Tanda Alergi Bawang Putih

Tanda Alergi Bawang Putih

Image result for garlic

Alergi susu, telur, kacang, dan seafood bosa dibilang merupakan jenis alergi makanan yang populer. Tapi mungkin jarang yang tahu soal alergi bawang putih. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang alergi bawang putih?. Berikut merupakan Tanda Alergi Bawang Putih .

  1. Kulit Melepuh

Irisan bawang putih mentah diketahui mampu mengobati luka terbuka, namun seperti sebuah kasus seorang wanita di Inggris yang mengobati luka menganganya dengan bawang putih malah justru memicu lepuhan dan sensasi terbakar di luka tersebut. Jika hal ini terjadi di bagian luka, sebenarnya alergi bawang putih juga dapat mengancam diri karena dapat menjadi faktor penyebab munculnya lepuhan di kulit.

  1. Gatal-gatal

Seperti reaksi alergi pada umumnya, gatal-gatal di kulit dapat terjadi. Seperti kondisi yang dialami oleh Jin, gatal-gatal ini dapat menjadi tanda bahwa kulit mengalami peradangan sebagai reaksi dari kandungan pada bawang putih. Sulfur adalah kandungan bawang putih yang umumnya memicu keluhan-keluhan tak menyenangkan karena senyawa ini memang paling kuat sehingga paling sering menyebabkan eksim atau ruam.

  1. Kembung, Mual dan Muntah

Gejala lainnya yang tidak menyenangkan pada kasus intoleransi bawang putih adalah perut yang terasa kembung. Bahkan ada pula yang akan merasa mual hingga muntah-muntah cukup mencium aromanya atau usai menelan bawang putih tersebut.

  1. Mulut Kesemutan

Mulut kesemutan juga dapat menjadi tanda bahwa kita mengalami alergi terhadap suatu makanan, termasuk juga bawang putih. Jika sehabis mengonsumsinya atau bahkan mulut hanya menyentuh saja kemudian timbul rasa kesemutan disertai beberapa gejala lain yang cukup mengganggu, segera ke dokter untuk pengobatan ya.

  1. Kram Perut atau Diare

Selain masalah perut kembung dan mual serta muntah, perut juga dapat mengalami kram akibat memakan bawang putih. Jika merasakan hal ini kemudian disusul diare serta gejala-gejala lain yang tak wajar dan tak nyaman, segera hentikan konsumsi dan coba periksakanlah ke dokter.

  1. Sesak Nafas

Ada pula pada beberapa kasus yang reaksi alerginya sampai mengalami sesak nafas, kemungkinan karena menghirup aroma bawang putih atau juga bisa karena memakannya. Dan karena bawang putih masuk dalam golongan allium, penderita gejala juga bisa saja mengalami alergi makanan lain dalam golongan yang sama dengan bawang putih.