Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke , Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki , Makanan Penyebab Asam Lambung Naik , Mengobati HIV AIDS Secara Tradisional , Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Eksim Basah , Cara Mengobati Kutil , Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan , Bahaya Daging Sapi Bagi Kesehatan , Manfaat Kelapa Arab , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Gejala Liver Bengkak , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Bahaya Cuka Makan Bagi Kesehatan , Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Dari sekian banyak rasa sakit yang kerap kita alami, sakit gigi adalah salah satu jenis sakit yang cukup mengganggu. Selain membuat kita merintih sepanjang hari, sakit gigi juga seketika menjadikan kita pribadi yang temperamental. Nah, agar tidak berlarut-larut, ada sejumlah obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Apa saja  Obat Sakit Gigi Paling Ampuh , yuk guys disimak ulasannya berikut ini :

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bisa membantu mengatasi bahaya gigi berlubang jika dibiarkan. Minyak cengkeh yang dihasilkan dari minyak pohon cengkeh maupun daging buah cengkeh,memiliki efek menenangkan. Efeknya bagian yang sakit akan menjadi lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit secara berkala. Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang akan menjadi obat penenang. Cara perawatan ini dilakukan dengan memberikan minyak cengkeh secara langsung ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa membuat bola kapas kecil yang kemudian dicelupkan ke dalam minyak cengkeh. Masukkan bola kapas tadi ke bagian yang sakit dan tahan selama beberapa menit.

  1. Teh Daun Mint

Teh daun mint juga bisa membantu mengatasi sakit gigi karena berbagai sebab. Caranya adalah dengan membuat larutan dari satu sendok daun mint yang sudah dikeringkan. Kemudian rebus dengan satu gelas air minum hingga mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan. Segera setelah dingin Anda bisa menggunakan air ini untuk membilas mulut selama beberapa kali. Agar efeknya semakin baik maka Anda juga bisa minum teh daun mint. Ini. Anda bisa melakukan perawatan ini selama beberapa kali dalam sehari.

  1. Hidrogen Peroksida

Bahan hidrogen peroksida juga bisa membantu mengatasi sakit gigi. Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok bahan hidrogen peroksida ke dalam satu gelas air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur selama sekitar 20 hingga 30 detik. Cara ini akan membantu mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang atau radang gusi. Hidrogen peroksida adalah bahan yang bisa membantu membunuh bakteri , mengurangi peradangan dan menjaga agar bakteri baik tetap ada dibagian rongga mulut.

  1. Kompres dengan Teh Hitam

Teh hitam adalah salah satu obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Cara ini bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Anda bisa mengambil jenis teh hitam celup yang dibungkus dengan kantong putih. Kemudian basahi kantung teh hitam dengan air hangat. Setelah itu gunakan secara langsung untuk mengompres pada bagian gigi yang sakit. Manfaat teh hitam untuk mengatasi sakit gigi adalah karena mengandung tanin yang bisa mengatasi peradangan. Efeknya juga sangat baik untuk membantu mengatasi pembengkakan pada bagian gusi dan pipi.

  1. Kompres dengan Es Batu

Jika Anda merasakan sakit gigi yang sangat buruk maka bisa mencoba menggunakan es batu. Caranya adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan es batu. Pertama Anda bisa mengambil es batu yang kecil-kecil kemudian masukkan dalam kantong plastik lalu bungkus lagi dengan kain yang lembut. Setelah itu tempelkan pada bagian pipi yang berdekatan dengan bagian gigi yang sakit. Es akan membantu syaraf di sekitar bagian gigi menjadi mati rasa atau tenang. Kemudian selama beberapa saat maka bisa membantu menenangkan bagian gigi yang sakit.

  1. Lakukan Pijat Akupresure

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara dan bagian yang sakit sama sekali belum berkurang, maka Anda bisa mencoba menggunakan tehnik akupresure. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh ahli akupresure yang sudah berpengalaman. Cara akupresure adalah dengan memijat bagian syaraf yang paling berhubungan dengan bagian gigi yang sakit. Kemudian ketika syaraf tersebut mendapatkan rangsangan maka bisa menyebabkan pelepasan rasa sakit secara alami. Efeknya mungkin akan bertahan selama beberapa saat dan bisa membantu penderita sakit gigi.

  1. Bawang Putih dan Garam

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang paling mudah didapatkan. Bawang putih mengandung senyawa sulfur dan alisin yang sangat baik untuk membantu mengatasi infeksi akibat bakteri atau kuman lain. Selain itu senyawa ini sangat penting untuk mengobati sakit gigi karena bisa bersifat sebagai bahan antibiotik. Cara perawatan ini dengan bawang putih sebagai berikut.

