Categories
Tentang Penyakit

Penyebab Miom Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Miom Yang Wajib Anda Ketahui

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Tanda Tubuhmu Kebanyakan Racun , Cara Mengatasi Kista Ganglion , Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 1 Bulan , Manfaat Dan Khasiat Terong , Rahasia Cantik Alami Wanita , Makanan Pemicu Kanker Payudara , Obat Luka Bakar Tradisional , Cara Mengatasi Flu Dengan Cepat Dan Alami , Penyebab Miom Yang Wajib Anda Ketahui , Cara Mengobati Keputihan Secara Alami
Penyebab Miom Yang Wajib Anda Ketahui

Miom adalah pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Miom dikenal juga dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak.

Sebagian wanita pernah memiliki miom dalam hidup mereka. Namun terkadang kondisi ini tidak diketahui oleh sebagian wanita yang mengalami karena tidak muncul gejala. Jika ada, gejala yang mungkin muncul akibat miom adalah:

Penyakit miom memiliki beberapa jenis berdasarkan tempat pertumbuhannya, seperti berikut ini:

  • FIBROID INTRAMURAL

Miom jenis ini sangat sering terjadi karena tempat kemunculannya berada diantara jaringan otot rahim yang menjadi tempat yang paling umum ditumbuhi miom.

  • FIBROID SUBSEROUS

Penyakit miom ini dapat membesar dan membuat rahim ikut membesar yang sering tumbuh dibagian luar dinding rahim, ke rongga panggul

  • FIBROID SUBMUCOUS

Miom jenis ini bisa mengakibatkan pendarahan parah saat menstruasi dan bisa menyebabkan komplikasi yang tumbuh dan berkembang di lapisan otot bagian dalam dinding rahim

  • FIBROID PEDUNCULATED

Penyakit miom jenis ini tumbuh dan berkembang di batang kecil di luar dan di dalam rahim

PENYEBAB MIOM YANG WAJIB DIKETAHUI

Penyebab miom sebenarnya belum bisa diketahui secara pasti, namun  beberapa faktor diperkirakan dapat memicu pertumbuhan miom pada rahim. Miom sangat berkaitan erat penyebabnya dengan hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium atau hormon ekstrogen. Mari kita lihat beberapa penyebab miom seperti berikut ini:

1. FAKTOR USIA

Faktor usia diperkirakan menjadi salah satu penyebab miom menyerang sebagian wanita dimana usia reproduktif  lebih sering mengalaminya. Diusia 16 sampai 50 tahun akan lebih berpotensi terserang miom.

Hal itu dikarenakan hormon estogen yang dihasilkan masih sangat tinggi dan menyebabkan seseorang terserang tumon tersebut. Biasanya diusia menoupose resiko tersebut akan menyusut karena kadar estrogen yang dihasilkan juga menurun.

2. FAKTOR KETURUNAN

Saat kerabat dekat anda mengidap miom maka anda akan lebih berpotensi terserang miom sekitar 2.5 kali lebih banyak dari pada yang tidak memiliki garis keturunan, seperti ibu dan anak. Sebaiknya jaga pola makan saat anda memiliki keturunan penyakit miom untuk mencegah penyakit tersebut.

3. HORMON ESTROGEN

Hormon estrogen merupakan hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium yang menjadi penyebab utama terbentuknya sel ubnormal di organ reproduksi seorang wanita. Usia reproduktif biasanya sedang banyak-banyaknya menghasilkan hormon ini. Maka dari itu biasanya miom lebih mengancam wanita dibawah  50 tahun.

4. FAKTOR OBESITAS

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan hal yang wajib dihindari karena obesitas dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi. Obesitas akan membuat lemak jahat menumpuk di dalam tubuh yang akan membalut berbagai organ penting di tubuh.

Saat itu terjadi maka tubuh tidak bisa bekerja dengan baik maka berbagai penyakit akan menyerang tubuh salah satunya penyakit miom.

