Categories
Tentang Pengobatan

Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan

Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

Sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan. Kondisi ini merupakan gejala atau keluhan yang disebabkan oleh beragam kondisi dan penyakit, salah satunya adalah infeksi virus. Sakit tenggorokan biasanya akan semakin memberat saat makan dan minum.

Sakit tenggorokan adalah kondisi umum yang dapat dialami semua golongan usia, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Infeksi virus adalah salah satu penyebab paling sering dari munculnya sakit tenggorokan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda tips Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan. Untuk itu simak ulasan yang kami berikan dibawah ini.

Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan akan mereda dengan sendirinya sekitar 5–7 hari. Namun, untuk mempercepat pemulihan dan meringankan gejalanya, Anda dapat menggunakan obat sakit tenggorokan atau melakukan beberapa perawatan sederhana secara mandiri di rumah.

Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah:

  • Berkumur dengan sekitar 200 ml air hangat yang dicampur 1 sendok teh garam
  • Mengonsumsi olahan lemon, seperti teh lemon atau campuran lemon dengan madu
  • Memperbanyak konsumsi cairan, misalnya air putih hangat, air yang dicampur dengan madu, atau kaldu hangat
  • Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Mengonsumsi makanan dingin dan lembut, misalnya es krim
  • Menghindari asap rokok
  • Menggunakan pelembap udara jika udara lingkungan sekitar terlalu kering dan memperburuk rasa tidak nyaman pada tenggorokan
  • Menggunakan semprotan tenggorokan yang mengandung antiseptik atau bahan pendingin seperti mentol
  • Beristirahat yang cukup

Selain dengan cara-cara sederhana tersebut, obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti aspirin, paracetamol, atau ibuprofen, juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan nyeri atau demam yang menyertai radang tenggorokan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena berpotensi menyebabkan sindrom Reye.

Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan

Karena penyebab paling umumnya adalah infeksi virus, Anda bisa tertular radang tenggorokan dari orang lain. Untuk mencegah radang tenggorokan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi sakit tenggorokan.
  • Cuci tangan secara rutin.
  • Hindari kontak langsung dengan tisu, sapu tangan, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Selain itu, menjaga kesehatan secara menyeluruh, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari radang tenggorokan.

Kebanyakan radang tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sering kali kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Oleh sebab itu, obat sakit tenggorokan seperti di atas bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi keluhan.

Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam 1 minggu, periksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri dan membutuhkan obat antibiotik.

Walaupun jarang, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, misalnya difteri. Jika gejala Anda semakin parah, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher menjadi kaku, segera cari pertolongan ke klinik atau IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Categories
Tentang Pengobatan

Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing

Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing

Mengalami Luka Akibat Gigitan Anjing, Bagaimana Penanganan yang ...

Digigit anjing merupakan salah satu kejadian yang cukup umum terjadi. Selain pada anak-anak, orang dewasa juga memiliki kemungkinan untuk digigit anjing.

Meski dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang setia dan bersahabat, pada dasarnya anjing mempunyai sifat pemangsa dan kemampuan untuk menyerang. Maka dari itu, tak heran apabila sewaktu-waktu Anda bisa digigit anjing. Berikut ini TradisionalSehat akan mengajarkan anda beberapa Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing.

Bahaya Gigitan Anjing

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah digigit anjing adalah segera menjaga jarak dengan anjing tersebut. Hal ini penting untuk mengurangi risiko Anda digigit lagi. Saat situasinya sudah aman, Anda bisa mencari tahu apakah anjing tersebut terinfeksi oleh rabies atau tidak.

Jika Anda mengetahui pemilik anjing yang menggigigit Anda, mintalah riwayat vaksinasi anjing tersebut. Pastikan untuk mendapatkan nama pemilik, nomor telepon, dan informasi kontak dokter hewan tempat anjing itu divaksinasi.

Jika anjing yang menggigit Anda tidak didampingi oleh pemiliknya, tanyakan kepada orang-orang di sekitar tempat kejadian apakah ada yang mengenal pemilik anjing tersebut agar Anda bisa mencari tahu data-data di atas. Semua data ini diperlukan untuk menentukan perlu atau tidaknya Anda mendapatkan vaksin rabies.

Luka gigitan anjing dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Infeksi bakteri
    Mulut anjing sangat kotor dan mengandung kuman yang dapat menyebabkan infeksi serius pada kulit terluka. Risiko infeksi akan lebih tinggi pada orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan penderita diabetes.
  • Kerusakan saraf dan otot
    Gigitan yang dalam dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, otot, dan pembuluh darah di bawah kulit. Risiko ini ada pada semua kondisi luka gigitan anjing, termasuk luka yang tampak kecil seperti luka tusuk.
  • Patah tulang
    Gigitan oleh anjing yang besar dapat menyebabkan patah tulang, terutama di area tungkai, kaki, lengan, dan tangan.
  • Rabies
    Rabies adalah infeksi virus serius yang memengaruhi sistem saraf pusat. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan kematian.
  • Tetanus
    Tetanus merupakan infeksi bakteri yang dapat berisiko fatal bila terjadi pada orang yang belum mendapat vaksin tetanus

Pertolongan Pertama pada Luka Gigitan Anjing

Jenis pertolongan pada luka tergantung pada tingkat keparahan luka gigitan anjing. Secara umum, berikut ini adalah pertolongan pertama yang perlu Anda lakukan:

1. Cuci bekas gigitan anjing sampai bersih

Jika kulit Anda tidak terluka, cuci area tersebut dengan air hangat dan sabun. Anda juga bisa mengoleskan larutan antiseptik ke area luka untuk mencegah infeksi.

