Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Tips Mengatasi Perut Kembung

Tips Mengatasi Perut Kembung

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis , Cara Mengatasi Perut Kembung , Gejala Lambung Luka
Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dialami. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan gas atau udara pada saluran pencernaan. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan makan dan minum terlalu cepat, merokok, mengunyah permen karet, hingga penggunaan gigi tiruan yang longgar.

Selain rasa tidak nyaman, perut kembung dapat menimbulkan tanda dan gejala berupa nyeri pada perut, buang angin secara berlebihan, sendawa terus-menerus, dan perut yang membesar. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya berikut ini kami akan memberikan Cara Mengatasi Perut Kembung :

1. Minum Air Putih

Dalam menghilangkan perut yang kembung dan penuh, cara sederhana untuk Anda di sini adalah minum air putih. Ingat bahwa air putih tak sekadar menjauhkan tubuh kita dari bahaya dehidrasi, tapi juga membuat proses pembuangan segala bentuk zat racun yang ada di dalam tubuh lebih lancar.

Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, air akan ditahan secara otomatis oleh tubuh sehiingga akhirnya perut bakal penuh dan malah menjadi kembung. Bahaya akibat kurang minum air putih perlu juga untuk Anda ketahui agar mulai mengubah kebiasaan menjadi lebih rajin mengonsumsinya. Konsumsi ideal yang dianjurkan adalah 8-10 gelas dan pastikan dilakukan setiap hari.

2. Mengonsumsi Sup Hangat

Perut terasa kembung tidak ada salahnya untuk dihilangkan dengan cara mengonsumsi sup hangat. Anda mungkin merasa terbeban dan tak nyaman ketika perut terasa tak enak, jadi ketika Anda berada di rumah atau di suatu tempat yang bisa dengan mudah membeli makanan berupa sup, cobalah untuk mengonsumsinya.

Sup adalah makanan berkuah di mana sama halnya dengan air putih, ini bisa secara efektif menghilangkan gas atau udara yang seolah tak bisa keluar dari dalam perut. Sup hangat jauh lebih disarankan karena efektivitasnya termasuk tinggi dalam membuat tubuh mampu dalam mengeluarkan dan meredakannya dari dalam perut.

3. Bergerak sehabis Makan

Kebanyakan orang terbiasa sehabis makan langsung duduk, dan bahkan ada pula yang langsung tidur. Ketika sudah makan dengan kenyang, memang ada hasrat untuk santai-santai saja karena efeknya pun membuat mengantuk. Tapi jangan lakukan itu, ada bahaya tidur setelah makan yang harus diwaspadai.

Bergerak bukan berarti Anda harus melakukan olahraga tepat sesudah makan, tapi pastikan Anda melakukan jalan kaki santai selama kurang lebih 10-17 menit. Jalan berwara-wiri di dalam rumah atau sekitar rumah/kantor bisa juga menjadi solusi. Ini karena bergerak sehabis makan akan membantu supaya tumpukan gas di saluran pencernaan bisa berkurang dan tak membuat kembung.

4. Mengonsumsi Jahe

Jenis rempah satu ini memang sangat terkenal akan manfaatnya dalam menghangatkan tubuh. Walau diketahui pula ada efek samping jahe, rempah ini berkandungan shogaols dan gingerol yang mampu menjadi obat bagi radang usus. Untuk saluran pencernaan yang terganggu, termasuk perut kembung, jahe juga bisa diandalkan.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah karena Anda hanya cukup mengonsumsi air rebusannya saja dan jumlah penimbunan gas pada usus kecil juga bisa dikurangi. Ketika gas berkurang, otomatis masalah perut kembung juga dapat diatasi dan diredakan. Sebagai minuman penghangat tubuh, air rebusan jahe juga akan membuat tubuh berkeringat, pencernaan menjadi lancar, dan perut lebih tenang.

5. Tidak Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki banyak penggemar karena memang selain memang bermanfaat dalam menghilangkan rasa dahaga, minuman jenis ini sangat segar dan nikmat secara lebih. Tapi sayangnya, minuman ini tak baik untuk organ pencernaan kita dan justru bisa menjadi pemicu gangguan pencernana kalau dikonsumsi terlalu sering.

Minuman bersoda sangat berisiko dalam membuat tubuh mengalami penumpukan gas sehingga memang kondisi perut yang kembung menjadi lebih parah nantinya. Daripada minum minuman bersoda, kembali lagi lebih dianjurkan untuk minum air putih saja. Karena sata perut mengandung gas berlebih dari soda, jangan heran kalau Anda jadi lebih sering bersendawa.

6. Makan secara Teratur

Perut kembung bisa jadi disbebabkan oleh kondisi kosong yang terlalu lama dan ini biasanya dipicu oleh kebiasaan menunda waktu makan. Telat makan tak hanya bisa menimbulkan penyakit maag semacam naiknya asam lambung, tapi gangguan pencernaan seperti kembung juga sangat memungkinkan.

Ketika perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama, otomatis tubuh juga menjadi lebih mudah terserang masuk angin. Pada waktu masuk angin, jelas udara bakal memenuhi bagian perut yang dalam kondisi kosong tadi. Maka dari itu, ada baiknya Anda mulai makan sehari 3 kali secara teratur, yakni sarapan, makan siang dan juga makan malam; asalkan porsi tak berlebihan tak akan membuat gemuk.

7. Menghindari Makanan/Minuman Dingin

Perut kembung bisa saja berasal dari masuk angin dan kondisi masuk angin bisa terjadi dikarenakan suhu udara atau lingkungan begitu dingin. Demi menghilangkan perut kembung, itu artinya Anda perlu mengonsumsi yang hangat-hangat. Salah satu contohnya sudah disebutkan sebelumnya, yakni sup hangat.

Dengan demikian, itu artinya Anda perlu menghindari makanan maupun minuman dingin agar perut kembung tak makin menjadi-jadi. Ketika perut sudah terasa tak enak dan masih ditambah dengan konsumsi makanan/minuman dingin, tubuh akan merasa semakin tak nyaman nantinya. Jadi, lebih baik buatlah perut lebih nyaman dengan makanan/minuman hangat saja.

8. Mengenakan Jaket saat Keluar/Berkendara di Malam Hari

Mungkin Anda cukup sering berada di luar ketika malam hari, hati-hati akan serangan angin malam yang bisa dengan mudah menyebabkan masuk angin. Ketika berada di luar atau berkendara (terutama melakukan perjalanan jauh) di malam hari, pesiapkanlah secara lengkap akan perlindungan bagi diri Anda.

Tubuh Anda memerlukan pelindung berupa jaket, terutama ketika mengendarai sepeda motor yang bisa dengan mudah terekspos angin. Jaket tebal adalah yang perlu Anda persiapkan saat hendak pergi, apalagi kalau perut sudah terasa tak enak. Untuk menghilangkan perut yang sudah terasa kembung, berikan kehangatan pada tubuh, salah satunya memakai jaket ketika pergi di malam hari.

9. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya adalah bahan alami yang mampu memberikan kenyamanan bagi yang mengalami perut kembung. Dalam menghilangkan perut kembung, Anda bisa merebus daun pepaya di mana hasil air rebusannya bisa Anda minum selagi hangat. Memang daun pepaya itu sendiri terbilang pahit, tapi efektivitasnya tak akan membuat Anda menyesal.

Cita rasa yang pahit bukanlah masalah karena manfaat dari daun pepaya sangat besar untuk perut kembung. Ketika perut terasa kembung, terutama yang disebabkan oleh masuk angin, maka Anda bisa mencoba menggunakan ramuan ini. Ketika tak kuat karena saking pahitnya, madu murni bisa ditambahkan ke ramuan, tapi sedikit saja.

10. Minum Jus Jeruk

Untuk mengatasi perut yang kembung, Anda juga bisa memanfaatkan jus jeruk di mana memang jeruk adalah buah yang bagus untuk yang sedang masuk angin. Seperti kita ketahui, makanan yang mengandung vitamin C paling besar salah satunya adalah buah jeruk. Vitamin C di dalam buah ini bermanfaat dalam menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi vitamin C termasuk di dalam cara meningkatkan daya tahan tubuh, jadi ketika daya tahan tubuh tetap stabil, kemungkinan sakit apalagi terkena gangguan pencernaan juga berisiko kecil. Untuk perut yang penuh dan kembung, jangan ragu untuk mengonsumsi buah jeruk sampai perut terasa lebih nyaman.

11. Teh Kamomil

Kalau biasanya teh kamomil dikonsumsi sebagai cara untuk menenangkan diri ketika sedang stres, sebetulnya teh ini bukan hanya menjadi cara mengatasi stres saja. Kandungan di dalam teh bunga kamomil memiliki sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi yang memang bermanfaat untuk membuat perut dan pencernaan terasa nyaman.

Itulah mengapa, ada sebagian orang meyakini betul bahwa teh ini bisa membawa perut menjadi lebih baik ketika terasa kembung. Secangkir teh bunga kamomil bisa diseduh dan tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok jika kurang manis hasilnya. Teh ini dipercaya efektif karena sudah ada banyak orang yang membuktikannya, jadi tak salah bila Anda juga turut mencobanya.

12. Minum Tidak dengan Sedotan

Kalau perut sudah terasa tak enak apalagi penuh, itu artinya Anda bisa jadi terkena perut kembung, apalagi ditambah bersendawa. Perut kembung menandakan bahwa di dalam perut sedang dipenuhi udara atau gas sehingga memang harus berhati-hati juga ketika makan atau minum.

Supaya perut kembung cepat hilang, hindari betul penggunaan sedotan ketika sedang minum, apapun minumannya. Kebiasaan menggunakan sedotan sebaiknya dihentikan dulu ketika sedang kembung. Dengan memakai sedotan, otomatis akan adalebih banyak udara yang berkemungkinan masuk ke dalam perut sehingga memang akhirnya nanti membuat perut kembung tak kunjung hilang.

13. Menggunakan Peppermint

Pada peppermint ada kandungan baik yang disebut dengan minyak mentol dan sifat anti-spasmodik pun terkandung di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sifat anti-spasmodik adalah sifat yang akan membuat perut terasa lebih nyaman. Jadi tentu saja intinya peppermint ini boleh dikonsumsi ketika Anda hendak menghilangkan rasa kembung di perut dengan cara alami.

Kurangi rasa tak nyaman yang datang dari perut kembung dengan mengunyah daun peppermint. Pastikan bahwa daun peppermint yang Anda pilih dan gunakan adalah yang masih dalam kondisi segar supaya khasiatnya juga lebih besar dalam mengatasi perut kembung. Hanya saja, bagi para wanita hamil perlu konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi peppermint.

14. Menggunakan Bawang Putih

Untuk dapat meredakan rasa perut kembung dan menghilangkannya pelan-pelan, bumbu dapur ini juga pilihan yang tepat terlepas dari efek samping bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki sifat penyembuh alami yang bisa menolong dalam mengurangi efek kembung yang disertai rasa panas di dari saluran pencernaan.

Sup bawang putih segar bisa jadi pilihan, atau bisa juga merebus sejumlah siung bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke dalam air. Tambahkan pula lada hitam dan juga biji jintan bila ada dan setelah mendidih, angkat lalu Anda bisa menyaringnya. Tunggu lebih dingin sebelum bisa dikonsumsi; konsumsilah sehari 3 kali untuk hasil yang lebih memuaskan.

15. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Selain mampu memberikan efek kesembuhan bagi yang menderita tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah, cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang rasa kembung pada perut. Tak perlu sulit-sulit, cukup tambahkan saja 2-3 sendok makan cuka sari apel ke air hangat dan minumlah sampai kembung hilang.

16. Memakai Cuka Putih

Sama seperti cuka sari apel, cuka putih memiliki kegunaan yang sama untuk para penderita perut kembung. Saat cuka sari apel sulit dijumpai, maka Anda bisa memakai cuka biasa atau cuka putih sebagai obatnya. Cara penggunaan pun sama, yakni mencampurkan 2-3 sendok makan cuka putih ke dalam air hangat dan konsumsilah.

17. Meramu Teh Dandelion

Teh kamomil dan teh peppermint mungkin lebih sering terdengar akan khasiatnya, namun bagaimana dengan teh dandelion. Rupanya jenis teh ini pun sama berkhasiatnya dengan jenis teh lain yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Untuk perut kembung, manfaatkan akar tanaman dandelion dan jadikan teh.

Teh dandelion ini termasuk di dalam jenis teh herbal yang menawarkan sifat penyembuh efektif serta maksimal. Untuk menghilangkan gas dari dalam perut, Anda bisa menggunakan dandelion (khususnya bagian akar). Tak hanya dijadikan teh, sebetulnya dandelion sendiri bisa dijadikan sebagai bumbu pada masakan, tapi akan lebih efektif bila Anda mengonsumsi tehnya.

18. Menggunakan Peterseli Organik

Dalam menghilangkan perut kembung, Anda juga bisa menggunakan peterseli organik yang dipercaya sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Demi melancarkan pencernaan juga, Anda bisa mencoba mengonsumsi peterseli organik yang tentunya masih dalam kondisi segar. Tapi sebetulnya peterseli kering juga bisa digunakan dengan efek yang sama ampuhnya.

Tak perlu bingung untuk menggunakannya karena pemakaian peterseli sebagai obat perut kembung terbilang sederhana. Iris dan cincang-cincang peterseli yang kemudian bisa Anda tambahkan ke makanan Anda. Ini akan membantu agar perut kembung cepat membaik hanya dalam waktu singkat. Bahkan cara ini juga bisa sebagai langkah pencegahan perut kembung.

19. Minum Air Kelapa

Kalau biasanya kita tahu air kelapa adalah obat alami bagi yang mengalami keracunan, kali ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghilang kembung pada perut. Air kelapa kaya akan protein dan ini akan sangat baik jika dikonsumsi untuk meredakan masalah kembung. Konsumsi rutin bakal memenuhi asupan protein yang tubuh perlukan, namun jangan sampai berlebihan.

