Obat Tinnitus Alami Paling Ampuh

Obat Tinnitus Alami Paling Ampuh

telinga merupakan salah satu indera yang sangat penting untuk kehidupan. Jika tidak ada telinga, hidup akan sunyi karena Anda tidak bisa mendengar apa-apa. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Jangan sampai Anda menyesal setelah terkena tinnitus.

Penyakit tinnitus merupakan penyakit umum yang cukup sering menyerang telinga dan tidak ada obat medis khusus untuk menyembuhkan tinnitus. Mungkin Anda akan diberi saran-saran oleh dokter dan minum obat yang umum digunakan untuk penyakit ringan.

Penyebab tinnitus sebagian besar adalah karena mendengarkan suara yang keras dalam jangka waktu lama.Ini bisa terjadi karena Anda menggunakan earphone terlalu sering, lama dan dengan volume keras. Hal ini juga dapat terjadi karena cedera pada ujung syaraf dan infeksi telinga, penumpukan kotoran telinga, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi tinnitus, Anda bisa menggunakan Obat Tinnitus Alami Paling Ampuh berikut ini :

1. Bawang Putih

Tinnitus yang terjadi karena udara yang sangat dingin bisa coba diatasi dengan menggunakan bawang putih di mana bawang putih ini bisa Anda goreng lebih dulu sebanyak 2 siung dengan sesendok makan minyak wijen. Setelah disaring dan dibiarkan dingin, Anda bisa menaruh beberapa tetes minyak ke kanal telinga yang dilakukan setiap sebelum tidur selama 1 minggu penuh.

2. Bawang Merah

Memang efek samping bawang merah perlu diketahui, tapi Anda juga jangan lupa bahwa manfaat dari bumbu dapur ini sangatlah besar juga. Dengan kandungan antibakterinya, maka bawang merah bisa diandalkan sebagai obat alami bagi penderita infeksi telinga yang menjadi penyebab tinnitus.

Untuk menggunakannya, cukup cincang sesiung bawang merah kecil hingga kecil-kecil dan taruh di dalam microwave untuk dipanaskan selama 1-2 menit saja. Setelah dingin, nantinya bisa Anda ambil sarinya dengan menyaringnya. Teteskan beberapa kali ke bagian telinga yang mengalami tinnitus dan tinggalkan 5 menit sampai sarinya mengering; lakukan rutin beberapa kali seminggu.

3. Cuka Sari Apel

Selain mampu menjadi solusi bagi para penderita tekanan darah tinggi, cuka sari apel merupakan sebuah bahan alami yang bisa dijadikan obat tinnitus. Sifat anti-inflamasi dan antijamurnya cukup tinggi dan itulah mengapa cuka sari apel bisa diandalkan ketika kita mengalami tinnitus alias telinga berdengung.

Penggunaannya sangatlah mudah karena cukup dengan mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu di dalam segelas air putih. Obat inilah yang perlu Anda minum sehari 2-3 kali sampai sensasi dengung pada telinga berkurang dan kemudian berhenti. Lakukan metode pengobatan ini secara teratur supaya hasilnya pun bagi telinga Anda juga maksimal.

4. Ginkgo Biloba

Untuk mengobati tinnitus secara alami, ginkgo biloba jangan sampai ketinggalan untuk dipertimbangkan. Ginkgo biloba sangat mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan fungsi pendengaran. Dengan bahan ini jugalah, sensasi dengung pada telinga juga bakal berkurang dikarenakan sifat antijamur dan antibakteri yang bekerja secara maksimal.

Penggunaannya tergolong mudah karena Anda hanya memerlukan ginkgo biloba dalam bentuk ekstrak yang bisa dibeli di toko obat herbal terdekat. Konsumsilah 120 hingga 240 mg di mana di dalamnya diketahui mengandung 24-32 persen akan flavonoid serta terpenoid sebesar 6-12 persen. Konsumsi setiap hari dengan dosis yang tepat; konsultasikan dengan dokter sebelum memulainya.

5. Daun Kemangi

Kalau biasanya daun kemangi disantap sebagai lalapan dan sangat berguna dalam mengatasi bau mulut, kali ini daun kemangi bisa membantu Anda yang mengalami tinnitus. Kandungan antibakteri di dalamnya akan bekerja optimal sebagai pembunuh bakteri yang menyebabkan telinga sering berdengung. Jika dengung disertai rasa sakit, maka daun ini juga mampu meredakan rasa sakitnya.

