Categories
Tentang Penyakit

Pertanda Lambung Luka

Pertanda Lambung Luka

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis , Cara Mengatasi Perut Kembung , Gejala Lambung Luka
Gejala Lambung Luka

Tukak lambung (ulkus peptikum, peptic ulcer) adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Tukak lambung dapat menyebabkan rasa nyeri pada lambung atau bahkan perdarahan dalam kasus yang parah.

Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur. Meski begitu, pria usia di atas 60 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya. Tukak lambung sendiri dapat diobati hingga tuntas jika penyebab utama dapat diketahui. Berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Gejala Lambung Luka :

1. Nyeri Perut

Saat lambung Anda luka, otomatis akan ada rasa sensasi seperti sedang ditusuk-tusuk, atau bahkan sensasi terbakar. Apabila rasa nyeri itu dibiarkan, tubuh tak akan bisa menahannya lagi sehingga nyeri dan keadaan lambung pun menjadi semakin parah. Ketika kondisi lambung yang luka sudah pada tingkat akut, rasa sensasi terbakar akan lebih terasa ketimbang sensasi tertusuknya. Sebelum terlalu menyiksa, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan mendapat penanganan serta resep obat dokter secepatnya.

2. Nyeri Menyebar ke Pusar dan Punggung

Anda harus segera sadar untuk memeriksakan diri ke dokter apabila rasa nyeri bukan lagi di perut bagian atas atau ulu hati. Pada beberapa kasus, terutama yang sudah semakin parah, rasa nyeri bakal menjalar hingga bagian pusar bahkan punggung. Dari lambung menuju ke area punggung tentulah cukup berbahaya dan Anda perlu sesegera mungkin ke dokter untuk mendapat pertolongan.

3. Perut Perih di Malam Hari

Nyeri pada lambung akan sangat terasa begitu perih dan ini terjadi dikarenakan adanya iritasi yang asam lambung akibatkan. Asam lambung yang naik akan membuat luka menjadi basah dan itulah yang menjadikannya terasa makin perih saja. Pada umumnya, rasa perih di lambung akan muncul saat sudah malam, dan bisa-bisa ini mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda.

4. Nyeri Perut Mudah Datang dan Pergi

Mungkin setelah Anda makan dan minum obat, ada rasa lega yang didapat, ini karena asam lambung telah turun. Namun nyeri itu akan berlanjut meski dirasa telah hilang. Beberapa hari atau bahkan minggu kemudian, rasa perih atau nyeri bakal datang kembali. Hilang lalu kambuh, itulah kondisi yang perlu diwaspadai dari gejala perut yang sakit, nyeri atau perih. Ketika berulang kali terus demikian, tak ada salahnya untuk segera ke dokter.

5. Perut Kembung dan Tidak Nyaman

Ada rasa tak nyaman dan seperti kembung saat lambung terluka di mana ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik dan bisa mengakibatkan perut terasa penuh. Saat kenaikan asam lambung, gas yang terlalu banyak ada pada perut dan akhirnya berkumpul dan inilah yang disebut sebagai penyebab perut kembung. Anda bisa mencari cara mengatasi perut kembung sendiri, atau langsung ke dokter apabila semakin terganggu dengan keadaan tersebut.

6. Penurunan Nafsu Makan

Luka di lambung menyebabkan nafsu makan seseorang menurun juga karena rasa sakit dan kembung yang begitu menyiksa. Perut akan selalu terasa kenyang sehingga tak ingin makan walaupun yang di hadapannya adalah makanan favoritnya. Kesehatan tubuh otomatis dapat menurun juga karena tubuh tak ternutrisi dengan baik akibat kurang diisi.

7. Sering Bersendawa

Bila perut terasa kembung dan penuh, bersendawa adalah yang paling sering Anda lakukan nantinya. Kalau biasanya bersendawa hanya setelah makan, pada kondisi lambung yangs sedang tidak beres akan menyebabkan intensitas bersendawa jauh lebih sering. Jadi, bisa dibilang bahwa lambung yang luka adalah salah satu penyebab sering bersendawa diakibatkan gas yang ada pada perut terlalu berlebihan.

8. Air Liur Berlebihan

Saat lambung terluka, keluarnya air liur bakal lebih dari biasa dan normalnya, alias jauh lebih cepat dan banyak. Bila ini terjadi pada Anda, apalagi disertai dengan rasa tak nyaman di perut, tentu Anda sudah bisa menebak bahwa ini merupakan gejala dari adanya lambung bermasalah. Biasanya, khusus gejala ini akan dialami oleh seluruh penderita lambung luka. Pada mulut kita, air liur sendiri merupakan zat untuk membersihkan bagian dalam mulut kita secara alami sehingga segala sisa makanan dan kuman yang bersarang dapat dihilangkan.

9. Bau Mulut

Bau mulut bisa jadi datang sebagai akibat dari adanya luka pada lambung Anda. Mungkin bau mulut lebih cenderung terjadi saat gigi sedang berlubang atau efek mengonsumsi makanan tertentu, tapi lambung yang luka juga bisa menjadi masalah bagi mulut Anda. Bau tak sedap dapat keluar dari mulut para penderita luka lambung.

10. Mual Disertai Muntah

Luka yang terjadi di lambung akan menyebabkan penderitanya merasa mual di mana hal ini akan bertambah serius ketika Anda memaksakan diri untuk terus berkegiatan seperti biasa. Rasa mual pada umumnya akan selalu disertai muntah-muntah, meski ada juga beberapa kasus yang tidak demikian. Bila sudah sampai pada keadaan ini, Anda perlu mengistirahatkan tubuh dan kegiatan fisik.

Jika masih diteruskan untuk berkegiatan pada normalnya, rasa mual dan muntah tersebut akan berlanjut menjadi semakin serius. Perhatikan juga apa yang Anda makan, ketika sudah mual dan muntah, sangat perlu menjauhi makanan-makanan pedas dan asam. Keduanya adalah penyebab luka di lambung makin parah.

11. Muntah Darah

Jangan dikira bahwa hanya luka di lambung kemudian tak bisa menjadi lebih serius. Muntah darah terjadi pada seseorang yang mengalami lambung luka pada tingkat yang sudah serius. Penyebab muntah darah ini salah satunya adalah dikarenakan ketika sudah muncul gejala mual dan muntah, penderita masih tetap makan sembarangan, khususnya makanan asam dan pedas, ditambah kurangnya istirahat.