20. Memakai Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan rasa kembung dan penuh pada perut. Jika masalah atau gangguan pencernaan begitu mengganggu, mungkin bawang merah adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk Anda dapatkan serta gunakan sebagai obat praktis.

Hanya saja, yang dibutuhkan di sini adalah ekstrak jus dari bawang merah, sehingga Anda perlu mengekstraknya lebih dulu. Ekstrak jus inilah yang perlu dikonsumsi agar masalah kembung bisa hilang tanpa adanya efek samping berbahaya. Efek samping bawang merah memang ada, tapi tak perlu khawatir selama penggunaan tidaklah secara berlebihan yang bisa berakibat buruk bagi tubuh.

21. Memakai Seledri

Satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan perut kembung secara aman dan alami. Seledri adalah jenis sayuran yang bisa menurunkan hipertensi sekaligus mampu mengurangi iritasi dan perut kembung. Caranya adalah dengan mengunyah-ngunyah daun seledri secara rutin agar perut lebih baik.

22. Menggunakan Daun Jambu

Perut kembung yang menghambat aktivitas bisa juga diatasi dengan memakai daun jambu untuk menghilangkannya. Ambil beberapa lembar daun jambu yang kemudian dimasukkan ke dalam air secukupnya. Rebuslah dan setelah mendidih, saring dan buang daunnya, sementara airnya bisa diminum ketika sudah lebih hangat.

23. Memakai Daun Kunyit

Selain daun jambu, cara untuk menghilangkan perut kembung yang alami adalah dengan memakai daun kunyit. Kunyit sendiri terkenal akan kandungan penyembuh yang tinggi, namun bagian daunnya pun juga bisa digunakan. Ambil beberapa lembar daunnya untuk kemudian digiling halus dan campurkan ke segelas susu; minumlah rutin sampai rasa kembung hilang.

24. Mengonsumsi Jus Kentang

Kentang yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini bisa diambil jusnya dengan cara menggilingnya. Hasil gilingan atau tumbukan dari kentang tersebut bisa Anda peras untuk mendapatkan sari atau ekstrak jusnya. Minumlah jus tersebut setiap sebelum makan yang artinya bisa dilakukan sehari 3 kali.

25. Menggunakan Kayu Manis

Banyak makanan yang ditambah dengan kayu manis agar rasanya lebih sedap atau nikmat, tapi kayu manis bisa digunakan juga sebagai obat. Dalam menghilangkan rasa kembung di perut, sesendok teh bubuk kayu manis bisa ditambahkan ke secangkir susu hangat. Tambahkan madu bila Anda merasa perlu dan minumlah sesudah diaduk rata.

26. Meramu Baking Soda dan Lemon

Ketika hendak memakai kombinasi kedua bahan ini, maka yang perlu dilakukan adalah mengambil 1 buah jeruk lemon segar yang kemudian diambil bagian jusnya. Setelah itu, jus lemon dapat dicampurkan dengan baking soda secukupnya. Dari situ nanti akan mulai timbul gelembung-gelembung.

Belum selesai, tambahkan pula secangkir air putih dan baking soda lagi sedikit. Campurkan dengan mengaduknya sampai benar-benar rata. Ketika memang sudah siap minum, maka minumlah untuk menghilangkan kembung mengganggu. Bahaya baking sodatak perlu terlalu dikhawatirkan asalkan pemakaiannya tak terlalu banyak, sering apalagi berlebihan.

27. Tidak Merokok

Jika ingin menghilangkan perut kembung, maka sebaiknya Anda menghindari kegiatan merokok karena merokok sama dengan menghisap. Menghisap artinya akan menambah banyak jumlah udara yang masuk ke dalam perut karena tertelan. Masalah pencernaan umum yang dihubungkan dengan merokok tak hanya kembung saja, tapi ulu hati yang nyeri, gangguan perut dan lainnya.

28. Mengonsumsi Labu

Gas berlebih di dalam perut juga dapat diatasi dengan mengonsumsi labu. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengukus, memanggang, atau dibuat sebagai sup. Labu adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda coba efektivitasnya dalam menghilangkan perut kembung sekaligus masalaha pencernaan lain yang cukup mengganggu.

(Baca juga: gejala lambung luka)

29. Mengonsumsi Nanas

Masalah perut kembung dapat juga dihilangkan dengan mengonsumsi buah nanas dikarenakan kandungannya yang merupakan enzim bromelain. Enzim tersebut memiliki fungsi sebagai pemecah protein, meredakan rasa kembung dan juga membuat penceraan menjadi jauh lebih ringan. Langsung saja dimakan atau bisa juga dibuat jus nanas, tergantung selera dan keinginan Anda dalam menikmatinya.

30. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain baik untuk dijadikan obat batuk, jeruk nipis adalah bahan yang bisa meredakan perut kembung secara efektif yang bisa dicoba. Untuk menyembuhkan perut kembung, jeruk nipis yang sudah disiapkan dapat Anda peras dan kemudian dicampurkan dengan air hangat. Setelah dicampur rata, ramuan air jeruk nipis bisa diminum.

31. Olahraga

Kurang olahraga tak hanya berdampak pada ketegangan otot maupun penimbunan lemak di dalam tubuh, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Tak hanya mencegah gangguan pencernaan, ketika perut terasa kembung, Anda juga bisa melakukan olahraga sebagai solusi dengan membuat tubuh aktif selama paling tidak 15 menit lamanya. Senam, jogging, jalan kaki, dan juga bersepeda adalah ide yang bagus.

32. Tidak Makan Makanan yang Bergaram Tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi rata-rata tentunya adalah makanan olahan dan cepat saji. Contoh makanan bergaram tinggi salah satunya adalah makanan kemasan, seperti nugget. Walau nikmat, Anda perlu menghindarinya ketika sedang mengalami perut kembung karena makanan-makanan tersebut berpotensi membuat perut makin terasa tak enak.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Cordyceps Militaris

Manfaat Cordyceps Militaris

Mengenal Cordyceps, Jamur yang Berpotensi Tangkal Corona ...

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, tumbuhan herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, manfaat cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan membantu memelihara kesehatan.

Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad ke-15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apasaja Manfaat Cordyceps Militaris. Untuk itu bagi anda yang penasaran, maka simaklah ulasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

sistem kekebalan tubuh manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn’s disease. 

Penelitian lain pada tahun 2015 juga menemukan cordyceps militaris dapat secara efektif meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari serangan patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Ditambah lagi, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Bantu meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

olahraga untuk pemalas

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College  menemukan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam memanfaatkan oksigen, terutama ketika beraktivitas fisik, contohnya seperti saat berolahraga.

3. Jamur cordyceps militaris dapat digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan

jamur cordyceps

Karena dasar dari jamur cordyceps militaris ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari jamur masih harus diteliti lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat cordyceps sebagai antioksidan menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas. Efek terapi dari jamur cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Menurunkan risiko penyakit pada saluran pernapasan

sistem pernapasan manusia

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas).

