeda sebelum sarapan, bukan sebaliknya.

4. Mengontrol berat badan

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Hal ini disebabkan karena naik sepeda meningkatkan tingkat metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh, demikian dilansir dari Better Health. Namun, perlu diingat bahwa mengontrol berat badan harus diiringi dengan rencana pola makan sehat, bukan hanya bersepeda.

Penelitian menunjukkan kamu harus membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga. Sementara itu, bersepeda dengan sungguh-sungguh bisa membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam. Benar-benar worth it, bukan?

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Ketika kamu menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap seimbang, kamu akan meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh secara keseluruhan. Apalagi keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia, jadi bersepeda menjadi salah satu solusinya.

6. Meningkatkan kekuatan kaki

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!pexels.com/Pixabay

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, khususnya pada paha depan, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki kamu lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squatleg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda.

7. Salah satu bentuk latihan inti

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda juga melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Terlebih, menjaga tubuhmu biar tegak dan menjaga posisi sepeda membutuhkan kekuatan inti loh. Perut yang kuat dan otot punggung yang mendukung tulang belakang berperan dalam meningkatkan stabilitas serta kenyamanan saat bersepeda.

Categories
Tips Kesehatan

Tips Menurunkan Darah Tinggi

Tips Menurunkan Darah Tinggi

Why Chronic High Blood Pressure Is So Dangerous – Health ...

Cara menurunkan darah tinggi bisa dibilang sebagai hal yang susah-susah gampang. Darah tinggi disebut juga dengan hipertensi, merupakan kondisi yang menggambarkan dimana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter raksa (mmHG).

Darah tinggi bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup, faktor genetik, ataupun keduanya. Seseorang yang memiliki penyakit darah tinggi juga harus memperhatikan pola hidup sehat karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Normalnya, tekanan darah seseorang hanya berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal ada beberapa cara yang bisa dilakukan, Seperti berikut ini TradisionalSehat akan memberikan anda beberapa Tips Menurunkan Darah Tinggi.

1. Coba berjalan kaki dan berolahraga rutin

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Bisa dibilang, inilah cara sederhana yang tak mengeluarkan uang sepeser pun. Olahraga adalah cara termudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah. Olahraga secara rutin membuat jantung lebih kuat, lebih efisien dalam memompa darah serta menurunkan tekanan pada arteri, ungkap laman Medical News Today.

Faktanya, 150 menit berjalan kaki atau 75 menit berlari setiap minggunya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Kamu juga bisa mencicilnya dengan berolahraga ringan 30 menit dalam sehari.

2. Mengurangi konsumsi garam

Garam adalah musuh terbesar bagi kita yang menderita hipertensi. Terkadang, ada kandungan garam yang tersembunyi tanpa kita sadari, seperti pada makanan kemasan. Padahal, sudah sedari lama penelitian menunjukkan keterkaitan garam dengan penyakit tekanan darah tinggi, jelas laman Medical News Today.

Bukan hanya itu, garam juga berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke. Coba batasi konsumsi garam maksimal hanya 1,5 – 2,3 gram dalam sehari, terang laman Mayo Clinic. Selain itu, hindari konsumsi makanan olahan seperti snack dan baca dengan cermat label makanan untuk mengetahui berapa kadar garam dalam makanan tersebut.

3. Makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Siapa sangka kalau makanan yang tinggi kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah? Faktanya, makanan tinggi kalium bisa membantu mengeluarkan kadar garam berlebih dari tubuh dan menurunkan tekanan darah, tegas laman Medical News Today.

Ingin mencoba? Berikut ini adalah daftar makanan yang tinggi kalium:

  • Kacang pistachio (1.025 mg kalium per 100 gram)
  • Dark chocolate (765 mg kalium per 100 gram)
  • Kacang almond (733 mg kalium per 100 gram)
  • Kacang mede (660 mg kalium per 100 gram)
  • Sotong (637 mg kalium per 100 gram)
  • Gurita (630 mg kalium per 100 gram)
  • Kerang (628 mg kalium per 100 gram)
  • Buah alpukat (485 mg kalium per 100 gram)
  • Buah pisang (358 mg kalium per 100 gram)

4. Kurangi konsumsi kafein

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Rupanya, konsumsi kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Kandungan kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah. Efeknya akan lebih kuat pada orang-orang yang tidak mengonsumsinya secara rutin.

Meski dapat meningkatkan tekanan darah secara instan, namun efek ini tidak bertahan lama, tutur laman Medical News Today. Menurut laman Health Line, efek kafein ini hanya akan bertahan selama 3 jam saja dan tekanan darah akan berangsur-angsur normal setelahnya.

