Obat Tradisional Nyeri Sendi

Obat Tradisional Nyeri Sendi

Image result for Nyeri Sendi"

Arthritis adalah istilah umum yang menggambarkan kondisi medis yang ditandai oleh peradangan sendi, rasa sakit, dan kekakuan. Herbal dan obat alami lainnya dapat membantu meredakan nyeri sendi. Perawatan medis, olahraga teratur, dan nutrisi yang tepat juga dapat membantu seseorang mengelola gejala radang sendi mereka. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar Obat Tradisional Nyeri Sendi berikut ini.

  1. Lada Hitam

Siapa bilang bahwa lada hitam hanya bisa menjadi penyedap sebuah masakan? Bumbu dapur satu ini sudah banyak digunakan sebagai obat bagi sendi lutut yang nyeri. Cukup sediakan lada hitam secukupnya, dihancurkan sampai teksturnya benar-benar halus dan tambahkan air. Hasil campuran ramuan inilah yang bisa dioles langsung ke lutut lalu tinggalkan beberapa menit.

  1. Jahe

Jahe kita tahu adalah rempah ampuh yang bisa menghangatkan tubuh di kala sedang tidak enak badan. Namun rupanya, jahe bisa bermanfaat untuk nyeri sendi lutut dengan cara memotong-motong 1-2 rimpang jahe, lalu terapkan sambil digosok-gosokkan ke lutut yang sakit secara teratur. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas; namun selalu waspadai pula akan efek samping jahe dengan tidak menggunakan berlebihan.

  1. Daun Dandelion

Selain diyakini dapat mengobati sakit batu empedu atau sakit tulang, daun dandelion juga ampuh bagi penderita nyeri sendi lutut. Cucilah beberapa lembar daunnya lebih dulu lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, lalu saringlah ketika sudah lebih hangat baru ditambahkan dengan madu sebelum dikonsumsi. Atau, bisa juga menggunakan airnya sebagai kompresan pada lutut yang sakit.

  1. Minyak Zaitun Ekstra Virgin

Sudah banyak orang yang memercayai akan khasiat besar minyak zaitun dalam meredakan berbagai penyakit, salah satunya nyeri sendi lutut. Di dalam minyak ini ada kandungan oleocanthal dengan fungsi utama sebagai pereda rasa nyeri. Oleskan minyak zaitun pada lutut sambil memberikan pijatan setiap harinya agar rasa nyeri bisa berkurang dengan baik.

  1. Minyak Kelapa

Satu lagi jenis minyak yang juga termasuk sebagai ramuan obat tradisional untuk nyeri sendi lutut, yakni minyak kelapa. Sediakan secangkir minyak kelapa, panaskan sampai suam-suam kuku. Sesudahnya, gunakan minyak kelapa hangat ini sebagai obat oles. Oles dan pijat pada bagian lutut yang diobati supaya peredaran darah menjadi lebih lancar dan rasa nyeri juga dapat berkurang karenanya.

  1. Kunyit

Ramuan tradisional lainnya adalah kunyit yang diketahui memiliki senyawa aktif di dalamnya yang berperan sebagai penghambat pembengkakan di bagian sendi lutut. Pengolahan kunyit yang benar untuk menangani nyeri sendi pada lutut adalah dengan menyediakan kunyit 1 rimpang saja yang kemudian dicuci. Setelah bersih, haluskan sampai teksturnya berubah menjadi sangat halus seperti pasta dan oles pada bagian lutut yang sendinya terasa nyeri.

  1. Teh Hijau

Baik sakit lutut sebelah kiri atau bahkan mengalami sakit lutut sebelah kanan, teh hijau merupakan alternatif untuk nyeri sendi lutut Anda. Cara pengobatan hanya cukup meminum teh hijau hangat setiap hari secara rutin. Tak hanya mengobati dari dalam, teh hijau juga dapat dijadikan obat kompres untuk bagian lutut yang nyeri.

  1. Gel Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit menjadi lebih lembab, halus dan sehat memang sangat luar biasa, namun benarkah gelnya juga bisa dipakai sebagai obat nyeri sendi pada lutut? Di dalam lidah buaya ada kandungan baik yang membantu peradangan pada sendi lutut berkurang, jadi oleskan secukupnya secara rutin gel ini ke lutut Anda agar cepat pulih.

  1. Daun Bakung

Sediakan daun bakung sekitar 2 lembar saja, layukan dengan memanaskannya di atas api kecil namun jangan sampai gosong. Remas-remaslah daun tersebut lalu campur dengan minyak kelapa sedikit dan terapkan langsung ke lutut yang hendak diobati. Balutlah di bagian lutut yang sakit, baik itu salah satu lutut atau kedua-duanya menggunakan kain kasa dan bisa 2 hari sekali menggantinya.