Selain itu obesitas juga akan meningkatkan produksi hormon estrogen yang akan memperbesar peluang terserang penyakit miom. Sebaiknya jaga pola makan anda agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

5. MAKANAN DAN MINUMAN

Makan juga bisa menyebabkan seseorang terserang miom. Seperti makanan berpengawet, makanan yang mengandung perasa tambahan, penyedap tambahan dan makanan yang mengandung perasa tambahan.

Mengkonsumsi daging merah terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab miom. Selai makanan, minuman juga bisa menyebabkan miom seperti minuman beralkoh*l dan bersoda. Berbagai makanan dan minuman tersebut bisa membuat pertumbuhan sel ubnormal dan menyebabkan tumor atau miom.

Sebaiknya konsumsi makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, lemak tak jenuh dan beberapa nutrisi lain. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi adalah sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, biji-bijian dan masih banyak lagi.

Berbagai makanan tersebut akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas.

6. MENSTRUASI TERLALU DINI

Penyebab miom juga bisa karena menstruasi terlalu dini. Saat anak perempuan menstruasi kira-kira di umur 13 tahun namun anak dengan pertumbuhan estrogennya terlalu tinggi dapat menstruasi jauh dibawah umur 13 tahun.

Maka anak dengan kelainan hormon dan menstruasi terlalu dini ini akan berpotensi terserang miom.

7. MEROKOK

Memang sudah bukan rahasia lagi jika zat adiktif pada rokok dapat memicu berbagai penyakit kronis. Semua bagian tubuh bisa diserang dengan rokok dan asap rokok. Salah satunya dapat menyebabkan penyakit miom.

Sebaiknya hindari rokok dan asap rokok untuk mencegah berbagai penyakit yang bisa berujung kematian.

8. BAKTERI DAN JAMUR

Bakteri dan jamur juga bisa menyebabkan penyakit miom. Jamur dan bakteri tersebut akan menginfeksi sistem reproduksi dan membuat sel berkembang ubnormal yang akan membuat tumor tumbuh disana.

Sebaiknya jaga kebersihan organ kewanitaan anda untuk mencegah bakteri dan jamur tumbuh dan berkembang di organ intim yang akan menyerang sistem reproduksi anda dan mencegah miom menyerang rahim.

9. KETIDAKSEIMBANGAN EMOSI

Emosi yang sulit dikendalikan juga bisa menyebabkan seseorang terserang miom. Emosi yang sulit dikendalikan juga dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lain seperti hipertensi dan jantung.

Meski terdengar sepele ternyata mengendalikan emosi bisa menjadi obat yang manjur bagi berbagai penyakit salah satunya penyakit miom. Mengendalikan emosi dengan baik juga bisa memanjangkan usia anda.

10. MENURUNNYA DAYA TAHAN TUBUH

Sistem kekebalan tubuh berfungsi melawan dan mencegah penyakit menyerang tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka penyakit dilawan secara alami tanpa melakukan pengobatan.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh akan membuat virus dan bakteri menyerang tubuh yang membuat berbagai penaykit menyerang tubuh salah satunya penyakit miom. Sebaiknya jaga sistem imun anda dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan minum air putih 8 sampai 10 gelas perhari.

11. STRESS

Stress yang tidak bisa diolah dengan baik akan menghasilkan sejenis hormon yang dapat memicu pertumbuhan penyakit di dalam tubuh. Sebaiknya kelola stress dengan cara relaksasi, piknik, jalan-jalan agar stress yang anda rasakan tidak semakin parah dan membuat penyakit menyerang tubuh.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh stress adalah penyakit miom. Serta  beberapa penyakit kronis lainnya seperti jantung, darah tinggi, stroke serta berbagai penyakit lainnya.

12. KURANG OLAHRAGA

Kurang olah raga juga menjadi salah satu penyebab penumpukan penyakit di dalam tubuh salah satunya penyakit miom. Karena miom juga bisa dipengaruhi makanan yang anda konsumsi. Jika rutin olahraga maka makanan yang anda konsumsi tersebut tidak akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan miom. Makanan tersebut bisa dibuang melalui keringat saat anda berolahraga.

Sebaiknya mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya nutrisi, perbanyak minum air putih dan rajin olahraga. Agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh anda.