Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Cordyceps Militaris

Manfaat Cordyceps Militaris

Mengenal Cordyceps, Jamur yang Berpotensi Tangkal Corona ...

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, tumbuhan herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, manfaat cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan membantu memelihara kesehatan.

Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad ke-15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apasaja Manfaat Cordyceps Militaris. Untuk itu bagi anda yang penasaran, maka simaklah ulasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

sistem kekebalan tubuh manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn’s disease. 

Penelitian lain pada tahun 2015 juga menemukan cordyceps militaris dapat secara efektif meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari serangan patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Ditambah lagi, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Bantu meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

olahraga untuk pemalas

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College  menemukan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam memanfaatkan oksigen, terutama ketika beraktivitas fisik, contohnya seperti saat berolahraga.

3. Jamur cordyceps militaris dapat digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan

jamur cordyceps

Karena dasar dari jamur cordyceps militaris ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari jamur masih harus diteliti lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat cordyceps sebagai antioksidan menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas. Efek terapi dari jamur cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Menurunkan risiko penyakit pada saluran pernapasan

sistem pernapasan manusia

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas).

Selain itu, pada beberapa studi telah ditemukan bahkan jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin belum banyak orang yang mempertimbangkan jamur ini sebagai suplemen untuk membantu mendukung kesehatan. Namun, dengan manfaat yang disediakan oleh jamur cordyceps, suplemen yang mengandung ekstrak jamur ini seharusnya masuk ke dalam salah satu pilihan suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, serta melindungi terjadinya gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Jamur cordyceps militaris dapat menjadi alternatif pengobatan atau perawatan kesehatan herbal yang aman.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Seledri untuk ibu hamil, inilah 7 manfaat yang jarang diketahui ...

 Informasi awal kehamilan terkait pangan yang baik dikonsumsi penting untuk diketahui. Salah satu makanan yang direkomendasikan ialah seledri, berdasarkan informasi awal kehamilan.

Informasi awal kehamilan tersebut tentu berupa berbagai manfaat yang bisa diperoleh bila ibu hamil rutin mengonsumsi seledri. Seledri sendiri memang sayuran yang cukup dikenal sebagai penambah cita rasa, aroma, dan warna dalam masakan.

Walau seringkali dikonsumsi dalam jumlah sedikit, anda tidak bisa meragukan manfaat besarnya. Berikut merupakan Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebagian ibu hamil berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi ketika hamil, termasuk pada kondisi preeklamsia, dapat menurunkan aliran darah ke plasenta yang menyebabkan bayi kekurangan asupan nutrisi dan oksigen selama di kandungan dan lahir dengan berat badan rendah.

Kandungan phthalides dan kalium pada seledri memiliki manfaat untuk melemaskan jaringan dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah. Untuk memperoleh manfaat ini, Bumil dianjurkan mengonsumsi kira-kira 4 batang seledri setiap hari.

2. Mencegah dehidrasi

Ketika hamil, kebutuhan cairan akan meningkat dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk tidak kekurangan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi saat hamil merupakan kondisi yang serius karena bisa menyebabkan komplikasi, seperti cacat tabung saraf pada bayi, air ketuban sedikit, produksi ASI menurun, hingga persalinan prematur.

Seledri mengandung banyak air. Mengolahnya menjadi jus bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Bumil. Namun, pastikan Bumil juga banyak minum air putih setidaknya 8–12 gelas per hari, ya.

3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada seledri dapat menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Nah, jika Bumil sering mengalami sembelit, mengonsumsi seledri bisa menghindarkan Bumil dari gangguan ini, lho.

Selain itu, serat juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Bumil dari keinginan makan camilan yang tidak sehat.

Seledri juga mengandung serat yang disebut apiuman. Serat ini terbukti dapat mengurangi gejala asam lambung naik yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama di akhir kehamilan. Jadi, bagi Bumil yang memiliki masalah asam lambung, seledri bisa dimanfaatkan untuk meredakan keluhan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Bumil. Bila daya tahan tubuh sedang lemah, beragam jenis penyakit bisa mengintai Bumil kapan saja. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun seledri. Tanaman ini kaya akan antioksidan, antiradang, serta vitamin C. Ketiganya mampu melindungi Bumil dari kerusakan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Bumil tidak mudah sakit.

5. Melindungi ibu dari perdarahan pasca persalinan

Seledri juga mengandung vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah dan dibutuhkan ibu hamil, terutama saat persalinan. Namun, kadar vitamin K justru cenderung menurun di trimester ketiga kehamilan.

Memenuhi kebutuhan vitamin K bisa melindungi Bumil dari perdarahan pasca persalinan atau perdarahan post partum yang kejadiannya kadang tak terduga. Di samping itu, vitamin K juga dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan tulang yang sehat, sehingga juga baik untuk bayi.