  • Ambil 1 siung bawang putih yang masih segar kemudian kupas dan bersihkan.
  • Kemudian hancurkan bawang putih dan garam lalu terapkan pada bagian yang sakit.
  • Anda juga bisa langsung mengunyah bawang putih agar hasilnya lebih maksimal.
  1. Lada dicampur Garam

Lada dan garam adalah bahan yang sangat baik untuk membantu mengatasi sakit gigi. Lada dan garam bersifat melawan peradangan, mencegah perkembangan bakteri, dan juga mengatasi rasa sakit. Anda bisa mencoba perawatan ini dengan cara:

  • Ambil garam halus dan lada bubuk dan letakkan dalam gelas atau mangkuk cekung.
  • Tambahkan beberapa tetes air lalu aduk hingga menjadi pasta.
  • Kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian gigi atau gusi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang.
  • Bilas mulut dengan air bersih dan ulangi lagi langkah ini.
  1. Bubuk Asafetida dan Air Lemon

Bubuk asafetida adalah bahan yang dihasilkan dari bagian tanaman adas. Bahan ini biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masakan khas India. Asafetida telah menjadi obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi dan gusi yang bengkak. Khasiatnya untuk mengatasi sakit gigi adalah untuk menjaga agar infeksi gigi tidak menyebar dan menjaga agar peradangan berkurang. Berikut ini cara menggunakan asafetida.

  • Tambahkan setengah sendok teh asafetida dan air perasan lemon.
  • Campurkan kedua bahan ini hingga menjadi pasta.
  • Kemudian buah bola kapas kecil dan masukkan dalam bahan ini hingga meresap ke kapas.
  • Tempelkan kapas tersebut ke bagian gigi yang sakit.
  1. Berkumur dengan Air Garam

Obat sakit gigi yang sudah sering digunakan sejak zaman dahulu kala adalah berkumur dengan air garam. Anda juga bisa membantu mengurangi rasa sakit gigi dengan cara berkumur dengan air garam. Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara yang sangat mudah. Garam merupakan bahan yang bisa membantu mengurangi efek tidak nyaman karena peradangan. Selain itu garam juga bisa membantu membunuh bakteri yang bersarang pada bagian gigi yang infeksi atau berlubang. Anda bisa mencoba dengan cara:

  • Masukkan seujung sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat.
  • Kemudian aduk hingga garam hancur dan larut dengan air.
  • Gunakan air ini untuk berkumur selama beberapa kali.
  • Anda bisa mengulangi cara ini hingga bagian yang sakit berkurang.
  1. Mengunyah Daun Jambu Biji

Jika Anda memiliki pohon jambu biji maka bisa mencoba untuk menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji sangat baik untuk mengatasi sakit gigi karena mengandung bahan alami yang bersifat analgesik atau mengurangi rasa sakit. Bahkan daun jambu biji yang segar bisa membantu memerangi bakteri yang bersarang pada gigi yang sakit. Caranya adalah dengan mengunyah daun jambu biji yang masih muda dan segar. Kemudian tahan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Atau dengan cara lain seperti berikut ini.

  • Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar kemudian bersihkan hingga tidak ada kotoran.
  • Rebus daun jambu biji tersebut dengan empat gelas air hingga mendidih.
  • Tambahkan sedikit garam kemudian gunakan untuk berkumur.
  1. Gunakan Pasta Jahe

Jahe merupakan salah satu obat alami untuk sakit gigi. Jahe mengandung bahan anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit. Bahkan kandungan etanol alami dalam jahe bisa membantu menenangkan syaraf pada bagian gigi yang bermasalah. Anda bisa menggunakan jenis rimpang jahe yang masih segar dan bersih. Kemudian potong sedikit dan kunyah pelan lalu tahan selama beberapa saat. Efek rasanya yang pedas dan menyegarkan akan menyebar ke semua bagian mulut. Ketika mengenai bagian yang sakit maka bisa membuat efek yang sangat nyaman. Cara ini sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk mengatasi sakit gigi.

  1. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Jika Anda merasa sakit gigi yang cukup sering akibat gigi sensitif atau memiliki beberapa bagian gigi yang berlubang, maka Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus. Pasta gigi khusus ini biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan gigi yang sangat sensitif terhadap rasa panas maupun dingin. Bagian lapisan gigi Anda juga akan mendapatkan perawatan. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang lembut dan menjangkau semua bagian gigi. Pasta gigi khusus ini juga bisa mengatasi abrasi gigi.

  1. Antibiotik untuk Sakit Gigi

Dokter gigi juga biasanya akan memberikan resep berupa obat antibiotik untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini biasanya terjadi pada sakit gigi akibat gigi bengkak, gusi yang infeksi atau bagian gigi yang sudah terkena infeksi. Beberapa jenis bahan antibiotik yang sering diberikan adalah seperti:

  • Amoksisilin
  • Metronidazole
  • Klindamisin
  • Eritromisin

Efek Samping Obat

  • Sakit perut
  • Diare
  • Gangguan pencernaan seperti berkurang nafsu makan dan mual.
  • Penyakit ginjal
  1. Analgesik

Dokter gigi juga bisa memberikan resep berupa analgesik. Ini adalah salah satu jenis obat penghilang rasa sakit yang termasuk golongan obat non narkotika. Obat ini juga bisa membantu mengatasi demam atau sakit kepala akibat sakit gigi. Beberapa jenis obat yang sering diresepkan misalnya adalah:

  • Golongan obat ibuprofen (advil, motrin dan nuprin), obat ini sering menyebabkan plak gigi dan karies gigi.
  • Golongan obat acetaminophen
  • Golongan obat aspirin
  • Golongan obat kortikosteroid
  • Golongan obat codein atau hydrocodone (untuk kondisi yang sangat parah
  1. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Jika Anda memiliki gigi berlubang maka usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan fluoride. Bahan ini biasanya terdapat pada pasta gigi khusus yang mengandung kadar fluoride yang lebih tinggi. bahan ini tidak hanya untuk menyembuhkan sakit gigi tapi juga mencegah rasa sakit gigi berlebihan yang bisa menyebabkan kerusakan gigi.

