Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Apakah Softlens Aman Dipakai Berenang

Apakah Softlens Aman Dipakai Berenang

Tak sedikit orang yang malas untuk melepas softlens alias lensa kontaknya ketika akan berenang. Bahkan tetap menggunakan softlens sambil berenang. Namun, apakah aman jika berenang pakai softlens? Apakah hal ini akan menimbulkan iritasi mata?. Nah anda penasaran kan , Apakah Softlens Aman Dipakai Berenang , yuk kita cari tahu , apakah boleh atau tidak memakai softlens saat berenang di bawah ini .

1. Ternyata, penggunaan softlens saat berenang membahayakan matamu

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Dilansir dari pernyataan Food and Drugs Administration (FDA), penggunaan softlens ternyata berbahaya bagi matamu. Kamu rentan terkena infeksi, mulai dari yang ringan hingga menyebabkan kebutaan.

2. Meski kamu berenang di air bersih, bakteri masih rentan menempel pada softlens milikmu

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Baik berenang di air bersih atau kolam renang dengan kaporit, bakteri dan patogen gak bisa dengan mudah dibunuh oleh zat kaporit. Itu sebabnya, sebaiknya kamu gak memakai softlens saat berenang. Belum lagi saat berenang, air yang mengenai matamu dengan softlens akan terasa lebih keras dan menyakitkan.

3. Penggunaan softlens saat berenang berisiko menyebabkan keratitis

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Penyakit keratitis disebabkan oleh bakteri Acanthamoeba. Bakteri yang hidup di air laut, danau, dan air keran ini bisa menginfeksi kornea matamu saat hinggap di softlens. Penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan dan hanya bisa ditangani dengan operasi penggantian kornea mata.

4. Selain itu, kamu juga rentan terkena infeksi Pseudomonas

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Patogen yang hidup di air, tanah, dan tumbuh-tumbuhan ini bisa menyebabkan kebutaan jika hinggap di softlens. Bakteri ini sangat mudah menempel pada softlens. Itu sebabnya, sebaiknya kamu gak menggunakan softlens saat berenang.

5. Jika kamu terpaksa berenang dengan softlens, usahakan jangan menyelam

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Hal itu untuk memastikan matamu tetap kering. Untuk itu, kamu bisa berenang dengan gaya punggung sehingga matamu gak terkena air.

6. Dalam keadaan terpaksa, kamu bisa menggunakan kacamata renang

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Kacamata renang akan meminimalkan air yang akan mengenai matamu secara langsung. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan kacamata yang pas dan nyaman, ya.

7. Segera ganti softlens milikmu setelah berenang

Apakah Boleh Pakai Softlens saat Berenang? Ini 7 Fakta Kesehatannya

Setelah selesai berenang, segera ganti softlens milikmu. Namun, bisa juga dengan cara mensterilkannya agar bisa digunakan lagi. Meski begitu, kondisi ini sebaiknya kamu lakukan jika terpaksa berenang dengan softlens, ya.

Itu tadi fakta tentang softlens yang ternyata berbahaya jika digunakan saat berenang. Buat kamu yang punya kebiasaan seperti ini sebaiknya segera hentikan, ya.

Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Pekerjaan Yang Memicu Kanker

Pekerjaan Yang Memicu Kanker

Beberapa pekerjaan disebut-sebut dapat meningkatkan risiko kanker seseorang. Menurut laporan American Cancer Society, tempat kerja Anda dapat menyebabkan kanker. Orang-orang yang bekerja di profesi tertentu, seperti pramugari, lebih mungkin meningkatkan masalah kesehatan seperti kanker kulit dan payudara jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja di pekerjaan lain.

Paparan berbagai jenis radiasi dan paparan bahan kimia terhadap sinar matahari yang terlalu banyak mempengaruhi kesehatan Anda, sehingga meningkatkan risiko terkena kanker. Berikut ini kami akan membahas informasi seputar Pekerjaan Yang Memicu Kanker yang wajib harus anda ketahui :

1. Petani

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Bekerja di ladang dan sawah untuk menanam sendiri bahan makananmu memang terdengar mengasyikkan, tetapi ada risiko besar yang mengintai. Dilansir dari BreastCancer.org, wanita yang bekerja sebagai petani berisiko 35 persen lebih besar untuk menderita kanker payudara.

Studi lain menunjukkan bahwa mereka berisiko lebih besar untuk terkena kanker paru-paru karena sering terpapar bahan kimia, asap, dan zat radon dalam pupuk. Tidak hanya itu, pestisida yang sering digunakan untuk bertani dapat meningkatkan risiko kanker perut, otak, kulit, prostat, dan leukemia.