Mengonsumsi daun seledri sangat dianjurkan ketika hamil. Untuk memperoleh seledri yang baik, pilihlah seledri dengan batang yang kokoh dan mudah dipatahkan, serta daun yang segar dan berwarna hijau cerah. Jangan membeli seledri yang sudah berwarna kuning dan kecokelatan atau sudah busuk karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa ikut rusak.

Meski seledri sangat baik untuk kesehatan, beberapa orang memiliki alergi terhadap sayur ini. Jika Bumil salah satunya, jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi seledri, ya. Lagipula, tubuh yang lebih sehat dan fit tidak bisa dicapai dengan hanya satu jenis makanan. Jadi, mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya juga sama pentingnya.

Agar kehamilan tetap sehat hingga persalinan tiba, usahakan untuk beristirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Selain itu, Bumil juga dianjurkan untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter sesuai dengan jadwal yang ditentukan agar kondisi kehamilan bisa selalu terpantau.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Bayam Untuk Bayi

Manfaat Bayam Untuk Bayi

5 Wonderful Benefits Of Spinach You Never Knew - NDTV Food

Bayam yang kaya akan aneka nutrisi sudah bukan rahasia lagi. Beragam nutrisi membuat sayuran hijau ini punya segudang manfaat untuk bayi.

Bayam mengandung vitamin A, C, asam folat, asam pantotenat, dan niasin. Bayam juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Tak ada salahnya memperkenalkan bayam pada si buah hati. Zat besi merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah. Nah, untuk mengetahui lebih jauh , berikut ini kami akan memberikan apasaja Manfaat Bayam Untuk Bayi.

Ragam Nutrisi yang Terkandung dalam Bayam

Bayam terkenal akan kandungan seratnya yang melimpah. Dalam seporsi bayam untuk bayi atau setara sekitar 30–50 gram bayam, terdapat sekitar 0,7–1 gram serat. Angka tersebut sudah setara dengan 8–9% kebutuhan serat harian bayi usia 1 tahun ke bawah.

Namun, manfaat bayam untuk bayi bukan hanya berasal dari seratnya. Masih ada sejumlah nutrisi penting lain yang juga banyak terkandung dalam bayam. Berikut ini adalah ragam nutrisi beserta jumlahnya yang terdapat dalam setiap 50 gram bayam:

  • Protein: 1–1,2 gram
  • Karbohidrat: 1,5–2 gram
  • Folat: 65–90 mcg (mikrogram)
  • Vitamin A: 200–250 mcg
  • Vitamin K: 200–230 mcg
  • Vitamin C: 8,5–10 mg (miligram)
  • Kalsium: 30­ mg
  • Zat besi: 0,8–0,9 mg
  • Kalium: 170–200 mg
  • Sodium: 30–35 mg
  • Magnesium: 30–35 mg
  • Fosfor: 15–20 mg

Selain nutrisi di atas, bayam juga mengandung zinc, selenium, vitamin E, serta antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Karena aneka nutrisi tersebut, manfaat bayam untuk bayi tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa Manfaat Bayam untuk Bayi

Jika dikonsumsi sesuai porsi yang tepat, ada banyak manfaat bayam untuk bayi yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Menyehatkan mata

Berkat kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin A yang melimpah, bayam dapat menjaga kesehatan mata bayi dan mencegah kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, sejumlah penelitian bahkan menemukan bahwa kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin juga baik untuk mempertajam penglihatan pada bayi.

2. Menangkal efek radikal bebas

Radikal bebas bisa datang dari berbagai sumber, mulai dari zat sisa metabolisme tubuh hingga paparan polusi, misalnya dari asap kendaraan atau rokok.

Jika terpapar radikal bebas dalam jumlah yang banyak, bayi bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, gangguan tumbuh kembang, dan alergi.

Untuk mencegah efek buruk radikal bebas, Bunda dapat memberikan Si Kecil makanan yang kaya akan antioksidan. Beruntungnya, bayam mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, lutein, dan beta karoten. Kandungan tersebut menjadikan bayam baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan bayi.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C pada bayam tak hanya mampu menangkal efek radikal bebas, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

Di dalam tubuh bayi, vitamin C bertugas meningkatkan produksi sekaligus efektivitas sel darah putih yang berperan melawan kuman, virus, dan parasit penyebab infeksi atau zat berbahaya lain. Dengan demikian, bayi tidak mudah terserang penyakit.

Lebih dari itu, sejumlah penelitian menemukan bahwa vitamin C juga dapat mempercepat pemulihan pada luka dan membuat anak lebih cepat sembuh ketika terserang batuk pilek.

4. Mencegah anemia

Bila bayi mengalami kerontokan rambut, bisa jadi itu disebabkan oleh kekurangan zat besi dan folat. Kekurangan kedua asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan anemia. Hal ini bisa membuat bayi tampak lemas dan rambutnya jadi lebih banyak rontok.

