Obat Tradisional Biduran

Obat Tradisional Biduran

Image result for Biduran

Pernahkah Anda mengalami semacam benjolan seperti bentol-bentol yang melebar dan terasa sangat gatal? Nah, mungkin Anda mengalami biduran. Untuk mengatasinya, berikut macam-macam obat biduran yang mungkin dianjurkan dokter beserta dengan perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa gatal. Untuk itu kami akan anjurkan beberapa Obat Tradisional Biduran yang bisa anda coba di rumah .

  1. Kompresan Air Dingin

Hal pertama yang bisa anda gunakan sebagai obat tradisional biduran aalah kompresan air dingin. Kompresan air dingin ini bermanfaat untuk meredakan rasa gatal yang ada di kulit. Daripada menggaruknya alangkah baiknya jika anda meredakannya menggunakan kompresan air dingin. Kompresan air dingin ini bisa menggunakan lap yang dicelupkan ke dalam air dingin namun bisa juga dengan mengompres menggunakan es batu. Mengompres menggunakan es batu ini tidak langsung ditempelkan ke kulit yang terkena biduran namun anda bisa menaruh es batu itu di kain lap yang bersih kemudian kompres kulit yang terkena biduran itu menggunakan lap yang berisi es batu.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Air hangat yang digunakan untuk merendam kaki atau mandi bisa menghilangkan pegal pegal yang ada di tubuh. Tidak hanya itu saja, air hangat juga bisa digunakan untuk meredakan gatal yang ada di kulit manusia. Ketika rasa gatal sudah tidak bisa tertahankan, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Setelah mandi air hangat, rasa gatal yang ada di kulit anda akan semakin membaik.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan obat tradisional yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Obat tradisional ini sudah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Temulawak untuk anak kecil sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menambah nafsu makan. Saat anak anda menjadi tidak nafsu makan, cobalah untuk membuat ramuan herbal menggunakan temulawak ini. Manfaat lainnya dari temulawak ini adaah temulawak bisa dijadikan sebagai obat tradisional biduran. Cara mengobati biduran menggunakan temulawak ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Bahan. Yang harus disiapkan pertama kali adalah bahan bahannya terlebih dahulu. Jika bahan bahan tidak lengkap, obat tradisional itu tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bahan yang disiapkan adalah 15 gram temulawak, 1 batang buah asam jawa dan juga gula aren secukupnya.
  • Cara. Membuatnya pun cukup mudah yaitu anda tinggal mencuci bersih bahan bahan tersebut, setelah dicuci bersih anda bisa mengiris iris temulawak tipis tipis. Rebus temulawak dan bahan bahan lainnya menggunakan dua gelas air. Tunggu samai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja. Minum obat herbal ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan takaran masing masing setengah gelas.
  1. Daun Kelor

Ketika mendengar daun kelor pikiran kita langsung mengarah e hal hal mistis dimana daun kelor tersebut bisa digunakan untuk menghindari dari makhluk halus. Orang jaman dahulu percaya memasukkan daun kelor dan batangnya dicampurkan dengan beras ke dalam kantong janur kuning kemudian diletakkan diatas pintu bisa mencegah hantu yang ingin masuk ke dalam rumah. Seiring dengan kepercayaan tersebut, masyarakat jaman dulu percaya bahwa pohon kelor merupakan pohon yang banyak manfaat. Manfaat pohon kelor salah satunya adalah untuk mengatasi biduran. Berikut ini adalah cara mengobati biduran menggunakan daun kelor :

  • Bahan. Yang disiapkan adalah batang daun kelor bersama dengan daunnya, bawang merah sebanyak satu butir, 2 gram pulosari.
  • Cara. Pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu anda tinggal merebus semua bahan bahan itu menggunakan air sebanyak 3 gelas. Saat merebusnya sisakan air rebusannya sebanyak dua gelas. Setelah itu, saringlah air rebusan itu. Minum air rebusan daun kelor itu sebanyak dua kali dalam sehari dengan meminum air rebusan masing masing satu gelas.
  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Selama ini kunyit banyak digunakan untuk meredakan nyeri haid dan mengatasi sakit perut. Tidak hanya itu saja, kunyit yang banyak ditemukan di Indonesia bisa digunakan untuk mengobati biduran. Untuk bisa mengobati biduran, kunyit ini harus dicampurkan dengan berbagai macam bahan herbal lainnya. Bahan herbal yang digunakan untuk mengobati biduran adalah kunyit sebanyak 20 gram, daun sambiloto sebanyak 10 gram, 30 gram daun kelor, 1 sdm adas dan 3 butir bawang merah. Cara pembuatannya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  • Cuci bersih semua bahan bahan tersebut.
  • Setelah dicui bersih tumbuk semua bahan bahan itu sampai benar benar halus dan lembut.
  • Rebuslah bahan bahan yang sudah ditumbuk itu menggunkan 600 cc air atau sekitar 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih, saat mendidih sisakan air rebusan tersebut menjadi setengahnya.
  • Saring air rebusan itu agar terpisah dengan ampasnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dengan meminum ramuan masing masing setengah gelas banyaknya.
  1. Daun Jombang

