Obat Tradisional Sakit Pinggang

Obat Tradisional Sakit Pinggang

Image result for Obat Tradisional Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Bahkan, hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang sekali seumur hidupnya. Tergantung penyebabnya, rasa sakit yang ditimbulkan dapat berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang ringan dan berlangsung sebentar, ada pula yang parah hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Dengan mengetahui obat sakit pinggang alami maupun dengan resep dokter, Anda dapat meringankan serta mengendalikan gejala yang ada. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Tradisional Sakit Pinggang  .

1. Jagung

Jagung adalah sebuah bahan alami yang biasanya Anda bisa olah dengan memasaknya. Namun untuk sakit pinggang pun jagung bisa menjadi bahan yang tepat.

  • Caranya: Ambil rambut jagung secukupnya, begitu pula dengan adas, buah takokak dan jahe merah. Seluruh bahan dapat Anda rebus bersama dengan seliter air. Didihkan hingga bersisa setengahnya. Ramuan tradisional ini dapat Anda minum selagi masih hangat supaya rasa nyeri bisa cepat teredakan.

2. Bawang Merah

Terlepas dari adanya efek samping bawang merah, bumbu dapur ini berkhasiat dalam meredakan dan memudarkan rasa sakit di pinggang Anda apapun penyebabnya.

  • Caranya: Siapkan akar bawang merah secukupnya, beserta buah sun boi an angco, dan jahe merah. Rebus bersama dengan air secukupnya juga (biasanya 1 liter) hingga tinggal sisa setengahnya. Ramuan ini dapat Anda minum selagi masih hangat untuk membuat sakit pinggang Anda cepat membaik.

3. Daun Dewa

Bahan alami lainnya yang dapat Anda andalkan untuk mengobati rasa nyeri di pinggang adalah daun dewa. Kombinasikan juga dengan beberapa bahan tradisional lainnya untuk hasil lebih maksimal.

  • Caranya: Sediakan daun dewa beberapa lembar saja, bersama dengan jahe merah, temu hitam, serta akar sawi langit. Rebus seluruh bahan bersama-sama pada sekitar seliter air, tunggu mendidih dan tersisa setengahnya, dan air rebusan itulah yang perlu Anda minum. Supaya cepat sembuh, Anda bisa meminumnya secara rutin selagi masih hangat.

4. Temulawak

Apabila gejala sakit pinggang sudah mulai terasa, Anda bisa mencari temulawak untuk dijadikan ramuan obat yang akan menyembuhkan rasa nyeri tersebut dari dalam.

  • Caranya: Sediakan temulawak, bersama juga tumbuhan kumis kucing dan jahe merah sebanyak 30 gram masing-masing, dan meniran 20 gram. Cucilah dulu seluruh bahan, baru Anda rebus bersama air sebanyak 800 cc. Tunggulah air surut dan berkurang hingga 300 cc. Sesudah matang Anda bisa angkat dan saring sebelum diminum sehari 2 kali agar rasa sakit pada pinggang lebih cepat membaik.

5. Jahe Merah

Ketika ciri-ciri sakit pinggang mulai tampak dan Anda merasakan ketidaknyamanan, silakan langsung cari jahe merah untuk dijadikan bahan utama obat tradisional buatan sendiri.

  • Caranya: Sediakan jahe merah sebanyak 25-30 gram untuk kemudian Anda rebus dengan air secukupnya. Air rebusan yang sudah jadi itulah yang perlu Anda minum selagi masih hangat. Jahe merah tak hanya akan menyediakan kehangatan pada pinggang Anda, tapi juga akan meredakan rasa sakit sedikit demi sedikit. Untuk hasil yang lebih optimal, tak ada salahnya selama melakukan pengobatan dengan ramuan jahe merah ini, Anda juga melakukan sedikit olahraga ringan setiap harinya secara rutin. Tujuannya adalah supaya tulang dan otot pinggang terjaga kesehatan serta kekuatannya.

6. Daun Kemangi

Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi selain bisa dijadikan lalapan juga efektif diandalkan sebagai obat sakit pinggang.

  • Caranya: Sediakan sekitar 8-10 lembar daun kemangi yang bisa ditambahkan ke secangkir air. Rebuslah sampai airnya berkurang sampai separuhnya dan tinggalkan dulu sampai suhunya lebih dingin. Sebelum diminum, tambahkan sedikit garam. Ramuan ini dapat diminum sekali sehari untuk sakit pinggang tahap ringan, tapi untuk yang sudah lebih parah Anda bisa mengonsumsinya 2 kali sehari.

7. Bawang Putih

Walau ada bahaya bawang putih mentah yang mungkin menjadi kekhawatiran, sebenarnya ada banyak manfaat dari bumbu dapur ini yang bisa Anda peroleh. Bagi penderita sakit pinggang pun, bawang putih adalah bahan alami yang sangat baik.

  • Caranya: Minyak bawang putih adalah minyak yang bisa Anda pakai, untuk membuatnya Anda dapat memanaskan minyak kelapa secukupnya, bersama dengan minyak wijen dan minyak mustard pada api kecil. Tambahkan 8-10 siung bawang putih ke dalamnya dan gorenglah hingga warnanya kecoklatan. Minyaknya bisa disaring lalu diamkan hingga suhunya berubah dingin. Pinggang Anda dapat Anda pijat-pijat dan gosok-gosok dengan minyak ini, tunggu beberapa waktu sebelum Anda bisa mandi air hangat untuk sekalian membersihkan tubuh dari minyak tersebut.

8. Gandum

Dengan kandungan senyawa yang mampu memroduksi efek analgesik, rasa sakit yang begitu tak tertahankan pada pinggang Anda akan otomatis teredakan secara efektif.

  • Caranya: Ambil gandum sebanyak 1 genggam, lalu direndam di dalam air semalam. Pada pagi harinyalah Anda bisa campurkan gandum tersebut bersama ketumbar dan bubuk rumput kuskus (opsional). Tak lupa juga Anda bisa menambahkan susu secangkir saja, lalu didihkan hingga hasilnya mengental. Minumlah ramuan sehari 2 kali agar sakit pinggang cepat sembuh.

9. Susu

Kaya akan kalsium, susu juga bisa dijadikan obat tradisional atau alami yang bisa Anda manfaatkan dalam mengobati nyeri pinggang. Susu sangat baik dalam meningkatkan kekuatan tulang dan kesehatan otot, jadi sangat ampuh dalam mengatasi hingga mencegah datangnya sakit pinggang.

  • Caranya: Anda hanya perlu meminum susu setiap hari secara rutin, dan Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk membuat rasanya lebih nikmat. Atau, bisa juga Anda tambahkan gula serta rumput kurkus ke dalam secangkir susu hangat secukupnya sesuai selera. Ini adalah cara alami yang tak akan memberikan efek samping berbahaya.

10. Teh Kamomil

Gejala apapun dari sakit pinggang yang kiranya mengganggu kegiatan Anda dapat teredakan oleh secangkir teh kamomil. Selain mengurangi rasa stres, teh kamomil sangat bagus dalam menyembuhkan rasa sakit di pinggang juga.

  • Caranya: Sediakan secangkir air mendidih dan tambahkan dengan sesendok makan bunga kamomil. Seduhlah sekitar 10 menit sebelum akhirnya bisa diminum ketika hangat. Meminumnya setiap hari adalah cara terbaik dan tunggulah sampai sakit pinggang membaik.