Tubuh membutuhkan folat dan zat besi untuk menghasilkan sel darah merah. Selain itu, folat juga berperan untuk merangsang pembentukan rambut. Ketika jumlah sel darah merah berkurang, jumlah oksigen yang terbawa ke sel-sel rambut akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan rambut bayi menjadi rontok.

Bayam merupakan jenis makanan yang bersumber dari tumbuhan dengan kandungan zat besi dan folat tinggi. Oleh karena itu, dengan rutin memberikannya bayam, Bunda dapat mencegah Si Kecil dari anemia dan rambut rontok.

5. Mempercepat pemulihan luka

Bayi sangat rentan terluka, misalnya akibat merangkak di lantai yang kasar atau terjatuh. Hal ini umum terjadi pada bayi dan memang sangat sulit untuk sepenuhnya dicegah.

Rutin memberikan bayam akan membantu bayi ketika mengalami luka. Pasalnya, kandungan vitamin K pada bayam yang melimpah berperan dalam proses pembekuan darah sehingga membuat luka lebih cepat sembuh.

6. Membuat tulang menjadi lebih kuat

Susu bukanlah satu-satunya asupan yang dapat memperkuat tulang karena kandungan kalsiumnya yang melimpah. Pasalnya, kalsium juga bisa diperoleh dalam jumlah yang banyak dari bayam. Hampir 40% kebutuhan kalsium harian bayi terpenuhi hanya dengan mengonsumsi sekitar 50–60 gram bayam.

7. Melancarkan kinerja sistem pencernaan bayi

Selain berbagai manfaat di atas, bayam juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bayi karena mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan asupan serat yang tercukupi, bayi akan tercegah dari sembelit. Asupan serat dari bayam atau buah dan sayuran lainnya juga penting untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan bayi.

Karena mengandung banyak nutrisi, ada banyak juga manfaat bayam untuk bayi. Jika Si Kecil menolak untuk mengonsumsi bayam ketika pertama kali diberikan, Bunda jangan berkecil hati. Cobalah untuk memberinya bayam lagi beberapa hari berikutnya atau coba olah bayam menjadi makanan lain, seperti bubur saring atau puree.

Jika Si Kecil tetap tidak mau makan bayam atau susah makan sehingga membuat berat badannya susah naik, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan saran terkait cara memberikan Si Kecil MPASI dan meningkatkan nafsu makannya.

Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Anda pasti tahu hadiah apa yang sering kali diberikan oleh Presiden Jokowi di setiap kuis yang beliau berikan? Ya, sepeda. Kendaraan beroda dua ini dapat ditemui saat Car Free Day untuk berolahraga. Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaat bersepeda terhadap kesehatan?Jika belum, berikut adalah beberapa Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan yang perlu Anda tahu.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Melansir Healthline, bersepeda bisa membantu kamu mengontrol stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Tetap fokus pada jalan ketika sedang naik sepeda juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Alhasil, kamu akan menjadi orang yang sangat fokus dalam berbagai kegiatan.

Kalau kamu sedang merasa lesu atau sedih, segera bersepeda setidaknya selama 10 menit. Bersepeda bisa melepas endorfin dalam tubuh supaya kamu merasa lebih baik dan tidak stres lagi. Dan yang terpenting, kamu menjadi pribadi yang lebih pede ketika mampu bersepeda secara rutin setiap hari.

2. Membantu menyembuhkan penderita kanker

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda adalah kegiatan fantastis bagi para pengidap kanker. Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa membantumu tercegah dari kanker, terutama kanker payudara karena aktivitas ini membuatmu merasa fit setiap saat. Berdasarkan penelitian pada tahun 2019, tubuh yang tetap aktif efektif dalam mengurangi risiko dari kanker payudara.

3. Memulai hari dengan kegiatan positif

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Mulailah hari kamu dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda. Pasalnya, bersepeda bisa membuatmu tidak mengantuk lagi dengan meningkatkan sirkulasi. Uniknya, kamu juga akan merasa lebih sehat untuk menjalani hari.

Bersepeda di pagi hari memiliki beberapa manfaat, di antaranya membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan tubuh, serta meningkatkan energi setiap harinya. Kalau ingin membakar lebih banyak lemak, usahakan untuk bersepeda sebelum sarapan, bukan sebaliknya.

4. Mengontrol berat badan

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Hal ini disebabkan karena naik sepeda meningkatkan tingkat metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh, demikian dilansir dari Better Health. Namun, perlu diingat bahwa mengontrol berat badan harus diiringi dengan rencana pola makan sehat, bukan hanya bersepeda.

Penelitian menunjukkan kamu harus membakar setidaknya 8.400 kilojoule (sekitar 2.000 kalori) seminggu melalui olahraga. Sementara itu, bersepeda dengan sungguh-sungguh bisa membakar sekitar 1.200 kilojoule (sekitar 300 kalori) per jam. Benar-benar worth it, bukan?