Selain itu, pada beberapa studi telah ditemukan bahkan jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin belum banyak orang yang mempertimbangkan jamur ini sebagai suplemen untuk membantu mendukung kesehatan. Namun, dengan manfaat yang disediakan oleh jamur cordyceps, suplemen yang mengandung ekstrak jamur ini seharusnya masuk ke dalam salah satu pilihan suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, serta melindungi terjadinya gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Jamur cordyceps militaris dapat menjadi alternatif pengobatan atau perawatan kesehatan herbal yang aman.

Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Pengobatan Hepatitis B Akut

Pengobatan Hepatitis B Akut

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , makanan yang memicu kanker , Bahan alami penyubur rambut , cara pengobatan hepatitis b , penyebab hepatitis b , minuman kesehatan korea
Cara Pengobatan Hepatitis B Akut

Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati. Hepatitis B sulit dikenali karena gejala-gejalanya tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul. Karena itulah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. Virus ini biasanya berkembang selama 1-5 bulan sejak terjadi pajanan terhadap virus sampai kemunculan gejala pertama. Berikut adalah Penyebab Dan Cara Pengobatan Hepatitis B :

Penyebab Hepatitis B

 Hepatitis B termasuk penyakit yang sangat mudah menular. Penularan hepatitis B dapat melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lain penderita. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terkena hepatitis B pada diri Anda:

  1. Jika ibu hamil terkena hepatitis B, bayinya dapat tertular selama masa kehamilan atau pada saat lahir.
  2. Berbagi sikat gigi, alat cukur, dan handuk yang sudah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi.
  3. Menggunakan obat-obatan terlarang dan berbagi jarum suntik.
  4. Berhubungan seks dengan pengguna obat-obatan terlarang yang memakai dan berbagi jarum suntik.
  5. Memiliki luka terbuka dan terjadi kontak dengan darah yang terinfeksi.
  6. Bekerja dan berurusan dengan darah. Paramedis dan staf laboratorium memiliki risiko lebih tinggi terhadap ketidaksengajaan tertusuk jarum suntik bekas.
  7. Menjalani transfusi darah di klinik atau rumah sakit yang tidak memeriksa darah untuk hepatitis B. Semua darah yang akan digunakan dalam transfusi harus dites untuk berbagai penyakit, termasuk hepatitis B.
  8. Menjalani pengobatan atau perawatan gigi di klinik atau rumah sakit dengan peralatan yang tidak steril.
  9. Menindik atau menato tubuh di tempat yang peralatannya tidak steril.
  10. Melakukan hubungan seks tanpa kondom (termasuk seks oral dan seks anal), terutama jika pasangan Anda sudah terinfeksi.
  11. Memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang.
  12. Pekerja seks komersial (wanita atau pria) juga berisiko tinggi tertular hepatitis B.

Cara pengobatan Hepatitis B :

Brotowali : Cara Membuatnya Cucilah 1 jari batang batang brotowali lalu potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah dan tambahkan sesendok madu. Minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Batang bugenfil yang telah dikeringkan : Cara Membuatnya Setelah dibersihkan, potonglah batang bugenfil tipis-tipis. Masukkan dalam panci email sembari ditambah tiga gelas air. Rebus sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah. Minumlah air saringan setelah ditambah madu. Air saringan diminum dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

Daun Pare : Cara Membuatnya Cuci bersih segenggam daun pare segar dan bilaslah dengan air matang. Tumbuklah daun sampai halus sambil ditambah air satu cangkir. Aduk sampai merata dan tambahkan sedikit garam. Saringlah ramuan itu dan minumlah pada pagi hari sebelum makan. Catatan: Resep ini jangan digunakan bila sedang hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Pepaya : Cara Membuatnya Biji dan buah pepaya diblender atau tumbuk bijinya sampai halus sementara buahnya diparut. Adonan tersebut dijadikan satu ditambah madu secukupnya, lalu diminum. Catatan: Wanita hamil dilarang minum ramuan ini karena bisa menyebabkan keguguran.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Bagi penderita hepatitis akut yang mengalami mual mual parah sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Cairan itu bisa membuat penderita hepatitis akut terhindar dari bahaya dehidrasi. Jika dehidrasi, fungsi hati akan semakin terbebani sehingga fungsi hati semakin memburuk fungsinya. Hal itu diarenakan hati membutuhkan air untuk melancarkan metabolisme di dalam darah manusia. Jika tubuh kekurangan air, peredaran darah di dalam tubuh manusia tidak berjalan dengan lancar. Sehingga aliran darah menuju ke hati manusia juga semakin tidak lancar. Akibatnya fungsi hati terbebani dan bukan tidak mungkin hati akan terganggu fungsinya.

Tidur yang Cukup

Orang yang mengalami hepatitis akut sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang berat sebab aktivitas yang berat bisa membuat penderita hepatitis mudah lelah. Kelelahan merupakan hal yang harus dihindari sebab saat lelah sistem imun akan semakin menurun. Saat sistem imun menurun maka virus akan dengan mudah dan leluasa menyebar ke seluruh organ manusia. Hal itu akan menyebabkan penyakit hepatitis semakin parah. Tidur yang cukup akan membuat tubuh penderita hepatitis semakin rileks. Jika rileks tubuh penderita hepatitis akan nyaman. Tidur ini juga merupakan cara meningkatkan sistem imun secara alami. Orang yang memiliki jam tidur yang kurang orang tersebut akan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah serangan jantung. Agar tidak terkena komplikasi ada baiknya penderita hepatitis tidur cukup dan menghindari bergadang.

Kunyit

Kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi karna kunyit terbukti berkhasiat untuk kesehatan dan berguna untuk mengatasi berbagai macam masala kesehatan. Jika selama ini kunyit banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah dengan perut, kunyit pun bisa digunakan untuk mengatasi hepatitis b akut bukan kronis. Kunyit bsa digunakan untuk mengatasi hepatitis b akut dikarenakan kunyit tersebut memiliki minyak atsiri. Minyak atsiri bersamaan dengan kurkumin terbukti mampu mengatasi berbagai macam masalah penyakit salah satunya adalah hepatitis. Kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan serta meringankan gejala penyakit lain seperit tifus, diabetes, usus buntu, diare, keputihan, perut kembung, nyeri haid serta masih banyak lagi lainnya.