2. Cuci dan tekan area yang terluka

Jika kulit Anda terluka, cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat, serta tekan perlahan lukanya untuk membantu mengeluarkan dan membersihkan kuman.

3. Balut luka dengan kain

Jika luka gigitan berdarah, gunakan kain bersih dan tekan luka dengan lembut untuk menghentikan perdarahan. Anda juga bisa menutup luka dengan perban steril.

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Bila terasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakitnya.

5. Periksakan diri ke dokter

Jika muncul tanda-tanda infeksi, seperti luka memerah, bengkak, teraba hangat, atau bernanah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat antibiotik yang sesuai. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, seperti amoxicillin-asam clavulanat, untuk dikonsumsi selama 3–5 hari.

Jika luka tetap berdarah meskipun telah dilakukan penekanan pada luka selama 10 menit atau darah mengalir deras dari luka, Anda perlu segera mendapat penanganan di instalasi gawat darurat (IGD).

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila anjing yang menggigit Anda tidak diketahui riwayat vaksinasi rabiesnya, anjing tersebut tampak sakit, atau Anda berada di area yang endemis rabies.

Untuk mencegah komplikasi yang berbahaya akibat infeksi pada luka gigitan anjing, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, meskipun lukanya tampak kecil. Anda perlu menyampaikan kepada dokter mengenai riwayat vaksin tetanus Anda, karena luka akibat gigitan anjing juga berisiko menyebabkan tetanus.

Dokter akan memberikan vaksin tetanus sesuai cakupan riwayat vaksinasi tetanus Anda. Booster vaksin tetanus harus diberikan jika sudah lebih dari 5 tahun sejak terakhir kali Anda mendapat vaksin tetanus.

Penanganan luka gigitan anjing perlu dilakukan dengan benar. Riwayat vaksinasi anjing yang menggigit Anda pun perlu ditelusuri sebisa mungkin. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi akibat luka gigitan anjing bisa ditekan.

Categories
Tentang Pengobatan

Obat Sembelit Yang Ampuh

Obat Sembelit Yang Ampuh

7 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Sebabkan Sembelit, Jangan Sepelekan ...

Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.

Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, kami akan memperkenalkan anda Obat Sembelit Yang Ampuh. Simak ulasannya dibawah ini.

Sembelit juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti kehamilan, efek samping obat-obatan, stres, riwayat operasi saluran cerna, atau penyakit tertentu.

Saat terkena sembelit, frekuensi buang air besar (BAB) bisa berkurang hingga kurang dari 3 kali per minggu. Orang yang mengalami sembelit dapat merasakan gejala berupa sakit perut, perut kembung, tinja atau kotoran menjadi keras sehingga perlu mengejan saat BAB, atau rasa tidak tuntas setelah BAB.

Untuk mengatasi sembelit, penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki pola makan dengan memperbanyak asupan serat, minum air putih yang cukup, dan banyak bergerak atau berolahraga. Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan obat sembelit atau pencahar (obat pelancar BAB). Salah satu obat sembelit yang ampuh dan aman adalah obat pelancar BAB yang berbentuk laksatif enema.

Mengenal Laksatif Enema dan Khasiatnya sebagai Obat Sembelit

Pencahar atau laksatif enema adalah obat sembelit cair yang cara penggunaannya dimasukkan melalui dubur. Obat ini bekerja dengan cara melincinkan jalan keluar kotoran dan melunakkan kotoran yang keras, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Obat pencahar jenis laksatif enema ini tersedia dalam kemasan tube sekali pakai yang terjaga kebersihannya.

Selain mengatasi sembelit, obat ini juga biasanya digunakan untuk membersihkan usus sebelum prosedur medis tertentu, seperti kolonoskopi dan pemeriksaan Rontgen usus besar dengan barium (barium enema).

Laksatif enema digunakan untuk mengobati sembelit dan membersihkan usus sebelum prosedur medis karena memiliki manfaat sebagai berikut:

Meningkatkan penyerapan air di usus besar

Salah satu fungsi dari obat laksatif enema adalah melancarkan proses keluarnya kotoran dengan cara meningkatkan penyerapan air di usus besar. Dengan begitu, kotoran menjadi lebih basah dan mudah dikeluarkan.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan natrium lauril sulfoasetat yang ada di dalam obat laksatif enema.

Melunakkan feses atau kotoran

Laksatif enema juga mengandung bahan aktif natrium citrate saline dan sorbitol yang berfungsi untuk meningkatkan kadar air dalam kotoran. Sama seperti kedua bahan sebelumnya, bahan ini juga membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Melicinkan jalan keluar kotoran atau feses

Polyethylene glycol 400 atau PEG 400 yang terkandung di dalam obat sembelit jenis laksatif enema melumasi rektum menjadi licin dan kotoran mudah keluar.

Berbagai Kelebihan Obat Sembelit Laksatif Enema

Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari obat pelancar BAB jenis laksatif enema, yaitu:

1. Bekerja dengan cepat

Beragam kandungan di dalam obat laksatif enema membuat obat ini mampu bekerja dengan cepat dan efeknya sudah bisa dirasakan hanya dalam waktu 10–15 menit setelah obat dimasukkan melalui dubur.

2. Tidak menyebabkan perut melilit

Obat pelancar BAB jenis enema dapat membersihkan usus secara perlahan dan lebih jarang menyebabkan iritasi pada lapisan usus sehingga tidak membuat perut melilit.