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Ketika kamu menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap seimbang, kamu akan meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh secara keseluruhan. Apalagi keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia, jadi bersepeda menjadi salah satu solusinya.

6. Meningkatkan kekuatan kaki

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!pexels.com/Pixabay

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, khususnya pada paha depan, glutes, paha belakang, dan betis. Untuk membuat kaki kamu lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squatleg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda.

7. Salah satu bentuk latihan inti

Lagi Ngetren Bersepeda, Ini 7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan!

Bersepeda juga melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Terlebih, menjaga tubuhmu biar tegak dan menjaga posisi sepeda membutuhkan kekuatan inti loh. Perut yang kuat dan otot punggung yang mendukung tulang belakang berperan dalam meningkatkan stabilitas serta kenyamanan saat bersepeda.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat

Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat

Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi, tapi ada makanan tertentu yang tanpa disadari ternyata memiliki fungsi khusus, seperti meningkatkan kecerdasan. Berikut beberapa Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat yang bisa anda coba. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

1. Telur.

Makanan melawan lupa istimewa

Telur kaya akan manfaat, salah satunya mampu meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi telur juga dianjurkan untuk ibu hamil demi perkembangan otak bayi yang dikandungnya. Telur adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kolin, di mana zat ini mampu membuat sel berfungsi dengan baik. Belum lagi kuning telur yang mengandung vitamin B12 yang diketahui dapat menurunkan homocysteine, kandungan yang bersifat racun pada otak dan berhubungan dengan rendahnya aktivitas otak.


2. Salmon.

Makanan melawan lupa istimewa

Salmon juga memiliki fungsi yang sangat besar untuk meningkatkan daya ingat pada manusia. Pasalnya salmon mengandung asam lemak omega-3 (DHA dan EPA). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan lebih banyak asupan lemak omega-3 memiliki daya ingat yang lebih tajam dan mendapatkan hasil yang memuaskan saat mengikuti tes ujian.


3. Oat.

Makanan melawan lupa istimewa

Oat merupakan jenis sereal yang cukup populer di masyarakat. Oat memiliki kandungan penting bagi otak dan fungsi tubuh lainnya, di mana mengandung potasium, vitamin B, dan vitamin E. Kandungan tersebut mampu meningkatkan daya ingat. Oat juga mampu menjaga kebutuhan otak agar terpenuhi sepanjang hari.


4. Susu dan yoghurt.

Makanan melawan lupa istimewa

Makanan yang mengandung susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Susu dan yoghurt mampu membuat perut kenyang dan sekaligus menjadi sumber energi yang mampu meningkatkan kerja otak. Dengan mengonsumsinya secara rutin kamu akan merasakan khasitnya di mana kamu akan mudah ingat mengenai berbagai hal.


5. Selai kacang.

Makanan melawan lupa istimewa

Kacang tanah kaya akan vitamin E, antioksidan yang memiliki peran untuk melindungi membran-membran sel saraf. Dengan rutin mengonsumsi selai kacang setiap pagi saat sarapan, kamu akan mendapatkan energi sehat yang merangsang kerja otak secara maksimal.


6. Buah berry.

Makanan melawan lupa istimewa

Beberapa jenis buat berry seperti seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Yakni antioksidan serta vitamin C yang terkadung di dalamnya mampu meningkatkan daya ingat. Tak hanya itu saja biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.


7. Kacang-kacangan.

Makanan melawan lupa istimewa

Kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu sumber energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Tak hanya itu saja, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin, sehingga sangat baik untuk otak dan meningkatkan daya ingat. Misalnya saja kacang pinto dan kacang merah, menurut beberapa penelitian, jenis kacang tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya.


8. Gandum murni.

Makanan melawan lupa istimewa

Serat yang terkandung di dalam gandum murni bisa mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Gandum murni juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara sistem saraf. Untuk kamu yang merasa sangat sulit dalam mengingat berbagai hal, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi gandum murni.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Sering disepelekan dan dianggap sebelah mata, ternyata bumbu masakan kecil mungil ini mengandung sejuta manfaat! Apa saja ya manfaat ketumbar? Ketumbar adalah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji-bijian seukuran merica.

Saking kecilnya, banyak anggapan salah yang mengira bahwa rempah yang satu ini hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Tapi jangan salah ya, khasiat ketumbar bukan hanya sekadar bumbu masakan!. Nah, untuk itu bagi anda yang penasaran , apakah benar ketumbar itu ada khasiatnya ? . Maka dari itu berikut ini TradisionalSehat akan menjelaskan apasaja Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan. Tanpa basa-basi simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencegah diare.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Komponen minyak atsiri yang ditemukan dalam ketumbar seperti borneol dan linalool, membantu pencernaan, membatu berfungsinya hati, dan mengikat usus, juga membantu mengobati diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Ethnobotanical Leaflets mengatakan ketumbar bermanfaat dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh aksi mikroba dan jamur karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, dan beta-phellandrene memiliki efek antibakteri.