Fungsi minyak atsiri pada kunyit berfungsi sebagai anti mikroba dan anti hiv. Minyak itu berguna untu menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh seseorang.Cara mengobati hepatitis b akut menggunakan kunyit ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan beberapa rimpang kunyit dalam ukuran sedang. Kupas dan cuci bersih kunyit tersebut.
  • Setelah di cuci bersih anda bisa memarunya kemudian mengambil air kunyit tersebut.
  • Setelah itu anda bisa mengkonsumsi air saringan kunyit itu sebanyak tiga kali dalam sehari sampai virus yang ada di dalam tubuh anda berhasil dilemahkan dengan kunyit tersebut.
  • Temulawak
  • Temulawak merupakan obat herbal yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain bisa digunakan untuk mengatasi masalah nafsu makan, ternyata kandungan kurkumin pada temulawak bisa digunakan untuk mengatasi virus hepatitis. Selain kandungan kurkumin yang ada di dalam temulawak, ada kandungan xanthorhiza rx yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kurkumin kaya akan antioksidan dan sifatnya sebagai hepatoksik.Temulawak ini jika dikonsumsi secara teratur bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang meningkat bisa berguna untuk melemahkan virus yang ada di dalam tubuh manusia.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tumbuhan yng terkenal di dunia herbal. Mahkota dewa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga tanaman ini banyak dibudiayakan bahkan banya orang yang menanam tanaman mahkota dewa ini di halaman rumahnya. Mahkota dewa memliki kandungan seperti tanin, flavonoid, fenol, linan, minyak atsiir dan masih banyak lainnya dimana semua kandungan itu berguna dalam mengatasi berbagai macam masalah penyakit salah satunya adalah penyakit hepatitis. Cara mengatasi peyakit hepatitis menggunakan mahkota dewa ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil beberapa buah mahkota dewa yang telah matang. Ingat hanya buah mahkota dewa yang matang saja yang digunakan. Jangan mengambil buah mahkota dewa yang mentah. Buah mahkota dewa yang matang adalah buah yang memiliki warna merah. Meski terlihat menggiurkan dari luar, sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau tanpa diolah sebab buah mahkota dewa beracun dalam keadaan mentah.
  • Setelah anda mengambil buah mahkota dewa yang matang, anda bisa mencuci bersih buah mahkota dewa tersebut. Setelah anda cuci bersh masukkanlah ke dalam panci
  • Tambahkan tiga gelas air ke dalam panci tersebut. Rebus sampa mendidih.
  • Saat mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja .
  • Saring, kemudian saat air rebusan berubah menjadi hangat anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Mengkonsumsi air rebusan buah manhkota dewa bisa membuat sisem imun anda menjadi meningkat.
Categories
Tentang Pengobatan

Tips Mengobati Eksim Atopik

Tips Mengobati Eksim Atopik

Dermatitis Atopik - Pengertian, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko ...

Eksim atau eksema adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal. Kondisi ini juga disertai dengan kulit yang memerah, keringan pecah-pecah. Ini adalah jenis penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini juga sering disebut sebagai dermatitis. Nah berikut ini kami akan memberikan Tips Mengobati Eksim Atopik, Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

Penanganan gejala dapat dilakukan dengan pemberian obat dalam bentuk oles, minum, atau suntik. Dokter kulit akan meresepkan obat sesuai dengan gejala yang dialami pasien.

Beberapa contoh obat tersebut adalah:

  • Kortikosteroid, misalnya methylprednisolone. Obat ini digunakan untuk meredakan inflamasi.
  • Tacrolimus. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala gatal sekaligus memperbaiki kulit rusak.
  • Antibiotik, seperti amoxicilin dan ciprofloxacin. Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri akibat terus menggaruk.

Selain pemberian obat, meredakan gejala eksim atopik juga dapat dilakukan dengan terapi, seperti:

  • Terapi pembalutan. Dalam terapi ini, area kulit yang bermasalah akan dioleskan obat kortikosteroid, lalu dibalut dengan perban basah. Terapi ini dilakukan untuk menangani eksim atopik yang tergolong parah dan membutuhkan rawat inap.
  • Terapi cahaya. Terapi ini menggunakan cahaya khusus yang diaparkan ke tubuh pasien guna meredakan gejala yang muncul. Terapi cahaya dilakukan ketika obat-obatan oles tidak bisa mengatasi eksim atopik. Walau terbukti efektivitasnya, terapi cahaya memiliki efek samping yang membahayakan. Maka dari itu, penanganan eksim atopik dengan terapi ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak dan bayi.
  • Konseling. Salah satu faktor yang diduga memicu sekaligus memperburuk gejala eksim atopik adalah stres. Dengan konseling, psikolog atau psikiater dapat membantu pasien untuk menangani stres.

Menangani gejala eksim atopik dapat memakan waktu yang cukup lama. Prosesnya bisa berlangsung dalam beberapa bulan bahkan tahun. Untuk membantu pemulihan kondisi, pasien dapat melakukan perawatan mandiri di rumah yang tergolong sederhana. Di antaranya:

  • Balut area kulit yang bermasalah dengan perban untuk melindungi kulit.
  • Mandi air hangat, namun jangan terlalu panas.
  • Pilih sabun tanpa parfum dan pewarna.
  • Gunakan pelembap udara di rumah.
  • Pilih pakaian yang lembut dan sejuk untuk digunakan.
  • Kendalikan stres yang muncul.

Perawatan mandiri di rumah juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk pelembap kulit atau mengonsumsi obat pereda gatal. Namun, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dikhawatirkan bahwa penggunaan obat atau produk kulit tersebut justru memperburuk kondisi yang ada.

Categories
Tentang Pengobatan

Pencegahan Dan Pengobatan Varises

Pencegahan Dan Pengobatan Varises

Kebiasaan Menjadi Pemicu Terkena Varises Esofagus

Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat terjadi di seluruh pembuluh vena dalam tubuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus). Berikut ini kami akan membahas mengenai Pencegahan Dan Pengobatan Varises.

Pengobatan varises bertujuan untuk meredakan gejala, mengurangi tingkat keparahan, dan mencegah terjadinya komplikasi. Beberapa metode pengobatan varises yang dapat dilakukan adalah:

  • Terapi obat. Dokter akan memberikan obat antiperadangan, seperti asam mefenamat atau ibuprofen untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan.
  • Pemakaian stoking. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan stoking kompresi khusus untuk menangani varises. Stoking kompresi bekerja dengan cara memberi tekanan pada otot kaki dan vena sehingga aliran darah lebih lancar. Stoking ini juga dapat meredakan pembengkakan dan nyeri akibat varises. Dokter umumnya menganjurkan pasien untuk menggunakan stoking kompresi sejak pagi hari hingga menjelang tidur pada malam hari. Gunakan krim pelembap jika stoking kompresi menyebabkan kulit kering.
  • Prosedur khusus. Ada beberapa jenis prosedur yang dapat dilakukan untuk mengobati varises, yaitu:
    • Skleroterapi, yaitu metode pengobatan yang dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus ke dalam vena secara langsung, sehingga pembuluh darah menyusut atau mengempis. Metode ini juga dilakukan untuk meredakan nyeri dan mencegah komplikasi, seperti perdarahan vena dan ulkus. Selain dengan cairan khusus, skleroterapi juga dapat dilakukan dengan menyuntikkan zat yang menyerupai busa. Metode ini biasanya dilakukan untuk mengobati varises pada pembuluh vena berukuran besar. Dokter akan dipandu dengan USG ketika melakukan penyuntikkan.
    • Terapi laser. Metode pengobatan dengan menembakkan sinar laser ke arah pembuluh darah yang mengalami varises untuk mengecilkan dan menghilangkan varises tersebut. Terapi laser umumnya dilakukan jika varises berukuran kecil.
    • Terapi ablasi endotermal (radiofrekuensi). Prosedur pengobatan dengan menggunakan gelombang radio berfrekuensi tinggi yang diarahkan ke area varises. Dokter akan membuat sayatan kecil di dekat varises, kemudian memasukkan kateter kecil ke dalam vena. Perangkat di bagian ujung kateter akan memanaskan bagian dalam vena dan menutupnya. Setelah pembuluh vena tertutup, darah akan mengalir secara alami melalu pembuluh vena lain yang sehat.
    • Ambulatory phlebectomyDokter akan membuat sayatan kecil di kulit untuk menghilangkan varises berukuran kecil. Prosedur ini biasanya digunakan untuk menghilangkan varises yang dekat dengan permukaan kulit.
    • Transenduminated power phlebectomyProsedur pengobatan dengan memasukkan serat optik yang dilengkapi cahaya ke bawah kulit. Melalui serat optik ini, dokter akan menyuntikkan larutan garam dan memasukkan sebuah jaringan untuk memotong vena yang mengalami varises.
    • Ligasi pembuluh vena. Tindakan operasi yang dilakukan dengan mengikat dan mengangkat pembuluh vena melalui sayatan kecil. Pengangkatan pembuluh vena tidak akan memengaruhi sirkulasi darah di kaki karena pembuluh vena dalam akan menjaga pasokan darah dalam jumlah besar.
    • Endoskopi pembuluh vena (endoscopic vein surgery). Tindakan ini umumnya dilakukan jika varises telah menyebabkan ulkus di bagian tungkai dan jika metode pengobatan lain tidak efektif. Dokter akan menggunakan tabung elastis berkamera yang dimasukkan ke dalam kaki. Melalui alat ini, dokter akan memperoleh gambaran visual kondisi varises, kemudian menutup dan mengangkat jaringan vena melalui sayatan kecil.

