Tips Agar Tidak Keracunan Makanan

Tips Agar Tidak Keracunan Makanan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras , Obat Sakit Tenggorokan Alami , Titik Pijat Mengatasi Sakit Kepala , Tips Menjaga Kandung Kemih , Tips Agar Tidak Keracunan Makanan , Cara Mengatasi Gatal Akibat Kutu , Obat Tradisional Kuku Berjamur , Obat Alami Mengatasi Cantengan , Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering , Tips Melahirkan Lancar Dan Normal , Cara Menghilangkan Stretch Mark , Makanan Memicu Kebutaan , Kenali Jenis Penyakit Mata , Bahaya Kafein Bagi Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu

Tips Agar Tidak Keracunan Makanan

Kasus keracunan makanan masih kerap ditemui di banyak negara berkembang, Indonesia salah satunya. Pada kebanyakan kasus, keracunan makanan disebabkan oleh kebiasaan jajan sembarangan di pinggir jalan. Gejala keracunan makanan tidak langsung muncul setelah makan makanan yang tidak bersih, sehingga banyak orang yang tidak menyadari mereka telah jatuh sakit. Padahal, keracunan makanan dapat berujung pada kematian jika tidak ditangani dengan baik. Pelajari Tips Agar Tidak Keracunan Makanan yang akan kami berikan berikut ini :

1. Perhatikan kondisi seafood sebelum membeli

Langkah pertama untuk menghindari keracunan seafood adalah dengan mencermati secara seksama bagaimana kondisi fisik seafood tersebut. Saat hendak membelinya, pastikan Anda tidak hanya mempertimbangkan harganya yang murah.

Amati juga ciri-ciri fisik yang tampak pada seafood, seperti kondisi mata, sisik, insang, daging, serta bagian tubuh lainnya dari ikan. Atau jika Anda berencana membeli jenis makanan laut yang lainnya, contohnya kerang, kepiting, udang, atau cumi-cumi, perhatikan semua bagian fisiknya.

Pastikan tidak ada bau busuk, asam, atau bau aneh lainnya yang menandakan bahwa makanan laut tersebut tidak dalam keadaan segar. Hal ini juga berlaku bagi produk seafood kemasan.

Cek tanggal kedaluwarsa serta keterangan lainnya yang tertera pada label produk, dan hindari membeli seafood kemasan yang tampak rusak, penyok, atau menggembung. Sebab produk tersebut kemungkinan telah terkontaminasi oleh bakteri.

2. Simpan seafood di tempat yang tepat

Risiko keracunan seafood bukan hanya berasal dari makanan laut yang tidak lagi berkualitas, tapi juga bisa ditimbulkan karena seafood tersebut diletakkan di tempat yang salah.

Sering tidak disadari bahwa menaruh makanan laut pada suhu ruangan dalam waktu lama, atau mencairkan makanan laut di ruangan terbuka tanpa direndam dalam air dapat membuat makanan laut tercemar bakteri dan virus.

Bahkan, bakteri yang ada pada seafood mentah tersebut bisa dengan mudah berpindah ke makanan lain di sekitarnya. Jadi, usahakan untuk menyimpan seafood di dalam lemari pendingin maupun freezer sampai kemudian siap diolah.

3. Cuci bersih seafood sebelum dimasak

Mencuci mungkin tidak bisa menghilangkan sepenuhnya virus, bakteri, atau kotoran yang melekat di dalam tubuh ikan. Namun setidaknya, Anda bisa mengecek kembali dan mengurangi kotoran yang tampak di fisik ikan sehingga nantinya siap untuk dimasak.

Misalnya menghilangkan sisik ikan yang masih menempel, insang ikan yang mungkin terlewat untuk dikeluarkan, tinta cumi yang masih melekat di tubuh, dan lain sebagainya.

4. Masak seafood sampai matang sempurna

Hati-hati, hobi makan seafood mentah, seperti sushi dan sashimi, berisiko membuat Anda keracunan seafood. Maka itu, salah satu cara terbaik untuk mencegah keracunan makanan laut adalah dengan mengolahnya sampai matang sempurna.

Dengan begitu, bakteri dan virus biasanya akan segera mati setelah dimasak dengan tepat. Akan tetapi, pastikan Anda telah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu sebelum mengolah seafood, ya!