3. Higienis dalam kemasan sekali pakai

Obat sembelit jenis laksatif enema menggunakan kemasan tube sekali pakai, sehingga kebersihannya terjaga dan higienis.

4. Kemasan dengan desain khusus

Obat pelancar BAB ini juga menggunakan desain khusus agar nyaman dan mudah saat digunakan.

5. Dapat digunakan oleh semua usia

Obat sembelit jenis laksatif enema juga cukup aman digunakan oleh anak-anak yang usianya di atas 2 tahun, orang dewasa, lansia, dan ibu hamil. Obat sembelit enema bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat tanpa resep dokter.

Penggunaan obat sembelit enema, baik melalui resep dokter maupun yang dijual bebas, harus sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat atau sesuai anjuran dokter.

Bila Anda sedang menderita suatu penyakit atau menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat sembelit enema. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa obat sembelit ini aman untuk Anda gunakan dan tidak memengaruhi pengobatan yang sedang Anda jalani.

Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Ampuh Menyembuhkan Sengatan Lebah ...

Sengatan lebah seringkali terasa mengganggu karena rasa sakitnya bisa terasa selama beberapa jam. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab sengatan lebah bisa diobati secara mandiri di rumah.

Biasanya, sengatan lebah tidak membutuhkan tindakan medis. Setelah beberapa jam, rasa sakit akan membaik dengan sendirinya, kecuali jika terjadi reaksi alergi atau sengatan secara berulang-ulang yang perlu pengobatan medis. Nah, berikut ini kami akan memberi pertolongan pertama dengan memberikan anda tips atau Cara Mengobati Sengatan Lebah.

1. Cara Mengobati Sengatan Lebah Menggunakan Madu

Jika sudah memiliki madu di rumah, cukup oleskan sedikit madu ke bagian yang telah disengat lebah.

Kemudian, balutlah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban.

Namun, ikatan perban tersebut harus sedikit longgar dan biarkan selama satu jam.

Madu dipercaya mempercepat penyembuhan luka dan gatal-gatal.

2. Soda Kue

Campurkanlah soda kue dengan air secukupnya, kemudian oleskan ke bagian yang disengat lebah.

Setelah itu, tutuplah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban.

Biarkan selama 15 menit hingga bagian yang disengat tersebut mengering.

Campuran soda kue dan air dipercaya dapat menetralkan racun lebah.

3. Cuka Apel

Rendamlah kain dalam cuka apel, kemudian kompreslah bagian yang disengat lebah menggunakan kain tersebut.

Biarkan kompres selama 15 menit.

Air cuka tersebut dipercaya dapat mengeluarkan racun lebah dari dalam tubuh.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Oleskanlah pasta gigi pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Biarkan selama beberapa menit sampai pasta gigi mengering.

Beberapa orang percaya bahwa pasta gigi dapat menetralkan racun lebah madu yang memiliki sifat asam.

5. Lidah Buaya

Cara mengobati sengatan lebah juga bisa menggunakan lidah buaya yang dipercaya memiliki khasiat bagus pada kulit dan menghilangkan rasa sakit.

Remaslah lidah buaya hingga mengeluarkan gel.

Oleskan gel tersebut ke bagian yang disengat lebah.

6. Minyak Esensial Lavender

Kamu juga menggunakan minyak lavender sebagai cara mengobati sengatan lebah.

Campurkanlah minyak esensial lavender dengan minyak lain, semisal kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Minyak lavender dipercaya memiliki anti-inflamasi yang dapat meringankan pembengkakan akibat sengatan lebah.

7. Cara Mengobati Sengatan Lebah Menggunakan Minyak Pohon Teh

Cara mengobati sengatan lebah menggunakan minyak pohon teh sama dengan penggunaan minyak lavender.

Kamu harus mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak lain, semisal minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian, oleskanlah campuran minyak tersebut pada bagian yang disengat lebah.

Kandungan antiseptik pada minyak pohon teh dipercaya dapat meredakan sakit akibat sengatan lebah.

8. Menggunakan Sabun dan Air

Cara lainnya untuk mengatasi sengatan lebah adalah menggunakan sabun dan air.

Cucilah bagian yang disengat lebah menggunakan sabun dan air untuk mengeluarkan racun.

Kemudian, kompres bagian yang disengat menggunakan kain yang telah direndam di air dingin.

Kompres dapat meredakan nyeri dan pembengkakan.

9. Menggunakan Obat dan Krim

Jika kamu merasa gatal dan iritasi kulit, gunakanlah krim hidrokortison.

Kemudian, untuk menghilangkan rasa sakit, kamu bisa membeli ibuprofen di apotek tanpa resep dokter.

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan obat antihistamin untuk mengurangi rasa gatal.

Categories
Tentang Pengobatan

Manfaat Biji Kalonji Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Kalonji Untuk Kesehatan

Tahukah kamu? Tanpa kita sadari, biji Nigella sativa atau kalonji ini sering kita temui, lho! Kalonji lebih dikenal dengan sebutan jintan hitam. Biji ini bisa digunakan sebagai obat penumbuh rambut alami, lho!

Di beberapa negara Asia, biji ini telah digunakan untuk pengobatan tradisional yang dapat mengatasi beberapa keluhan, seperti batuk, sakit kepala, diabetes, asma, infeksi, dan tekanan darah tinggi. Mau tahu manfaat lengkapnya? Simak Manfaat Biji Kalonji Untuk Kesehatan di bawah ini.

