Tanda Penyakit Psikosomatik

Tanda Penyakit Psikosomatik

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional , Penyakit Jiwa Paling Berbahaya , Obat Tradisional Angioedema , Tanda Penyakit Psikosomatik , Cara Mengobati Uveitis , Penyakit Yang Rentan Dialami Pria , Cara Mengobati Infeksi Sinus , Khasiat Petai Menghilangkan Penyakit , Obat Penghilang Daki Paling Ampuh , Makanan Pembersih Darah Kotor , Cara Mengobati Rabun Jauh

Tanda Penyakit Psikosomatik

Psikosomatik adalah suatu kondisi atau gangguan ketika pikiran memengaruhi tubuh, hingga memicu munculnya keluhan fisik. Psikosomatik berasal dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma).

Gangguan psikosomatik tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Penyebab utama gangguan psikosomatik pada anak berawal dari sikap dan hubungan orang tua dengan anak. Selain itu, kurangnya pemahaman tentang kesehatan mental keluarga memungkinkan anak-anak bisa mengalami gangguan psikosomatik. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tanda Penyakit Psikosomatik :

  1. Mual dan Muntah

Ada sejumlah orang yang bisa dengan mudah mengalami masalah dengan perutnya, atau lebih tepatnya pencernaannya karena berada pada suatu situasi dan kondisi yang di luar dugaan atau yang tak diharapkan. Pastikan saat emosi terganggu, makanlah tanpa mengkhawatirkan atau bingung akan sesuatu.

Bahkan ketika mengisi perut, hindari topik obrolan yang kurang nyaman dan tak menyenangkan serta tidak berkata-kata yang buruk selama makan. Hal ini bisa cukup membantu dalam meminimalisir risiko gangguan pencernaan akibat emosi yang sedang kurang stabil.

  1. Sakit Kepala

Ketika frustasi atau stres menghampiri, entah itu karena kecemasan berlebih, berada di bawah tekanan atau kerap berpikir negatif, sakit kepala bisa jadi tandanya. Mulai sekarang bisa coba untuk belajar berpikir positif sehingga kekebalan tubuh juga ikut meningkat dan sering sakit kepala pun tak lagi terjadi.

  1. Letih dan Lelah Berkepanjangan

Pada umumnya, gejala stres dan depresi paling kerap terjadi adalah susah tidur dan terjadilah insomnia. Inilah yang kemudian dapat berakibat pada lelah, letih dan lesu sepanjang waktu. Kurang istirahat karena terlalu banyak pikiran dan kecemasan sehingga melemahkan fisik perlu segera diatasi.

  1. Sakit Perut

Psikosomatik juga dapat menimbulkan gejala berupa sakit perut seperti mulas dan juga diare. Ada pula kondisi sakit perut bagian atas atau yang berhubungan dengan lambung. Keadaan-keadaan seperti ini bisa dengan mudah terjadi ketika seseorang sedang stres, gugup atau cemas berlebihan.

  1. Sakit Jantung

Perasaan dan pikiran negatif yang terus-menerus muncul apalagi tanpa dapat dikontrol justru harus diwaspadai sebab mampu menjadi pemicu ketidaklancaran peredaran darah. Sebagai pelampiasan atau pelarian rasa amarah dan perasaan negatif lainnya, cobalah untuk berolahraga karena latihan jasmani pun mampu menjadi peningkat hormon yang berefek baik bagi otak.

Ada kemungkinan jantung berdebar-debar adalah keluhan awal yang dirasakan ketika sedang merasa gugup, cemas, amarah berkepanjangan, stres, khawatir dan perasaan negatif lainnya. Namun jangan sepelekan, ketika sudah berdampak pada pembuluh dan peredaran darah karena ketegangan, ini berakibat buruk bagi kesehatan jantung.

  1. Panik

Kepanikan dapat meliputi palpitasi, berkeringat, pusing, dada nyeri hingga sesak nafas. Gangguan panik seperti ini memperbesar potensi seseorang untuk menderita agoraphobia atau sebuah kondisi di mana ia akan merasa takut dan tak nyaman saat berada di tempat ramai.

Sebagai langkah penanganan psikosomatik, biasanya perawatan tak hanya pada kondisi fisik tapi juga mengatasi faktor emosional dan mental yang menjadi pemicu keluhan gejala fisik. Psikiater adalah tempat yang tepat untuk membantu mendiagnosa dan mengobati masalah psikologis berdampak masalah kesehatan fisik, seperti terapi perilaku kognitif dan terapi pola pikir yang disebut dengan psikoterapi.