12. Tenggorokan Sakit

Ketika tenggorokan rasanya sakit, ini adalah kondisi yang biasanya mengacu pada penyakit flu dan batuk. Tapi ternyata tak selalu sakit tenggorokan itu menjadi gejala batuk, karena ini dapat menandakan adanya luka pada lambung Anda. Ketika rasa sakit muncul, tenggorokan pun tak mampu berfungsi secara maksimal.

Rasa sakit akan begitu mengganggu sehingga ketika menelan makanan pun menjadi tak nyaman. Rasa sakitnya memang sama seperti ketika Anda mengalami radang tenggorokan atau panas dalam sehingga memang agak sulit membedakannya. Namun ketika Anda mengalaminya selama berhari-hari, Anda bisa memeriksakan diri agar jelas penyakit apa yang sedang terjadi.

13. Penurunan Bobot Tubuh

Gejala ini ada kaitannya erat dengan turunnya selera makan. Ketika tubuh tak kemasukan makanan, otomatis nutrisi pun juga berkurang yang menyebabkan tubuh mengalami penurunan berat badan. Gejala ini tidak termasuk gejala utama, namun bila nafsu makan terus-terusan menurun dan perut hanya diisi sedikit, bobot tubuh otomatis akan turun.

14. Perubahan Warna Feses

Anda perlu melihat dengan jeli dan memerhatikan apakah ada perubahan warna feses saat melakukan buang air besar. Biasanya, feses akan berubah warna menjadi hitam ketika ada hubungannya dengan lambung yang luka. Bila ini terjadi ditambah juga dengan sejumlah kondisi gejala utama yang sudah disebutkan, Anda patut mengambil keputusan untuk mendapatkan pertolongan dokter.

Categories
Tentang Penyakit

Penyakit Lupus Dan Gejalanya

Gejala Penyakit Lupus

Penyakit , cara mengobati penyakit , penyakit ganas , penyakit hiv , Penyakit Lupus Dan Gejalanya
Penyakit Lupus Dan Gejalanya

Lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Penyakit seperti ini disebut penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang. Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Akan tetapi pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini belum diketahui. Sejauh ini, diduga penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan. Berikut kami akan memberikan informasi Penyakit Lupus Dan Gejalanya . penyakit lups terbagi menjadi beberapa macam :

Jenis-jenis Lupus

Penyakit lupus terbagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:

Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)
Lupus ini terjadi secara menyeluruh (sistemik) pada tubuh penderita dan merupakan jenis lupus yang paling sering terjadi. Dinamakan lupus sistemik dikarenakan terjadi pada berbagai organ, terutama sendi, ginjal, dan kulit. Gejala utamanya adalah inflamasi kronis pada organ-organ tersebut.

Lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)
Merupakan manifestasi lupus pada kulit yang dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari SLE. CLE dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu acute cutaneous lupus erythematosus(ACLE), subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE), dan chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE).

Lupus akibat penggunaan obat
Beberapa jenis obat dapat menimbulkan gejala yang terlihat mirip dengan gejala lupus, pada orang yang tidak menderita SLE. Akan tetapi jenis lupus ini bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah berhenti mengonsumsi obat yang memicu gejala lupus tersebut. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan lupus jenis ini, antara lain metildopaprocainamide, D-penicillamine (obat untuk mengatasi keracunan logam berat), serta minocycline (obat jerawat).

Lupus Eritematosus Neonatal
Lupus eritematosus neonatal merupakan jenis lupus yang terjadi pada bayi baru lahir. Lupus neonatal diakibatkan oleh autoantibodi, yaitu anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP. Ibu yang melahirkan anak yang menderita lupus eritematosus neonatal belum tentu mengidap lupus. Biasanya lupus eritematosus neonatal hanya terjadi pada kulit dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus yang jarang, lupus neonatal dapat menyebabkan congenital heart block, yaitu gangguan irama jantung pada bayi baru lahir. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara memasang alat pacu jantung.

Categories
Tentang Penyakit

Makanan Pemicu Kanker

Makanan Pemicu Kanker

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , makanan yang memicu kanker
Makanan Yang Memicu Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal sebagai tumor ganas . Sebagai berikut jika anda ingin menghindari kanker maka hindari makanan – makanan yang dapat memicu kanker . Berikut ini demi mencegah penyakit ini maka hindari Makanan Yang Memicu Kanker berikut ini : 

1. Daging Olahan

Berdasarkan pemaparan WHO, daging olahan, termasuk sosis, baconhot dogs, dan ham, dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Sebab makanan ini menyimpan asap dan asbestos yang diperoleh melalui metode pemrosesannya (Diasap, diawetkan, diasinkan).

2. Microwave Popcorn

Sebab utamanya adalah karena popcorn yang dibuat menggunakan microwavemengandung banyak mentega buatan yang pada saat dihangatkan akan menjadi uap beracun dan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Ditambah lagi Perfluorooctanoic Acid (PFOA) yang biasanya terdapat pada bungkus popcorndikategorikan bersifat karsinogen oleh U.S. Environmental Protection Agency.

3. Salmon Peternakan

Walaupun salmon yang diternakan harganya jauh lebih murah daripada salmon yang ditangkap natural, Anda tidak seharusnya menyantap ikan ini dengan alasan apapun. Salmon yang diternakan membawa Polychlorinated Biphenyls (PCBs) 16x lebih banyak daripada salmon liar. Polychlorinated Biphenyls (PCBs) diketahui secara umum adalah penyebab kanker potensial.

4. Daging Bakar

Arang adalah agen pembawa kanker. Dan daging yang dibakar dalam suhu tinggi menghasilkan senyawa yang disebut sebagai HCAs (Heterocyclic Amines) dan PAHs (Polycyclic Aromatic Hydrocarbons) yang dapat menimbulkan perubahan pada DNA manusia sehingga menjadi kanker. Namun kabar baik datang dari beberapa penelitian. Cobalah mengolesi daging Anda dengan bumbu selama 30 menit sebelum dibakar. Bumbu yang meresap menjadi semacam ‘perisai’ dari pembentukan HCAs dan PAHs.

5. Pemanis Buatan

Pemanis buatan adalah sama jahatnya dengan gula biasa. Jika gula biasa di klaim menjadi ‘makanan’ sel kanker sehingga tetap hidup, maka pemanis buatan disinyalir menjadi penyebab kanker karena bahan kimianya yang diserap oleh tubuh. Solusinya, Anda dapat menggunakan pemanis natural, seperti Stevia.