1. Membantu menurunkan kolesterol

5 Manfaat Biji Kalonji untuk Kolesterol Hingga Kanker, Cobain Yuk!

Kamu pasti sudah familiar dengan kolesterol. Ini adalah zat lemak yang terdapat di seluruh tubuh.

Tapi, akan menjadi masalah jika jumlahnya berlebihan dan menumpuk dalam darah, sehingga dapat memicu penyakit jantung. Namun, jangan khawatir! Kalonji dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Berdasarkan kesimpulan dari 17 penelitian menemukan bahwa suplementasi dengan kalonji dapat menurunkan kolesterol. Penelitian ini juga dilakukan pada 94 orang penderita diabetes dan menghasilkan temuan serupa.

Dengan 2 gram kalonji setiap hari selama 12 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol. Tertarik mencoba?

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit

5 Manfaat Biji Kalonji untuk Kolesterol Hingga Kanker, Cobain Yuk!

Bakteri dapat menyebabkan infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia. Beberapa penelitian menemukan bahwa kalonji memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam melawan bakteri tertentu.

Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kalonji, seperti sebuah studi yang menerapkan kalonji topikal pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus. Hasilnya, ditemukan bahwa kalonji sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

3. Mengatur gula darah

5 Manfaat Biji Kalonji untuk Kolesterol Hingga Kanker, Cobain Yuk!

Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan efek negatif, seperti meningkatkan rasa haus, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, gula darah tinggi dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih serius, seperti kerusakan saraf, perubahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang lambat.

Penelitian yang dilakukan pada 94 orang dengan gula darah tinggi dan mengonsumsi kalonji setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, kalonji dapat mengurangi gula darah secara signifikan dan mencegah resistensi insulin.

4. Mengurangi peradangan

5 Manfaat Biji Kalonji untuk Kolesterol Hingga Kanker, Cobain Yuk!

Dikutip dari laman Healthline, peradangan adalah respons imun normal yang dapat membantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Namun, akan berbeda bila peradangan tersebut kronis, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis yang diharuskan mengonsumsi 1.000 mg minyak kalonji setiap hari selama delapan minggu terbukti dapat mengurangi tanda-tanda peradangan dan stres oksidatif. Penelitian tabung juga dilakukan dan menunjukkan bahwa thymoquinone yang merupakan senyawa aktif di kalonji dapat membantu mengurangi peradangan pada sel kanker pankreas.

5. Melawan kanker

5 Manfaat Biji Kalonji untuk Kolesterol Hingga Kanker, Cobain Yuk!

Kalonji kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dan dapat mengembangkan penyakit seperti kanker. Senyawa aktif pada kalonji, thymoquinone, memiliki potensi anti-kanker.

Studi tabung lain juga menunjukkan bahwa kalonji dan komponen di dalamnya, efektif terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker pankreas, paru-paru, leher rahim, prostat, kulit, dan usus besar. Namun, masih belum ada bukti tentang efek anti-kanker dari kalonji pada manusia.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa apakah kalonji memang memiliki manfaat untuk melawan kanker ketika digunakan sebagai rempah-rempah atau dikonsumsi sebagai suplemen.

Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung Tersumbat Sebelah, Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya ...

Saat hidung tersumbat, bernapas bisa menjadi sebuah tantangan yang menyulitkan. Tidak hanya itu, suara yang bindeng hingga ingus yang terus keluar dari lubang hidung, juga bisa terjadi akibat hidung tersembut. Sebenarnya, seperti apa cara mengatasi hidung tersumbat yang paling efektif?. Nah berikut ini TradisionalSehat akan memberikan anda beberapa Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang bisa anda coba.

1. Mandi air hangat

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cobalah mandi dengan air hangat untuk melegakan hidungmu yang tersumbat. Air harus mengalir dari bagian atas kepalamu agar pembuluh darah rileks. Dengan begitu, cairan di dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Namun efek ini sifatnya sementara.

Setelah kamu selesai mandi kamu bisa merasakan hidungmu akan tersumbat lagi. Oleh karena itu, manfaatkan waktu mandimu untuk mengeluarkan cairan sebanyak mungkin.

2. Gunakan humidifier

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Humidifier atau pelembap ruangan bisa meredakan hidung tersumbat dengan cepat. Ini karena mesin tersebut mengubah air menjadi uap sehingga udara di kamarmu menjadi lembap. Menghirup udara yang lembap bisa meredakan pembengkakan pembuluh darah di area hidung.

Selain itu, cairan pun akan menjadi lebih ringan sehingga mudah untuk keluar dari hidung. Cobalah menyalakan humidifier di malam hari. Keesokan harinya, kamu akan bisa bernapas dengan lebih baik.

3. Menggunakan saline spray atau obat semprot hidung

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Bagi kamu yang belum tahu, saline spray adalah cairan yang disemprotkan ke dalam hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Dilansir dari Health Line, cairan tersebut sebenarnya berasal dari air laut. Ia bekerja dengan cara meringankan cairan dan meredakan pembengkakan. 

Sebagian saline spray mengandung dekongestan yang justru bisa memperburuk keadaan saat dipakai lebih dari tiga hari. Jadi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum membelinya.

4. Menghirup uap dari air panas

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas dan menaruhnya di dalam baskom. Tutup kepalamu dengan handuk.

Kemudian dekatkan hidungmu ke permukaan air dan hirup uapnya. Efek yang akan kamu dapatkan dari cara ini sama seperti mandi air hangat. 

