Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil

Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Khasiat Kulit Melon Untuk Wajah Dan Cacingan , Manfaat Ubi Jalar Untuk DBD , Khasiat Daun Jambu Klutuk , Manfaat Air Garam Untuk Mulut , Khasiat Ramuan Jamu Buah Jambe , Bahaya Alkohol , Resep Dan Manfaat Jamu Telur Bebek , Cara Alami Menghilangkan Varises , Jamu Monalisa Untuk Organ Kewanitaan , Penyebab Telapak Tangan Sakit , Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil , Cara Mengatasi Diabetes , 5 Kumpulan Resep Jamu Jawa , Obat Tradisional Sakit Gigi
Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil

Jamu gendong sendiri ada berbagai macam rasa, seperti gepyokan, beras kencur, suroh kunci, kunir asem, paitan, tape laos, dan puyang atau galian, bahan-bahan sendiri berasal dari tanaman obat-obatan. Menurut salah seorang penjual jamu, Sukilah, konsumen yang sudah menjadi langganannya memiliki kesukaan jamu yang berbeda, namun ada beberapa jenis jamu yang sering dicari oleh konsumen. “Macam-macam kadang ada yang cari beras kencur, kunir asem, gepyokan. Kesukaan orang kan beda-beda. Tapi yang lebih sering dicari tiga rasa itu, terutama gepyokan,”. 

Dari setiap rasa atau jenis jamu memiliki manfaat yang berbeda, seperti suroh kunci, yang bermanfaat untuk mengurangi keputihan, dan juga ada gepyokan yang dipercaya dapat memperlancar Air Susu Ibu (ASI). “Tidak hanya ibu menyusui yang minum gepyokan, tapi anak-anak sampai dewasa juga menyukainya, kemarin ada juga laki-laki yang beli gepyokan satu botol,” terang wanita yang sudah berjualan sekitar 20 tahun lebih itu. 

Gepyokan sendiri terbuat dari berbagai macam bahan terutama yang berasal dari dedaunan, seperti daun sinom, daun luntas, daun katuk, daun jambu muda, simbokan, dan juga daun otok yang masih muda. Selain dedaunan, ada gula merah, garam, dan asam jawa, yang jika tidak ada bisa diganti dengan serat asam jawa.”Untuk cara pengolahan bahan-bahan tadi tumbuk, diambil sarinya, dan kemudian direbus sampai mendidih,” jelas pejual  Salah satu konsumen jamu gendong,  menyebutkan, ia lebih menyukai jamu gepyokan, karena rasanya lebih segar, dan dapat memperlancar ASI. “Gepyokan rasanya ada asam manisnya, jadi segar apalagi diminum dingin lebih segar, dan karena saya juga menyusui jadi lebih sering minum gepyokan supaya ASI-nya lancar,” tutur ibu dua anak tersebut. [ani/mu] Nah untuk itu berikut ini kami akan membahas mengenai Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil :

Bahan:
-Kencur
-Jahe
-Bangle
-Lengkuas
-Kunyit
-Temulawak
-Puyang
-Temugiring
-Gula merah

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan, kecuali gula. Tumbuk kasar semua rempah-rempah kemudian tambahkan sedikit air. Peras hingga semua sarinya keluar.
  2. Sari perasan tadi direbus dengan gula secukupnya di atas api kecil hingga mendidih.
  3. Dinginkan sebelum diminum.