5. Mengurangi berat badan

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Jika kamu kelebihan berat badan, mengurangi atau menurunkan berat badan bisa memberi perubahan signifikan pada kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, kehilangan 5 persen dari massa tubuh bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan, ungkap Medical News Today.

Selain itu, jika kita kehilangan 7,7 kg dari berat tubuh bisa menyebabkan penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 8,5 mm Hg dan tekanan diastolik sebanyak 6,5 mm Hg. Sebagai pengingat, tekanan darah normal berada di kisaran angka 120/80 hingga 140/90.

6. Berhenti merokok bisa menurunkan tekanan darah!

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Seperti yang kita ketahui, merokok memiliki segudang masalah buruk pada kesehatan. Misalnya meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kemandulan, stroke, diabetes hingga masalah pada janin bagi perempuan hamil.

Setiap kepulan asap rokok menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, jelas laman Medical News Today.

Selain itu, zat kimia dalam rokok juga bisa merusak pembuluh darah. Bukan hanya itu, merokok juga bisa menyebabkan masalah kardiovaskular. Jadi, masih mencari-cari alasan untuk merokok? Think again, please!

7. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi, Sederhana tapi Ampuh

Terdapat korelasi antara gula tambahan dalam makanan olahan dengan tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian dari Framingham Women’s Health Study, seseorang yang meminum satu kaleng soda per hari memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak memiliki kebiasaan itu.

Bukan hanya gula buatan, tetapi juga karbohidrat berlebih di makanan olahan. That’s why, diet rendah karbohidrat bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa orang yang diet rendah karbohidrat selama 6 minggu akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Mau mencoba?

Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Tips Menghilangkan Cegukan

Tips Menghilangkan Cegukan

How to Get Rid of Hiccups Instantly

Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih dari 48 jam (berkepanjangan). Tiap orang pernah mengalami kondisi ini, termasuk bayi dan anak-anak. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Tips Menghilangkan Cegukan yang bisa anda coba. Bagi anda yang penasaran , silahkan simak ulasan yang telah kami berikan dibawah ini.

1. Kontraksi otot diafragma yang abnormal menyebabkan munculnya suara “hik” saat cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Seperti yang kita ketahui, diafragma memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia. Cegukan terjadi akibat otot diafragma, otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut.

Saat cegukan, otot diafrgama secara tiba-tiba berkontraksi, menyebabkan udara menjadi sangat cepat masuk ke paru-paru, sehingga menjadikan katup saluran pernapasan tertutup dan menghasilkan suara “hik.”

2. Beberapa penyakit dapat mengakibatkan cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Menurut seorang dokter di California, kondisi gangguan pada kantong empedu, emboli paru dan tumor bisa menjadi salah satu pemicu cegukan.

Penyebab toksik atau metabolik, seperti anestesi atau uremia, yang hubungannya dekat dengan gagal ginjal, dapat juga menjadi salah satu penyebab cegukannya seseorang.

3. Penyebab lain cegukan yang harus kamu ketahui juga

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Makan dengan porsi berlebihan, yang menyebabkan kondisi perut terlalu penuh menampung makanan, bisa menyebabkan cegukan.

Penyebab lain dari cegukan adalah merokok, banyak mengonsumsi alkohol, stres emosional atau terlalu senang dan perubahan suhu yang terlalu cepat.

4. Durasi terjadinya cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Secara umum, cegukan bisa dengan cepat diatasi, hanya dalam hitungan beberapa menit. Namun, ternyata cegukan bisa juga lho berlangsung hingga 48 jam lamanya, bahkan berhari-hari.

Cegukan yang terlalu lama dapat menyebabkan kurang tidur, berat badan turun dan kelelahan. Jika mengalami cegukan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka harus segera periksa ke dokter, karena dikhawatirkan terjangkit suatu penyakit.

5. Cara menghilangkan cegukan yang pertama: bernapas dengan kantong plastik atau kertas

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Memilih cara ini untuk mengantisipasi cegukan sama seperti bernapas biasa, bedanya hanya terletak menggunakan kantong plastik atau kertas.

Tujuannya sama, dengan menahan nafas, yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida yang ada di dalam tubuh. Karena dengan cara ini, kalian akan menghirup kembali karbondioksida yang telah di keluarkan.

