Penyakit Jiwa Paling Berbahaya

Penyakit Jiwa Paling Berbahaya

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional , Penyakit Jiwa Paling Berbahaya , Obat Tradisional Angioedema , Tanda Penyakit Psikosomatik , Cara Mengobati Uveitis , Penyakit Yang Rentan Dialami Pria , Cara Mengobati Infeksi Sinus , Khasiat Petai Menghilangkan Penyakit , Obat Penghilang Daki Paling Ampuh , Makanan Pembersih Darah Kotor , Cara Mengobati Rabun Jauh

Penyakit Jiwa Paling Berbahaya

Gangguan mental atau gangguan kejiwaan masih menjadi salah satu permasalahan yang signifikan di dunia, termasuk Indonesia. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 35 juta orang mengalami depresi, 60 juta orang menderita bipolar, 21 juta orang berjuang dengan skizofrenia, serta 47,5 juta orang terkena demensia.

Data Riskesdas 2013 menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukkan dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan untuk usia 15 tahun ke atas mencapai sekitar 14 juta orang. Angka itu setara 6 persen dari total jumlah penduduk. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa daftar Penyakit Jiwa Paling Berbahaya :

1. Psikopat

Gangguan kejiwaan yang juga disebut sering sosiopat ini termasuk gangguan yang berbahaya karena bisa sampai pada tahap membunuh. Orang yang menderita psikopat sangat mudah memanipulasi ekspresi, dapat menyimpan dendam dalam waktu yang lama, tidak memiliki rasa empati terhadap kesedihan yang dialami orang lain, egois dan mampu menguasai emosi orang lain.

2. Bipolar

Gangguan ini terjadi karena adanya kerusakan atau kelainan pada syaraf otak secara kimiawi yang mempengaruhi perubahan mood seseorang. Penderitanya akan mudah mengalami perubahan emosi, seringkali bertahan lama, dapat mengalami multi emosi dan ungkapan ekspresi yang ekstrim.

3. Obsesif Compulsif Disorder

Gangguan OCD ini terjadi karena adanya gangguan pada otak yang mengakibatkan munculnya kecemasan yang sangat parah, dan tentu saja dapat mempengaruhi kehidupan penderita sehari-hari. Mereka yang mengalami OCD akan selalu merasa cemas, takut, tidak pernah lega terhadap suatu kondisi, melakukan sesuatu berulang-ulang, mudah stres hingga dapat melukai diri sendiri.

4. Skizofrenia

Gangguan ini juga terjadi karena adanya kelainan secara kimiawi pada otak, sehingga impuls saraf dan fungsi sistemik terganggu. Hal ini membuat penderitanya tidak mampu mengolah informasi dari dan ke panca indera, sehingga muncul proyeksi yang tidak semestinya. Cirinya adalah bertingkah laku sesuai insting, tidak dapat dikendalikan, suka bicara sendiri, suka menyendiri, mengalami delusi hingga mudah menyakiti diri sendiri atau orang di sekitarnya.

5. Anorexia Nervosa

Gangguan ini membuat penderitanya selalu tidak puas dengan hasil penurunan berat badannya. Mereka yang mengalaminya cenderung terlalu memikirkan berat badan dan selalu ingin lebih menguruskan badan. Gangguan ini dapat membuat penderitanya mengalami gangguan nutrisi karena selalu menahan lapar atau diet dengan pola tidak sehat. Selain dapat memicu stres berat, gangguan ini juga dapat menyebabkan kematian.

6. Homoseksual

Gangguan jiwa yang satu ini selain berlawanan dengan norma sosial juga melawan kodrat dan hukum dalam agama, karena menyukai dengan orang yang berjenis kelamin sama dengan diri penderitanya. Penderita homoseksual seringkali sulit menahan hasrat jika berinteraksi dengan orang yang sejenis, dan sulit menjalin hubungan dengan lawan jenis. Yang perlu diperhatikan, penyakit ini dapat menular sehingga perlu diwaspadai.

7. Multiple Identity Disorder

penyakit gangguan kejiwaan satu ini menyebabkan penderitanya memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Masing-masing kepribadian memiliki kendali penuh terhadap dirinya, baik ingatan, pola pikir dan kehidupan yang dijalani. Penderitanya dapat mengalami distorsi waktu, amnesia, merasa asing dengan diri sendiri, sering pusing hingga ingin mengakhiri hidupnya.

Semua penyakit gangguan kejiwaan di atas sangat berbahaya dan hampir berujung pada menyakiti diri sendiri atau orang lain. Dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan untuk menjaga penderita dari segala dampak buruk, dan membantunya menjalani terapi untuk segera sembuh.