Categories
Uncategorized

Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia
Pengobatan Alternatif Daun Ungu

Daun ungu (Graptophyllum pictum) atau biasa disebut juga daun wungu adalah tumbuhan obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia. Spesies ini memiliki nama daerah sebagai berikut: demungtulakwungu (Jw), daun temen-temenhandeuleum (Sd), karotong (Md), temen (Bl), kadi-kadikobi-kobi (Tn), dan daun putri (Am). Daun ungu adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m.  Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan.  Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata.  Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda. Spesies ini aslinya berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Kemudian, diperkenalkan ke Indo-Cina, Semenanjung Malaya, Filipina, dan Indonesia. Di Jawa, daun ungu tumbuh sampai pada 1250 mdpl. Tumbuhan ini dibudidayakan sebagai tumbuhan pagar dan tumbuhan hias, yaitu yang bervarietas daun yang berwarna merah. Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu pula, ia tumbuh di tempat yang lembab, dan hangat. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai Pengobatan Alternatif Daun Ungu :

1. Ambeien
Bahan: 3-7 lembar daun ungu dan adas pulawaras. Cara membuat: daun direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. cara menggunakan: minum 1 kali setiap pagi secara teratur.

2. Melancarkan buang air seni
Bahan: 1-2 genggam daun ungu dan adas pilowaras. Cara membuat: ditumbuk bersama dengan halus. Cara menggunakan: dioleskan pada bagian perut seperti param.

3. Mempelancar haid
Bahan: 3 sendok makan bunga daun ungu yang sudah dikeringkan. Cara membuat: direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih sehingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara mengunakan: diminum 3 hari menjelang datang bulan ( haid )

4. Rematik/encok
Bahan: 1-2 lembar daun ungu. Cara membuat: ditumbuk sampai halus.cara menggunakan: oleskan pada bagian yang sakit sebagai param.

5. Bisul
Bahan: 2 lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat: daun ungu diolesi minyak kelapa kemudian dipanggang diatas api. Cara menggunakan: dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang sakit (bisul)

Komposisi
Daun ungu (graptophyllum pictum) memiliki kandungan kimia, antara lain: alcohol, pectin, asam fomiat.