Obat herbal biduran lainnya adalah daun jombang. Apakah anda tahu apa itu daun jombang?, daun jombang merupakan daun yang melekat pada tanaman jombang. Tanaman jombang sejenis rumput liar dan sering berada di pinggir jalan atau di pinggir sungai. Ciri khas adari tanaman ini adalah memiliki bunga seperti bunga matahari namun bunganya kecil. Daun maupun tangkai dari bunga terdapat lapisan seperti bulu yang halus. Cara mengobati biduran menggnakan daun jombang ini sangat muda sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Cuci bersih daun jo,bang menggunakan air yang mengalir.
  • Merebusnya menggunakan 400 cc air.
  • Tunggu sampai mendidih kemudian sisakan menjadi setengahnya.
  • Mmeinumnya saat air rebusan ini berubah menjadi hangat. Jangan minum air rebusan ini saat dingin, sebab saat dingin air rebusan ini fungsinya menjadi menurun.
  1. Akar Rosa Multiflora

Pernahkah anda mendengar tanaman satu ini?, mski tanaman ini jarang dikenal dan jarang dijumpai namun tanaman ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan biduran. Tanaman ini masuk ke dalam tanaman mawar, orang orang menyebutnya sebagai mawar pagar. Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki bunga putih namun tidka berkelopak lopak seperti mawar. Cara mengobati biduran menggunakan tanaman ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan akar dari tanaman ini sebanyak 10 gram.
  • Cuci bersih akar dari tanaman ini mengguakan air yang mengalir.
  • Rebus akar dari tanaman ini menggunakan 2 gelas air.
  • Sisakan menjadi setengah gelas saja.
  • Minum air rebusa ini sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi maupun sore hari.
  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun di dunia herbal dan pengobatan tradisional sudah banyak diketahui. Selama ini minyak zaitun banyak digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering kering, telapak kaki pecah pecah dan maih banyak lagi lainnya. Selain itu minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi biduran. Untuk mengatsi biduran, minyak zaitun ini perlu dicampurkan dengan minyak kayu ptih dan menthol kristal dengan takaran masing masing satu sendok makan. Cara mengobati biduran menggunkan cara ini sangat mudah sekali sebab cara ini digunakan sebagai obat luar, cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkanlah semua bahan bahan tersebut.
  • Setelah semua bahan tercampur dengan baik gosokkanlah obat luar tersbeut ke bagian kulit yang terkena biduran.
  • Obat luar dari campuran minyak zaitun, kayu putih dan menthol kristal itu berguna untuk menghilangkan gatal akibat biduran.
  1. Jahe

Selama ini obat herbal jahe banyak digunakan untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin. Kini jahe bisa digunakan untuk mengatasi biduran secara efektif. Di dalam jahe terdapat banyak sekali senyawa dan mineral yang berguna untuk kesehatan. Senyawa dan mineral itulah yang nantinya bisa digunakan untuk mengatasi biduran. Berikut ini adalah cara mengatasi biduran menggunakan jahe :

  • Bahan yang disiapkan adalah 30 gram jahe dan juga 100 cc cuka yang terbuat dari beras hitam.
  • Membuatnya pun tergolong mudah yaitu dengan menumbuk jahe sampai benar benar halus.
  • Saat sudah halus rebus jahe tersbeut menggunakan tiga gelas air, setelah itu anda bisa menmbahkan cuka beras hitam.
  • Sisakan air rebusan menjadi setengahnya.
  • Saat air rebusan berubah menjadi dingin anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Leunca

Pernahkah anda mendengar leunca?, leunca merupakan tumbuhan dari suku terung terungan dan buahnya dipercaya sebagai sayuran atau lalapan bahkan bisa digunakan untuk kesehatan. Leunca ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi biduran. Cara mengatasi biduran menggunakan leunca ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan tanaman leunca yang sudah dibuang akarnya.
  • Cuci bersih tanaman leunca tersebut.
  • Setelah dicuci bersih tumbulah tanaman leunca tersebut.
  • Gunakanlah tumbukan tanaman leunca ke bagian kulit yang terkena biduran.
  • Sari dari tanaman leunca bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan juga menghalangi penyebaran bintik merah biduran tersebut.
  • Anda bisa membalurkan tumbukan dari tanaman leunca ke bagian kulit yang terkena biduran sebanyak tiga kali dalam sehari.
  1. Daun Sirih

Daun sirih sebagai obat herbal tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Selama ini daun sirih banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan terutama gangguan kesehatan pada wanita. Daun sirih banyak digunakan untuk mengatasi keputihan, gatal gatal di daerah kewanitaan dan masih banyak lagi lainnya. Di dalam daun sirih terdapat banyak senyawa kimia dan sifatnya sebagai antiseptik mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Cata mengobati biduran menggunakan daun sirih adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun sirih sebanyak 20 lembar, selain itu siapkan pula daun ketepeng sebnyak 20 lembar.
  • Cuci bersih kedua bahan bahan tersebut menggunakan air yang mengalir.
  • Rebus menggunakan empat gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. Minum air rebusan itu masing masing satu gelas saat pagi dan menjelng tidur malam hari.