2. Mengatasi rasa mual.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar semakin populer sebagai sarana untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan lambung. Kekayaannya dari senyawa bioaktif yang dikandung ketumbar dapat mengatasi masalah tersebut.

3. Mengatur tekanan darah.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Menurut lansiran brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Jurnal Etnofarmakologi menunjukkan bahwa ketumbar secara positif membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Cara kerjanya dengan meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat, dan meredakan ketegangan pembuluh darah.

4. Mencegah anemia.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Selain mengatur tekanan darah, ketumbar juga bisa mencegah anemia. Ketumbar kaya akan zat besi, yang secara langsung membantu penderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrem, dan penurunan fungsi kognitif. Zat besi bermanfaat bagi berfungsinya organ lain, meningkatkan energi dan kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

5. Menghilangkan alergi pada tubuh.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki sifat anti-histamin yang kuat yang dapat mengurangi efek alergi musiman yang tidak nyaman dan demam (rinitis). Minyak yang dihasilkan ketumbar juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Sehingga dapat menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan berbahaya pada tenggorokan dan kelenjar pada tubuh.

6. Meningkatkan tulang.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar juga kaya akan kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang. Kalsium dan mineral penting ditemukan di ketumbar mampu membantu pertumbuhan tulang, menambah daya tahan tulang, serta dapat mencegah osteoporosis. Menambahkan sedikit ketumbar ke dalam makanan dapat membantu menjaga tulangmu agar tetap sehat dan kuat untuk tahun-tahun mendatang.

7. Kesehatan mata.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar sarat dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Semua kandungan tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata. Ada juga beta-karoten di daun ketumbar, yang mencegah sejumlah penyakit lain yang mempengaruhi mata dan meningkatkan kembali penglihatan pada pasien yang menua.

8. Mengobati konjungtivitis.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar adalah desinfektan yang sangat baik dan memiliki sifat antimikroba yang melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitis. Konjungtivitis adalah memerahnya mata karena peradangan dan infeksi.

9. Mencegah penyakit Salmonella.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Salmonella adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonella di dalam perut dan usus. Salmonella adalah penyakit yang bisa terjadi karena salah mengonsumsi makanan. Salah satu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan ketumbar. Ketumbar memiliki tingkat dodekenal yang luar biasa tinggi, suatu senyawa alami yang sebenarnya dua kali lebih kuat dari antibiotik penyakit salmonella. Hak ini sudah dikonfirmasi oleh penelitian Dr. Isao Kubo, University of California, Berkeley.

10. Mengobati penyakit ulkus.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ulkus adalah penyakit yang terjadi di dalam rongga tenggorokan, yang bisa menyebabkan bisul pada sekitar mulut. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan ketumbar. Ketumbar adalah antiseptik yang sangat baik. Ketumbar juga memiliki efek antimikroba yang dpat menyembuhkan bisul di mulut.

11. Mencegah bau mulut.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Kandungan cintronellol yang ada pada ketumbar mampu menjadi antiseptik yang dapat mencegah bau mulut. Oleh karena itu ketumbar sering dijadikan sebagai komponen dalam semua jenis pasta gigi alami. Dilansir brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Sebelum adanya penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut.

12. Membantu mengobati kanker.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sebagai alat yang mungkin dapat membantu mengobati kanker. Ekstrak dari akar tanaman ketumbar telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam studi laboratorium.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan

Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan

Manfaat Aprikot Kering untuk Kesehatan - JPNN.com

Buah aprikot mungkin masih terkesan asing di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah aprikot untuk kesehatan tidaklah sedikit. Meski ukurannya kecil, buah aprikot menyimpan banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan sejumlah organ penting dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit serius.

Buah aprikot memiliki cita rasa manis dan menyegarkan, sehingga sebagian orang lebih gemar mengonsumsinya secara langsung agar cita rasa tersebut terjaga. Namun untuk membuatnya lebih variatif, tidak sedikit juga orang mengolah buah aprikot menjadi jus, salad buah, atau sebagai campuran sereal. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar  beberapa Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencegah kanker.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan tentu saja orang akan sangat menolak penyakit ini masuk ke tubuhnya. Buah Aprikot bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk mencegah kanker. Rutin mengonsumsinya makan akan sangat baik untuk tubuh.

2. Mencegah terjadinya anemia.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Jika kamu mengalami anemia, ada baiknya untuk mengonsumsi aprikot. Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membantu tubuh mencegah dan akan mengobati rasa pusing.

3. Meredakan asma.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Jika kamu memiliki penyakit asma, aprikot bisa jadi salah satu jenis buah yang bisa kamu konsumsi. Pasalnya buah ini dapat mencegah sekaligus meredakan asma dengan baik.

4. Menyehatkan mata.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah ini bisa membantu kesehatan mata. Mata menjadi salah satu yang sangat perlu dijaga, rutin mengonsumsi buah aprikot akan memberikan keuntungan tersendiri untuk mata.