5. Banyak minum air hangat

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Menjaga tubuh terhidrasi adalah cara lain yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya air apa pun bisa membantu tetapi minum air hangat adalah cara yang paling efektif.

Dengan menjaga cairan tubuh, tekanan yang ada di area sinus akan berkurang. Kamu bisa mengganti air hangat dengan teh hangat atau sup untuk mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.

6. Gunakan kompres air hangat

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Kompres hangat dapat membantu hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Kamu bisa melakukannya dengan merendam handuk ke air hangat.

Peras terlebih dahulu kemudian letakkan di handuk di bagian dahi. Selain meredakan hidung tersumbat, kompres juga bisa memberikan kenyamanan dari rasa sakit.

7. Pakailah minyak kayu putih

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Minyak kayu putih telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi inflamasi di bagian hidung.

Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes di sekitar hidung. Jika kamu merasa tidak nyaman melakukannya, kamu bisa meneteskan minyak ke air yang mendidih dan menghirup uapnya.

8. Menggunakan bawang putih

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu makanan, bawang putih juga terkenal akan khasiat antibakterinya. Dilansir dari Everyday Health, konsumsi bawang putih setiap hari bisa bekerja sebagai suplemen pencegah flu.

Jika kamu tidak bisa memakannya mentah, coba iris beberapa siung bawang putih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Hiruplah uap yang dihasilkannya dengan perlahan. Cara ini efektif untuk meredakan hidung tersumbat.

9. Gunakan bantal ekstra saat tidur

9 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Hidung tersumbat terasa mengganggu terutama di malam hari. Ini karena kelembapan udara turun secara drastis. Jika kamu kesulitan untuk tidur karena tidak bisa bernapas, tumpuklah dua bantal di bawah kepalamu. Cara ini bisa membantu mengeluarkan cairan di dalam hidung. 

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan langkah yang cukup mudah.

Jika metode di atas masih tidak bisa membantumu, maka terpaksa kamu harus minum obat. Namun kenali terlebih dahulu penyebabnya. Apakah karena flu atau alergi. Semoga dapat bermanfaat ya!

Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Tips Menghilangkan Cegukan

Tips Menghilangkan Cegukan

How to Get Rid of Hiccups Instantly

Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih dari 48 jam (berkepanjangan). Tiap orang pernah mengalami kondisi ini, termasuk bayi dan anak-anak. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Tips Menghilangkan Cegukan yang bisa anda coba. Bagi anda yang penasaran , silahkan simak ulasan yang telah kami berikan dibawah ini.

1. Kontraksi otot diafragma yang abnormal menyebabkan munculnya suara “hik” saat cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Seperti yang kita ketahui, diafragma memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia. Cegukan terjadi akibat otot diafragma, otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut.

Saat cegukan, otot diafrgama secara tiba-tiba berkontraksi, menyebabkan udara menjadi sangat cepat masuk ke paru-paru, sehingga menjadikan katup saluran pernapasan tertutup dan menghasilkan suara “hik.”

2. Beberapa penyakit dapat mengakibatkan cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Menurut seorang dokter di California, kondisi gangguan pada kantong empedu, emboli paru dan tumor bisa menjadi salah satu pemicu cegukan.

Penyebab toksik atau metabolik, seperti anestesi atau uremia, yang hubungannya dekat dengan gagal ginjal, dapat juga menjadi salah satu penyebab cegukannya seseorang.

3. Penyebab lain cegukan yang harus kamu ketahui juga

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Makan dengan porsi berlebihan, yang menyebabkan kondisi perut terlalu penuh menampung makanan, bisa menyebabkan cegukan.

Penyebab lain dari cegukan adalah merokok, banyak mengonsumsi alkohol, stres emosional atau terlalu senang dan perubahan suhu yang terlalu cepat.

4. Durasi terjadinya cegukan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Secara umum, cegukan bisa dengan cepat diatasi, hanya dalam hitungan beberapa menit. Namun, ternyata cegukan bisa juga lho berlangsung hingga 48 jam lamanya, bahkan berhari-hari.

Cegukan yang terlalu lama dapat menyebabkan kurang tidur, berat badan turun dan kelelahan. Jika mengalami cegukan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka harus segera periksa ke dokter, karena dikhawatirkan terjangkit suatu penyakit.

5. Cara menghilangkan cegukan yang pertama: bernapas dengan kantong plastik atau kertas

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Memilih cara ini untuk mengantisipasi cegukan sama seperti bernapas biasa, bedanya hanya terletak menggunakan kantong plastik atau kertas.

Tujuannya sama, dengan menahan nafas, yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida yang ada di dalam tubuh. Karena dengan cara ini, kalian akan menghirup kembali karbondioksida yang telah di keluarkan.

6. Cara menghilangkan cegukan yang kedua: meminum perasan jeruk nipis

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan saat cegukan. Caranya adalah memeras jeruk nipis langsung di mulut. Khasiatnya sangat dipercaya bisa menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

7. Cara menghilangkan cegukan yang ketiga: pengobatan jalur medis untuk cegukan yang berkepanjangan

7 Cara Menghilangkan Cegukan dan Fakta Penyebabnya!

Cara medis dapat ditempuh jika melalui cara sederhana tidak berhasil dan terjadi lebih dari semingguan. Kamu bisa mencoba akupunktur, terapi pernapasan khusus atau mengkonsumsi obat seperti chlorpromazinemetoclopramide arau baclofen.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan efektif dan beberapa penyebabnya.