6. Konsumsi Alkohol dalam Jumlah Besar

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan baik. Begitupun dengan konsumsi alkohol berlebihan yang menjadi penyebab dari meningkatnya kasus kanker otak, kanker leher, kanker esofagus, kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker rahim, kanker prostat, kanker perut, dan kanker kandung kemih. Wah, ayo hindari!

7. Trans Fat

10 makanan yang mengandung trans fat adalah:
– Cake, pie dan cookies (Terutama yang dilengkapi dengan frosting)
– Biskuit
– Sandwich
– Margarin
– Crackers
– Microwave popcorn
– Permen dengan isi filling
– Donat
– Makanan siap saji yang digoreng
– Pizza beku

8. Bagel

Bagel, bersama dengan roti putih, corn-flakes, dan puffed rice mengandung indeks glikemik yang tinggi dan dapat menjadi ‘makanan’ bagi sel kanker sehingga tetap hidup.

Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Pengobatan Hepatitis B Akut

Pengobatan Hepatitis B Akut

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , makanan yang memicu kanker , Bahan alami penyubur rambut , cara pengobatan hepatitis b , penyebab hepatitis b , minuman kesehatan korea
Cara Pengobatan Hepatitis B Akut

Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati. Hepatitis B sulit dikenali karena gejala-gejalanya tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul. Karena itulah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Virus ini biasanya berkembang selama 1-5 bulan sejak terjadi pajanan terhadap virus sampai kemunculan gejala pertama. Berikut adalah Penyebab Dan Cara Pengobatan Hepatitis B :

Penyebab Hepatitis B

 Hepatitis B termasuk penyakit yang sangat mudah menular. Penularan hepatitis B dapat melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lain penderita. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terkena hepatitis B pada diri Anda:

  1. Jika ibu hamil terkena hepatitis B, bayinya dapat tertular selama masa kehamilan atau pada saat lahir.
  2. Berbagi sikat gigi, alat cukur, dan handuk yang sudah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi.
  3. Menggunakan obat-obatan terlarang dan berbagi jarum suntik.
  4. Berhubungan seks dengan pengguna obat-obatan terlarang yang memakai dan berbagi jarum suntik.
  5. Memiliki luka terbuka dan terjadi kontak dengan darah yang terinfeksi.
  6. Bekerja dan berurusan dengan darah. Paramedis dan staf laboratorium memiliki risiko lebih tinggi terhadap ketidaksengajaan tertusuk jarum suntik bekas.
  7. Menjalani transfusi darah di klinik atau rumah sakit yang tidak memeriksa darah untuk hepatitis B. Semua darah yang akan digunakan dalam transfusi harus dites untuk berbagai penyakit, termasuk hepatitis B.
  8. Menjalani pengobatan atau perawatan gigi di klinik atau rumah sakit dengan peralatan yang tidak steril.
  9. Menindik atau menato tubuh di tempat yang peralatannya tidak steril.
  10. Melakukan hubungan seks tanpa kondom (termasuk seks oral dan seks anal), terutama jika pasangan Anda sudah terinfeksi.
  11. Memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang.
  12. Pekerja seks komersial (wanita atau pria) juga berisiko tinggi tertular hepatitis B.

Cara pengobatan Hepatitis B :

Brotowali : Cara Membuatnya Cucilah 1 jari batang batang brotowali lalu potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah dan tambahkan sesendok madu. Minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Batang bugenfil yang telah dikeringkan : Cara Membuatnya Setelah dibersihkan, potonglah batang bugenfil tipis-tipis. Masukkan dalam panci email sembari ditambah tiga gelas air. Rebus sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah. Minumlah air saringan setelah ditambah madu. Air saringan diminum dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

Daun Pare : Cara Membuatnya Cuci bersih segenggam daun pare segar dan bilaslah dengan air matang. Tumbuklah daun sampai halus sambil ditambah air satu cangkir. Aduk sampai merata dan tambahkan sedikit garam. Saringlah ramuan itu dan minumlah pada pagi hari sebelum makan. Catatan: Resep ini jangan digunakan bila sedang hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Pepaya : Cara Membuatnya Biji dan buah pepaya diblender atau tumbuk bijinya sampai halus sementara buahnya diparut. Adonan tersebut dijadikan satu ditambah madu secukupnya, lalu diminum. Catatan: Wanita hamil dilarang minum ramuan ini karena bisa menyebabkan keguguran.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Bagi penderita hepatitis akut yang mengalami mual mual parah sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Cairan itu bisa membuat penderita hepatitis akut terhindar dari bahaya dehidrasi. Jika dehidrasi, fungsi hati akan semakin terbebani sehingga fungsi hati semakin memburuk fungsinya. Hal itu diarenakan hati membutuhkan air untuk melancarkan metabolisme di dalam darah manusia. Jika tubuh kekurangan air, peredaran darah di dalam tubuh manusia tidak berjalan dengan lancar. Sehingga aliran darah menuju ke hati manusia juga semakin tidak lancar. Akibatnya fungsi hati terbebani dan bukan tidak mungkin hati akan terganggu fungsinya.

Tidur yang Cukup

Orang yang mengalami hepatitis akut sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang berat sebab aktivitas yang berat bisa membuat penderita hepatitis mudah lelah. Kelelahan merupakan hal yang harus dihindari sebab saat lelah sistem imun akan semakin menurun. Saat sistem imun menurun maka virus akan dengan mudah dan leluasa menyebar ke seluruh organ manusia. Hal itu akan menyebabkan penyakit hepatitis semakin parah. Tidur yang cukup akan membuat tubuh penderita hepatitis semakin rileks. Jika rileks tubuh penderita hepatitis akan nyaman. Tidur ini juga merupakan cara meningkatkan sistem imun secara alami. Orang yang memiliki jam tidur yang kurang orang tersebut akan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah serangan jantung. Agar tidak terkena komplikasi ada baiknya penderita hepatitis tidur cukup dan menghindari bergadang.

Kunyit

Kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi karna kunyit terbukti berkhasiat untuk kesehatan dan berguna untuk mengatasi berbagai macam masala kesehatan. Jika selama ini kunyit banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah dengan perut, kunyit pun bisa digunakan untuk mengatasi hepatitis b akut bukan kronis. Kunyit bsa digunakan untuk mengatasi hepatitis b akut dikarenakan kunyit tersebut memiliki minyak atsiri. Minyak atsiri bersamaan dengan kurkumin terbukti mampu mengatasi berbagai macam masalah penyakit salah satunya adalah hepatitis. Kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan serta meringankan gejala penyakit lain seperit tifus, diabetes, usus buntu, diare, keputihan, perut kembung, nyeri haid serta masih banyak lagi lainnya.

