Categories
Tentang Penyakit

Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi

Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah
Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong “hipertensi primer”, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder). Berikut ini  adalah Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi :

1. Tekanan Darah Lebih dari 130/80
Jika kamu memiliki tekanan darah lebih dari 130/80 ini berarti kamu menderita darah tinggi. Segera periksa kondisi kesehatan kamu ke dokter jika mendapati tekanan darah lebih dari 130/30. Normalnya, seseorang memiliki tekanan darah 110/80.

2. Sulit Fokus
Untuk tanda kedua dari risiko darah tinggi adalah kamu merasa sulit fokus. Selain sulit fokus, kamu juga akan sulit kencing dan sulit mengingat.

3. Pusing atau Sakit Kepala
Tanda selanjutnya adalah pusing atau sakit kepala. Orang yang terkena tekanan darah tinggi akan lebih sering mengalami sakit kepala baik itu sakit kepala ringan maupun sakit kepala kronis. Dalam beberapa kasus, sakit kepala juga sering dibarengi dengan kram di leher dan mimisan.

4. Perut Mual dan Kembung
Tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan risiko batu ginjal maupun diabetes. Untuk itu, tidak heran jika seseorang dengan risiko darah tinggi juga akan merasa mual dan kembung. Beberapa wanita dengan risiko darah tinggi bahkan mengalami kesulitan buang air kecil.

5. Penglihatan Kabur
Menurut para ahli, risiko darah tinggi bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan menyebabkan mata bengkak. Jika mata sudah bengkak, ini bisa menyebabkan mata bermasalah atau terganggu. Gangguan itu bisa berupa mata kabur atau buram.