Obat Tradisional Wasir Berdarah

Obat Tradisional Wasir Berdarah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah

Obat Tradisional Wasir Berdarah

Penyakit wasir berdarah dikenal juga sebagai penyakit ambeien atau hemoroid. Penyakit ini terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah yang membesar di dalam atau di sekitar rektum dan anus. Penyebabnya yakni karena adanya peningkatan tekanan akibat kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar.

Sebenarnya, wasir berdarah dapat hilang atau sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Namun, pada sebagian orang kerap membutuhkan pengobatan dokter untuk mengobati penyakit tersebut. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Tradisional Wasir Berdarah :

1. Minyak Zaitun

Sifat inflamasi di dalam minyak zaitun cukup tinggi bersama dengan antioksidannya, maka tak salah bila bahan alami ini digunakan sebagai obat tradisional oleh penderita wasir. Selain bagus sebagai cara mengobati biduran alami serta cara mengobati kaki pecah-pecah, wasir pun bakal dihilangkan secara ampuh.

  • Caranya: Cukup dengan mengambil sesendok minyak zaitun dan mengonsumsinya setiap hari akan membantu menurunkan risiko peradangan lebih lanjut dari dalam. Atau bisa juga Anda mengambil jus dari daun plum yang kemudian ditambahkan ke minyak zaitun. Campuran ramuan tersebut bisa Anda oles perlahan ke area wasir supaya pembengkakan dan rasa sakit berkurang.

2. Es

Kalau biasanya es dipergunakan untuk menyegarkan sebuah hidangan minuman supaya memberi rasa adem dan menyenangkan, es bisa juga dibuat sebagai obat wasir. Cara tradisional ini bakal menolong dalam membuat pembengkakan dan rasa nyeri mereda.

  • Cara 1: Ambil kantong es atau sedikit es batu yang dibungkus dengan kain. Terapkanlah ke bagian yang terserang wasir paling tidak sampai 10 menit setiap harinya beberapa kali hingga wasir sembuh total.
  • Cara 2: Sekalipun bukan es batu juga tetap bisa Anda manfaatkan, seperti halnya jagung, kacang polong, atau sayuran beku lainnya. Tinggal dibungkus handuk, terapkan ke bagian wasir selama 20 menit sehari 3 kali.

3. Cuka Sari Apel

Kalau cuka sari apel sering terdengar efektif untuk mengobati gejala kolesterol dan juga dijadikan obat hipertensi, kali ini agak berbeda. Selain bisa menjadi obat tradisional kolesterol, Anda bisa memanfaatkannya ketika Anda menderita wasir yang tak kunjung sembuh.

  • Cara untuk Wasir Luar: Untuk mengobati wasir eksternal, silakan siapkan bola kapas yang bisa Anda rendam dalam cuka sari apel sebelum kemudian diterapkan ke area wasir. Lakukan dengan cara menekan secara lembut, dan jangan khawatir walau akan ada sensasi menyengat. Iritasi dan gatal bakal hilang secara efektif, khususnya bila Anda secara rajin melakukan metode pengobatan ini sehari beberapa kali.
  • Cara untuk Wasir Dalam: Bagi yang menderita wasir dalam, cuka sari apel bisa diambil sebanyak sesendok teh untuk Anda tambahkan ke segelas air dan meminumnya sehari 2 kali. Supaya rasanya menjadi lebih enak, tambahkanlah madu murni bila menginginkannya karena ini tergantung selera saja.

4. Air Putih

Obat alami yang paling aman dan bahkan sederhana adalah air putih, baik itu bagi penderita wasir eksternal maupun internal. Bahaya akibat kurang minum air putih bukan hanya sekadar memicu bahaya dehidrasi. Asupan air yang cukup bakal menolong tubuh dalam membersihkan sistem internal dan otomatis bakal membuat kebutuhan untuk mengedan saat buang air besar berkurang.

  • Caranya: Tak usah ramuan khusus atau mencampurkan air putih ini dengan bahan-bahan lainnya. Cukup hanya dengan mengonsumsi air putih 8-10 gelas yang dilakukan setiap hari, pergerakan usus akan lebih lancar dan sempurna. Karena kalau kekurangan air, jangan heran bila tinja pun menjadi keras dan memperburuk kondisi wasir.

5. Kantong Teh Hitam

Sudah banyak yang membuktikan keampuhan kantong teh hitam bagi sejumlah gangguan kesehatan. Ini karena di dalamnya ada zat alami yang dinamakan tannic sehingga rasa sakit sekaligus pembengkakan pun bisa berkurang secara efektif.