Fungsi minyak atsiri pada kunyit berfungsi sebagai anti mikroba dan anti hiv. Minyak itu berguna untu menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh seseorang.Cara mengobati hepatitis b akut menggunakan kunyit ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan beberapa rimpang kunyit dalam ukuran sedang. Kupas dan cuci bersih kunyit tersebut.
  • Setelah di cuci bersih anda bisa memarunya kemudian mengambil air kunyit tersebut.
  • Setelah itu anda bisa mengkonsumsi air saringan kunyit itu sebanyak tiga kali dalam sehari sampai virus yang ada di dalam tubuh anda berhasil dilemahkan dengan kunyit tersebut.
  • Temulawak
  • Temulawak merupakan obat herbal yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain bisa digunakan untuk mengatasi masalah nafsu makan, ternyata kandungan kurkumin pada temulawak bisa digunakan untuk mengatasi virus hepatitis. Selain kandungan kurkumin yang ada di dalam temulawak, ada kandungan xanthorhiza rx yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kurkumin kaya akan antioksidan dan sifatnya sebagai hepatoksik.Temulawak ini jika dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang meningkat bisa berguna untuk melemahkan virus yang ada di dalam tubuh manusia.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tumbuhan yng terkenal di dunia herbal. Mahkota dewa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga tanaman ini banyak dibudiayakan bahkan banya orang yang menanam tanaman mahkota dewa ini di halaman rumahnya. Mahkota dewa memliki kandungan seperti tanin, flavonoid, fenol, linan, minyak atsiir dan masih banyak lainnya dimana semua kandungan itu berguna dalam mengatasi berbagai macam masalah penyakit salah satunya adalah penyakit hepatitis. Cara mengatasi peyakit hepatitis menggunakan mahkota dewa ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil beberapa buah mahkota dewa yang telah matang. Ingat hanya buah mahkota dewa yang matang saja yang digunakan. Jangan mengambil buah mahkota dewa yang mentah. Buah mahkota dewa yang matang adalah buah yang memiliki warna merah. Meski terlihat menggiurkan dari luar, sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau tanpa diolah sebab buah mahkota dewa beracun dalam keadaan mentah.
  • Setelah anda mengambil buah mahkota dewa yang matang, anda bisa mencuci bersih buah mahkota dewa tersebut. Setelah anda cuci bersh masukkanlah ke dalam panci
  • Tambahkan tiga gelas air ke dalam panci tersebut. Rebus sampa mendidih.
  • Saat mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja .
  • Saring, kemudian saat air rebusan berubah menjadi hangat anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Mengkonsumsi air rebusan buah manhkota dewa bisa membuat sisem imun anda menjadi meningkat.
Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Penyebab Sulit Hamil

Penyebab Sulit Hamil

COVID-19: Advice for Pregnant Women

Memiliki anak adalah dambaan banyak pasangan suami istri (pasutri). Sayangnya, tidak semua pasangan berkesempatan untuk segera memiliki anak setelah menikah. Ada yang memang sengaja menunda, tapi ada juga yang sudah berusaha namun belum diberikan keturunan. Nah, bagi anda yang penasaran , mengapa sudah mencoba berbagai cara tetapi tidak membuahkan hasil , untuk itu berikut ini TradisionalSehat akan memberitahukan apa saja Penyebab Sulit Hamil yang harus anda ketahui.

1. Gangguan ovulasi

Untuk bisa hamil, tubuh wanita perlu melepaskan sel telur setiap bulannya. Proses pelepasan sel telur atau ovulasi inilah yang menentukan masa subur wanita. Namun, proses ovulasi terkadang bisa terganggu.

Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa gangguan ovulasi merupakan salah satu penyebab utama mengapa seorang wanita sulit untuk hamil. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gangguan ovulasi, antara lain:

  • Gangguan pada kelenjar hipofisis di otak
  • Kelebihan hormon prolaktin
  • Kegagalan ovarium prematur, yaitu ketika ovarium (indung telur) berhenti melepaskan telur secara teratur ketika wanita berusia kurang dari 40 tahun
  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

2. Tuba falopi tersumbat

Tuba falopi merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dan rahim. Saat ovulasi, sel telur akan berjalan dari ovarium menuju rahim melalui tuba falopi. Di saluran ini pula sel telur akan bertemu dengan sel sperma untuk menghasilkan pembuahan.

Jika tuba falopi tersumbat, sel telur tidak bisa mencapai rahim dan bertemu dengan sperma. Akibatnya, pembuahan pun tidak akan terjadi. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan tuba falopi wanita tersumbat dan membuat wanita jadi susah hamil, yaitu:

  • Radang panggul
  • Penyakit menular seksual (PMS) tertentu, seperti chlamydia dan gonore
  • Riwayat kehamilan ektopik
  • Pernah menjalani operasi di perut atau panggul
  • Infeksi rahim yang disebabkan oleh aborsi atau keguguran

3. Endometriosis

Endometriosis juga dapat menjadi penyebab sulit hamil. Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Diperkirakan sekitar 50% wanita yang menderita endometriosis akan sulit hamil.

Saat menstruasi, endometriosis dapat menyebabkan kram yang sangat menyakitkan, volume darah yang keluar banyak, durasi menstruasi yang lama, dan mual. Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan masalah pada usus dan kandung kemih, serta nyeri saat berhubungan seks.

4. Bentuk rahim abnormal

Kelainan bentuk rahim juga bisa menjadi penyebab sulit hamil. Rahim yang bentuknya abnormal atau tidak beraturan dapat menyulitkan sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada dinding rahim.

Kondisi tersebut dapat terbentuk secara alami atau disebabkan oleh fibroid rahim (miom) dan jaringan parut akibat pembedahan atau infeksi.

5. Infertilitas pada pria

Tak hanya disebabkan oleh gangguan pada tubuh wanita, kondisi sulit hamil juga bisa disebabkan oleh ketidaksuburan atau infertilitas pada pria. Bahkan, lebih dari 30 persen kasus susah hamil diperkirakan disebabkan oleh masalah pada pria, seperti:

  • Jumlah sperma sedikit
  • Pergerakan sperma rendah
  • Bentuk sperma abnormal
  • Tabung vans deferens tersumbat
  • Disfungsi ereksi

Infertilitas pada pria dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya faktor bawaan atau genetik, penyakit tertentu seperti diabetes, masalah psikologis, hingga pola hidup tidak sehat.

6. Usia

Wanita yang berusia di atas 35 tahun dan pria yang berumur lebih dari 40 tahun membutuh waktu lebih lama untuk memiliki anak. Pada wanita, usia yang semakin bertambah akan mengurangi kualitas dan kuantitas sel telur. Sedangkan pada pria, pertambahan umur akan menurunkan kualitas dan kuantitas sel sperma.

7. Kondisi lainnya

Beberapa kondisi medis tertentu dapat menyebabkan infertilitas pada pria dan wanita, misalnya ketidakseimbangan hormon tiroid, obesitas, malnutrisi atau kurang gizi, penyakit autoimun seperti lupus, dan penyakit menular seksual.

Selain itu, masalah psikologis seperti stres berat, depresi, dan gangguan cemas juga bisa menjadi hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi sulit hamil.

8. Gaya hidup tidak sehat

Selain karena penyakit atau kondisi medis tertentu, kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab sulit hamil. Gaya hidup tidak sehat tersebut misalnya menggunakan narkoba, mengonsumsi alkohol, atau merokok.

Obat-obatan terlarang, seperti kokain dan ganja, diduga dapat menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Sementara itu, tembakau dan alkohol juga dapat menurunkan tingkat pembuahan dan meningkatkan risiko keguguran

Jika Anda dan pasangan sudah berusaha memiliki anak dengan sering berhubungan seks tanpa kondom selama lebih dari setahun namun masih belum membuahkan hasil, jangan ragu untuk pergi ke dokter kandungan untuk menjalani pemeriksaan dan memastikan apa penyebab sulit hamil yang Anda atau pasangan alami.

Setelah dokter menentukan penyebabnya, dokter dapat memberikan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut. Dokter juga dapat menyarankan metode reproduksi bantuan, seperti inseminasi buatan atau bayi tabung, jika diperlukan.

Categories
Tentang Penyakit

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Lokasi bagian perut yang terasa sakit atau nyeri dapat menjadi petunjuk penyebabnya. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat terasa pada perut. Mulai dari sakit ringan yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk. Selain itu, terdapat jenis sakit perut yang perlahan-lahan menguat hingga terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Hal yang juga perlu dicermati adalah arah penjalaran rasa sakit serta gejala-gejala lain yang mengiringi. Nah, berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan.

1. Rasa sakit bisa disebabkan oleh masalah ringan

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Sakit perut di bagian kanan sering kali disebabkan oleh gangguan kesehatan ringan. Contohnya adalah masalah pencernaan dan meningkatnya gas di dalam usus.

Biasanya kedua masalah tersebut hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan disebabkan oleh kesalahan makan. Untuk mengatasinya, cukup perbaiki pola makan, perbanyak minum air hangat, dan minum obat jika diperlukan.

2. Radang usus buntu

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Penyebab paling umum berikutnya adalah radang usus buntu. Organ ini terletak di bagian ujung usus besar dan tidak memiliki fungsi apa-apa. Namun ketika ia meradang, sakitnya akan luar biasa. 

Peradangan terjadi karena banyak hal, meliputi terhambatnya rongga, parasit, cedera, dan penebalan jaringan. Dilansir dari NHS, penyakit ini biasa menyerang orang yang berusia sepuluh hingga 20 tahun. Gejala yang biasa menyertainya adalah demam, diare, kembung, konstipasi, dan muntah-muntah. 

3. Hernia

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Hernia adalah kondisi di mana organ internal tubuh terdorong ke permukaan sehingga menimbulkan benjolan. Biasanya hal ini terjadi pada usus halus dan usus besar. Penyebabnya beragam. Mulai dari kehamilan, olahraga angkat beban, genetis, obesitas, hingga adanya bekas operasi.

Dilansir dari Journal of the American Medical Association, masalah ini sering kali tidak parah tetapi jika pasien merasakan sakit sebaiknya konsultasi dengan dokter. Penanganan yang umum dilakukan adalah dengan operasi penutupan otot di daerah yang menonjol.

4. Irritable bowel syndrome (IBS)

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Irritable bowel syndrome adalah gangguan usus besar kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama. Penyebabnya belum diketahui hingga saat ini, tetapi ada sejumlah faktor yang diduga bisa memicunya.

Di antaranya adalah infeksi pencernaan, perubahan bakteri usus, ketidaknormalan sistem saraf, dan kontraksi otot usus. Gejala IBS meliputi sakit di bagian kanan perut, terutama saat mengangkat benda, batuk, dan tertawa, pembengkakan, dan konstipasi.

5. Batu ginjal

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Gejala umum yang ditimbulkan oleh penyakit batu ginjal adalah rasa sakit di bagian bawah punggung, kandung kemih, bagian bawah, dan kanan perut, kata laman NIDDK. Biasanya nyeri berpindah-pindah mengikuti pergerakan batu ginjal. 

Gejala lain yang sering kali menyertainya adalah mual, muntah, adanya darah di urine, dan sakit saat kencing. Jika kamu merasakan kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter untuk mencegah batu bertambah besar. 

6. Penyakit batu empedu

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Jika sakit yang kamu rasakan berada di bagian kanan atas, ada kemungkinan kamu sedang mengalami penyakit batu empedu. Organ ini berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jurnal PubMed Central tahun 2013 mengatakan bahwa batu empedu dapat terjadi ketika cairan empedu mengeras dan menyumbat kantung. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri, demam, mual, muntah, dan kulit berwarna kekuningan.

7. Endometriosis

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan di dalam uterus (endometrium) tumbuh ke luar sehingga menyebabkan rasa sakit. Dilansir dari Medical News Today, gejalanya meliputi nyeri seperti kram haid, mual, darah haid keluar dengan banyak, dan rasa sakit ketika buang air kecil.

Penyakit ini cukup kronis sehingga kamu harus segera periksa ke dokter jika mengalami tanda-tanda tersebut.

8. Kista ovarium

8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Ini adalah kondisi ketika muncul kantung berisi cairan di dalam atau permukaan ovarium. Sebagian besar kista tidak parah ataupun menyebabkan rasa sakit. Mereka akan menghilang dengan sendirinya. 

