Penyakit Mata Disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit Mata Disebabkan Oleh Bakteri

Image result for Penyakit Mata Disebabkan Oleh Bakteri

Penyakit mata sangat beragam dan tidak semuanya dapat menular. Jika penyakit mata disebabkan virus atau bakteri maka bisa menular, sedangkan jika penyebabnya alergi tidak akan menular. Cara penanganan dan pencegahan macam-macam penyakit mata ini pun berbeda, tergantung penyebabnya. Berikut ini beragam Penyakit Mata Disebabkan Oleh Bakteri yang wajib anda ketahui .

1. Konjungtivitis

Penyakit mata ini sangat mudah menular, dan umumnya disebabkan oleh bakteri Klamidia atau Gonore. Infeksi bakteri yang menyerang selaput konjungtiva atau selaput tipis yang terdapat pada bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata, menyebabkan gejala seperti mata berair, bagian putih mata menjadi merah, mata perih dan gatal, lebih sensitif terhadap cahaya dan pandangan menjadi kabur. Pada anak bayi, penyakit ini terjadi saat bayi terpapar bakteri ketika melewati jalan lahir, dan dapat menyebabkan gangguan yang serius pada mata bayi.

2. Trakoma

Penyakit mata satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis, yang biasanya terjadi pada anak-anak yang hidup di negara berkembang dengan sanitasi masih kurang memadai. Penularan trakoma dapat terjadi saat menggunakan handuk atau sapu tangan yang telah terkontaminasi. Gejala yang ditimbulkan berupa mata terlihat merah sementara kornea terlhat keruh, mata terus mengeluarkan kotoran atau disebut belekan, kelopak mata membengkak, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening sekitarnya.

3. Selulitis Orbitalis

Jenis penyakit mata ini sebenarnya tidak terinfeksi bakteri secara langsung, melainkan sebagai dampak dari infeksi bakteri pada sinus atau pada gigi, yang menyebar hingga ke mata. Selulitis orbitalis menjadi salah satu penyebab mata gatal dan merah, mata terasa nyeri, kelopak mata membengkak, bola mata menonjol dan tubuh mengalami demam. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang dosisnya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit tersebut.

4. Ulkus Kornea

Ulkus kornea merupakan infeksi yang terjadi pada kornea bagian luar, yang biasanya disebabkan oleh bakteri Pneumokokus, Pseudomonas atau Stafilokokus. Selain bakteri, terkadang beberapa jenis jamur dan virus juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini. Orang yang mengalami ulkus kornea akan mengalami gangguan penglihatan, terdapat bintik putih kekuningan pada kornea yang merupakan nanah, mata merah, perih dan berair, belekan dan peka terhadap cahaya. Jika tidak segera ditangani, kerusakan mata dapat terjadi sulit untuk disembuhkan.