  • Caranya: Sediakan air panas untuk membasahi kantong teh hitam yang akan Anda gunakan. Kemudian tunggulah sampai kantong teh lebih dingin atau dalam keadaan hangat. Dengan kondisi hangat tersebutlah Anda bisa menerapkan langsung ke bagian yang terserang wasir. Penerapan lebih dianjurkan selama 10 menit dan lakukanlah sehari sampai 3 kali untuk hasil lebih optimal. Bila ingin memakainya dalam keadaan dingin, penerapan bisa dilakukan 5-10 menit.

6. Minyak Almond

Selain Anda dapat menjadikan minyak almond sebagai cara memutihkan bokong secara alami, bahan ini ampuh untuk mengobati wasir. Sifat penyerapan jaringan yang mendalam dan emolien memang adalah yang bisa Anda banggakan dari bahan satu ini. Itulah yang juga menjadi alasan mengapa minyak almond baik untuk mengobati wasir eksternal.

  • Caranya: Sediakan bola kapas dan celupkanlah ke dalam minyak almond murni yang sudah Anda siapkan. Setelah itu secara sederhana Anda bisa menerapkan langsung bola kapas ke bagian yang terserang wasir. Segala sensasi gatal maupun terbakar di area anus serta peradangan pun akan menjadi ringan. Gunakan sehari beberapa kali demi menjaga kelembaban area tersebut.

(Baca juga: cara mencegah ambeien)

7. Jus Lemon

Buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini rupanya bernutrisi tinggi sehingga juga mujarab ketika dijadikan obat wasir tradisional. Jus lemon adalah yang perlu Anda pakai dan dengan kandungan baiknya, kapiler serta dinding pembuluh darah dibuat menjadi lebih kuat.

  • Cara 1: Celup atau rendam bola kapas yang Anda siapkan ke jus lemon, lalu Anda pun siap untuk kemudian menerapkannya ke area wasir. Tak masalah bila ada rasa kesemutan atau seperti terbakar di area yang tengah Anda obati. Nantinya juga akan terasa lebih lega dan rasa nyeri pun bakal menghilang secara perlahan.
  • Cara 2: Siapkan jus lemon, bersama juga dengan madu, jus mint dan jus jahe masing-masing setengah sendok teh saja. Campurkan dan konsumsilah setiap hari sekali saja per harinya.
  • Cara 3: Sediakan setengah buah lemon yang sarinya dapat Anda ambil dengan memerasnya. Perasan tersebut bisa Anda campurkan dengan secangkir susu hangat. Minumlah setiap hari untuk pengobatan dari dalam; akan lebih baik kalau diminum setiap 3 jam.

8. Lidah Buaya

Bersifat anti inflamasi, khasiat lidah buaya untuk kulit telah banyak yang mengetahuinya. Namun banyak yang belum tahu bahwa kemujarabannya bisa juga diandalkan untuk mengobati wasir. Gunakan lidah buaya untuk menerapi wasir Anda, baik itu internal atau eksternal.

  • Cara untuk Wasir Dalam: Sediakanlah daun lidah buaya yang sudah dikupas, lalu potong-potonglah. Irisan daging tanpa kulitnya bisa Anda taruh dalam sebuah wadah, kemudian jangan lupa untuk membekukannya di dalam lemari es. Silakan terapkan es lidah buaya dalam keadaan dingin ke area wasir supaya rasa nyeri dan gatalnya hilang
  • Cara untuk Wasir Luar: Tak usah susah-susah memotong-motong bagian dagingnya, karena pada langkah ini yang diperlukan hanyalah mengoleskan gel lidah buaya ke area anus sedikit saja. Berikan pijatan lembut saat penerapan dan Anda akan merasakan ada sensasi panas terbakar serta rasa nyerinya hilang secara pelan-pelan.

9. Daun Miana

Sebagai obat wasir secara tradisional, daun jenis ini sangat baik dan efektif meskipun namanya belum begitu terdengar sana-sini. Daun dengan nama lain daun iler ini sebetulnya sudah cukup sering dimanfaatkan sebagai obat karena merupakan tanaman herbal.

  • Caranya: Ambil saja sekitar 20 lembar akan daun iler atau miana ini, berikut juga kunyit seruas saja. Bersihkan dulu kedua bahan, dan lanjutkan dengan merebusnya bersama-sama dengan air sebanyak 5 gelas. Kalau sudah mendidih, angkat lalu dinginkan sebelum akhirnya diminum nantinya. Setiap harinya, Anda hanya perlu mengonsumsi segelas; asal rutin wasir pasti akan sembuh total dengan cukup cepat.