2. Penata rambut

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Siapa yang menyangka kalau pekerjaan ini ternyata berisiko terhadap kanker. Masalah ini terletak pada kontak jangka lama dengan pewarna rambut. Dilansir dari National Cancer Institute, bahan kimia yang ada di dalam produk tersebut bersifat karsinogen. Jika seseorang terus bersentuhan dengannya, maka risiko kanker pun meningkat, khususnya kanker paru-paru, kandung kemih, dan tenggorokan.

3. Pemadam kebakaran

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Pekerjaan yang berbahaya ini juga dihadapkan pada risiko kanker yang signifikan. Tidak cukup sampai di situ, dilansir dari Reader’s Digest, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian pemadam kebakaran. Kenapa demikian? Plastik dan bahan lain saat terbakar akan mengeluarkan gas beracun, dan mereka sering menghirupnya saat bertugas.

Dilansir dari National Institute for Occupational Safety and Health, pemadam kebakaran pada umumnya memiliki risiko kanker lebih tinggi daripada orang biasa. Risiko tersebut berlipat ganda pada kanker tertentu seperti kanker testis dan mesothelioma.

4. Pekerja tambang

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Seakan risiko keselamatan yang mengintai tidak cukup berbahaya untuk mereka, pekerja tambang dihadapkan pada risiko berbagai macam kanker. Misalnya, penambang batu bara lebih berisiko terhadap kanker paru-paru dan perut.

Dilansir dari Reader’s Digest, studi mengatakan bahwa pekerja di bawah tanah lima kali lipat lebih berisiko terhadap kanker paru-paru. Ini karena mereka terus menerus terpapar gas diesel dari mesin-mesin yang digunakan.

5. Pekerja konstruksi

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Pekerja konstruksi memiliki risiko tinggi terhadap kanker paru-paru dan mesothelioma. Ini karena mereka terekspos gas asbestos dari asbes yang ada di bangunan lama. Tidak hanya itu, pekerja konstruksi juga banyak terekspos zat beracun lain seperti benzene dan arsenik. Akibatnya kanker kandung kemih, hati, dan kulit juga mengintai kesehatan mereka.

6. Pekerja salon kuku

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Kukumu yang dipoles rapi ternyata bisa menimbulkan bahaya kesehatan bagi pekerja manikur yang mengecatnya. Tidak hanya kamu penyebabnya, tetapi juga banyak orang yang menggunakan jasa mereka setiap hari.

Dilansir dari New York Times, pekerja salon kuku menyerap bahan kimia kuteks ke dalam kulit dan menghirup debu yang terkontaminasi di salon. Bahan kimia yang paling berbahaya untuk manikur adalah formalin dan titanium dioksida yang kaya akan karsinogen. Ini bisa meningkatkan risiko kanker, terutama pada pernapasan dan reproduksi.

7. Pekerja kantoran

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Pekerja kantoran memiliki rutinitas yang cenderung sama setiap harinya, yaitu duduk di depan meja menghadap ke komputer. Dilansir dari CBS News, kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko kanker usus besar sebesar 24 persen dan kanker rahim sebesar 32 persen.

Hal yang lebih mengejutkan, persentase tersebut bertambah 10 persen setiap dua jam yang kamu pakai untuk lembur. Oleh karena itu, dokter menyarankan pekerja kantoran agar menyeimbangkannya dengan berolahraga.

8. Kru pesawat

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Kru kabin pesawat terekspos radiasi ion saat terbang. Hal ini akan menyebabkan berkembangnya sejumlah kanker, seperti kanker payudara, serviks, kerongkongan, usus besar, pankreas, dan hati. Menurut jurnal Environmental Health, kru pesawat perempuan berisiko terkena kanker payudara 50 persen lebih tinggi dari perempuan lainnya. Sedangkan tingkat kanker kulit non-melanoma akan meningkat empat kali lipat.

9. Pekerja shift malam

9 Pekerjaan yang Punya Risiko Tinggi Terhadap Kanker, Ini Penyebabnya

Ternyata tidak hanya radiasi dan bahan kimia saja yang bisa menimbulkan kanker. Percaya atau tidak, kanker mengintai mereka yang bekerja di bawah cahaya sepanjang malam. Pekerja shift malam tentu harus membalik jam biologis agar bisa terjaga saat bertugas. Karenanya mereka akan kekurangan paparan sinar matahari.