Pencegahan Varises

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko munculnya varises. Di antaranya adalah:

  • Berolahraga secara rutin
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah garam
  • Hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk jangka waktu yang lama
  • Hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, dan usahakan untuk bergerak tiap 30 menit
  • Gunakan bantal untuk menyangga kaki ketika berbaring sehingga posisi kaki lebih tinggi
Categories
Makanan Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Minum Rebusan Daun Mangga Campur Madu Bantu Obati 6 Penyakit

 Mangga adalah satu di antara buah yang sangat sering dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Mangga sering dimanfaatkan sebagai camilan atau makanan yang dapat memberikan efek kesehatan.

Tidak hanya buahnya saja yang nikmat dan bergizi. Daun mangga juga dapat Anda ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun mangga dapat kita jadikan sebagai ramuan obat yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Daun mangga yang direbus dapat dijadikan obat herbal yang tidak memberikan efek samping apapun pada tubuh orang yang meminumnya, karena tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Walaupun tidak semenarik jus mangga yang dibuat dari buahnya, daun mangga tetap kaya akan manfaat.

Ada beberapa manfaat daun mangga yang mungkin perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengobati diabetes. Berikut merupakan Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan.

1. Tingkatkan sistem imun.

8 Makanan penambah imun tubuh, antisipasi cegah Corona © 2020 brilio.net

Sejak munculnya pandemi Covid-19, semua orang fokus mencari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan sistem imun. Perlu kamu tahu, bahwa daun mangga ini juga mampu meningkatkan sistem imun.

Daun mangga memiliki kandungan polifenol dan terpenoid. Kedua kandungan ini bagus untuk meningkatkan sistem imun, membuat penglihatan lebih baik, serta sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas.

2. Memiliki sifat antikanker.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Senyawa mangiferin dalam daun mangga memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi dilakukan bagi para penderita kanker leukemia dan kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker prostat. Dan hasilnya sangat signifikan terhadap penderita kanker. Namun kamu harus ingat, bahwa daun mangga bukan sebagai obat kanker.

3. Mengobati masalah lambung.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Salah lambung kerap dialami oleh banyak masyarakat. Nah, ternyata duan mangga memiliki manfaat untuk mengobati masalah lambung.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga dengan 113–454 mg per pon (250-1.000 mg per kg) dari berat badan menurunkan jumlah lesi di perut.

4. Mencegah penuaan.

Baik perempuan maupun laki-laki merasa takut menghadapi masalah penuaan terutama pada wajah. Estrak daun mangga ini dipercaya dapat mengurangi tanda penuaan. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam daun mangga dapat memperlambat tanda penuaan pada wajah.

5. Merangsang pertumbuhan rambut.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang tebal atau bisa jadi rambut menipis disebabkan oleh beberapa faktor. Nah untuk mendapatkan rambut yang tebal, kamu bisa menggunakan daun mangga. Kandungan antioksidan pada daun mangga dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

6. Meredakan peradangan.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Kandungan polifenol pada daun mangga memiliki sifat inflamasi. Peneliti menyebut, anti-inflamasi pada daun mangga dapat melindungi kesehatan otak dan mengatasi peradangan.

7. Mencegah obesitas.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Berkembangnya tren makanan membuat kita tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi. Hal itu membuat tubuh kita lebih banyak lemak karena mengonsumsi makanan siap saji.

Namun, dengan mengonsumsi ekstrak daun mangga ini dapat mengelola obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak.

Peneliti menyebut ekstrak daun mangga memiliki ladar lemak yang lebih rendah dan kadar adiponektin yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan metabolisme lemak dan pengaturan gula dalam tubuh.

8. Mengatasi penyakit diabetes.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengelola diabetes karena efeknya pada gula darah dan trigliserida. Kadar trigliserida yang meningkat sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Categories
Tentang Pengobatan

Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan

Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

Sakit tenggorokan adalah rasa nyeri, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan. Kondisi ini merupakan gejala atau keluhan yang disebabkan oleh beragam kondisi dan penyakit, salah satunya adalah infeksi virus. Sakit tenggorokan biasanya akan semakin memberat saat makan dan minum.

Sakit tenggorokan adalah kondisi umum yang dapat dialami semua golongan usia, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Infeksi virus adalah salah satu penyebab paling sering dari munculnya sakit tenggorokan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda tips Pengobatan Efektif Sakit Tenggorokan. Untuk itu simak ulasan yang kami berikan dibawah ini.

Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan akan mereda dengan sendirinya sekitar 5–7 hari. Namun, untuk mempercepat pemulihan dan meringankan gejalanya, Anda dapat menggunakan obat sakit tenggorokan atau melakukan beberapa perawatan sederhana secara mandiri di rumah.

Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah:

  • Berkumur dengan sekitar 200 ml air hangat yang dicampur 1 sendok teh garam
  • Mengonsumsi olahan lemon, seperti teh lemon atau campuran lemon dengan madu
  • Memperbanyak konsumsi cairan, misalnya air putih hangat, air yang dicampur dengan madu, atau kaldu hangat
  • Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Mengonsumsi makanan dingin dan lembut, misalnya es krim
  • Menghindari asap rokok
  • Menggunakan pelembap udara jika udara lingkungan sekitar terlalu kering dan memperburuk rasa tidak nyaman pada tenggorokan
  • Menggunakan semprotan tenggorokan yang mengandung antiseptik atau bahan pendingin seperti mentol
  • Beristirahat yang cukup

Selain dengan cara-cara sederhana tersebut, obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli bebas di apotek, seperti aspirin, paracetamol, atau ibuprofen, juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan nyeri atau demam yang menyertai radang tenggorokan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena berpotensi menyebabkan sindrom Reye.

Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan

Karena penyebab paling umumnya adalah infeksi virus, Anda bisa tertular radang tenggorokan dari orang lain. Untuk mencegah radang tenggorokan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi sakit tenggorokan.
  • Cuci tangan secara rutin.
  • Hindari kontak langsung dengan tisu, sapu tangan, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Selain itu, menjaga kesehatan secara menyeluruh, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari radang tenggorokan.

Kebanyakan radang tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sering kali kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Oleh sebab itu, obat sakit tenggorokan seperti di atas bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi keluhan.

Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam 1 minggu, periksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri dan membutuhkan obat antibiotik.

Walaupun jarang, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, misalnya difteri. Jika gejala Anda semakin parah, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher menjadi kaku, segera cari pertolongan ke klinik atau IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Categories
Tentang Pengobatan

Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing

Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing

Mengalami Luka Akibat Gigitan Anjing, Bagaimana Penanganan yang ...

Digigit anjing merupakan salah satu kejadian yang cukup umum terjadi. Selain pada anak-anak, orang dewasa juga memiliki kemungkinan untuk digigit anjing.

Meski dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang setia dan bersahabat, pada dasarnya anjing mempunyai sifat pemangsa dan kemampuan untuk menyerang. Maka dari itu, tak heran apabila sewaktu-waktu Anda bisa digigit anjing. Berikut ini TradisionalSehat akan mengajarkan anda beberapa Langkah Pertama Luka Gigitan Anjing.

Bahaya Gigitan Anjing

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah digigit anjing adalah segera menjaga jarak dengan anjing tersebut. Hal ini penting untuk mengurangi risiko Anda digigit lagi. Saat situasinya sudah aman, Anda bisa mencari tahu apakah anjing tersebut terinfeksi oleh rabies atau tidak.

Jika Anda mengetahui pemilik anjing yang menggigigit Anda, mintalah riwayat vaksinasi anjing tersebut. Pastikan untuk mendapatkan nama pemilik, nomor telepon, dan informasi kontak dokter hewan tempat anjing itu divaksinasi.

Jika anjing yang menggigit Anda tidak didampingi oleh pemiliknya, tanyakan kepada orang-orang di sekitar tempat kejadian apakah ada yang mengenal pemilik anjing tersebut agar Anda bisa mencari tahu data-data di atas. Semua data ini diperlukan untuk menentukan perlu atau tidaknya Anda mendapatkan vaksin rabies.

Luka gigitan anjing dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Infeksi bakteri
    Mulut anjing sangat kotor dan mengandung kuman yang dapat menyebabkan infeksi serius pada kulit terluka. Risiko infeksi akan lebih tinggi pada orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan penderita diabetes.
  • Kerusakan saraf dan otot
    Gigitan yang dalam dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, otot, dan pembuluh darah di bawah kulit. Risiko ini ada pada semua kondisi luka gigitan anjing, termasuk luka yang tampak kecil seperti luka tusuk.
  • Patah tulang
    Gigitan oleh anjing yang besar dapat menyebabkan patah tulang, terutama di area tungkai, kaki, lengan, dan tangan.
  • Rabies
    Rabies adalah infeksi virus serius yang memengaruhi sistem saraf pusat. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan kematian.
  • Tetanus
    Tetanus merupakan infeksi bakteri yang dapat berisiko fatal bila terjadi pada orang yang belum mendapat vaksin tetanus

Pertolongan Pertama pada Luka Gigitan Anjing

Jenis pertolongan pada luka tergantung pada tingkat keparahan luka gigitan anjing. Secara umum, berikut ini adalah pertolongan pertama yang perlu Anda lakukan:

1. Cuci bekas gigitan anjing sampai bersih

Jika kulit Anda tidak terluka, cuci area tersebut dengan air hangat dan sabun. Anda juga bisa mengoleskan larutan antiseptik ke area luka untuk mencegah infeksi.

2. Cuci dan tekan area yang terluka

Jika kulit Anda terluka, cuci area tersebut dengan sabun dan air hangat, serta tekan perlahan lukanya untuk membantu mengeluarkan dan membersihkan kuman.

3. Balut luka dengan kain

Jika luka gigitan berdarah, gunakan kain bersih dan tekan luka dengan lembut untuk menghentikan perdarahan. Anda juga bisa menutup luka dengan perban steril.

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Bila terasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakitnya.

5. Periksakan diri ke dokter

Jika muncul tanda-tanda infeksi, seperti luka memerah, bengkak, teraba hangat, atau bernanah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat antibiotik yang sesuai. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, seperti amoxicillin-asam clavulanat, untuk dikonsumsi selama 3–5 hari.

Jika luka tetap berdarah meskipun telah dilakukan penekanan pada luka selama 10 menit atau darah mengalir deras dari luka, Anda perlu segera mendapat penanganan di instalasi gawat darurat (IGD).

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila anjing yang menggigit Anda tidak diketahui riwayat vaksinasi rabiesnya, anjing tersebut tampak sakit, atau Anda berada di area yang endemis rabies.

Untuk mencegah komplikasi yang berbahaya akibat infeksi pada luka gigitan anjing, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, meskipun lukanya tampak kecil. Anda perlu menyampaikan kepada dokter mengenai riwayat vaksin tetanus Anda, karena luka akibat gigitan anjing juga berisiko menyebabkan tetanus.

Dokter akan memberikan vaksin tetanus sesuai cakupan riwayat vaksinasi tetanus Anda. Booster vaksin tetanus harus diberikan jika sudah lebih dari 5 tahun sejak terakhir kali Anda mendapat vaksin tetanus.

Penanganan luka gigitan anjing perlu dilakukan dengan benar. Riwayat vaksinasi anjing yang menggigit Anda pun perlu ditelusuri sebisa mungkin. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi akibat luka gigitan anjing bisa ditekan.

Categories
Tentang Pengobatan

Obat Sembelit Yang Ampuh

Obat Sembelit Yang Ampuh

7 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Sebabkan Sembelit, Jangan Sepelekan ...

Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.

Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, kami akan memperkenalkan anda Obat Sembelit Yang Ampuh. Simak ulasannya dibawah ini.

Sembelit juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti kehamilan, efek samping obat-obatan, stres, riwayat operasi saluran cerna, atau penyakit tertentu.

Saat terkena sembelit, frekuensi buang air besar (BAB) bisa berkurang hingga kurang dari 3 kali per minggu. Orang yang mengalami sembelit dapat merasakan gejala berupa sakit perut, perut kembung, tinja atau kotoran menjadi keras sehingga perlu mengejan saat BAB, atau rasa tidak tuntas setelah BAB.

Untuk mengatasi sembelit, penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki pola makan dengan memperbanyak asupan serat, minum air putih yang cukup, dan banyak bergerak atau berolahraga. Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan obat sembelit atau pencahar (obat pelancar BAB). Salah satu obat sembelit yang ampuh dan aman adalah obat pelancar BAB yang berbentuk laksatif enema.

