Obat Sakit Mata Belekan Alami

Obat Sakit Mata Belekan Alami

Sakit mata belekan walaupun tidak berbahaya namun harus segera diatasi mengingat sakit yang satu ini sangat menular. Saat bangun tidur di kelopak mata kita akan terbentuk kotoran yang sangat mengganggu.

Belekan ditandai oleh gejala yang mudah dikenali diantaranya sebagai berikut:

  • Mata lelah dan mudah berair.
  • Terasa gatal pada mata, kondisi ini tidak diperkenankan bagi anda untuk menggaruk mata.
  • Mata terlihat merah dan panas atau perih.
  • Gejala berlanjut pada mata yang seringkali mengeluarkan kotoran dalamwaktu yang singkat.
  • Lendir kotoran mata berwarna hijau atau keabuan.
  • Lendir kental.

Nama lain belekan biasanya disebut dengan mata merah yang disertai gejala banyaknya kotoran mata yang keluar. Pengobatan medis atau menggunakan obat tetes mata sebenarnya diperbolehkan dalam kadar yang sangat sedikit. Mata yang sakit karena iritasi lebih disarankan untuk berada dalam kondisi netral atau tanpa menyerap zat kimia tertentu. Nah, untuk itu mengatasi mata belekan bisa dengan pengobatan alami. Berikut adalah beberapa Obat Sakit Mata Belekan Alami :

1. Bawang Putih

Jenis bahan dapur yang satu ini memang berkhasiat untuk beragam masalah kesehatan. Mulai dari kolesterol, darah tinggi, jantung, dan kali ini untuk mengobati mata. Iritasi mata biasa disebabkan oleh bakteri yang terlalu banyak berkumpul. Salah satu fungsi bawang putih adalah sebagai pengusir bakteri dan membunuh bakteri tersebut. Untuk mengobati mata belekan dengan bawang putih caranya cukup mudah, ikuti langkah berikut ini:

  • Sediakan 3 siung bawang putih, kupas dan cuci bersih.
  • Perhatikan untuk tetap menjaga bawang putih steril dari sentuhan tangan. Potong ujung bawang putih sambil dipegang menggunakan sapu tangan atau handuk
  • Oleskan perlahan ujung bawang putih yang sudah dipotong pada kelopak mata.
  • Lakukan gerakan tersebut secara hati-hati karena bisa berefek perih pada mata anda.
  • Setelah beberapa menit, cuci kelopak mata dengan air secara perlahan.

2. Madu

Hasil lebah yaitu madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu murni bisa anda gunakan untuk mengobati mata belekan. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata. Diamkan beberapa saat hingga agak kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara ini efektif untuk meredakan mata yang lelah karena belekan atau iritasi, dan menghilangkan belekan dalam waktu yang relatif singkat.

3. Daun Sirih

Mengobati mata belekan dengan daun sirih juga bisa dilakukan untuk mengurangi bakteri dan kotoran yang kemungkinan sering keluar melalui ujung mata. Daun sirih mengandung anti kuman dan berfungsi sebagai pereda lelah alami bagi mata yang merah karena disebabkan oleh infeksi. Untuk mengatasinya anda perlu melakukan langkah sebagai berikut:

  • Sediakan beberapa lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus.
  • Air rebusan daun sirih bisa disaring dengan memakai kain kasa untuk mendapatkan hasil saringan yang jernih.
  • Kemudian gunakan air saringan yang jernih tersebut untuk membasuh area mata. Anda bisa juga meneteskan sebanyak 1 tetes (jangan lebih) pada mata anda seperti menggunakan obat tetes mata.
  • Rasanya akan lebih perih dan bisa mereda selama beberapa menit.

4. Air Hangat

Air hangat memiliki fungsi yang penting dalam tubuh kita. Air hangat merupakan pengontrol sirkulasi darah, peluntur lemak alami, dan satu manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu meredakan nyeri pada mata belekan. Mata yang belekan cenderung merasakan sakit dan perih pada saat tertentu terutama saat mata terbuka. Oleh sebab itu, anda bisa meredakan nyeri tersebut dengan memakai air hangat.

Terapi air hangat untuk mata belekan dilakukan dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Anda hanya perlu menyediakan air hangat dan celupkan handuk bersih pada air tersebut. Peras handuk dan kompres mata dengan kondisi tertutup dengan handuk hangat, dan pastikan handuk dan tangan tetap steril.

5. Patikan Kebo

Daun patikan kebo, jenis daun yang satu ini seringkali digunakan sebagai obat alami para leluhur zaman dulu. Selain menyembuhkan berbagai luka atau penyakit daun patikan kebo ternyata bermanfaat untuk mengatasi mata belekan. Langkah penyembuhannya adalah sebagai berikut:

  • Sediakan tiga tangkai daun patikan kebo
  • Ambil getahnya kemudian oleskan getah tersebut sekitar area mata yang sakit
  • Diamkan beberapa saat sambil mata tetap terbuka
  • Cuci dengan air dingin hingga bersih

6. Kentang

Kentang selain lezat untuk diolah sebagai masakan, ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan mata belekan lho! Anda penasaran? Berikut langkah pengobatan mata belekan menggunakan kentang.