Studi dari MIT mengatakan bahwa sel tubuh membutuhkan sinar tersebut untuk bisa berfungsi dengan normal. Ketika tidak ada paparan, kamu akan kehilangan ritme biologismu. Akibatnya, protein pemicu kanker akan terakumulasi di dalam sel dan menumbuhkan sel kanker.

Categories
Tips Kesehatan

Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh

Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh

Tindik yang dulu hanya didominasi kaum hawa, sekarang sudah bukan hal aneh lagi bagi pria. Tak hanya itu saja tindik yang dulu hanya digunakan di telinga, sekarang sudah “mengembara” ke bagian tubuh lain yang memiliki tulang rawan atau daging lunak, seperti hidung, bibir, alis mata hingga lidah.

Trend mode selalu berubah seiring waktu. Kadang perubahan ini begitu cepat dan ekstrim. Dan perubahan ini sering diikuti oleh para remaja. Bahkan para remaja ini dalam mengikuti trend mode sering tidak memperhatikan apapun selain penampilan yang up to date. Betapa pun menariknya sesuatu yang tengah menjadi trend, tidak selamanya baik untuk dilakukan. Seperti berikut ini yang akan kami bahas mengenai Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh :

1. Kamu bisa mendapatkan infeksi yang berujung ke penyakit mematikan: hepatitis, HIV, tetanus

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

2. Infeksi ini juga bisa menyebabkan adanya permasalahan pada gigi, seperti lidah yang bengkak

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

3. Adanya reaksi alergi yang muncul

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

4. Pendarahan yang susah dihentikan jika salah menindik

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

5. Risiko adanya kerusakan saraf di tubuhmu yang menyebabkan kelumpuhan

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

6. Adanya kemungkinan masuknya perhiasan ke dalam tubuh

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

7. Iritasi kepada kulit juga bisa terjadi yang mana bisa menyebabkan kerusakan kulit permanen

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

8. Jika tidak benar dalam menindik, bukan tidak mungkin telinga bisa tersobek

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

9. Risiko untuk munculnya daging keloid

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

10. Adanya kemungkinan untuk mendapatkan necrosis atau pembusukan daging di area dekat tindik

Ini 10 Bahaya Kesehatan Menindik Tubuh Jika Prosesnya Tidak Benar

Tidak masalah sebenarnya kamu melakukan tindik. Paling tidak, pertama kamu harus tahu risikonya terlebih dahulu, agar tidak kaget jika sewaktu-waktu kamu sakit atau merasakan hal aneh di tubuh.

Jika menindik, jangan meminta orang yang tidak profesional, karena itu bisa menambah risiko terkena penyakit. Lebih baik bayar lebih mahal, tetapi kamu aman.

Categories
Makanan Kesehatan Makanan Tak Sehat Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Dan Resiko Makan Sayur Segar

Manfaat Dan Resiko Makan Sayur Segar

Sayur dan buah, dua jenis makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, sayangnya masih ada saja individu yang tidak suka sayur dan jarang makan buah. Padahal, makan sayur dan buah setiap hari mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi untuk kali ini kami akan membahas seputar Manfaat Dan Resiko Makan Sayur Segar :

1. Kandungan nutrisi lebih tinggi

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Karena belum dimasak, nutrisi yang terkandung dalam sayuran segar lebih banyak. Proses memasak bisa melarutkan vitamin, terutama A dan C. Sebab vitamin memiliki sifat sensitif terhadap panas.

2. Mengandung zat untuk memerangi kanker

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Sayuran, baik mentah maupun dimasak, memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko kanker. Namun manfaat tersebut akan lebih banyak kamu dapatkan dari sayuran segar. Ini karena semua nutrisi yang dikandungnya masih original tanpa ada pengurangan akibat proses memasak. Contohnya, brokoli mentah mengandung myrosinase yang bisa mengurangi kadar karsinogen di dalam tubuh.

3. Kandungan antioksidan lebih tinggi

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Salah satu alasan mengapa sayuran segar baik untukmu adalah kandungan antioksidannya. Seperti vitamin, zat tersebut mudah larut jika dimasak menggunakan air maupun minyak. Oleh karena itu jika tubuhmu membutuhkan antioksidan yang tinggi, konsumsilah sayuran segar.

4. Sayuran segar baik untuk kesehatan jantung

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Konsumsi sayur tanpa dimasak bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dilansir dari Health Line, orang yang banyak mengonsumsi sayuran segar memiliki risiko 75 persen lebih rendah untuk terkena tekanan darah tinggi. Selain itu sayuran segar juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 42 persen.

5. Menurunkan berat badan

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Dilansir dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi sayuran segar bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ini karena mereka mengandung kepadatan kalori yang lebih rendah daripada sayuran yang sudah dimasak. Oleh karena itu, ada istilah raw vegan diet yang sering dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mempercepat proses detoksifikasi

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Sayuran segar mengandung lebih banyak serat yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut bisa membantu mempercepat proses detoksifikasi. Hal ini juga akan melancarkan pencernaan, membantu buang air besar, dan mengeluarkan sisa metabolisme serta lemak tubuh.

7. Tekstur sayuran tetap terjaga

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Sayuran yang sudah dimasak biasanya memiliki tekstur yang serupa. Mengonsumsi sayuran segar bisa memberikanmu tekstur yang lebih bervariasi sehingga kamu tidak akan bosan.

Misalnya dengan mengganti bayam yang direbus dengan bayam segar di dalam salad. Semakin bervariasi sayuran segar yang kamu masukkan ke dalam salad, semakin beragam pula tekstur yang kamu dapatkan.

8. Konsumsi sayuran segar tidak luput dari beberapa risiko kesehatan

Suka Makan Sayuran Segar? Ini Manfaat dan Risiko yang Harus Kamu Tahu!

Walaupun kaya akan manfaat, kamu tetap harus waspada saat mengonsumsi sayuran segar. Terkadang banyak bakteri yang masih menempel di atasnya. Ini bisa menyebabkan infeksi bakteri hingga keracunan makanan. Selain itu, sayuran yang masih mentah dikhawatirkan masih memiliki pestisida dan pupuk kimia yang berbahaya.

Makanya, pastikan kamu sudah mencuci sayuran yang akan kamu konsumsi dengan baik ya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko keracunan.

Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Keuntungan Saat Kamu Tidur Cukup

Keuntungan Saat Kamu Tidur Cukup

Aktivitas harian yang padat sering banget bikin kamu kelelahan. Pas mau istirahat di malam hari, eh baru inget kalau masih ada tugas-tugas yang harus dikumpulin besok harinya. Ujung-ujungnya kamu jadi begadang semalaman demi ngelarin tugas-tugas itu. Tapi ya banyak juga sih yang suka begadang karena keasyikan main gawai. Yang bikin sedih, begadang kayak gitu udah jadi kayak kebiasaan.

Padahal kan begadang itu nggak baik buat tubuhmu. Alih-alih begadang tiap malam, harusnya kamu mulai belajar biar bisa tidur tepat waktu. Kalau kamu bisa mengatur jadwal tidurmu, manfaat ini bakal kamu dapatkan lho . Seperti berikut ini , pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa Keuntungan Saat Kamu Tidur Cukup yang harus anda ketahui , yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Tubuh jadi langsing

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Mendapatkan tubuh langsing pastinya keinginan yang dimiliki setiap orang. Ada banyak cara untuk membuat tubuh menjadi langsing yaitu dengan olahraga, menjaga asupan makanan dan tidur cukup. Faktanya tidur cukup memang bisa membuat tubuhmu langsing karena hormon tubuh tetap seimbang. Saat kamu kurang tidur justru risiko kegemukan pun akan kamu dapatkan.

2. Daya tahan tubuh membaik

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Di musim pancaroba seperti sekarang tentunya berbagai penyakit bisa datang. Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah tidur yang cukup. Hal ini karena saat tidur cukup maka daya tahan tubuh semakin baik dan optimal kerjanya. Oleh sebab itu orang-orang yang tidur cukup akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah jangan dibiasakan untuk begadang ya!

3. Umur semakin panjang

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Nyatanya tidur yang cukup pun membuat umur semakin panjang. Hal ini karena saat tidur cukup biasanya risiko berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol bisa menurun. Sebaliknya ketika kamu sering kurang tidur maka risiko kedua penyakit tersebut akan semakin besar dan serangan jantung pun bisa datang kapan saja.

4. Hindari stres

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Faktanya tidur yang cukup pun akan membuat stres berkurang. Hal ini karena tidur akan memperbaiki mood yang berantakan. Selain itu ketika kamu kurang tidur, kadar hormon serotonin akan menurun. Sedangkan seperti yang kita tahu serotonin bertanggung jawab untuk mengatur mood. Ketika kurang tidur kadar hormon ini berkurang dan kamu bisa mudah mengalami depresi.

5. Kemampuan otak meningkat

Jangan Begadang, Ini 5 Manfaat Kesehatan Saat Kamu Tidur Cukup!