Namun ketika kista yang muncul besar dan sudah pecah, kondisi akan berbalik menjadi lebih serius. Mayo Clinic mengatakan bahwa gejala yang muncul biasanya berupa kembung, perut terasa penuh, dan sakit menusuk di bagian samping perut. Jika rasa sakit sampai menyebabkan tubuh demam, segera periksakan ke dokter.

Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang bisa kamu ketahui. Walaupun sering kali tidak parah, kamu harus mengetahui kemungkinan-kemungkinan di atas.

Categories
Tentang Penyakit

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa akibat kondisi atau penyakit ringan, seperti ketika memasuki masa ovulasi atau karena tinja yang mengeras. Bisa juga akibat kondisi yang berat, seperti batu ginjal, kista ovarium, atau kanker.

Sakit perut sebelah kiri yang ringan biasanya akan berkurang dalam waktu satu atau dua hari. Tapi jika Anda pernah mengalami cedera akibat kecelakaan, segera periksakan ke dokter jika mengalaminya. Begitu pula jika keluhan sakit perut sebelah kiri terus menerus dirasakan dan tidak kunjung membaik, agar dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya. Nah, berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri.

1. Divertikulitis

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepatverywellhealth.com

Penyebab pertama yang paling umum adalah penyakit divertikulitis. Pernah mendengarnya? The American Gastroenterological Society mendefinisikan divertikulitis sebagai inflamasi pada kantung-kantung (diverticula) di dinding usus besar. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun karena usus mereka yang sudah mulai lemah.

Divertikulitis terjadi gara-gara makanan yang belum tercerna dengan baik terjebak di dalam diverticula. Penyumbatan tersebut mengakibatkan dinding usus membengkak dan timbul sobekan. Gejala yang mengiringinya adalah mual, tidak nafsu makan, dan demam. Rasa sakit biasanya terasa saat dan setelah makan.

2. Gastritis

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Gastritis adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan kondisi peradangan pada lapisan dinding lambung. Penyebabnya beragam, mulai dari infeksi bakteri, penggunaan obat pereda sakit, atau bahkan terlalu banyak minum minuman beralkohol. 

Dilansir dari Mayo Clinic, gejalanya meliputi mual, muntah, perut terasa penuh, dan rasa nyeri hingga terbakar di bagian lambung. Penderita gastritis disarankan untuk mendapatkan perawatan medis ketika gejala sudah dirasakan lebih dari seminggu. 

3. Penyakit celiac

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Penyakit celiac adalah kondisi kronis organ pencernaan yang terjadi karena seseorang tidak dapat mencerna gluten. Sebenarnya ini tergolong dalam penyakit autoimun.

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan merusak lapisan dalam usus halus sehingga tubuh kesulitan menyerap nutrisi. 

Itulah kenapa gejala yang mengiringinya adalah naiknya asam lambung, kembung, diare, penurunan berat badan, dan tubuh terasa lelah. Pasien juga akan merasakan sakit di bagian kiri hingga tengah, tempat usus halus berada.

4. Obstruksi usus

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Obstruksi usus adalah penyumbatan total atau parsial  yang terjadi pada usus halus dan usus besar. Penyebabnya dapat berupa perekatan jaringan akibat operasi, radang usus, hernia, kanker, dan tumor.

Biasanya gejala dari obstruksi usus meliputi konstipasi, muntah, sulit kentut, pembengkakan, hingga kram perut yang datang dan pergi. Jika tidak ditangani dengan segera, kondisi ini dapat menyebabkan masalah yang serius. 

5. Shingles atau herpes zoster

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Ternyata sakit perut di bagian kiri tidak hanya disebabkan oleh organ pencernaan saja. Shingles atau herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus penyebab cacar air.

Sering kali ruam muncul di bagian perut dan menyebabkan rasa sakit ketika disentuh. Bahkan terkadang sakit muncul tanpa adanya ruam. Dilansir dari Health Line, gejalanya meliputi rasa terbakar, sensitif, gatal, dan ruam yang menjadi luka. 

6. Gas di organ pencernaan

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Gas di dalam organ pencernaan biasanya berasal dari udara yang masuk ke mulut serta proses natural ketika mencerna makanan. Banyaknya gas di dalam perut biasanya bukanlah masalah yang serius.

Rasa sakit hanya terjadi sementara hingga udara keluar dari rektum atau usus halus. Namun kondisi ini memang bisa menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. 

Mayo Clinic menyebutkan penyebab lain dari menumpuknya gas di dalam perut adalah asap rokok, terlalu banyak makan, mengunyah permen karet, serta bakteri.

Kondisi ini dapat menjadi masalah yang serius ketika ada gejala lain yang mengikuti. Di antaranya adalah penurunan berat badan, konstipasi, diare, dan dada terasa terbakar.

7. Radang panggul

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Pelvic inflammatory disease atau radang panggul adalah kondisi di mana terdapat infeksi dan inflamasi pada organ kewanitaan. Termasuk uterus, tabung falopi, ovarium, dan serviks. Studi dari Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa radang panggul biasa muncul karena penyakit menular seksual yang tidak ditangani dengan baik.

Gejala yang ditimbulkan terdiri dari rasa sakit saat buang air kecil, demam, pendarahan, keluarnya cairan tidak normal dari vagina, serta rasa sakit terutama di perut bagian bawah kiri dan kanan. Jika kamu mengalaminya, segera dapatkan penanganan medis.

Itulah ulasan secara lengkap mengenai beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang bisa kamu cek sekarang juga. Kondisi-kondisi yang disebutkan sebenarnya tidak sering terjadi, tetapi kamu harus selalu mengantisipasinya. Dengan begitu, kamu tahu kapan harus ke dokter dan kapan rasa sakit dapat ditangani sendiri. 

Categories
Tentang Penyakit

Penyebab Bayi Tiba Tiba Lemas

Penyebab Bayi Tiba Tiba Lemas

Ketahui Penyebab, Ciri, Penanganan Sindrom Bayi Lemas

Tulang dan otot merupakan beberapa komponen penting yang ada di tubuh manusia. Fungsinya sendiri adalah untuk membentuk struktur tubuh dan menggerakan tubuh.

Serabut otot manusia rata-rata kuat dan kaku, tapi terkadang ada seorang bayi yang mengalami otot-otot lemas karena suatu kondisi yang dikenal sebagai hipotonia.

