Categories
Tentang Pengobatan

Pengobatan Tradisional Gatal Jamur

Pengobatan Tradisional Gatal Jamur

Kurap, atau yang dikenal juga sebagai kadas, adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur (tinea). Bercak merah, bersisik, serta gatal pada kulit merupakan beberapa tanda khas kurap. Siapa pun bisa dengan mudah terkena penyakit menular ini, terutama kelompok orang yang imunnya lemah. Selain dengan obat-obatan medis, ada beberapa obat kurap alami yang bisa bantu menyembuhkan gejala. Untuk itu bagi anda yang mengalami gatal jamur , berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Pengobatan Tradisional Gatal Jamur  yang wajib anda coba di rumah :

  1. Kulit manggis dan daun sirih

Ambilah 100 gr kulit manggis dan 20 lembar daun sirih kemudian cucilah hingga bersih dan rebuslah secara bersamaan. Pakailah takaran air 5 gelas, Diamkan sampai mendidih lalu biarrkan air menjadi tersisa 3 gelas saja. Dinginkan lalu saring untuk kemudian dipakai untuk mencuci kulit yang sedang terkena gatal jamur. Ramuan obat gatal jamur ini mampu menghilangkan rasa gatal, Mencegah iritasi dan menyembuhkan kurap , Kudis dan eksim. Menurut para ahli kesehatan dan kecantikan tradisional bahwa khasiat kulit manggis bagi kesehatan bukan hanya untuk pengobatan organ tubuh bagian dalam saja tetapi juga bisa mengatasi masalah kesehatan kulit.

  1. Langkuas

Selama ratusan tahun langkuas adalah bumbu dapur yang sering dipakai menjadi bahan dasar pembuatan obat gatal jamur . Ambilah satu ibu jari langkuas lalu bersihkan dan haluskan dengan cara ditumbuk. Oleskan langkuas pada permukaan kulit yang terkena panu, Kurap, Kudis atau gatal gatal akibata alergi berulang kali. Cara ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur.

  1. Temulawak, Kunyit , Sambiloto

Ambillah 30 gr temulawak , 20 gr kunyit dan 10 gr sambiloto. Bersihkan ketiga bahan herbal ini untuk kemudian direbus hingga mendidih dengan takaraan air 5b gelas dan hanya menyisakan 2 gelas saja. Ketiga bahan alami ini sudah biasa digunakan sebagai obat gatal jamur yang terbukti ampuh bagi pengobatan jamur kulit yang menyerang anak anak dan remaja.

  1. Daun leunca

Ambilah segenggam daun leunca, Bersihkan lalu tumbuk hingga halus, Oleskan ramuan herbal ini pada permukaan kulit yang terserang gatal jamur. Lakukana dua kalai sehari secara rutin sampai kulit normal kembali tanpa dihinggapi jamur lagi. Daun leunca merupakan salah satu obat gatal jamur paling sederhana dan mudah diaplikaasikan pada ank anak yang sedang terserang panu, Kurap atau kudis.

  1. Daun sidaguri dan minyak kelapa

Ambilah beberapa daun sidaguri lalu cucilah sampai bersih. Timbuk daun tersebut sampai haluas lalu tambahkan minyak kelapa murni secukupnya dan remaslah sampai merata untuk kemudian dioleskan pada kulit yang sedang terkena gatal kulit. Daun sidaguri adalah salah satu dari sekian banyak bahan bahan alami yang dipakai pada pengobatan alternatif sebagai obat gatal jamur menahun yang biasa diderita oleh para orang tua. (Baca Juga: Bahaya Minyak Goreng , Bahaya Minyak Tanah bila Diminum)

  1. Daun ketapang

Daun ketapang adalah tumbuhan alami yang dapat digunakan sebagai obat gatal jamur yang mujarab menyembuhkan berbagai macam jamur penyebab penyakit kulit. Ambilah beberapa daun ketapang , Dicuci terlebih dahulu kemudian tumbuk atau hancurkan hingga halus. Balurkan sambil digosok gosok lembut pada permukaan kulit yang sedang menderita gatal jamur.

Ambilah lendir atau daging lidah buaya untuk kemudian dioleskan pada kulit yang sedang terserang penyakit kulit jenis jamur kaki misalnya kaki menderita kurap dan gatal gatal akibat pemakaian kaos kaki dan sepatu yang tertutup rapat setiap hari yang memicu lokasi sela sela kaki menderita lembab. Khasiat lidah buaya untuk kulit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal gatal yang disebabkan alergi, Misalnya kulit menjadi sangat kering dan menderita sisik sisik yang menimbulkan rasa gatal, Kondisi bisa terjadi akibat penggunaan AC berlebihan dan jangka panjang didalam ruangan. Lidah buaya adalah obat gatal jamur yang ampuh mengobati jamur kulit pada anak anak, dewasa dan orangtua.

  1. Tanah liat

Tahukah anda bahwaa tanah liat dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal jamur yang sudah masuk kategori penyakit kulit yang parah misalnya eksim basah, Selain itu kelebihan tanah liat adalah dapat mengatasi gatal gatal, Iritasi yang juga disebabkan karena gigitan hewan berbahaya misalnya kalajengking, Lipan, Semut api dan sebagainya. Balurkan tanah liat perlahan pada permukaan kulit yang terserang gatal jamur. Lakukan dua kali sehari secara tertaur sampai penyakit gatal jamur sembuh.

Image result for gatal jamur