6. Cara menghilangkan cegukan yang kedua: meminum perasan jeruk nipis

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan saat cegukan. Caranya adalah memeras jeruk nipis langsung di mulut. Khasiatnya sangat dipercaya bisa menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

7. Cara menghilangkan cegukan yang ketiga: pengobatan jalur medis untuk cegukan yang berkepanjangan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Cara medis dapat ditempuh jika melalui cara sederhana tidak berhasil dan terjadi lebih dari semingguan. Kamu bisa mencoba akupunktur, terapi pernapasan khusus atau mengkonsumsi obat seperti chlorpromazinemetoclopramide arau baclofen.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan efektif dan beberapa penyebabnya.

Tips atau metode ini dapat membantu kalian jika nanti sewaktu-waktu kalian mengalami cegukan, baik periode yang sebentar ataupun berkepanjangan. Semoga bermanfaat.

Categories
Tips Kesehatan

Penyebab Rambut Rontok Pada Busui

Penyebab Rambut Rontok Pada Busui

Rambut rontok saat menyusui disebabkan oleh faktor hormonal

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengeluhkan rambut rontok saat memberi air susu ibu (ASI) eksklusif kepada bayi. Sebetulnya, apa penyebab rambut rontok saat menyusui dan bagaimana cara mengatasinya?. Nah untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Penyebab Rambut Rontok Pada Busui yang harus anda ketahui. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

Sebagian ibu menyusui mengeluhkan alami rambut rontok saat mulai memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya. Kerontokan ini bisa terjadi sedikit atau pun sangat banyak hingga menyebabkan kekhawatiran. Sebenarnya, apa penyebab rambut rontok saat menyusui?

Tidak sedikit ibu menyusui yang menyalahkan kegiatan menyusui sebagai penyebab utama kerontokan rambut yang mereka alami. Sebagian dari mereka malah jadi ragu akan menyusui atau tidak. Padahal, belum ada bukti yang akurat terkait menyusui sebagai penyebab utama kerontokan setelah melahirkan.

Intip Penyebab Rambut Rontok pada Ibu Menyusui - Alodokter

Ini Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Ketika hamil, perubahan tidak hanya terjadi pada tubuh, namun juga pada hormon. Beberapa hormon mengalami peningkatan saat hamil. Hormon-hormon tersebut meliputi estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin.

Selain itu, volume darah dan sirkulasi dalam tubuh juga meningkat saat hamil. Perubahan hormon dan sirkulasi darah ini dapat membuat rambutmu menjadi lebih tebal dan kuat selama hamil.

Akan tetapi setelah bayi lahir, kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan. Volume darah juga mengalami penurunan secara bertahap dan kembali normal beberapa minggu setelah melahirkan. Nah, perubahan inilah yang menyebabkan rambut rontok.

Dalam dunia medis, rambut rontok saat menyusui dikenal dengan istilah postpartum hair loss atau kerontokan pascamelahirkan. Artinya, menyusui ataupun tidak, kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami kerontokan pada rambutnya. Hal ini adalah kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, kok.

Jadi, menyusui tidak ada kaitannya dengan rambut rontok yang kamu alami, ya. Menyusui anak secara langsung justru memberikan manfaat untuk dirimu. Salah satunya adalah membantu pemulihan tubuh jadi lebih cepat setelah melahirkan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Sebenarnya tidak ada obat yang pasti untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Kamu hanya bisa bersabar sembari menunggu kadar hormonmu menjadi stabil kembali. Umumnya rambut rontok akan terus berlangsung hingga buah hatimu berusia 1 tahun.

Jika memang rambutmu terlihat menipis, kamu bisa mengganti gaya rambutmu agar tampak lebih bervolume atau menggunakan sampo dan kondisioner yang bisa menambah volume rambut. Selain itu, rawat rambut dengan lebih hati-hati. Sisirlah rambutmu dengan perlahan dan hindari mengeringkan rambut dengan kasar menggunakan handuk.

Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran berdaun hijau yang kaya akan vitamin dan mineral, serta telur dan ikan yang kaya akan protein dan lemak sehat. Makanan-makanan tersebut kerap disarankan untuk orang-orang yang ingin menyehatkan rambut.

Bila perlu, kamu juga bisa melanjutkan konsumsi vitamin prenatal setelah melahirkan, lho, terutama jika kamu menyusui. Vitamin ini bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu yang masih cukup tinggi saat menyusui.

Pada beberapa kasus, kerontokan rambut saat menyusui juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan, misalnya anemia karena kekurangan zat besi. Jadi, bila rambut rontok yang kamu alami saat menyusui dirasa berlebihan atau bahkan menimbulkan kebotakan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat.