Categories
Tips Kesehatan

Obat Tradisional Kayu Secang

Obat Tradisional Kayu Secang

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina , Buah Yang Membuat Awet Muda , Manfaat Jambu Mete Untuk Maag , Manfaat Jagung , Makanan Yang Memudahkan Persalinan , Manfaat Kimchi , Buah Untuk Kesehatan Mata , Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid , Manfaat Badan di Kop , Obat Asam Urat Alami , Makanan Yang Memicu Nyeri Sendi , Obat Tradisional Kayu Secang , Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh , Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit , Cara Mencegah Kanker Prostat , Kenali Penyakit Dompo , Cara Mengatasi Darah Tinggi
Obat Tradisional Kayu Secang

Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah perdu anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan (kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah. Berikut ini akan kami berikan apasaja Obat Tradisional Kayu Secang  :

1. Mengobati kanker dan tumor

Manfaat kayu secang yang paling utama adalah bisa mengobati berbagai jenis penyakit kanker dan tumor. Kayu secang memiliki kandungan kloroform, n-butanol, dan metanol air yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa tersebut bersifat toksik bagi sel kanker dan tumor. Galur sel kanker pun bisa dihambat dan akhirnya mati.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Anda termasuk orang yang cepat jatuh sakit? Jika begitu maka minumlah minuman berbahan kayu secang. Kayu secang banyak mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan tersebut bisa mencegah sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menghambat pembentukan berbagai radikal bebas.

3. Mengobati penyakit asam urat atau gout

Bagi Anda penderita penyakit gout atau asam urat maka mengonsumsi ramuan kayu secang baik untuk Anda. Kayu secang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat karena memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P.

Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi yang ada di dalam kayu secang dapat mengobati penyakit asam urat Anda. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit gout sangat terkait dengan peradangan di sendi.

4. Mengatasi penyakit diabetes

Manfaat kayu secang juga bisa mengatasi penyakit diabetes. Kayu secang mengandung senyawa yaitu brazilin yang dapat menurunkan gula darah. Di samping itu, kayu secang juga mengandung beberapa senyawa penting.

Beberapa senyawa penting tersebut di antaranya adalah senyawa brazilin, kaesalpin P, sappankalkon, dan protosappanin A. Senyawa-senyawa tersebut bertindak sebagai inhibitor atau penghambat enzim aldosa reduktase yang menyebabkan komplikasi diabetes.

5. Mengobati masalah diare

Kayu secang memang sangat cocok menjadi minuman ketika musim hujan tiba. Pasalnya, selain bisa menghangatkan tubuh, kayu secang juga bisa mengobati penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan.

Manfaat kayu secang bisa mengobati diare karena kayu secang mengandung beberapa zat yang bersifat antidiare. Beberapa zat yang memiliki sifat antidiare tersebut, yaitu galat, brazilin, oscimene, resin, resorsin, dan tanin.

6. Mencegah kerusakan hati

Kayu secang juga memiliki manfaat mengejutkan lainnya. Manfaat kayu secang bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan senyawa yang diharapkan dapat menghambat penurunan angka SAT.

7. Mencegah penyakit jantung koroner

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kayu secang memiliki banyak kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan yang tersimpan di dalam kayu secang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja.

Zat-zat yang bersifat antioksidan di dalam kayu secang juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner bisa dicegah karena zat di dalam kayu secang bisa meredam berbagai radikal bebas.

Melalui antioksidan beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun menjadi lebih sehat.

8. Melancarkan sistem peredaran darah

Jangan bingung bila setelah meminum wedang secang atau minuman lainnya berbahan kayu secang, Anda seperti merasa lebih segar. Ini dikarenakan salah satu manfaat kayu secang yang dapat merelaksasi pembuluh darah.

Pembuluh darah pun menjadi lebih rileks dan aterosklerosisi atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentunya, kelancaran sistem peredaran darah memberikan dampak positif pada bagian tubuh lain.