Mengenal Laksatif Enema dan Khasiatnya sebagai Obat Sembelit

Pencahar atau laksatif enema adalah obat sembelit cair yang cara penggunaannya dimasukkan melalui dubur. Obat ini bekerja dengan cara melincinkan jalan keluar kotoran dan melunakkan kotoran yang keras, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Obat pencahar jenis laksatif enema ini tersedia dalam kemasan tube sekali pakai yang terjaga kebersihannya.

Selain mengatasi sembelit, obat ini juga biasanya digunakan untuk membersihkan usus sebelum prosedur medis tertentu, seperti kolonoskopi dan pemeriksaan Rontgen usus besar dengan barium (barium enema).

Laksatif enema digunakan untuk mengobati sembelit dan membersihkan usus sebelum prosedur medis karena memiliki manfaat sebagai berikut:

Meningkatkan penyerapan air di usus besar

Salah satu fungsi dari obat laksatif enema adalah melancarkan proses keluarnya kotoran dengan cara meningkatkan penyerapan air di usus besar. Dengan begitu, kotoran menjadi lebih basah dan mudah dikeluarkan.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan natrium lauril sulfoasetat yang ada di dalam obat laksatif enema.

Melunakkan feses atau kotoran

Laksatif enema juga mengandung bahan aktif natrium citrate saline dan sorbitol yang berfungsi untuk meningkatkan kadar air dalam kotoran. Sama seperti kedua bahan sebelumnya, bahan ini juga membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Melicinkan jalan keluar kotoran atau feses

Polyethylene glycol 400 atau PEG 400 yang terkandung di dalam obat sembelit jenis laksatif enema melumasi rektum menjadi licin dan kotoran mudah keluar.

Berbagai Kelebihan Obat Sembelit Laksatif Enema

Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari obat pelancar BAB jenis laksatif enema, yaitu:

1. Bekerja dengan cepat

Beragam kandungan di dalam obat laksatif enema membuat obat ini mampu bekerja dengan cepat dan efeknya sudah bisa dirasakan hanya dalam waktu 10–15 menit setelah obat dimasukkan melalui dubur.

2. Tidak menyebabkan perut melilit

Obat pelancar BAB jenis enema dapat membersihkan usus secara perlahan dan lebih jarang menyebabkan iritasi pada lapisan usus sehingga tidak membuat perut melilit.

3. Higienis dalam kemasan sekali pakai

Obat sembelit jenis laksatif enema menggunakan kemasan tube sekali pakai, sehingga kebersihannya terjaga dan higienis.

4. Kemasan dengan desain khusus

Obat pelancar BAB ini juga menggunakan desain khusus agar nyaman dan mudah saat digunakan.

5. Dapat digunakan oleh semua usia

Obat sembelit jenis laksatif enema juga cukup aman digunakan oleh anak-anak yang usianya di atas 2 tahun, orang dewasa, lansia, dan ibu hamil. Obat sembelit enema bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat tanpa resep dokter.

Penggunaan obat sembelit enema, baik melalui resep dokter maupun yang dijual bebas, harus sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat atau sesuai anjuran dokter.

Bila Anda sedang menderita suatu penyakit atau menjalani pengobatan tertentu, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat sembelit enema. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa obat sembelit ini aman untuk Anda gunakan dan tidak memengaruhi pengobatan yang sedang Anda jalani.

Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Cara Mengobati Sengatan Lebah

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Ampuh Menyembuhkan Sengatan Lebah ...

Sengatan lebah seringkali terasa mengganggu karena rasa sakitnya bisa terasa selama beberapa jam. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab sengatan lebah bisa diobati secara mandiri di rumah.

Biasanya, sengatan lebah tidak membutuhkan tindakan medis. Setelah beberapa jam, rasa sakit akan membaik dengan sendirinya, kecuali jika terjadi reaksi alergi atau sengatan secara berulang-ulang yang perlu pengobatan medis. Nah, berikut ini kami akan memberi pertolongan pertama dengan memberikan anda tips atau Cara Mengobati Sengatan Lebah.

1. Cara Mengobati Sengatan Lebah Menggunakan Madu

Jika sudah memiliki madu di rumah, cukup oleskan sedikit madu ke bagian yang telah disengat lebah.

Kemudian, balutlah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban.

Namun, ikatan perban tersebut harus sedikit longgar dan biarkan selama satu jam.

Madu dipercaya mempercepat penyembuhan luka dan gatal-gatal.

2. Soda Kue

Campurkanlah soda kue dengan air secukupnya, kemudian oleskan ke bagian yang disengat lebah.

Setelah itu, tutuplah bagian yang disengat tersebut menggunakan perban.

Biarkan selama 15 menit hingga bagian yang disengat tersebut mengering.

Campuran soda kue dan air dipercaya dapat menetralkan racun lebah.

3. Cuka Apel

Rendamlah kain dalam cuka apel, kemudian kompreslah bagian yang disengat lebah menggunakan kain tersebut.

Biarkan kompres selama 15 menit.

Air cuka tersebut dipercaya dapat mengeluarkan racun lebah dari dalam tubuh.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Oleskanlah pasta gigi pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Biarkan selama beberapa menit sampai pasta gigi mengering.

Beberapa orang percaya bahwa pasta gigi dapat menetralkan racun lebah madu yang memiliki sifat asam.

5. Lidah Buaya

Cara mengobati sengatan lebah juga bisa menggunakan lidah buaya yang dipercaya memiliki khasiat bagus pada kulit dan menghilangkan rasa sakit.

Remaslah lidah buaya hingga mengeluarkan gel.

Oleskan gel tersebut ke bagian yang disengat lebah.

6. Minyak Esensial Lavender

Kamu juga menggunakan minyak lavender sebagai cara mengobati sengatan lebah.

Campurkanlah minyak esensial lavender dengan minyak lain, semisal kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada bagian tubuh yang disengat lebah.

Minyak lavender dipercaya memiliki anti-inflamasi yang dapat meringankan pembengkakan akibat sengatan lebah.

7. Cara Mengobati Sengatan Lebah Menggunakan Minyak Pohon Teh

Cara mengobati sengatan lebah menggunakan minyak pohon teh sama dengan penggunaan minyak lavender.

Kamu harus mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak lain, semisal minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kemudian, oleskanlah campuran minyak tersebut pada bagian yang disengat lebah.

Kandungan antiseptik pada minyak pohon teh dipercaya dapat meredakan sakit akibat sengatan lebah.

8. Menggunakan Sabun dan Air

Cara lainnya untuk mengatasi sengatan lebah adalah menggunakan sabun dan air.

Cucilah bagian yang disengat lebah menggunakan sabun dan air untuk mengeluarkan racun.

Kemudian, kompres bagian yang disengat menggunakan kain yang telah direndam di air dingin.

Kompres dapat meredakan nyeri dan pembengkakan.

9. Menggunakan Obat dan Krim

Jika kamu merasa gatal dan iritasi kulit, gunakanlah krim hidrokortison.

Kemudian, untuk menghilangkan rasa sakit, kamu bisa membeli ibuprofen di apotek tanpa resep dokter.

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan obat antihistamin untuk mengurangi rasa gatal.