Obat Tradisional Kuku Berjamur

Obat Tradisional Kuku Berjamur

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras , Obat Sakit Tenggorokan Alami , Titik Pijat Mengatasi Sakit Kepala , Tips Menjaga Kandung Kemih , Tips Agar Tidak Keracunan Makanan , Cara Mengatasi Gatal Akibat Kutu , Obat Tradisional Kuku Berjamur , Obat Alami Mengatasi Cantengan , Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering , Tips Melahirkan Lancar Dan Normal , Cara Menghilangkan Stretch Mark , Makanan Memicu Kebutaan , Kenali Jenis Penyakit Mata , Bahaya Kafein Bagi Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu

Obat Tradisional Kuku Berjamur

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi semakin menyebar, maka kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku mudah terjadi pada daerah beriklim hangat dan lembap. Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada penderita gangguan kekebalan tubuh seperti mereka yang memiliki penyakit diabetes, kanker, dan infeksi HIV. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Tradisional Kuku Berjamur  :

1. Bawang putih

Sebuah studi tahun 2009 berhasil mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin dan ajoene yang memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Senyawa alami tersebut dipercaya dapat mengobati masalah jamur kuku.

Caraya, cincang beberapa siung bawang putih, lalu letakkan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur selama 30 menit sehari. Meskipun baunya cukup menyengat, tapi bukan jadi masalah bila dapat mengobati masalah jamur kuku Anda, bukan?

2. Baking soda

Sudah menjadi rahasia umum kalau baking soda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati infeksi jamur kuku.

Baking soda dapat membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari kaki dan menetralisir bau kaki yang disebabkan oleh jamur. Caranya, campurkan baking soda dan air menjadi bentuk pasta. Oleskan pasta baking soda ke bagian kuku jari yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Selain itu, Anda juga bisa merendamkan kaki ke dalam baskom berisi campuran air dan baking soda selama beberapa saat. Cara ini juga ampuh mengobati infeksi jamur kuku.

3. Minyak zaitun

Berbagai ekstrak daun zaitun dilaporkan mengandung bahan antijamur dan antimikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Baik dalam bentuk minyak maupun salep, keduanya sama-sama dapat membantu mengatasi infeksi jamur kuku yang Anda alami.

Oleskan salep atau minyak zaitun langsung ke bagian kuku yang terinfeksi, lalu tunggu selama beberapa saat. setelah itu, bilas hingga bersih dan pastikan area kuku benar-benar kering untuk mencegah perkembangan jamur.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun zaitun dalam bentuk kapsul. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi satu sampai tiga kapsul ekstrak daun zaitun dapat mempercepat penyembuhan jamur kuku, lho!

4. Cuk

Cuka adalah salah satu obat jamur kuku alami yang mudah didapatkan. Sebab, cuka dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempercepat pengobatan infeksi jamur kuku. Tidak hanya itu, cuka juga dapat membantu mencegah penyebaran jamur agar tidak menginfeksi ke bagian kuku lainnya.

Cara penggunaannya sangat mudah. Masukkan cuka bening atau cuka apel ke dalam baskom berisi air hangat dengan perbandingan 1:2, lalu rendam kaki Anda selama 20 menit setiap hari. Cara ini ampuh mengatasi masalah jamur kuku yang selama ini mengganggu hari-hari Anda.

5. Obat kumur

Anda mungkin bingung, obat kumur yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut, apakah benar bisa mengobati jamur kuku juga? Eits, jangan salah. Obat kumur juga bisa mengobati infeksi jamur kuku, lho!

Obat kumur mengandung bahan-bahan alami seperti mentol, timor, dan eukaliptus yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Maka tak heran kalau obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi jamur kuku.

Siapkan baskom yang berisi campuran air dan obat kumur. Rendam kaki pada larutan tersebut selama 30 menit sambil menggosokkan area kuku yang terinfeksi dengan lembut. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak esensial yang umum digunakan sebagai produk kecantikan. Menurut National Center of Complementary and Integrative Health, beberapa studi klinis membuktikan bahwa minyak pohon teh mengandung bahan antijamur dan antiseptik yang efektif mengobati jamur kuku.

Pertama-tama, pastikan area kuku yang terinfeksi telah dibersihkan dan dikeringkan. Celupkan kapas ke dalam minyak pohon teh, kemudian oleskan ke bagian kuku yang terinfeksi. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari dan nantikan perubahan menakjubkan pada kuku kaki Anda.

7. Tepung jagung

Obat jamur kuku alami yang satu ini pada dasarnya mengandung jamur. Namun jangan khawatir, jamur tersebut tidak berbahaya dan justru membantu melawan infeksi jamur dalam tubuh.

Untuk mengobati jamur kuku, campurkan 230 gram tepung jagung dan 2 liter air ke dalam baskom besar. Biarkan selama satu jam terlebih dahulu, barulah rendam kaki Anda selama 30 menit. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi jamur kuku yang Anda alami.

8. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki sifat antiseptik yang tidak hanya mencegah iritasi kulit, tetapi juga meredakan infeksi jamur kuku. Cara penggunaannya adalah celupkan kapas ke dalam minyak lavender, lalu tempelkan pada area kuku yang terinfeksi selama 10 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan.

Ulangi cara tersebut beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal. Dengan demikian, infeksi jamur kuku akan segera diatasi dengan baik.