Hipotonia yang biasa disebut dengan sindrom floppy baby atau sindrom bayi lemas adalah suatu kondisi dimana otot-otot sangat lunak sehingga ia terlihat lunglai, lemas, dan lembek tak berdaya.

Bayi dengan kondisi ini memiliki otot yang sangat longgar dan elastis. Akibatnya bayi akan mengalami kesulitan mengisap atau mengunyah, karena otot-ototnya tidak bisa mengontrol kontraksi dan relaksasi. 

Meski memiliki bagian tubuh yang normal, namun karena otot yang lemah ini, bayi dengan sindrom lemas ini akan terlihat lebih terkulai dan lembek.

Mengetahui begitu bahayanya sindrom yang satu ini jika terjadi pada newborn mama, berikut TradisionalSehat memberikan informasi seputar Penyebab Bayi Tiba Tiba Lemas dibawah ini.

1. Kurang cairan

Kurang cairan pada bayi bisa disebabkan oleh diare. Ketika mengalami diare, bayi akan mengeluarkan cairan lebih dari BAB. Ditambah lagi, BAB menjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini membuat bayi berisiko kekurangan cairan atau dehidrasi dan merasa lemas secara tiba-tiba.

Selain itu, kurang cairan juga bisa terjadi jika bayi kepanasan. Dalam kondisi ini, bayi akan berkeringat sehingga mengeluarkan lebih banyak cairan dari tubuh. Jika ini tidak diimbangi dengan minum yang cukup, bayi bisa saja mengalami dehidrasi.

Selain terlihat lemas, kurangnya cairan pada tubuh bayi juga ditandai dengan warna urine yang terlihat sangat pekat, bibir dan mulut kering, sering mengantuk, mudah rewel, buang air kecil menjadi lebih jarang, tidak adanya air mata saat menangis, serta malas minum ASI ataupun susu formula.

2. Kurang oksigen

Penyebab lain bayi merasa lemas adalah kurang oksigen. Kurangnya pasokan oksigen pada bayi bisa terjadi jika bayi memiliki masalah pada paru-paru atau jantungnya.

Adapun tanda-tanda saat bayi mengalami kekurangan oksigen meliputi bibir dan ujung jari tampak kebiruan, bayi sulit bernapas, lemas, dan kulit tampak pucat. Jika ini terjadi, Si Kecil harus segera diberikan pertolongan resusitasi.

3. Infeksi

Infeksi juga bisa menyebabkan bayi tiba-tiba merasa lesu dan lemas. Daya tahan tubuh bayi umumnya belum sekuat orang dewasa. Alhasil, bayi jadi lebih mudah terinfeksi oleh berbagai jenis virus dan bakteri.

Beberapa tanda bahwa Si Kecil sedang mengalami infeksi adalah tidak nafsu makan atau kesulitan untuk makan, lesu, suhu tubuh menurun atau mendadak tinggi, serta rewel dan sering menangis.

4. Keracunan atau overdosis obat

Tanda-tanda bayi mengalami keracunan atau overdosis obat antara lain adalah muntah, sulit bernapas, sakit perut, kejang, lemas, hingga tidak sadarkan diri.

Keracunan atau overdosis obat bisa saja dialami oleh bayi yang sedang aktif merangkak dan memasukkan semua benda yang ia genggam. Bunda mungkin saja tidak sengaja meletakkan obat atau cairan kimia berbahaya di tempat yang mudah dijangkau Si Kecil.

Nah, barang-barang tersebut bukan tidak mungkin menjadi incaran buah hati, lho. Si Kecil bisa saja menganggap obat atau cairan kimia berbahaya itu sebagai mainan atau makanan untuknya. Jadi tanpa sepengetahuan Bunda, ia bisa menelannya dan mengalami keracunan.

5. Syok anafilaktik

Bayi lemas secara tiba-tiba bisa terjadi setelah ia mengonsumsi makanan atau minum obat tertentu. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan syok anafilaktik.

Syok anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat. Pada kondisi ini, sistem kekebalan bereaksi secara berlebihan dan menyebabkan gangguan aliran darah dan penyerapan oksigen ke seluruh tubuh.

Bila mengalaminya, Si Kecil akan menimbulkan tanda berupa sesak napas dan kesulitan bernapas, kebiruan pada warna kulit, pembengkakan pada lidah atau bibir, mual dan muntah, lemas, hingga tidak sadarkan diri.

Bayi yang lemas secara tiba-tiba tidak boleh dibiarkan lama-lama. Jika Si Kecil tiba-tiba lemas atau tidak seaktif biasanya, apalagi disertai gejala seperti demam, muntah, atau keringat dingin, sebaiknya segera bawa ia ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Tanda Masalah Jantung Saat Olahraga

Tanda Masalah Jantung Saat Olahraga

Why you sometimes feel sick after exercise - 9Coach

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa pun, tak terkecuali bagi mereka yang gemar berolahraga. Hal ini juga menimpa suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, yang semasa hidupnya menggeluti beberapa jenis latihan fisik. Kabar ini tentu mengejutkan, mengingat masyarakat pada umumnya meyakini bahwa olahraga merupakan salah satu cara terbaik memerangi risiko utama penyakit jantung. Maka dari itu banyak yang bingung mengapa kegiatan yang sehat ini bisa mengakibatkan hal yang fatal , untuk itu berikut ini kami akan memberitahu anda apasaja Tanda Masalah Jantung Saat Olahraga yang harus anda ketahui , simak ulasannya dibawah ini.

1. Nyeri di dada

Banyak orang mengasosiasikan nyeri dada yang tiba-tiba dan intens dengan serangan jantung. Beberapa serangan jantung mungkin ditandai dengan gejala ini. Namun, beberapa orang dengan risiko penyakit jantung akan mulai merasakan tidak nyaman, adanya tekanan, rasa diremas, atau sesak di bagian dada tengah.

asa sakitnya bisa halus dan mungkin datang dan pergi, sehingga sulit untuk mengenalinya. Ketika merasakan ini saat berolahraga dan berlangsung dalam beberapa menit, berhentilah dan cari pertolongan medis.

2. Sesak napas

Perasaan sesak napas yang tidak biasa dengan ketidaknyamanan dada selama olahraga sering kali merupakan awal dari serangan jantung. Gejala ini dapat terjadi sebelum dada terasa tidak nyaman atau bahkan dapat terjadi tanpa rasa tidak nyaman di dada.