Ambil segenggam daun kemangi yang kemudian bisa dimasukkan ke blender dan diblender untuk membentuk adonan pasta. Pasta itulah yang bisa disaring untuk diambil ekstrak jusnya, lalu hangatkan lebih dulu. Setelah hangat, gunakan alat tetes dan teteskan beberapa kali ke bagian telinga dalam yang berdengung; lakukan sehari 2 kali hingga 4 hari untuk merasakan hasilnya.

6. Kulit Manggis

Berbagai jenis penyakit mampu disembuhkan dengan kulit manggis ini dan tak terkecuali kondisi telinga berdengung. Untuk menggunakannya, cukup rebus bersama daun sirsak secukupnya. Air rebusan itu dapat Anda konsumsi hingga telinga pulih total. Asalkan teratur, obat alami ini benar-benar aman dan akan memberikan hasil efektif.

7. Jahe

Orang-orang yang sedang sakit batuk biasanya akan mencari jahe untuk dijadikan obat batuk alami. Namun sebetulnya, jahe bisa juga digunakan untuk mengobati tinnitus dengan menghaluskannya lebih dulu, lalu merebusnya. Setelah diangkat, Anda bisa saring dan minum secara teratur; atau, makan saja secara langsung tapi waspadai juga akan efek samping jahe.

8. Minyak Mustard

Memang benar bahwa jenis minyak ini termasuk jarang dipakai sebagai obat, tapi Anda bisa menyembuhkan tinnitus dengan ini. Panaskan saja lebih dulu minyak mustard ini dan kemudian bisa diteteskan ke bagian telinga yang sering berdengung. Cara ini termasuk gampang dan siapapun mampu memanfaatkannya.

9. Labu

Labu dapat juga Anda manfaatkan sebagai obat tinnitus alami paling mujarab di mana Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa harus repot-repot meramunya. Konsumsilah secara rutin, yaitu setiap hari, hingga telinga Anda terasa baikan. Labu siem adalah yang paling bisa Anda pakai dan sekalian dijadikan sebagai lalapan.

10. Nanas

Buah satu ini kerap dijadikan sebagai bahan rujak yang asyik dinikmati ketika siang-siang. Buah ini rupanya juga membawa manfaat baik bagi penderita tinnitus, di mana penderita bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat minuman jus. Namun, perhatikan juga takarannya dan jangan terlalu banyak karena juga tidak baik bagi tubuh apabila konsumsi berlebihan.

11. Daun Cakar Ayam

Telinga berdengung bisa juga diatasi dengan daun cakar ayam di mana daun ini bisa Anda rebus secukupnya dan minumlah air rebusannya setiap hari. Proses penyembuhan dijamin lebih cepat ketika Anda mengonsumsinya rutin dan masalah telinga yang berdengung akan berkurang cukup drastis.

12. Daun Dewa

Selain daun cakar ayam, daun dewa pun bisa Anda andalkan di mana sama seperti cara-cara yang sudah-sudah, Anda bisa merebus daun dewa ini. Hanya saja, tambahkan juga sambiloto, pegagan dan biji teratai. Air rebusan itulah yang Anda bisa campurkan dan konsumsi secara teratur sehingga telinga nantinya akan berhenti berdengung.

13. Daun Pegagan

Obat alami ini bisa Anda gunakan sebagai campuran daun dewa tadi bersama juga dengan sambiloto dan biji teratai, atau juga dipakai sendiri. Rebuslah seperti biasa dan airnya bisa dikonsumsi rutin setelah disaring. Hasilnya, telinga berdengung pasti akan berkurang dan lama-lama hilang apabila Anda mengonsumsinya setiap hari.

14. Daun Iler

Daun ini juga sangat kaya akan manfaat dan Anda bisa meramunya bersama dengan sambiloto serta lengkuas merah muda. Haluskan semua bahan dan peraslah untuk mendapatkan ekstraknya, lalu ekstrak inilah yang kemudian diteteskan ke bagian dalam telinga. Lakukan secara hati-hati dan secara teratur sampai telinga benar-benar pulih.

15. Biji Mahoni

Untuk obat alami lainnya, Anda bisa coba biji mahoni di mana Anda perlu menumbuknya bersama dengan daun iler dan juga kunyit secukupnya, baru ditambahkan dengan minyak wijen seperlunya. Hangatkan lebih dulu dan kemudian pakailah dengan meneteskan ramuan ke dalam telinga yang berdengung. Tinnitus dijamin cepat sembuh bila pemakaiannya dilakukan serutin mungkin.