Categories
Tentang Pengobatan

Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus dan bakteri, alergi, iritasi, dan paparan polusi, seperti asap rokok. Pengobatannya bisa bermacam-macam, termasuk dengan aneka obat alami sakit tenggorokan yang mudah ditemukan dan bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut merupakan Obat Tradisional Radang Tenggorokan , simak ulasannya dibawah ini.

1. Minum air putih hangat

Radang Tenggorokan dan Batuk? Redakan dengan 5 Obat Alami Ini!

Obat alami pertama ini adalah yang paling gampang banget kamu buat. Kamu cukup menyalakan dispenser air hangat dan kamu pun bisa rutin meminumnya. Gantilah setiap cairan yang kamu konsumsi dengan air hangat ini. Suhu air sebaiknya agak mendekati panas, ya. Hal itu sebagai perangsang agar tenggorokanmu segera lega.

2. Minum air jeruk nipis hangat tanpa gula

Radang Tenggorokan dan Batuk? Redakan dengan 5 Obat Alami Ini!

Supaya tubuh kamu mendapat asupan vitamin C lebih banyak, kamu bisa mencampur air hangat tadi dengan perasan air jeruk nipis. Eits, tapi gak perlu pakai gula, ya. Kamu cukup mencampur keduanya lalu menenggaknya sedikit demi sedikit selagi hangat.

3. Minum air rebusan jahe

Radang Tenggorokan dan Batuk? Redakan dengan 5 Obat Alami Ini!

Zat gingerol yang terkandung pada jahe memberikan efek hangat untuk tenggorokan maupun perutmu saat mengkonsumsinya. Gingerol ini kaya antioksidan sehingga menjadi pilihan obat alami yang tepat ketika kamu menderita radang tenggorokan maupun batuk.

Ambil beberapa ruas jahe, kemudian cuci bersih. Geprek ruas jahe yang telah bersih tersebut, kemudian rebus hingga mendidih. Tambahkan sedikit gula, aduk-aduk, kemudian saring. Air rebusan jahe bisa langsung kamu konsumsi.

4. Minum parutan kencur

Radang Tenggorokan dan Batuk? Redakan dengan 5 Obat Alami Ini!

Selain jahe, rempah-rempah lain yang berkhasiat meredakan radang tenggorokan dan batuk adalah kencur. Kandungan mineral, pati, dan minyak atsiri yang terdapat di dalam kencur telah terbukti mampu meredakan batuk dan radang tenggorokan secara alami.

Kamu bisa mengunyahnya langsung setelah dikupas bersih, atau memarutnya lebih dulu kemudian dicampur dengan segelas air hangat dan sedikit garam. Rutinlah meminumnya setiap hari dan kamu akan merasakan khasiatnya.

5. Minum madu

Radang Tenggorokan dan Batuk? Redakan dengan 5 Obat Alami Ini!

Nah, kalau obat alami satu ini sih sudah gak perlu dipertanyakan lagi manfaatnya. Kaya akan antioksidan, madu juga ampuh lho meredakan batuk dan tenggorokan yang sedang radang. Kamu bisa meminumnya langsung tanpa campuran apapun. Selain itu, kamu bisa menambahkan segelas air dan mencampurnya dengan jahe dan kencur.

Sekarang gak perlu buru-buru beli obat di apotek deh kalau tubuhmu sudah memberi sinyal akan batuk atau radang tenggorokan. Segera minum obat-obatan alami di atas saja. Selain gampang ditemukan, harganya juga relatif murah. Penyakitmu pun berangsur-angsur akan bisa sembuh.