Categories
Tentang Penyakit

Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi

Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi alias hipertensi sering kali muncul tanpa gejala. Banyak orang dengan kondisi ini tidak mengetahui kalau dirinya terkena darah tinggi selama bertahun-tahun. Meski gejala darah tinggi cenderung samar, namun bukan berarti penyakit ini tidak berbahaya.

Faktanya, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik dapat merusak pembuluh darah arteri, khususnya di ginjal dan mata. Tak hanya itu saja, tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, dan berbagai masalah pembuluh darah lainnya di kemudian hari.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala darah tinggi sedini mungkin. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam komplikasi penyakit ini di masa depan. Simak semua informasi tentang Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi dibawah ini .

  1. Pusing

Pusing pada dasarnya merupakan kondisi di mana Anda merasakan efek seperti melayang karena kepala yang terasa ringan. Pada umumnya, tekanan darah tinggi menimbulkan keluhan seperti ini di awal dan sebaiknya jika Anda mulai mengalaminya apalagi terlalu sering, jangan coba-coba sepelekan. Bahkan sering pusing bisa menjadi pertanda awal dari penyakit stroke juga.

  1. Sakit Kepala

Sepintas memang kita kerap menganggap bahwa sakit kepala dan pusing adalah hal yang sama, namun sebenarnya sangatlah mirip. Ketika mengalami darah tinggi, di mana angka tekanan darah melebihi 180/110 mmHg, biasanya kepala bisa saja merasakan denyutan (berbeda dari kondisi kepala ringan dan melayang).

Jika tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda masih dalam tahap ringan, sakit kepala biasanya tidak dialami. Namun sewaktu tekanan darah mengalami lonjakan, otomatis Anda akan cukup sering sakit kepala sehingga tak nyaman ketika harus melakukan berbagai aktivitas harian. Kondisi seperti ini sudah lebih serius dan sebaiknya tidak dianggap ringan.

  1. Mimisan

Di tahap awal hipertensi, biasanya pada beberapa kasus penderita juga bisa mengalami mimisan, atau sebuah kondisi di mana keluarnya darah mengalir dari dalam hidung. Mimisan ini terjadi secara mendadak dan pada umumnya agak sulit untuk menghentikannya. Segera ke dokter apabila Anda sering pusing, sakit kepala, ditambah dengan kondisi perdarahan dari hidung.

  1. Cepat Lelah

Tubuh seorang penderita penyakit hipertensi di awal akan sering merasa kelelahan atau bahkan mudah lelah. Apabila Anda sudah cukup sering mengalami kepala melayang, sakit kepala, ditambah pernah mimisan dan akhirnya merasakan pula tubuh lemas serta letih dan lesu, segera ke dokter untuk mengecek kadar tekanan darah.

  1. Wajah Memerah

Wajah yang kemerahan pun biasanya menjadi tanda awal yang cukup umum pada penderita penyakit darah tinggi. Ketika terjadi lonjakan tekanan darah, ada kemungkinan bahwa hipertensi telah mengakibatkan adanya darah beku pada area wajah, yang bahkan bisa sampai ke mata (munculnya titik darah di sana).

Jika Anda memiliki keluhan gejala awal hipertensi lainnya, jangan ragu lagi untuk ke dokter dan memeriksakan diri setelah muka sering memerah apalagi di dalam mata ada titik darah. Pemeriksaan tekanan darah harus segera dilakukan sebelum dokter kemudian baru bisa memberikan solusi perawatan yang sesuai dengan kondisi hipertensi dilihat dari tingkat keparahannya.

  1. Mual Disertai Muntah

Tanda awal dari penyakit darah tinggi biasanya juga berupa rasa mual di perut yang terkadang disertai pula dengan muntah-muntah. Mual memang kerap dikaitkan dengan gangguan pencernaan pada lambung atau bahkan masalah keracunan makanan, tapi sebelum memutuskan kondisi Anda, lihat juga apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan.

  1. Nafas Pendek

Nafas pendek-pendek merupakan gejala awal lainnya yang kerap menyertai serangkaian keluhan yang sudah disebutkan sebelumnya, walaupun tidaklah selalu terjadi pada penderita hipertensi. Biasanya, nafas pendek alias sesak nafas terjadi mengikuti rasa mual dan muntah sehingga penderita bisa membedakan mual dan muntah karena hipertensi atau karena penyakit lainnya.

  1. Pandangan Buram

Penyakit darah tinggi juga kerap diawali dengan tanda penglihatan yang kurang maksimal, seperti misalnya kondisi pandangan yang kabur. Mungkin pandangan kabur saja tidak selalu terkait hipertensi, maka Anda harus juga tetap melihat adakah keluhan lain di atas yang juga Anda alami, atau segera ke dokter untuk mengecek tekanan darah.

  1. Mati Rasa

Selain menjadi gejala stroke awal, mati rasa atau rasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh tertentu yang terjadi terlalu sering sebenarnya dapat merujuk pada kondisi tekanan darah tinggi. Apabila Anda sudah mulai sering mengalaminya, segera ke dokter untuk melihat seberapa tinggi tekanan darah Anda saat ini.

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Cara Mengobati Alzheimer , Makanan Pembersih Penyakit Hati , Pengobatan Alami Sirosis Hati , Cara Hilangkan Penyakit Dengan Petai , Pengobatan Alami BAB Berdarah , Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi
Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi