Resep Obat Tradisional Kram Perut

Resep Obat Tradisional Kram Perut

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis

Resep Obat Tradisional Kram Perut

Kram perut bisa dialami oleh siapa saja. Kram perut bisa menjadi tanda dari kondisi penyakit tertentu seperti sembelit, irritable bowel syndrome, gastritis, otot tegang, atau dehidrasi. Pada beberapa wanita, kram perut sering dialami saat atau menjelang menstruasi. Biasanya kram perut bukan kondisi yang mengkhawatirkan, tapi Anda tetap perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Apalagi jika kram tak kunjung hilang. Ada beberapa cara mengatasi kram perut yang bisa Anda lakukan di rumah.

Ada banyak ramuan herba yang bermanfaat untuk menyembuhkan kram perut. Tetapi saat ini penggunaannya sangat jarang ditemukan di masyarakat kita. Perkembangan medis modern telah membuat resep obat tradisional kram perut hampir tidak dikenal. Selain itu, masyarakat kita juga tidak memahami apa saja jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan.
Ada beberapa penyebab kram perut yang umumnya terjadi di masyarakat, menurut kondisi medis disebabkan oleh:
  1. Adanya obstruksi atau penyumbatan usus, menderita radang usus buntu, sensitif terhadap biji-bijian (celiac), alergi makanan, dan keracunan.
  2. Penyakit hati, penyakit kandung empedu, dan menderita radang pankreas.
  3. Disebabkan kanker kolorektal, radang usus seperti crohn, irritable bowel syndrome, kolitis ulserativa dan diverticulitis.
  4. Disebabkan kondisi udara yang dingin dapat menyebabkan perut kram, misalnya iklim pegunungan dan suhu AC terlalu dingin.

 

Kolik pada bayi ditandai dengan tangisan selama lebih dari tiga jam sehari. Gejala bisa terjadi selama lebih dari tiga hari dalam seminggu, bahkan selama tiga minggu pada anak yang sehat. Gejala lain juga ditandai adanya tangisan yang terjadi di malam hari. Tetapi biasanya tidak menimbulkan masalah dalam jangka panjang, hanya membuat depresi orang tua. Penyebab utama umumnya gastrointestinal seperti kram usus, menimbulkan demam, dan perut membengkak. Gejala ini paling sering terjadi pada usia enam minggu dan biasanya hilang pada usia enam bulan.

Resep Obat Tradisional Kram Perut

Untuk mengatasi gejala yang disebabkan bukan dari penyakit kronis, misalnya karena perubahan suhu udara, alergi makanan, konsumsi zat asam, dan keracunan makanan, dapat menggunakan resep berikut:
  1. Teh daun cabe jawa (Piper retrofractum Vahl), merupakan jenis rempah yang masih berkerabat dengan lada dan kemukus, termasuk dalam suku Piperaceae.
    • Sediakan 3 lembar daun cabe jawa, kemudian iris-iris kecil.
    • Seduh irisan kedalam segelas air panas.
    • Minum teh daun cabe jawa yang berfungsi sebagai anti-kolik.
  2. Resep air rebusan Kapulaga, diperoleh dari rempah tanaman Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae.
    • Masukkan 3 butir kapulaga kedalam 3 gelas air.
    • Rebus hingga menjadi segelas air.
    • Minum air rebusan dalam keadaan hangat.

 

Resep Obat Tradisional Kram Perut diatas dapat dipraktekkan di rumah dengan mudah. Digunakan untuk orang dewasa, tidak disarankan untuk diberikan pada bayi. Bahan herba mudah ditemukan, kita dapat memilih asalah satunya. Apabila kram perut tidak berkurang, segera periksa kesehatan. Penyebab lain berupa penyakit kronis bisa saja membuat gejala yang sama tanpa disadar.