Tidur yang cukup pun bisa meningkatkan kerja otak menjadi optimal. Nah saat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi hal itu bisa jadi dikarenakan karena kamu kurang tidur. Selain itu tidur yang cukup pun bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan daya ingat sehingga kamu gak mudah pikun.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Telur Puyuh

Khasiat Telur Puyuh

Telur puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil daripada telur ayam. Siapa sangka ternyata kandungan nutrisinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kemampuannya mencegah dan mengatasi berbagai penyakit layak kamu jadikan makanan harian. Apalagi harganya yang ramah di kantong.

Selain itu, telur puyuh dapat diolah jadi makanan apa pun sesuai seleramu. Dengan menambahkan telur puyuh pada menu harian, berbagai manfaat kesehatan akan kamu dapatkan. Berikut beberapa Khasiat Telur Puyuh  yang wajib kamu ketahui .

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Telur puyuh mengandung zinc. Zinc adalah mineral yang memiliki peran penting dalam merawat kesehatan gigi, pun mengatasi masalah bau mulut.

Tidak hanya itu, zinc pada telur puyuh juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel, dan meningkatkan kesuburan.

2. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Satu porsi telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Telur puyuh menyumbang 8-10 persen dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28 persen asupan kiln harian.

Kedua zat tersebut efektif dalam mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung. Bagi Anda yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi telur puyuh secara rutin mulai dari sekarang.

3. Penambah Stamina

Sama seperti telur ayam, telur puyuh juga kaya akan protein. Lima butir telur puyuh mengandung sekitar 6-gram protein, atau setara dengan kandungan protein dalam 1 butir telur ayam. Adanya protein pada telur puyuh menjadikan telur ini berkhasiat untuk menambah stamina tubuh, juga menambah massa otot.

4. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah yang diakibatkan oleh jumlah hemoglobin yang kurang. Padahal, hemoglobin adalah zat dalam sel darah bertugas untuk mendistribusikan darh dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi adalah zat yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Asupan zat besi yang cukup tentu akan membuat kadar hemoglobin dalam darah stabil. Telur puyuh adalah salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa Anda dapatkan guna mencegah anemia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat telur puyuh untuk mata dikarenakan telur yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A dan juga vitamin B2 (riboflavin). Konsumsi telur puyuh secara rutin tentunya akan membuat fungsi mata selalu optimal dan menghindari mata mengalami sejumlah gangguan seperti kornea rusak dan katarak.

6. Mencegah Kanker

Risiko kanker dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi telur puyuh secara rutin salah satunya. Khasiat telur puyuh ini dikarenakan adanya kandungan selenium, yakni zat antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), telur puyuh bisa dijadikan alternatif menu sehat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Manfaat telur puyuh untuk menurunkan tekanan darah didasari adanya kandungan kalium pada telur mini ini.

Kalium adalah mineral yang berperan sebagai vasodilator guna memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi darah berjalan lancar dan tekanan darah pun tetap stabil. Kalium juga berfungsi untuk merawat fungsi sistem kardiovaskular.

8. Detoksifikasi

Sel-sel tubuh yang rusak diakibatkan oleh paparan radikal bebas, pun racun yang berasal dari sisa makanan. Telur puyuh mengandung zat antioksidan dan asam amino. Kedua zat ini menghasilkan manfaat telur puyuh untuk detoksifikasi.

Antioksidan bertugas untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh, sedangkan asam amino berperan dalam pengikatan racun dan pembuangan racun tersebut.

9. Mengatasi Alergi

Jika telur ayam berpotensi menimbulkan alergi, maka yang terjadi pada telur puyuh adalah sebaliknya. Ya, alih-alih menyebabkan alergi, mengonsumsi telur puyuh justru bisa mencegah atau mengatasi alergi. Manfaat telur puyuh untuk mengatasi alergi karena adanya kandungan ovomucoid, yaitu senyawa yang berfungsi untuk mengatasi gejala alergi yang timbul.

10. Memperlambat Penuaan

Menurut sejumlah penelitian, khasiat telur puyuh juga bisa untuk memperlambat proses penuaan. Artinya, mengonsumsi telur puyuh secara rutin bisa membuat Anda awet muda. Kandungan zat anti-penuaan bernama lutein menjadi faktor kunci dari manfaat telur puyuh yang satu ini.

11. Meningkatkan Kinerja Otak

Ingin kinerja otak Anda, terutama menyangkut daya ingat, jadi optimal? Sering-seringlah mengonsumsi telur puyuh. Kandungan kolin pada telur puyuh disebut-sebut efektif guna mempertajam daya ingat, pun merawat sel otak.

12. Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana feses sulit untuk dikeluarkan. Sembelit diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Selain buah-buahan, telur puyuh juga merupakan sumber serat yang patut untuk Anda konsumsi guna mencukupi kebutuhan serat harian.

13. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, manfaat telur puyuh juga bisa meningkatkan kesuburan. Ini karena telur puyuh mengandung zat yang penting dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sperma, seperti protein, zinc, dan fosfor. Anda yang kini tengah merencanakan kehamilan bersama pasangan, cobalah untuk mulai mengonsumsi telur puyuh secara rutin.

14. Meminimalisir Risiko Keguguran

Selain meningkatkan kinerja otak, kolin pada telur puyuh juga efektif untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga risiko mengalami keguguran pun akan sangat kecil. Bagi para ibu hamil, baiknya masukkan juga telur puyuh ke dalam menu sehat Anda, ya!

15. Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang terakhir adalah mengobati TBC dan asma. Selama berabad-abad, masyarakat Tiongkok telah memercayai telur puyuh sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan asma.

Categories
Makanan Tak Sehat Tips Kesehatan

Makanan Yang Mudah Merusak Gigi

Makanan Yang Mudah Merusak Gigi

Jika kamu selama ini sudah rajin gosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss), pertahankanlah terus. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Namun akan jauh lebih bagus jika kamu mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa merusak gigi. Seperti berikut ini kami akan mengajak anda mengenai apasaja Makanan Yang Mudah Merusak Gigi  :

1. Alkohol

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Bagi peminum alkohol harus siap-siap mengalami kerusakan gigi. Hal ini karena alkohol membuat mulut kering sehingga pada akhirnya barrier atau pelindung gigi rusak dan gigi pun mudah mengalami infeksi.

Kalau sudah begini, bukan hanya gigi yang rusak tetapi saraf yang terdapat pada gigi pun bisa terinfeksi dan menjalar ke bagian organ lain.

Yuk rawat kesehatan gigi jangan sampai rusak!

2. Roti

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Meski bisa mengganjal perut, namun roti bisa membuat gigi berlubang atau rusak. Hal ini karena roti di dalam mulut diubah menjadi zat gula oleh enzim saliva.

Ketika remahan roti ini menyelip pada gigi, tentunya bakteri akan hadir dan menyebabkan gigimu berlubang. Hal ini karena bakteri menyukai spot yang mengandung gula karena mereka memerlukan gula sebagai energi.

3. Soda

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Meski rasanya tak semanis gula, nyatanya soda memiliki kandungan gula yang banyak dan ketika dikonsumsi maka kamu memberikan ruang pada bakteri untuk berkembang di mulut. Bakteri ini bisa merusak enamel gigi.

Tak hanya itu, kandungan asam pada soda pun nyatanya sama-sama bisa merusak gigi pula.

4. Es batu

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Memang sih es batu tidak mengandung gula. Namun tetap saja es batu bisa merusak gigi karena rasa dinginnya mampu menusuk gigi dan membuat gigi rapuh. Tak hanya itu es batu yang keras pun bisa juga merusak gigi apalagi bila langsung kamu konsumsi.

Es batu pun merupakan musuh utama bagi penderita gigi sensitif.

5. Buah kering

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Buah kering memang menyehatkan namun nyatanya tidak ramah bagi gigi. Hal ini karena buah kering mengandung gula 2 kali lebih banyak daripada gula biasa. Buah kering yang pasti sering kamu temui adalah kismis.

Mungkin tak mengapa bila setelah mengonsumsi buah kering kamu langsung menggosok gigi dan tidak meninggalkan sisa makanan di gigi. Karena buah ini akan memberikan rasa nyeri dan ngilu di gigi bila tertinggal di mulut.

So, yuk jaga kesehatan gigi mulai dari sekarang. Salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman di atas.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik selain daging sapi atau daging ayam. Jenis ikan yang cukup disukai dan laris di pasaran adalah ikan kakap. Ya, ikan yang berasal dari perairan laut dalam ini ternyata punya kandungan nutrisi yang cukup banyak. Bahkan makan ikan kakap bisa membantu penuhi kebutuhan harian zat gizi Anda. Lantas, apa saja Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan , yuk simak langsung ulasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Merawat kesehatan mata

5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Ikan kakap merah dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin yang paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya. Salah satunya ialah kandungan vitamin A yang memiliki manfaat untuk merawat kesehatan mata.

2. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Ikan kakap merah memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos. Selain dapat menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium pada ikan kakap merah juga dapat mencegah terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Merawat kesehatan gigi

5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium yang terdapat pada ikan kakap merah memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Kalsium berfungsi untuk merawat kesehatan gigi dan mencegah gigi agar tidak berlubang.