Tips atau metode ini dapat membantu kalian jika nanti sewaktu-waktu kalian mengalami cegukan, baik periode yang sebentar ataupun berkepanjangan. Semoga bermanfaat.

Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengatasi Batuk Berkepanjangan

Cara Mengatasi Batuk Berkepanjangan

Batuk Terus-menerus dan Tidak Kunjung Sembuh, Waspadai Penyebabnya - Alodokter

Batuk terus menerus adalah kondisi tidak normal yang perlu diwaspadai. Batuk lama dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah minum obat, bisa menjadi pertanda adanya kemungkinan penyakit asma, bronkitis kronis, penyakit asam lambung, tuberkulosis, PPOK, dan hingga kanker paru-paru.

Dalam kaidah medis, batuk terus-menerus yang berlangsung dalam jangka waktu lama yaitu sekitar dua bulan atau lebih pada orang dewasa, dan satu bulan atau lebih pada anak-anak, disebut batuk kronis. Batuk kronis itu sendiri bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari gangguan kesehatan atau penyakit yang mendasarinya. Nah untuk itu berikut ini TradisionalSehat akan memberikan anda beberapa Cara Mengatasi Batuk Berkepanjangan, yang harus anda ketahui. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

Gejala Umum Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk tak kunjung sembuh bukan hanya membuat penderitanya terganggu saat beraktivitas. Kondisi ini juga dapat mengganggu waktu tidur dan menyebabkan tubuh penderitanya terasa lemas. Bila sudah tergolong parah, batuk tak kunjung sembuh bahkan dapat menyebabkan pusing, muntah, dan batuk berdarah.

Selain keluhan di atas, batuk kronis juga sering kali disertai dengan beberapa gejala berikut:

  • Suara serak
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas
  • Nyeri ulu hati
  • Rasa asam di mulut
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Terasa ada lendir menetes di belakang hidung ke tenggorokan

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk kronis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini adalah lima hal yang paling umum menyebabkan batuk tak kunjung sembuh:

Merokok

Rokok maupun asapnya merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan batuk kronis dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan rokok mengandung ribuan zat kimia dan setidaknya 70 zat di antaranya dapat memicu kanker.

Merokok juga dapat menyebabkan fungsi silia di saluran pernapasan terganggu, sehingga tidak mampu mendorong bahan kimia atau zat asing keluar dari paru-paru. Silia adalah struktur menyerupai rambut-rambut halus yang berada di sepanjang saluran pernapasan dan berfungsi untuk menyaring benda asing dan kuman.

Asma

Jika Anda menderita asma, batuk kronis bisa saja muncul ketika Anda sering terpapar pemicu gejala asma, seperti kuman atau virus penyebab infeksi saluran pernapasan, udara dingin, zat kimia tertentu, asap, dan debu. Batuk kronis yang disebabkan oleh asma biasanya juga disertai sesak napas.

Infeksi

Pada orang dewasa, jenis infeksi yang paling sering menyebabkan batuk kronis adalah tuberkulosis (TB) paru dan batuk rejan (pertusis). Meski demikian, batuk tak kunjung sembuh bisa juga disebabkan oleh beragam infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu, pilek, atau pneumonia.

Selain karena infeksi, batuk kronis juga bisa disebabkan oleh beragam penyakit lain, seperti kanker paru-paru, gagal jantung, bronkitis kronik, dan penggunaan obat penurun tekanan darah.

GERD (gastroesophageal reflux)

GERD merupakan kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini dapat membuat kerongkongan mengalami iritasi dan menyebabkan batuk tak kunjung sembuh yang kambuh-kambuhan.

Postnasal drip

Postnasal drip adalah kondisi ketika hidung atau rongga sinus terlalu banyak memproduksi lendir. Lendir yang berlebihan ini dapat mengalir ke belakang tenggorokan dan memicu refleks batuk yang tak kunjung sembuh.

Untuk mencari tahu penyebab batuk kronis, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah, kultur dahak, tes fungsi paru, Rontgen, CT scan, atau bronkoskopi, untuk memastikan penyebab batuk tak kunjung sembuh yang Anda alami.

Obat Batuk Kronis untuk Mengatasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Pengobatan batuk tak kunjung sembuh atau batuk kronis berbeda-beda pada setiap orang dan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami batuk kronis, lakukanlah pemeriksaan ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui.

Setelah mengetahui penyebab batuk kronis Anda, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Misalnya, jika batuk tak kunjung sembuh yang Anda alami disebabkan oleh kebiasaan merokok, maka dokter akan menyarankan Anda untuk berhenti merokok.

Namun, bila batuk yang Anda alami ini disebabkan oleh suatu penyakit, dokter akan memberikan penanganan untuk mengatasi penyakit tersebut, selain juga memberikan obat-obatan untuk meredakan batuk.

Berikut ini adalah pilihan obat-obatan yang dapat diresepkan dokter untuk menangani batuk kronis:

1. Antitusif

Jika jenis batuknya adalah batuk kering, obat batuk yang umumnya diberikan adalah antitusif. Obat antitusif bekerja dengan cara menghambat refleks batuk di otak, sehingga rangsangan untuk batuk dapat dikurangi atau dihentikan untuk sementara waktu.

Obat antitusif ada yang memerlukan resep dokter, namun ada juga yang dijual secara bebas di apotek. Jika ingin menggunakan obat batuk antitusif, pilihlah produk yang bebas gula dan tidak mengandung alkohol. Meski demikian, ada baiknya bila Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

2. Ekspektoran

Obat batuk jenis ekspektoran berfungsi untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. Obat batuk ekspektoran bisa digunakan untuk mengatasi batuk kronis yang berdahak.