10. Daun Duduk

Untuk istilah Jawanya, memang kita menyebutnya daun duduk, sedangkan untuk di Sunda namanya adalah genteng cangkeng. Selain dapat dijadikan obat tradisional wasir, Anda pun bisa menggunakan daun ini untuk meluruhkan air seni dan mengatasi rematik.

  • Caranya: Daun dengan kandungan flavonoid dan saponin tinggi ini dapat Anda pakai sebanyak 20 gram saja kurang lebihnya. Pastikan bahwa daun ini juga masih dalam keadaan segar untuk kemudian dicuci lalu direbus. Rebuslah bersama air segelas selama 15 menit. Saringlah lebih dulu sebelum air saringan ini diminum. Lakukan setiap hari agar wasir cepat membaik.

11. Daun Sosor Bebek

Pasti Anda pernah dengar tentang daun sosor bebek ini di mana lebih seringnya memang dimanfaatkan sebagai obat wasir. Bahkan bagi Anda penderita sakit kepala, batuk dan demam juga dapat mengandalkan daun ini sebagai obat alami. Tak hanya itu, daun sosor bebek pun baik dan efektif ketika digunakan sebagai peluruh air seni.

  • Caranya: Ambil daun sosor bebek kurang lebih 25 gram serta air 2 gelas yang bisa Anda rebus bersama-sama. Tunggu sampai mendidih dan pastikan airnya nanti hanya bersisa setengahnya sebelum Anda angkat. Ramuan sudah jadi, dinginkanlah dulu, lalu selanjutnya bisa disaring. Minumlah hasil saringan tersebut secara teratur dan perolehlah manfaat baiknya dari kandungan tanin, flavonoid dan saponinnya.

12. Daun Pavetta

Sebetulnya, pada tanaman pavetta ini tak hanya bagian daunnya saja yang berkhasiat tinggi. Kandungan flavonoid dan saponin juga ada di dalam akar serta batangnya. Namun daunnyalah yang akan Anda butuhkan untuk mengobati wasir. Kandungan polifenol di dalam daunnya cukup tinggi sehingga tak salah untuk diandalkan.

  • Caranya: Sebagai obat wasir, Anda hanya perlu menggunakan sekitar 8 gram daun pavetta yang masih segar. Cuci dulu sampai bersih sebelum Anda merebuskan bersama air sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga 25 menit dan mendidih. Selanjutnya, jangan lupa untuk menyaringnya dan meminum hasil saringan tersebut setiap hari pagi dan sore alias 2 kali sehari.

13. Daun Ungu

Ada banyak nama lain dari jenis daun ini, termasuk juga pudin dan handeleum. Apapun sebutannya, di dalam daun ini ada kandungan tinggi akan tanin, ilavonoida serta saponin. Daun ini juga sudah banyak dikenal sebagai obat wasir ampuh.

  • Caranya: Untuk mengobati wasir, pakai saja daun ungu yang keadaannya masih segar sebanyak 20 gram. Tapi boleh juga bila Anda ingin menggunakan daun ungu kering. Rebuslah daun ini dengan air 2 gelas dan tunggu sampai 25 menit. Angkat dan dinginkan dulu sebelum Anda menyaringnya. Setelah disaring ramuan pun bisa diminum untuk mengobati dari dalam. Gunakan pagi dan sore atau 2 kali sehari.

14. Daun Pegagan

Mungkin daun pegagan sudah diketahui manfaatnya sebagai obat tradisional telinga berdengung, atau bahkan sebagai obat maag alami. Kali ini tambahkan daun ini ke dalam daftar obat tradisional ambeien yang bisa Anda andalkan jika wasir menyerang sewaktu-waktu.

  • Caranya: Ambil daun sirsak 7-10 lembar, tapi dengan catatan bahwa daunnya tidak terlalu tua. Sesudah dicuci bersih, rebuslah bersama 3 gelas air yang ditunggu mendidih dan tersisa segelas. Ramuan inilah yang perlu Anda konsumsi setiap hari selama seminggu dengan takaran sehari sekali saja. Asalkan rajin, konsumsi air rebusan daun pegagan akan memberikan manfaat besar bagi kesembuhan wasir Anda.

15. Jeruk Nipis

Satu lagi yang bisa Anda coba pertimbangkan sebagai obat mujarab wasir secara tradisional, yaitu dengan memakai jeruk nipis.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis 1 buah saja beserta air hangat sebanyak 2 gelas. Jeruk nipis harus Anda iris-iris dulu, lalu campurkan dengan air hangat tadi dan minumlah tepat setelah Anda bangun tidur pagi-pagi. Tak masalah bila Anda ingin menggunakan air dingin, tapi rasa asamnya justru malah lebih terasa di lidah. Mengonsumsi rutin dijamin wasir bakal tersingkir secara sukses.