Categories
Tentang Penyakit

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa akibat kondisi atau penyakit ringan, seperti ketika memasuki masa ovulasi atau karena tinja yang mengeras. Bisa juga akibat kondisi yang berat, seperti batu ginjal, kista ovarium, atau kanker.

Sakit perut sebelah kiri yang ringan biasanya akan berkurang dalam waktu satu atau dua hari. Tapi jika Anda pernah mengalami cedera akibat kecelakaan, segera periksakan ke dokter jika mengalaminya. Begitu pula jika keluhan sakit perut sebelah kiri terus menerus dirasakan dan tidak kunjung membaik, agar dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya. Nah, berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri.

1. Divertikulitis

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepatverywellhealth.com

Penyebab pertama yang paling umum adalah penyakit divertikulitis. Pernah mendengarnya? The American Gastroenterological Society mendefinisikan divertikulitis sebagai inflamasi pada kantung-kantung (diverticula) di dinding usus besar. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun karena usus mereka yang sudah mulai lemah.

Divertikulitis terjadi gara-gara makanan yang belum tercerna dengan baik terjebak di dalam diverticula. Penyumbatan tersebut mengakibatkan dinding usus membengkak dan timbul sobekan. Gejala yang mengiringinya adalah mual, tidak nafsu makan, dan demam. Rasa sakit biasanya terasa saat dan setelah makan.

2. Gastritis

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Gastritis adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan kondisi peradangan pada lapisan dinding lambung. Penyebabnya beragam, mulai dari infeksi bakteri, penggunaan obat pereda sakit, atau bahkan terlalu banyak minum minuman beralkohol. 

Dilansir dari Mayo Clinic, gejalanya meliputi mual, muntah, perut terasa penuh, dan rasa nyeri hingga terbakar di bagian lambung. Penderita gastritis disarankan untuk mendapatkan perawatan medis ketika gejala sudah dirasakan lebih dari seminggu. 

3. Penyakit celiac

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Penyakit celiac adalah kondisi kronis organ pencernaan yang terjadi karena seseorang tidak dapat mencerna gluten. Sebenarnya ini tergolong dalam penyakit autoimun.

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan merusak lapisan dalam usus halus sehingga tubuh kesulitan menyerap nutrisi. 

Itulah kenapa gejala yang mengiringinya adalah naiknya asam lambung, kembung, diare, penurunan berat badan, dan tubuh terasa lelah. Pasien juga akan merasakan sakit di bagian kiri hingga tengah, tempat usus halus berada.

4. Obstruksi usus

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Obstruksi usus adalah penyumbatan total atau parsial  yang terjadi pada usus halus dan usus besar. Penyebabnya dapat berupa perekatan jaringan akibat operasi, radang usus, hernia, kanker, dan tumor.

Biasanya gejala dari obstruksi usus meliputi konstipasi, muntah, sulit kentut, pembengkakan, hingga kram perut yang datang dan pergi. Jika tidak ditangani dengan segera, kondisi ini dapat menyebabkan masalah yang serius. 

5. Shingles atau herpes zoster

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Ternyata sakit perut di bagian kiri tidak hanya disebabkan oleh organ pencernaan saja. Shingles atau herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus penyebab cacar air.

Sering kali ruam muncul di bagian perut dan menyebabkan rasa sakit ketika disentuh. Bahkan terkadang sakit muncul tanpa adanya ruam. Dilansir dari Health Line, gejalanya meliputi rasa terbakar, sensitif, gatal, dan ruam yang menjadi luka. 

6. Gas di organ pencernaan

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Gas di dalam organ pencernaan biasanya berasal dari udara yang masuk ke mulut serta proses natural ketika mencerna makanan. Banyaknya gas di dalam perut biasanya bukanlah masalah yang serius.

Rasa sakit hanya terjadi sementara hingga udara keluar dari rektum atau usus halus. Namun kondisi ini memang bisa menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. 

Mayo Clinic menyebutkan penyebab lain dari menumpuknya gas di dalam perut adalah asap rokok, terlalu banyak makan, mengunyah permen karet, serta bakteri.

Kondisi ini dapat menjadi masalah yang serius ketika ada gejala lain yang mengikuti. Di antaranya adalah penurunan berat badan, konstipasi, diare, dan dada terasa terbakar.

7. Radang panggul

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Pelvic inflammatory disease atau radang panggul adalah kondisi di mana terdapat infeksi dan inflamasi pada organ kewanitaan. Termasuk uterus, tabung falopi, ovarium, dan serviks. Studi dari Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa radang panggul biasa muncul karena penyakit menular seksual yang tidak ditangani dengan baik.

Gejala yang ditimbulkan terdiri dari rasa sakit saat buang air kecil, demam, pendarahan, keluarnya cairan tidak normal dari vagina, serta rasa sakit terutama di perut bagian bawah kiri dan kanan. Jika kamu mengalaminya, segera dapatkan penanganan medis.

Itulah ulasan secara lengkap mengenai beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang bisa kamu cek sekarang juga. Kondisi-kondisi yang disebutkan sebenarnya tidak sering terjadi, tetapi kamu harus selalu mengantisipasinya. Dengan begitu, kamu tahu kapan harus ke dokter dan kapan rasa sakit dapat ditangani sendiri.