3. Bronkodilator hirup

Obat hirup bronkodilator dapat digunakan untuk menangani batuk kronis yang disebabkan oleh asma. Obat ini mampu melebarkan saluran pernapasan yang menyempit ketika gejala asma kambuh, sehingga Anda dapat bernapas lebih lega.

Untuk meredakan pembengkakan di saluran napas akibat asma, dokter juga dapat meresepkan obat antiradang kortikosteroid.

4. Antibiotik

Antibiotik hanya dapat diperoleh sesuai resep dokter. Obat ini perlu digunakan untuk mengobati batuk kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti pertusis atau pneumonia.

Jika disebabkan oleh TB paru, dokter akan meresepkan obat-obatan antituberkulosis dan obat ini perlu dikonsumsi hingga minimal 6 bulan lamanya tanpa putus.

5. Antihistamin

Kelompok obat antihistamin dapat diresepkan dokter apabila batuk kronis disebabkan oleh postnasal drip. Selain antihistamin, mengatasi batuk kronis akibat postnasal drip juga dapat dilakukan dengan pemberian dekongestan.

Selain mengikuti anjuran dari dokter, Anda juga dapat melakukan perawatan di rumah untuk mempercepat pemulihan batuk tak kunjung sembuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas atau 2 liter sehari.
  • Konsumsi 1 sendok teh madu setiap hari. Namun, jangan berikan madu kepada anak berusia di bawah 1 tahun.
  • Gunakan air humidifier di rumah untuk menjaga kelembapan udara.
  • Konsumsi permen pereda batuk yang banyak dijual di apotek.
  • Jika Anda memiliki GERD, hindari makan secara berlebihan dan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan 2–3 jam sebelum tidur.
  • Jauhi asap rokok dan debu.

Batuk merupakan mekanisme perlindungan alami tubuh untuk mengeluarkan kuman, lendir, atau zat yang menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Meski begitu, Anda perlu waspada bila batuk yang Anda alami tak kunjung sembuh dan sudah berlangsung selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami batuk yang tak kunjung sembuh, apalagi jika batuk kronis ini disertai dengan batuk berdarah, sesak napas, atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Sering disepelekan dan dianggap sebelah mata, ternyata bumbu masakan kecil mungil ini mengandung sejuta manfaat! Apa saja ya manfaat ketumbar? Ketumbar adalah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji-bijian seukuran merica.

Saking kecilnya, banyak anggapan salah yang mengira bahwa rempah yang satu ini hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Tapi jangan salah ya, khasiat ketumbar bukan hanya sekadar bumbu masakan!. Nah, untuk itu bagi anda yang penasaran , apakah benar ketumbar itu ada khasiatnya ? . Maka dari itu berikut ini TradisionalSehat akan menjelaskan apasaja Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan. Tanpa basa-basi simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencegah diare.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Komponen minyak atsiri yang ditemukan dalam ketumbar seperti borneol dan linalool, membantu pencernaan, membatu berfungsinya hati, dan mengikat usus, juga membantu mengobati diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Ethnobotanical Leaflets mengatakan ketumbar bermanfaat dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh aksi mikroba dan jamur karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, dan beta-phellandrene memiliki efek antibakteri.

2. Mengatasi rasa mual.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar semakin populer sebagai sarana untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan lambung. Kekayaannya dari senyawa bioaktif yang dikandung ketumbar dapat mengatasi masalah tersebut.

3. Mengatur tekanan darah.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Menurut lansiran brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Jurnal Etnofarmakologi menunjukkan bahwa ketumbar secara positif membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Cara kerjanya dengan meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat, dan meredakan ketegangan pembuluh darah.

4. Mencegah anemia.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Selain mengatur tekanan darah, ketumbar juga bisa mencegah anemia. Ketumbar kaya akan zat besi, yang secara langsung membantu penderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrem, dan penurunan fungsi kognitif. Zat besi bermanfaat bagi berfungsinya organ lain, meningkatkan energi dan kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

5. Menghilangkan alergi pada tubuh.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki sifat anti-histamin yang kuat yang dapat mengurangi efek alergi musiman yang tidak nyaman dan demam (rinitis). Minyak yang dihasilkan ketumbar juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Sehingga dapat menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan berbahaya pada tenggorokan dan kelenjar pada tubuh.

6. Meningkatkan tulang.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar juga kaya akan kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang. Kalsium dan mineral penting ditemukan di ketumbar mampu membantu pertumbuhan tulang, menambah daya tahan tulang, serta dapat mencegah osteoporosis. Menambahkan sedikit ketumbar ke dalam makanan dapat membantu menjaga tulangmu agar tetap sehat dan kuat untuk tahun-tahun mendatang.

7. Kesehatan mata.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar sarat dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Semua kandungan tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata. Ada juga beta-karoten di daun ketumbar, yang mencegah sejumlah penyakit lain yang mempengaruhi mata dan meningkatkan kembali penglihatan pada pasien yang menua.

8. Mengobati konjungtivitis.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar adalah desinfektan yang sangat baik dan memiliki sifat antimikroba yang melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitis. Konjungtivitis adalah memerahnya mata karena peradangan dan infeksi.