4. Mencegah penuaan dini

5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Penuaan dini disebabkan oleh radikal bebas yang terdapat pada tubuh. Ikan kakap merah memiliki kandungan selenium yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Selenium berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

5. Mencegah penyakit jantung

5 Manfaat Ikan Kakap Merah, Ikan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Mengonsumsi ikan kakap merah secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Ikan kakap memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan kakap merah dapat mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah ke jantung sehingga kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Itulah lima manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan kakap merah. Selain memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh, ikan kakap merah juga memiliki rasa yang enak. Kalau kamu pecinta makanan laut, cobalah konsumsi ikan kakap merah untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu.

Categories
Makanan Tak Sehat Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Makanan Paling Berbahaya Di Dunia

Makanan Paling Berbahaya Di Dunia

akanan termasuk kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Namun, apa jadinya jika makanan yang kamu konsumsi ternyata berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian? . Nah pada kesempatan kali ini kami akan memabahas mengenai Makanan Paling Berbahaya Di Dunia :

1. Ikan Kembung (Pufferfish)

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Ikan Kembung yang mampu menggembungkan tubuhnya ini mengandung tetrodotoxin. Senyawa ini ternyata bersifat sangat mematikan. Racun dari ikan ini bekerja dengan cara melumpuhkan syaraf dan membuat sesak nafas. Tidak mustahil, proses kematian juga akan sangat perlahan dan menyakitkan. Tapi syukurlah, kini di Jepang, ikan kembung telah bisa kita rasakan kenikmatannya dengan bantuan koki ahli yang telah berpengalaman. Konon, mereka menggunakan trik khusus agar senyawa ini tidak membahayakan.

2. Katak Raksasa Afrika (African Giant Bullfrog)

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Orang-orang Kenya biasanya menjadikan katak berukuran raksasa ini sebagai hidangan spesial untuk beberapa acara di setiap tahunnya. Katak yang masih muda jika diolah dengan cara yang salah mampu mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Entah mengapa, meski banyak korban berjatuhan karena makan katak ini, tapi tetap saja menjadi hidangan favorit setiap tahunnya di Afrika.

3. Ackee

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Buah nasional dari Jamaika ini dijual di pasar dengan peringatan khusus: jika biji di dalamnya telah berubah menjadi hitam, maka akan mengandung racun. Dampaknya, kamu bisa merasa mual, pusing, bahkan muntah-muntah terhadap orang yang memakannya. Ternyata, tak selamanya buah-buahan menyehatkan.

4. Sannakji

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!
Sannakji adalah makanan khas Korea. Makanan ini berupa gurita muda yang berukuran kecil hingga sedang lalu disajikan dengan wijen dan bumbu-bumbu sederhana. Meski sudah dipotong, tentakel gurita masih bisa bergerak dan aktif menggeliat. Nah ternyata, makanan ini juga cukup mematikan. Tentakelnya yang masih menggeliat hidup jika gak dikunyah dengan benar, maka bisa menyedot tenggorokan dan membuatmu tersedak hingga menyebabkan kematian.

5. Kerang Darah (Blood Clams)

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Terlepas dari namanya yang unik, kerang-kerang yang imut ini telah dilarang peredarannya di Tiongkok karena mengandung banyak bakteri dan virus penyebab wabah hepatitis A, typhoid dan disentri.

6. Hakarl

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Hakarl adalah makanan dari ikan Hiu Greenland yang telah difermentaskani di bawah batu selama beberapa minggu dan digantung selama 3 bulan. Fermentasi dilakukan dengan tujuan mengurangi racun yang terkandung di dalam ikan yang hidup di perairan dingin. Hakarl memiliki rasa yang khas dan mengeluarkan aroma amonia yang kuat.

7. Casu Marzu

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Keju ini berasal dari daerah Sardinia, Italia. Casu marzu berarti “keju busuk” dalam bahasa Sardinia, dan dikenal sebagai keju belatung. Keju ini dibuat dengan menggunakan larva dari lalat keju yang bertelur di dalamnya. Casu marzu berbahaya karena dapat menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, diare dan penyakit usus.

8. Echizen Kurage

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Ubur-ubur Jepang ini nampaknya sudah menjadi salah satu primadona makanan istimewa di Jepang. Tapi ternyata makanan ini berbahaya bagi kesehatan. Sepertinya orang Jepang suka memacu adrenalin dalam menyantap makanan ekstrim.

9. Fesikh

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Makanan khas Mesir ini harus disajikan minimal satu tahun sebelum ikan ini aman untuk disantap. Proses fermentasi dengan garam yang tidak sesuai akan membuat ikan ini terkontaminasi bakteri sehingga menjadi beracun untuk dikonsumsi.

