Resep Obat Pegal Linu Tradisional

Resep Obat Pegal Linu Tradisional

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis

Resep Obat Pegal Linu Tradisional

Anda pasti pernah bukan merasakan rasa pegal-pegal hingga seluruh tubuh? Nah, itulah yang dinamakan pegal linu. Pegal linu itu menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki, dan pundak jika terlalu lelah dan banyak bergerak dan beraktivitas.

Pegal linu juga bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang dengan usia tua saja tapi juga bisa menyerang di usia muda. Nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan dipercaya akibat kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears) yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari.

Dalam sejarah, daun encok tersebar di Afrika hingga terbawa ke India, dan akhirnya sampai ke Asia Tenggara. Tanaman daun encok dibudidayakan untuk bahan herba tradisional dan sebagai tanaman hias. Tanaman ini berada di habitat Antopogen terbuka, ladang yang belum ditanami, padang rumput, dan pinggiran hutan. Daun encok akan tumbuh subur di ketinggian diatas 1000 mdpl, budidaya dapat melalui stek dan menebarkan biji benih.
Adapun kandung resep obat pegal linu tradisional antara lain adalah Plumbagin, 3-3-biplumbagin. 3-kloroplum-bagin, khitranon (3-6-biplumbagin), dan droseron (2-hidroksiplum-bagin). Hati-hati dengan plumbagin, senyawa ini sangat beracun dan dapat menyebabkan kerusakan berupa lepuhan pada kulit.
Tetapi dalam pengobatan tradisional, daun encok memiliki manfaat dalam fitoterapi. Manfaat tanaman ini lebih besar daripada racunnya, dan tidak mengiritasi organ kemih, walaupun studi menyebutkan ada senyawa iritan. Malahan daun ini digunakan untuk obat kurap di Bali, dan akarnya digunakan sebagai obat penggugur kandungan tradisional karena kandungan Vesicant.

Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Resep Obat Pegal Linu Tradisional :

Untuk pengobatan kulit, ekstrak metanol dari daun encok berfungsi sebagai Antimikroba dan Anti jamur. Senyawa di dalamnya dipercaya mampu melawan bakteri gram-postif maupun negatif. Penggunaan ramuan dengan dosis kecil dapat menstimulan sistem saraf pusat, dan bersifat antimitotik.
Adapun resep obat pegal linu tradisional dari daun encok dapat diterapkan dirumah. Tetapi harus berhati-hati dalam menakar daun encok agar dosisnya kecil.
  1. Siapkan 5 helai daun Encok.
  2. Ditambah segenggam daun seligi (Phyllanthus buxifolius), 3 ruas Tikel Balung atau tanaman Patah Tulang (Eupharbia tirucalli L). Dan 3 lembar daun kecubung (Datura metel).
  3. Semua bahan ditumbuk hingga halus.
  4. Siapkan alkohol 70 persen, minyak gondopuro, dan minyak serai. Campur dengan perbandingan 3:2:1. Atau gunakan takaran campuran alkohol 150 cc, gondopuro 110 cc, dan minyak serai 50 cc.
  5. Rendam bahan herba yang telah ditumbuk halus kedalamnya.
  6. Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang sakit pegal linu.

 

Menurut pengobatan Ayurweda dan Sidda, daun encok digunakan untuk formulasi obat-obatan tradisional. Seperti untuk menurunkan demam, mengobati diare dan gangguan pencernaan, flu dan pilek. Mengatasi gangguan kulit seperti kusta atau lepra, serta mengobati sakit malaria.