Sesak napas ini juga bisa disebabkan oleh olahraga yang sangat berat dan lama. Sesak napas sering digambarkan sebagai pengetatan yang intens di dada, rasa engap di udara, sulit bernafas, sesak atau perasaan tercekik.

3. Pusing

Meski olahraga bisa menyebabkan kelelahan, perasaan pusing merupakan tanda yang tak boleh diabaikan saat berolahraga. Kondisi seperti kardiomiopati, serangan jantung, aritmia jantung, dan serangan iskemik sementara dapat menyebabkan pusing.

Kondisi jantung menyebabkan penurunan volume darah. Ini dapat menyebabkan aliran darah tidak cukup mengalir ke otak atau telinga bagian dalam. Pusing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi, seperti perasaan ingin pingsan, sakit kepala, lemah atau tidak stabil.

4. Irama jantung tidak normal

Sensasi detak jantung Anda yang berdebar sangat cepat dapat mengindikasikan masalah yang berhubungan dengan jantung. Irama jantung yang tidak normal dapat menyebabkan jantung memompa darah secara tidak efisien sehingga menyebabkan sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh.

Akibatnya, oksigen kurang mencapai bagian lain dari tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan organ. Dalam kebanyakan kasus, irama jantung abnormal tidak berbahaya, namun, beberapa kasus dapat menyebabkan gejala tidak nyaman seperti pusing, jantung berdebar, berdebar di dada, pingsan, napas pendek, lemah, atau lelah.

5. Ketidaknyamanan di area lain dari tubuh

Masalah jantung dapat menyebabkan sensasi di area tubuh selain dada. Gejala dapat termasuk ketidaknyamanan, rasa sakit, atau tekanan pada lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.

Seseorang juga bisa mengalami ketidaknyamanan yang menyebar dari satu bagian tubuh ke yang lain, seperti dari dada, rahang, atau leher ke bahu, lengan, atau punggung.

6. Keringat berlebihan

Meskipun berkeringat selama berolahraga adalah normal, mual dan berkeringat dingin adalah tanda-tanda masalah yang mungkin muncul karena masalah jantung. Berkeringat yang terutama jika disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala ringan, mual napas pendek, atau nyeri dada bisa merupakan gejala serangan jantung.

Saat tubuh memompa darah melalui arteri yang tersumbat, jantung memerlukan banyak energi. Ini membuat tubuh lebih berkeringat untuk mencoba menjaga suhu tubuh. Berkeringat tanpa alasan yang jelas, bahkan di waktu yang jauh setelah berolahraga, dapat mengindikasikan adanya masalah jantung.

Categories
Tentang Penyakit

Penyakit Yang Menyerang Perempuan

Penyakit Yang Menyerang Perempuan

Bukan hanya perbedaan gender, tapi kondisi biologis dan fisiologis antara wanita dan pria juga berbeda, lho. Perbedaan ini tanpa disadari bisa memengaruhi kondisi kesehatan keduanya. Sebuah studi bahkan telah menemukan bahwa ada beberapa penyakit yang memang lebih sering dialami wanita dibandingkan pria. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor perubahan hormonal, komposisi tubuh, dan gangguan pola makan pada wanita. Lantas, apa saja penyakit yang lebih sering menyerang wanita? Intip beberapa Penyakit Yang Menyerang Perempuan berikut ini .

1. Lupus

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Penyakit yang sedang ramai diperbincangkan ini merupakan penyakit peradangan kronis karena adanya sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri, atau biasa dikenal dengan penyakit autoimun. Sampai saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut mengapa penyakit lupus lebih sering menyerang perempuan.

Gejala umum penyakit lupus adalah sakit kepala, mudah merasa lelah, persendian terasa sakit, dan munculnya bercak merah yang sensitif jika terkena matahari. Jika kamu mengalami gejala tersebut, langsung periksa ke dokter ya, Bela!

2. Depresi

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Tidak hanya kesehatan fisik, beberapa penyakit mental juga lebih sering menyerang perempuan, termasuk depresi. Walau tidak menutup kemungkinan laki-laki juga merasakan hal ini. Namun, menurut penelitian, perempuan cenderung lebih mudah mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

3. Penyakit menular seksual

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Penyakit ini lebih rentan menyerang perempuan karena lapisan organ intip pada perempuan cenderung lebih lembut dan tipis dibandingkan dengan organ intim laki-laki. Bakteri dan virus akan lebih mudah menembus vagina. Sehingga penyakit ini lebih sering menyerang perempuan. Jadi, mulai saat ini selalu perhatikan kebersihan organ intim kamu ya.

4. Eating disorder

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Penyakit gangguan makan ini sering dialami oleh perempuan. Faktor yang mempengaruhi gangguan makan ini adalah kombinasi antara faktor tubuh dan lingkungan sosial yang biasanya memengaruhi perempuan di bandingkan dengan laki-laki.

Penyakit gangguan makan ini contohnya seperti anoreksia dan bulimia. Jangan sampai ya penyakit ini menyerang kamu, jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal, atur pola makan dan olahraga yang teratur agar mendapatkan tubuh indah dengan cara yang sehat.

5. Sindrom kelelelahan kronis

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Kondisi ini lebih banyak dialami perempuan karena perempuan dianggap lebih mudah terpengaruh lingkungan sosial dan stres. Sindrom kelelahan kronis ini merupakan rasa lelah yang bisa muncul meskipun tidak melakukan aktivitas apapun dan tidak hilang walaupun sudah beristirahat. Penyakit ini juga disertai dengan gejala nyeri otot, sakit kepala, berkurangnya daya ingat, dan susah tidur.

6. Infeksi saluran kemih

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Ternyata, letak saluran kencing perempuan sangat dekat dengan vagina dan rectum, dimana banyak bakteri yang hidup pada area tersebut. Itu mengapa, perempuan lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih. Selain itu, sering menahan buang air kecil juga meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran kemih. Mulai saat ini, jangan pernah menahan buang air kecil ya.

7. Kanker tiroid

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Perempuan

Penyakit yang menyerang daerah leher ini akan lebih sering menyerang perempuan. Kanker tiroid pada umumnya terjadi ketika usia 35-37 tahun dan usia 70 tahun ke atas. Meski penyebab pasti kanker tiroid ini belum diketahui, tetapi ada kemungkinan penyakit ini karena berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi perempuan. Gejala yang muncul adalah sakit tenggorokan, kesulitan menelan, suara menjadi serak dalam jangka waktu yang lama, dan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.