5. Dapat mengontrol tekanan darah.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Manfaat lainnya dari buah aprikot adalah dapat mengontrol tekanan darah. Pasalnya kandungan yang terdapat di dalam aprikot dikenal sangat baik untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah.

6. Mencegah terjadinya penyakit jantung.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Penyakit jantung bisa menyerang siapapun, jika tidak dicegah maka akan sangat berbahaya. Oleh karenanya kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Menjaga pola hidup yang sehat, serta diselingi dengan mengonsumsi buah aprikot bisa jadi pelengkap.

7. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Masalah kesehatan tulang sekarang tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak muda juga banyak yang mulai mengidap penyakit tulang. Nah buat aprikot bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah tulang. Buah aprikot dapat kamu manfaatkan untuk menyehatkan tulang sebab kandungan kalsium yang terdapat di Buah aprikot sangat baik untuk kesehatan tulang.

8. Mempelancar Buang Air Besar (BAB).

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Pencernaan yang tidak lancar akan sangat mengganggu bahkan bisa menghilangkan semangat seseorang. Penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat agar BAB bisa lancar. Buah aprikot juga mengandung serat sehingga sangat membantu melancarkan BAB.

9. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Tak hanya untuk kesehatan saja, buah aprikot juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menyehatkan kulit. Jika kamu mengonsumsi buah aprikot secara rutin bisa memengaruhi tingkat kecerahan kulit. Buah aprikot memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dari dalam.

10. Mengatasi dehidrasi.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Dehidrasi merupakan penyakit yang kekurangan cairan, jika tak diatasi akan sangat berbahaya. Buah aprikot mengandung mineral yang cukup tinggi. Akan sangat membantu jika mengonsumsi buah aprikot secara rutin.

11. Mencegah terjadinya hipertensi.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi,. Seperti yang diketahui bahwa aprikot merupakan jenis buah yang dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Tekanan darah yang terkontrol akan membantu agar terhindar dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

12. Sebagai antioksidan.

Manfaat aprikot untuk kesehatan istimewa

Kandungan vitamin A dalam buah aprikot semakin bermanfaat dengan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan bisa menangkal radikal bebas yang bisa memicu timbulnya beragam penyakit.

Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Kunyit Asam Sirih

Manfaat Kunyit Asam Sirih

6 Khasiat Campuran Kunyit Asam Sirih untuk Kecantikan dan ...

Manfaat kunyit asam sirih belum diketahui banyak orang. Kunyit mengandung glukosa, minyak atsiri, tanin, mineral serta senyawa curcumin dan masih banyak lagi. Kemudian asam memiliki antioksidan, vitamin C, B, mineral dan beta karoten.

Sedangkan daun sirih juga memiliki kandungan vitamin A, B2, B1 sodium, asam nikotinat dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Dengan membuat jamu dengan menggunakan ketiga bahan tersebut mampu membuat Anda mendapatkan berbagai manfaat. Berikut adalah Manfaat Kunyit Asam Sirih.

1. Mengurangi rasa nyeri haid.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Sebagian wanita mengalami nyeri saat haid. Otot-otot rahim mengalami kontraksi saat menstruasi dan membuat terasa menyakitkan. Terkadang kondisi ini dapat mengganggu aktivitas. Nah, untuk mengatasinya kamu dapat mengonsumsi kunyit asam sirih.

Hal ini karena kandungan dalam kunyit dapat mempermudah untuk peluruhan dinding rahim sehingga kamu tidak akan merasakan nyeri yang berlebih. Kandungan kurkumin berfungsi sebagai inflamasi yang mampu mengurangi kontraksi.

2. Mengontrol berat badan.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Hampir setiap orang khususnya wanita mengidam-idamkan tubuh yang sehat dan ideal. Banyak cara yang dilakukan mulai dari olah raga rutin, diet sehat dan juga bisa mengonsumsi kunyit asam sirih ini untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab kunyit asam dapat mengendalikan nafsu makan kamu sehingga kamu tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Menghilangkan bau badan.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Bau badan memnyebabkan seseorang tidak percaya diri dan minder. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bau badan ini. Seperti menggunakan deodoran hingga parfum untuk menutup bau yang ada. Sayangnya cara tersebut tak bekerja dengan baik dibeberapa orang.

Kamu bisa mengonsumsi bahan alami kunyit asam sirih secara teratur. Dengan demikian bau badan secara perlahan akan berkurang. Sebab zat klavikula da estradiol yang terdapat dalam daun sirih mampu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Bau badan ini dapat diatasi dengan menjaga ketiak agar tidak basah.

4. Memperlambat proses penuaan.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Kunyit yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu menghambat proses penuaan serta meremajakan kulit. Dengan mengonsumsi kunyit asam sirih sebagai salah satu solusi termudah proses memperlambat proses penuaan diri kamu. Sebab senyawa daun sirih bisa memudarkan hiperpigmentasi akibat sinar ultraviolet, jerawat ataupun pemaikaian kosmetik.

