Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan

Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis

Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan

Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh. Tahukah anda selain enak rasanya , daun cincau ini mempunyai banyak manfaat lho , seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan  :

Asam lambung akan sangat mengganggu sekali apabila datang dengan tiba-tiba. Gejala ini membuat kita meninggalkan aktifitas dalam bekerja, dan tidak selera makan. Asam lambung juga dapat disebabkan oleh keracunan seafood, misalnya keracunan makan udang, kepiting, dan kerang. Untuk mengatasi gejala menyakitkan seperti ini, kita gunakan resep daun cincau untuk asam lambung dan keracunan seafood. Ramuan sebagai berikut:
  1. Mengobati gangguan pencernaan, maag terasa nyeri, dan keracunan seafood:
    • Ambil segenggam daun cincau, kemudian diremas dengan air sampai menjadi hijau
    • Biarkan air hingga menjadi jelly.
    • Minum cincau dicampur dengan gula jawa. Ramuan ini berfungsi untuk mendinginkan dan menetralkan lambung.
  2. Mengobati radang lambung, typhus dan penyakit usus:
    • Sediakan 50 gram daun cincau segar yang sudah dicuci bersih.
    • Haluskan dengan cara digiling, dan tambahkan 4 gelas air kemudian diremas
    • Saring air dan diamkan sampai mengental.
    • Tambahkan gula sebanyak 5 sendok teh
    • Ramuan ini diminum 3 x sehari.
  3. Apabila terjadi demam yang disebabkan gangguan pencernaan:
    • Ambil 10 gram rimpang cincau, kemudian di iris-iris sampai halus.
    • Seduh irisan kedalam 110 ml air panas, tunggu hingga hangat.
    • Minum seduhan dalam keadaan hangat, lakukan 3 kali sehari.

 

Resep daun cincau untuk asam lambung dan keracunan seafood sangat mudah diterapkan dirumah. Apabila kesulitan mencari herba daun cincau, dapat membeli yang sudah berbentuk jelly. Tetapi manfaatnya jauh berbeda, karena umumnya jelly cincau yang ada dipasaran sudah bercampur dengan pewarna dan pengawet.
Kandungan flavonoid pada cincau hijau rambat berkisar 3,0-glikosida flavonol. Dimana senyawa ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan menekan pertumbuhan tumor payudara, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menekan pembentukan radikal bebas dalam tubuh, dan memperbaiki motilitas spermatozoa.