Pertolongan Pertama Terkena Knalpot

Pertolongan Pertama Terkena Knalpot

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke

Pertolongan Pertama Terkena Knalpot

Apa pun yang sedang Anda lakukan, pastikan Anda berhati-hati dan tetap awas terhadap lingkungan sekitar. Jika ceroboh sedikit saja, akibatnya bisa jadi cukup serius. Misalnya, ketika seseorang sedang berjalan di dekat sepeda motor dan secara tidak sengaja kakinya menyenggol knalpot yang masih sangat panas. Atau ketika sedang menyetrika pakaian, setrika yang panas bisa jatuh dan melukai kulit. Hal ini bisa menyebabkan luka bakar dan Anda harus segera menanganinya. Berikut ini kami akan memberikan anda Pertolongan Pertama Terkena Knalpot :

  1. Lepaskan Media Panas

Segera setelah merasa terkena knalpot maka hindari sumber panas. Jika bagian area yang terkena knalpot dilapisi kain seperti celana, maka segera lepaskan kain tersebut. Cara ini bisa membantu agar rasa panas bisa segera hilang dari area kulit yang paling dekat. Namun lakukan cara ini dengan hati-hati agar bagian kulit yang terkena knalpot tidak bersentuhan dengan media apapun.

  1. Dinginkan Kulit yang Terkena Knalpot

Setelah Anda melakukan cara pertama, maka langkah selanjutnya adalah mendinginkan luka. Gunakan air yang mengalir dari kran atau selang untuk membersihkan luka. Anda tidak perlu menggosok bagian kulit dengan tangan atau alat apapun. Jangan mencampur air dengan bahan apapun karena yang dibutuhkan hanya air dingin. Jika Anda tidak menemukan air maka dinginkan dengan gel yang lembut seperti pasta gigi atau gel dari lidah buaya. Lakukan pendinginan ini selama 15 menit dan jangan menggunakan es karena es bisa menyebabkan peradangan pada luka.

  1. Sterilkan Luka dengan

Cara terbaik untuk menyembuhkan luka bakar sepeda motor adalah untuk menerapkan larutan garam ke luka, kemudian bersihkan dengan kain kasa dan semprotkan larutan ini lagi dan tunggu sampai kering. larutan garam ideal untuk mengobati jenis luka bakar karena membantu untuk menumbuhkan jaringan kulit sambil menghindari infeksi.

  1. Tutup Luka dengan Kain Kasa

Setelah itu jika Anda merasa bahwa luka bakar karena knalpot tidak terlalu parah , maka bisa menutup luka dengan kain kasa yang steril. Anda juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat, caranya yaitu dengan memberikan larutan garam pada kasa yang akan digunakan untuk menutup luka.

Cara ini bisa membantu agar luka tidak menjadi infeksi, jaringan kulit tidak rusak dan tidak meninggalkan bekas. Ganti kain kasa selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Jangan Menarik Kulit

Banyak orang yang mencoba untuk menarik kulit pada bagian luka yang menggembung. Cara ini bisa menyebabkan infeksi dan luka tidak cepat sembuh. Jangan menarik kulit karena menarik kulit bisa menyebabkan penularan kuman, virus atau bakteri. Selain itu bisa membuat jaringan luka pada kulit menjadi lebih buruk. Anda mungkin merasa bekas ini tidak nyaman sehingga tertarik untuk menghapus bagian yang menggembung. Biarkan bagian kulit hingga benar-benar mengering sendiri.

  1. Berikan Gel Lidah Buaya

Jika luka yang ditimbulkan memang cukup ringan, maka jangan lupa untuk memberikan gel lidah buaya ketika gelembung udara pada kulit hampir kering. Khasiat lidah buaya untuk kulit bisa membantu memulihkan jaringan kulit sehingga luka tidak berbekas. Gunakan alat yang bersih agar luka tidak infeksi dan cepat sembuh.

  1. Selalu Menutupi Luka

Jika Anda memiliki bekas luka seperti ini maka usahakan untuk menutup luka dengan kain kasa. Cara ini harus dilakukan untuk menghindari luka agar tidak terkena gesekan dengan kain dari celana atau pakaian Anda. Selain itu menutup luka juga bisa membantu mencegah infeksi. Sebaiknya luka ditutup dengan kain kasa yang ringan, yang tidak meninggalkan bekas dan tidak menyebabkan tekanan pada luka.

Obat Tradisional untuk Luka Bakar Akibat Knalpot

Umumnya luka bakar akibat knalpot tidak membutuhkan perawatan medis yang rumit. Banyak orang terkena knalpot dan luka yang didapatkan bisa sembuh dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyembuhkan luka akibat knalpot secara tradisional.

  1. Berikan madu pada kain kasa yang akan digunakan untuk menutup luka. Madu mengandung bahan antioksidan, anti peradangan dan bisa membantu mencegah bekas luka pada kulit. Kain kasa yang sudah diberi madu secara langsung harus sering diganti setidaknya tiga atau empat kali dalam sehari.
  2. Minum teh setiap hari. Kandungan bahan tanin yaitu senyawa polifenol dalam teh bisa membantu penyembuhkan luka dari dalam. Cara ini mungkin agak aneh karena tidak bersentuhkan langsung dengan luka. Namun jika Anda ragu maka bisa menggunakan cairan teh secara langsung. Anda hanya perlu mencairkan beberapa kantung teh kemudian celupkan kain kasa dan gunakan untuk menutup luka.
  3. Beberapa hari setelah luka sedikit mengering maka Anda bisa mengompres luka dengan es batu atau air dingin. Namun jangan menerapkan es atau air dingin secara langsung ke bagian luka. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk lalu tempelkan pada luka. Lakukan selama berulang-ulang dalam waktu yang singkat untuk mencegah peradangan.
  4. Rendam bagian luka ke dalam susu yang sudah didinginkan. Susu bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mencegan infeksi karena rasa asam yang kuat. Cara ini juga bisa membantu memulihkan kondisi kulit yang terluka parah karena knalpot.
  5. Gunakan jus tomat untuk membantu mendinginkan luka. Cara ini bisa membantu agar kulit tidak mudah menggembung akibat suhu panas dari knalpot. Tomat juga mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah infeksi lanjutan.
  6. Tempelkan daun pisang ke bagian luka secara langsung. Cara ini bisa membantu mengatasi luka agar lebih cepat mengering dan tidak terlalu basah. Pertama adalah dengan mencari daun pisang yang segar dan bersih. Setelah itu tempelkan daun pisang secara langsung ke bagian luka. Tinggalkan selama beberapa saat lalu tutup dengan kain kasa.

Tips Mencegah Terkena Knalpot

  1. Umumnya semua sepeda motor memiliki knalpot di sebelah kanan, karena itu usahakan untuk selalu turun dari sebelah kiri. Cara ini bisa menghindari kaki Anda terkena knalpot yang masih panas.
  2. Selalu usahakan memiliki kebiasaan naik sepeda motor dari sebelah kiri agar kaki Anda aman dari knalpot.
  3. Jika Anda sering menggunakan sepeda motor maka lebih baik untuk menggunakan celana panjang atau sepatu khusus untuk naik motor. Cara ini bisa mencegah luka yang buruk ketika terkena knalpot karena bagian kulit masih dilindungi lapisan dari kain.
  4. Usahakan untuk memarkir seperda motor di jalur yang benar agar orang lain juga tidak terkena knalpot dari sepeda motor Anda.

Luka terkena knalpot memang sangat sakit terutama sesaat setelah terkena knalpot. Bahkan jika luka terlalu parah maka rasa sakit bisa bertahan selama beberapa hari. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang cepat menyembuhkan luka operasiuntuk memulihkan luka akibat knalpot agar lebih cepat sembuh. Selain itu penting untuk mencegah agar tidak terkena knalpot dan melakukan pertolongan pertama terkena knalpot untuk mengobati lukanya dengan cara yang benar.