5. Menyembuhkan radang pada tenggorokan.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Kandungan yang terdapat di dalam kunyit dapat mengatasi berbagai macam bakteri yang menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan. Saat kamu mengonsumsi ramuan kunyit asam sirih secara teraturakan membantu dalam proses penyembuhan radang.

6. Minuman detoksifikasi tubuh.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Seperti halnya air kelapa muda, kunyit asam sirih juga merupakan salah satu muinuman yang digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Perpadauan bahan itu mampu mengeluarkan racun-racun yang menyebabkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Detoksifikasi sangat penting dilakukan agar menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Mencerahkan kulit.

7 Manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan kecantikan freepik.com

Selain bermanfaat untuk detoksifikasi, kunyit asam dapat menyebabkan kulit menjadi cerah. Kunyit asam bermanfaat mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh sehingga dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar akan membantu pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan menjadi bersih sehingga membuat kulit tampak sehat dan cerah. Kunyit memang secara efektif dapat mengatasi dan mencerahkan kulit.

 

Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil

12 Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil Dengan Makanan | Bumil Balita

Bentuk badan yang langsing atau bahkan kurus tidak menjamin seseorang memiliki tingkat kolesterol yang aman. Untuk itu, pastikan setiap dari kita memiliki gaya hidup yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tubuh tetap normal.

Kata kolesterol sering kali dilontarkan saat sedang makan bersama, di label-label makanan, atau iklan-iklan kesehatan. Tapi apa sih, sebetulnya, kolesterol itu? Kolesterol merupakan lipid atau lemak yang diproduksi sel-sel hati dan sel tubuh lainnya. Kolesterol memiliki tiga fungsi utama, yakni membuat lapisan luar sel, membantu mencerna makanan, dan membantu memproduksi Vitamin D yang menghasilkan hormon seksual pada pria dan wanita. Dengan fungsi tersebut, kolesterol menjadi sangat penting bagi tubuh kita. Namun, kolesterol akan menjadi bumerang jika kadarnya terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, sirkulasi darah yang buruk, dan sebagainya. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil.

  1. Rajin berolahraga

Untuk menghindari kolesterol jahat atau LDL menumuk di dalam tubuh maka kami menyarankan agar Anda semua rajin berolahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat namun sayangnya banyak sekali orang yang mengabaikan kegiatan yang satu ini karena berbagai alasan. Padahal menurut para peneliti, orang yang rajin berolahraga sekitar 40 hingga 69 menit tiap harinya bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL sekitar 5 hingga 10% tiap harinya. Bayangkan jika Anda melakukan itu setiap hari? Berapa kolesterol yang akan terbuang?

  1. Jangan merokok

Yang namanya pria pasti identik dengan merokok dan bahkan tidak bisa berhenti merokok jika sudah menjadi perokok berat. Bagi Anda yang merupakan seorang perokok mungkin merokok itu nikmat. Namun dibalik kenikmatan itu menyimpan beberapa bahaya salah satunya adalah bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam darah. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin memiliki kadar kolesterol tinggi atau LDL di dalam darah maka mulai sekarang hindari dan berhenti untuk merokok. Jangan sampai baru terkena stroke menyesal ya!

  1. Hindari minum-minumn beralkohol

Salah satu penyebab mengapa kolesterol meningkat di tubuh adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Jika ingin kolesterol di dalam tubuh tidak meningkat maka kami menyarankan agar Anda mulai menjauhi yang namanya minuman alkohol. Karena jika minum alkohol secara berlebihan maka bisa menyebabkan tubuh menyimpan lemak lebih dan bisa menyebabkan kolesterol. Selain itu pinggang Anda juga bisa melebar dengan cepat karena kandungan kolsterol yang ada. Anda harus mengetahui informasi mengenai minuman setelah makan gorengan sehingga kolesterol tidak menumpuk.

  1. Perhatikan makanan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kolesterol yang ada di dalam tubuh adalah dengan memperhatikan apa yang Anda makan. Jika ingin menjauhi kolesterol maka kami sarankan supaya Anda menghindari makanan berlemak, menghindari makanan yang berkuah santan dan juga berminyak. Karena beberapa makanan itu bisa menyebabkan kadar kolesterol di tubuh Anda menjadi naik dan bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa resiko penyakit.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Tips untuk menjaga tubuh dari kolesterol yang lainnya adalah dengan rajin konsumsi buah dan juga sayuran. Sudah menjadi rahasia umum jika buah dan sayuran itu mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat tanpa ada kolesterol jahat atau LDL maka konsumsilah sayur dan buah-buahan secara rajin ya. Konsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal! Anda harus paham tentang hubungan rokok dengan trigliserida.