10. Singkong

Waspadalah, 10 Makanan Ini Paling Berbahaya di Dunia!

Singkong berbahaya? Tenang. Singkong hanya beracun jika dimakan mentah atau disajikan tidak benar-benar matang. Karena zat yang terkandung dalam singkong akan bereaksi dengan enzim dalam usus dan berubah menjadi racun sianida. Jadi pastikan kamu memasaknya dengan benar ya biar gak bahaya.

Categories
Tips Kesehatan

Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara

Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara

Salah satu faktor risiko kanker payudara adalah keturunan. Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang mengidap kanker payudara, maka risiko Anda untuk menderita kanker payudara juga lebih besar. Terlebih lagi, jika yang menderita kanker adalah anggota keluarga dari tingkat pertama, seperti ibu, saudara perempuan, atau anak perempuan. Tentu risiko Anda menjadi lebih besar.

Sebuah teori mengatakan bahwa jika Anda mempunyai salah satu anggota keluarga tingkat pertama yang menderita kanker payudara, maka risiko Anda menderita kanker payudara menjadi dua kali lipat. Sedangkan, jika Anda mempunyai dua anggota keluarga tingkat pertama yang menderita kanker, risiko kanker Anda akan meningkat menjadi lima kali lipat.

Namun, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Faktor risiko kanker payudara tidak hanya keturunan, tetapi juga bisa dari lingkungan. Anda memang tidak bisa mengontrol faktor risiko dari keturunan, tetapi Anda mungkin bisa mengontrol faktor risiko dari lingkungan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya untuk mengurangi risiko kanker payudara. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tips Kurangi Risiko Kanker Payudara :

1. Konsumsi sayur dan buah secara teratur

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin tentunya sangat sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu penerapan pola makan yang memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur juga dapat digunakan sebagai sarana diet yang manjur.

2. Perbanyak aktivitas fisik dan berolahraga 30 menit sehari

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Meskipun malas, selalu paksakan tubuh untuk bergerak dan berolahraga setiap harinya, hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kanker salah satunya adalah kanker payudara.

Berolahraga menjaga agar sel lemak tidak menumpik dalam tubuh, karena saat sel lemak menumpuk maka tubuh akan memproduksi estrogen tambahan.

Nah saat sel kanker payudara terpapar oleh estrogen yang dihasilkan tadi maka risiko terkena kanker payudara semakin besar. Jika tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga maka dapat digantikan dengan berjalan-jalan atau jogging yang tidak membutuhkan perlengkapan khusus.

3. Hindari rokok

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Rokok dapat menyebabkan banyak sekali penyakit kanker yang bermacam-macam. Mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, pankreas, payudara, dan masih banyak lagi. Meskipun kamu tidak merokok, kamu tetap akan terkena dampak negatifnya jika terlalu sering menghisap asap rokok.

Oleh karena itu bagi kalian yang merokok, segera hentikan penggunaan rokok mulai dari sekarang. Dan jika kamu bukan perokok, kamu juga harus menjauh dari asap rokok yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini. Selain mencegah kanker, menjauhi rokok juga mengurangi potensi terkena penyakit jantung dan juga stroke.

4. Lakukan pijatan pada payudara

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Dengan melakukan pijatan payudara, aliran darah yang awalnya tersumbat karena pemakaian bra dapat kembali normal. Selain itu pijatan payudara juga dapat menekan pertumbuhan sel-sel tak terkendali yang mengarah pada kanker payudara.

Penggunaan minyak untuk memijat payudara dapat membuat payudara menjadi lebih rileks serta menjaga kesehatan payudara.

5. Temukan kedamaian dan jangan stres!

Lakukan Yuk, 5 Tips Sehat untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Stres merupakan hal yang dapat menimbulkan banyak penyakit, termasuk kanker payudara. Perempuan yang mengalami stress berat selama 5 tahun memiliki kemungkinan terkena kanker payudara sebesar 50 persen.

Oleh karena itu sangat penting untuk dapat meemukan kebahagiaan dan kedamaian. Baik dengan cara berlibur, mengobrol bersama teman dan keluarga, rileksasi dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mampu mengusir rasa stress yang kamu rasakan.

Selain cara-cara diatas, yang paling penting adalah selalu melakukan pengecekan pada payudara ke dokter atau mengeceknya sendiri dengan memperhatikan tanda-tanda kanker yang mungkin muncul.

Selalu luangkanlah waktu untuk merawat payudara dan terapkan kebiasaan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.