  • Sediakan kentang ukuran sedang 1 butir saja
  • Kupas dan cuci bersih kentang, kemudian blender kentang hingga menjadi jus
  • Gunakan jus kentang yang sudah halus tersebut untuk mengompres mata

Cara mengobati mata belekan dengan jus kentang ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pada area mata dan mengurangi bengkak yang kemungkinan disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada mata.

7. Mentimun

Mentimun memang segar jika digunakan sebagai masker wajah. Hal tersebut juga berlaku bagi anda yang ingin mengobati mata belekan dengan mentimun. Anda hanya perlu menyediakan mentimun segar tanpa dikupas dan menempelkannya pada mata yang tertutup. Cara ini efektif sebagai antioksidan alami yang membantu mata dalam proses penyembuhan serta menyegarkan mata yang perih akibat iritasi.

8. Air Mawar

Pernah mendengar air mawar? Jenis cairan yang satu ini sudah banyak terjual di toko obat. Air mawar memang diyakini efektif untuk menghilangkan kuman secara langsung. Cara yang dilakukan dengan air mawar ini juga terbilang mudah yaitu anda hanya perlu menyediakan air mawar dalam baskom yang telah berisis air bersih.

Untuk lebih amannya gunakan air mineral kemasan dalam wadah baskom steril. Teteskan beberapa bagian air mawar dan cuci mata menggunakan air tersebut. Celupkan mata kemudian angkat dan gunakan untuk berkedip. Cara ini mungkin akan menimbulkan rasa perih dalam beberapa saat saja.

9. Kurangi Obat

Bagi anda yang mengalami sakit mata, hal yang paling penting adalah mengkondisikan mata agar tetap dalam keadaan steril alias tanpa zat kimia. Penggunaan obat tetes mata secara berlebihan akan berpengaruh pada pengobatan penyakit mata tersebut. Untuk itu, membatasi pemakaian obat untuk mata akan sangat membantu proses penyembuhan. Apalagi jika hal tersebut diikuti dengan mengurangi sentuhan tangan pada mata.

10. Susu

Susu murni juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami penghilang sakit mata belekan. Menggunakan susu murni pada proses pengobatan anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas steril yang telah dicelupkan pada susu murni. Lakukan hal ini berulang hingga mata terasa segar dan siap dilakukan pengobatan lainnya.

11. Tomat

Tomat memang kaya dengan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata. Dengan buah berwarna merah ini pun anda bisa menggunakannya sebagai cara untuk mengobati mata belekan. Sediakan tomat ukuran sedang yang telah dicuci bersih, kemudian potong tomat tipis dan letakkan potongan tersebut pada mata yang tertutup. Terapi ini akan membantu menetralkan racun atau bakteri yang ada di sekitar mata serta menghilangkan rasa lelah pada mata anda.

12. Air Seledri

Seledri yang kaya akan antioksidan bisa menjadi obat mujarab untuk anda yang sedang mengalami mata belekan. Dengan mengompres mata menggunakan seledri yang dihaluskan dan dicampur air, mata belekan yang seringkali mengeluarkan kotoran akan berkurang dan mereda. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sediakan baskom atau mangkok berisi air kemasan
  • Taruh beberapa lembar daun seledri dan cuci mata menggunakan air tersebut
  • Atau anda bisa juga dengan menggunakan seledri yang dihaluskan serta diberi air (dalam bentuk jus)
  • Peras air kemudian kompres mata menggunakan kain bersih yang digunakan untuk menyaring air seledri.

13. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja bisa menetralkan sirkulasi oksigen yang berguna sebagai terapi penyembuhan bagi mata yang mengalami iritasi ringan. Hal yang perlu dilakukan adalah menghaluskan bunga kamboja hingga benar- benar halus kemudian mengoleskannya di sekitar area mata yang sakit. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan terapi ini beberapa kali sampai rasa sakit menghilang.

14. Lidah Buaya

Lidah buaya mungkin bisa perih jika terkena mata. Apalagi mata yang tengah sakit seperti belekan. Namun, senyawa aktif dalam lidah buaya berfungsi untuk meringankan rasa nyeri pada mata sekaligus membantu penyembuhan mata yang mengalami peradangan. Bukan cuma khasiat lidah buaya untuk kulit yang sangat besar, Anda juga bisa membuktikan keampuhannya untuk masalah belekan dengan mengoleskan gel lidah buaya perlahan di sekitar bagian kelopak mata, biarkan mata terbuka kemudian bilas jika sudah mengering.

15. Buah Pir

Buah pir adalah salah satu jenis buah yang bisa anda gunakan untuk mengobati mata yang sakit. Untuk pengobatan menggunakan buah pir yang perlu anda persiapkan adalah satu baskom berisi air bersih, seperti biasanya lebih disarankan untuk menggunakan air mineral kemasan saja. Taruhlah pada baskom yang berisi air tersebut potongan buah pir yang tidak dikupas. Buah pir dipotong menjadi beberapa bagian kecil-kecil kemudian diamkan sesaat.

Cucilah mata anda menggunakan air tersebut dengan cara mencelupkan mata kemudian angkat kembali, lakukan beberapa kali hingga anda merasa bahwa air rendaman pir sudah ada yang masuk ke bola mata anda. Cara ini aman dilakukan  berulang-ulang karena berfungsi menghilangkan bakteri dan membantu memberikan nutrisi tambahan pada mata.

Image result for Sakit Mata Belekan