  1. Menurunkan berat badan

Cara menjaga kolesterol tetap stabil yang keenam adalah dengan menurutkan berat badan. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau mungkin obesitas maka kolesterol di dalam tubuh artinya juga meningkat. Dan kami sarankan untuk Anda menurunkan berat badan sehingga kembali normal lagi. Kami sarankan agar Anda melakukan beberapa jenis olahraga misalnya saja latihan beban, aerobik, bersepeda, berjalan ringan, atau jogging. Konsultasikanlah kepada ahli sehingga Anda bisa mendapatkan berat badan yang sehat tanpa perlu menyiksa diri sendiri.

  1. Konsumsi multivitamin

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain rajin berolahraga dan juga mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda juga harus emngkonsumsi multivitamin. Mungkin Anda sudah mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat tiap harinya. Namun tetap saja di beberapa aspek Anda akan mengalami kekurangan nutrisi tertentu, untuk mengatasi itu maka kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi mulitvitamin.

  1. Konsumsi makanan berserat

Tips kedelapan yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh adlaah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Mengapa harus konsumsi makanan berserat? Karena makanan ini terbukti bisa menyerap kolsterol dengan baik. Kami sarankan agar Anda mengkonsumsi makanan seperti jenis kacang-kacangan, sayuran, gandum, dan juga buah-buahan. Pahamilah juga tentang ciri ciri kolesterol tinggi dan asam urat karena harus Anda hindari.

  1. Mengkonsumsi tomat

Untuk mendapatkan kolsetrol yang normal maka Anda harus mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi tomat ya. Tomat ini bisa menyerap dan juga menghilangkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh jika Anda mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Konsumsi kedelai

Tidak hanya buah tomat saja yang bisa Anda makan. Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat tanpa kolesterol di dalam tubuh maka kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi kedelai saja. Karena ternyata mengkonsumsi kedelai bisa membantu untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi olahan keddelai seperti tahu, tempe, atau mungkin susu kedelai karena terbukti bisa mengurangi kolesterol dan kaya akan kandungan protein.

  1. Mengurangi stress

Stress bisa dialami oleh siapa saja dan bisa datang dimana saja. Stress yang menganggu pikiran ini ternyata bisa menjadi salah satu cikal bakal dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin mengalami berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi maka kami sarankan agar Anda mengurangi stress. Karena jika Anda mengalami stress berlebihan bisa menyebabkan aterosklerosis ketika ada kolsterol menumpuk di arteri. Jadi jangan mudah stress ya! Sudahkah Anda tahu tentang dampak merokok terhadap kolesterol?

  1. Milikilah waktu tidur yang cukup

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan juga bisa mengontrol kolsterol Anda adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu setiap harinya kami sarankan supaya Anda punya waktu tidur minimal 8 jam setiap harinya sehingga tubuh bisa memiliki kadar kolesterol yang rendah. Jangan terlalu sering begadang ya! Pahamilah juga informasi mengenai resep masakan untuk penderita kolesterol tinggi.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh adalah rempah serbaguna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam cengkeh. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Cengkeh untuk menjaga kesehatan. Berikut adalah Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan.

1. Mengendalikan kadar gula darah, bagus untuk bumbu makanan

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Saat memasak apakah kamu sudah memanfaatkan cengkeh sebagai bumbu masakan? Menjadikan cengkeh sebagai bumbu masakan adalah pilihan yang sehat lho. Karena cengkeh memiliki manfaat dapat mengendalikan kadar gula darah. Cengkeh mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin.

2. Minuman sehat anti pilek dan menghangatkan tubuh

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Seduhan hangat kombinasi seujung sendok teh cengkeh, 1 sendok teh bubuk teh (bukan shacet), 1 jempol dewasa jahe dan 5 butir kapulaga. Keempat bahan tersebuh direbus dengan 300-400 ml air. Maka akan menjadi seduhan sehat yang penuh khasiat yaitu mampu menghangatkan tubuh dan sebagai minuman sehat anti pilek.

3. Membubuh bakteri sehingga berkhasiat mengobati sakit gigi

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Cengkeh adalah rempah-rempah yang membantu menjaga kesehatan mulut. Cengkeh memiliki sifat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyababkan plak gigi dan masalah gusi tak sehat.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Mengonsumsi olahan cengkeh berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Kandungan dalam cengkeh membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi membunuh bakteri. Cengkeh juga berkhasiat sebagai detox yang membersihkan racun-racun dalam tubuh sehingga tubuh aman dari serangan penyakit.

5. Memperlancar sistem pencernaan

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Seduhan hangat cengkeh, kayu manis dan jeruk lemon selain segar juga menyehatkan lho. Khasiat cengkeh dalam seduhan hangat ini berkhasiat membantu memperlancar sistem pencernaan. Memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga tubuh menjadi sehat.

Banyak ya, khasiat dari si kecil cokelat satu ini. Membiasakan mengonsumsi olahan cengkeh bagus untuk kesehatan kamu. Jangan ragu buat mencoba ya.