Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Obat Tradisional Batu Empedu

Obat Tradisional Batu Empedu

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Manfaat Kulit Telur Untuk Tanaman , Manfaat Rebusan Pare Untuk Kesehatan , Manfaat Daun Cecendet , Manfaat Salak Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Talok Bagi Kesehatan , Khasiat Jamu Gepyokan Bagi Kesehatan , Khasiat Kulit Kerbau Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Resiko Dan Manfaat Meminum Kopi Hijau , Mengobati Hepatitis Dengan Alami , Cara Alami Mengobati Busung Lapar , Obat Tradisional Radang Usus , Cara Menyembuhkan Diare Pada Anak , Cara Mengobati Radang Mata , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Obat Tradisional Demam Menggigil , Cara Menghilangkan Nyeri Haid , Obat Tradisional Batu Empedu , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis
Obat Tradisional Batu Empedu

Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, terkadang  batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, dan dapat bertahan selama hitungan jam.

Ukuran batu empedu bermacam-macam. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi, misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak. Berikut ini kami akan memberikan anda Obat Tradisional Batu Empedu  :

Tanaman ini memang tidak begitu dikenal, menurut tradisi tanaman gempur batu dapat mengatasi dan menghancurkan batu empedu. Gempur batu, dalam bahasa latin disebut Borreria hispida, tanaman gulma keluarga Rubiaceae. Tumbuhan ini digunakan sejak dahulu sebagai terapi alternatif untuk diabetes. Selain itu, juga dapat digunakan untuk terapi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa manfaat gempur batu selain untuk obat tradisional penghancur batu empedu, antara lain:
  1. Di Filipina, daun yang diseduh digunakan sebagai obat untuk mengatasi haemorrhoids. Tanaman ini dapat dimakan dengan herba lainnya sebagai sayur lalapan. Beberapa wilayah di Filipina menggunakannya sebagai tonik dan stimulan.
  2. Akar tanmana bersifat mirip dengan sarsaparilla, dan diresepkan dalam seduhan sebagai herba alternatif.
  3. Daun gempur batu dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala, dengan cara dioleskan.
  4. Biji tanaman dapat bermanfaat sebagai obat kumur, pendingin dan menghentikan pendarahan.
  5. Biji tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi diare dan disentri. Juga elah direkomendasikan sebagai pengganti bubuk kopi.

 

Adapun ramuan obat tradisional penghancur batu empedu dari tanaman gempur batu sebagai berikut:
  1. Siapkan 2 genggam daun gempur batu yang masih segar.
  2. Masukkan kedalam 110 ml air bersih, kemudian dibuat infusa atau pipisan. Atau bisa juga direbus dengan api kecil selama 15 menit.
  3. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.
  4. Untuk infusa dan rebusan, dosis sekali minum 100 ml.
  5. Untuk pipisan, dosis sekali minum 1/4 cangkir
Tanaman ini juga dapat membantu untuk mengobati penyakit batu ginjal. Cara pengolahan herba sebai berikut:
  1. Ambil 2 genggam daun gempur batu yang masih segar.
  2. Ditambah 7 pohon meniran kecil yang masih segar.
  3. Masukkan kedalam 110 air, dan dibuat infusa, atau direbus dengan api kecil selama 15 menit.
  4. Dosis sekali minum 100 ml.
  5. Ramuan ini diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

 

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengobatan dengan gempur batu dapat memperbaiki fungsi jantung, dan berbagai faktor risikonya. Gempur batu dianggap sebagai agen nutraceutical dan herba potensial untuk penyakit kardiovaskular.