9. Mencegah penyakit Salmonella.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Salmonella adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonella di dalam perut dan usus. Salmonella adalah penyakit yang bisa terjadi karena salah mengonsumsi makanan. Salah satu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan ketumbar. Ketumbar memiliki tingkat dodekenal yang luar biasa tinggi, suatu senyawa alami yang sebenarnya dua kali lebih kuat dari antibiotik penyakit salmonella. Hak ini sudah dikonfirmasi oleh penelitian Dr. Isao Kubo, University of California, Berkeley.

10. Mengobati penyakit ulkus.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ulkus adalah penyakit yang terjadi di dalam rongga tenggorokan, yang bisa menyebabkan bisul pada sekitar mulut. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan ketumbar. Ketumbar adalah antiseptik yang sangat baik. Ketumbar juga memiliki efek antimikroba yang dpat menyembuhkan bisul di mulut.

11. Mencegah bau mulut.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Kandungan cintronellol yang ada pada ketumbar mampu menjadi antiseptik yang dapat mencegah bau mulut. Oleh karena itu ketumbar sering dijadikan sebagai komponen dalam semua jenis pasta gigi alami. Dilansir brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Sebelum adanya penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut.

12. Membantu mengobati kanker.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sebagai alat yang mungkin dapat membantu mengobati kanker. Ekstrak dari akar tanaman ketumbar telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam studi laboratorium.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Makanan Yang Mencegah Kanker Usus

Makanan Yang Mencegah Kanker Usus

Makanan sehat memiliki banyak definisi. Tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, makanan sehat harus menyehatkan sistem pencernaan itu sendiri. Kebiasaan makan yang kurang baik bisa menyebabkan penyakit, salah satunya adalah kanker usus besar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar Makanan Yang Mencegah Kanker Usus. Untuk itu simak ulasan yang TradisionalSehat berikan dibawah ini.

1. Susu.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Susu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kanker usus. Dari berbagai survei yang telah dilakukan, lebih dari setengah juta orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu setidaknya satu gelas dalam sehari, dapat menurutkan risiko kanker usus.

Nah jika kamu ingin tetap sehat, maka ada baiknya untuk rutin minum susu. Pilihlah susu yang rendah lemak agar mendapatkan manfaat sehat dan tanpa khawatir akan mengalami perubahan berat badan.

2. Kunyit.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Kunyit memang cukup terkenal sebagai obat antikanker. Pasalnya pigmen yang terkandung dalam kunyit yang disebut dengan curcumin sangat ampun dalam membasmi kanker. Kunyit juga dapat membantu mengeluarkan karsinogen dalam tubuh sebelum merusak sel DNA.

Kunyit memiliki kemampuan dalam memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan oleh penyakit tersebut. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa rempah-rempah yang dijadikan bumbu masak ini mampu menghentikan pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker.

3. Sayuran.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Sayuran memang sangat baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Orang yang kerap mengonsumsi sayuran sangat kecil terkena penyakit. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, dan lobak merupakan sayuran yang dikenal ampuh dalam mencegah kanker. Sayuran tersebut mengandung berbagai senyawa yang dapt menjinakkan zat penyebab kanker sebelum zat tersebut menyebabkan kerusakan sel DNA.

4. Bawang merah dan bawang putih.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Satu bahan dapur untuk memasak ini juga bisa membantu dalam mengatasi kanker usus. Bawang merah dan putih mengandung sulfida yang membantu membersihkan karsinogen dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena sifat antioksidannya.

Orang yang mengonsumsi 1-2 siung bawang putih per minggu memiliki risiko 32 persen rendah terkena kanker usus. Ada baiknya mengonsumsi bawa putih dalam jumlah wajar dan tak berlebihan.

5. Ikan dan ayam.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker usus. Dari berbagai penelitian mengungkapkan mengonsumsi 300 gram atau 10 ons ikan setiap minggu dapat menurunkan 30 persen risiko kanker usus jika dibandingkan dengan orang yang makan ikan kurang dari sekali dalam seminggu. Jika tidak terlalu suka makan ikan, kamu bisa beralih ke daging ayam karena memiliki manfaat yang sama.

6. Makan buah-buahan.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Buah-buahan sangat membantu melancarkan pencernaan serta sangat sehat untuk tubuh. Jika rajin mengonsumsi buah-buahan, maka resiko terkena kanker usus terbilang sangat kecil. Buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Serat dapat mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

7. Yogurt.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Yogurt dapat meningkatkan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi risiko kanker usus. Nah jika kamu kerap mengonsumsi yogurt disebut bisa menurunkan risiko kanker usus.

8. Jamur.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Jamur memiliki efek antikanker. Dalam jamur mengandung lecithin, cephalin, plasmodium, dan phosphatidyl serine, asam nukleat yang menurunkan kadar kolesterol di hati, mencegah timbunan lemak dan trombosit di arteri.

9. Teh hitam dan teh hijau.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Senyawa teh dapat membantu menonaktifkan agen penyebab kanker, serta dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker. Orang yang kerap mengonsumsi teh, dapat menurunkan 30 persen penyebab kanker usus. Kamu bisa mengonsumsi salah satu teh tersebut, baik hijau, maupun hitam.

10. Kedelai.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Kedelai dipercaya dapat mengatasi kanker, baik kanker usus maupun prostat. Pasalnya dalam kedelai terkandung isoflavon yang cukup aktif. Kedelai merupakan produk makanan yang cukup mudah di dapat seperti dalam tempe dan tahu. Tergolong makanan murah, ternyata kedelai memiliki banyak khasiatnya.