  1. Tambal Gigi Berlubang 

Metode tambal gigi dilakukan untuk jenis sakit gigi yang disebabkan karena gigi berlubang. Tambal gigi menggunakan salah satu bahan yang sesuai dengan jenis gigi. Namun prosedur ini biasanya dilakukan setelah sakit gigi berkurang. Dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengatasi rasa sakit, setelah itu prosedur baru bisa dilakukan. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk menambal gigi seperti perak, amalgam atau bahan yang lain. Biasanya prosedur ini tidak akan menyebabkan efek samping sehingga sangat aman.

  1. Perawatan Akar Gigi

Jika sakit gigi sudah sangat buruk dan bisa menyebabkan masalah yang lain maka perawatan akar gigi biasanya akan dilakukan oleh dokter. Cara ini dilakukan untuk membuat gigi yang rusak dan terkena infeksi diobati secara rutin. Cara ini juga untuk mencegah agar kerusakan gigi tidak menjalar atau semakin parah. Obat akan digunakan untuk mengobati infeksi pada bagian akar gigi. Selama prosedur maka pasien akan diberikan obat penahan sakit sehingga tetap merasa nyaman. Perawatan akar gigi juga bisa menghilangkan penyebab gusi bengkak dan sakit.

  1. Cabut Gigi

Obat sakit gigi permanen selanjutnya adalah cabut gigi tersebut, tentunya setelah sembuh. Cara lain yang biasanya dilakukan dalam dunia kedokteran gigi adalah mencabut gigi yang sudah rusak atau sering menyebabkan sakit. Biasanya dokter akan melakukan beberapa pertimbangan termasuk jika ada efek samping. Sebab jika salah satu bagian gigi dicabut maka bagian yang lain bisa menjadi sangat terganggu. Gigi yang sudah dicabut bisa digantikan dengan gigi implan atau gigi pasangan. Cara ini sangat baik untuk menghilangkan sakit gigi agar tidak kembali lagi.

  1. Baking Soda

Anda juga bisa mencoba menggunakan baking soda untuk menyembuhkan sakit gigi. Bahan ini bisa membantu menenangkan gigi yang sakit dan mencegah agar infeksi tidak menjadi lebih buruk. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan satu gelas air. Kemudian aduk hingga rata dan baking soda juga larut. Gunakan air ini untuk berkumur selama beberapa kali. Cara ini akan membantu menyembuhkan sakit gigi dengan cara yang alami.

  1. Kentang

Kentang juga  bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Kentang adalah sayuran yang penuh dengan sumber anti-inflamasi yang bisa mencegah peradangan pada sakit gigi. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kentang yang masih segar dan mengeluarkan getah bening ketika dikupas atau dibelah menjadi beberapa bagian. Kemudian potong kentang menjadi ukuran yang lebih kecil. Setelah itu gigit kentang pada bagian gigi yang sakit. Tinggalkan selama beberapa saat hingga rasa dingin masuk ke bagian gigi yang sakit.

Penyebab Sakit Gigi Paling Umum

  1. Terbentuknya lapisan plak pada gigi. Plak terbentuk dari lapisan makanan dan minuman yang mengandung gula dan tertinggal di bagian gigi. Kemudian bahan ini akan menyebabkan bakteri senang dan membuat produksi asam yang berlebihan. Plak yang terus menumpuk akan menyebabkan perkembangan bakteri dan bisa merusak gigi.
  2. Ketika plak terus menumpuk pada gigi maka bisa menyebabkan lapisan enamel pada gigi terus menipis. Hal ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif, rapuh dan berlubang.
  3. Infeksi yang menyerang pada bagian gigi, gusi dan rongga gigi yang juga bisa menyebabkan sinusitis.
  4. Penyakit gusi seperti gingivitis atau abrasi gusi dan gigi.
  5. Kebiasaan tidak menyikat atau membersihkan gigi setelah makan.
  6. Kebiasaan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis seperti kue dan permen yang bisa menyebabkan obesitas.
  7. Gigi patah akibat cedera atau trauma yang menyebabkan gangguan pada akar dan bagian gigi.
  8. Penyebab gigi berlubang sakit dan keropos juga bisa karena kebiasaan yang buruk.

Cara Mencegah Sakit Gigi

  1. Lakukan kebiasaan menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi yang ramah dan pasta gigi yang diperkaya dengan fluoride. Waktu terbaik untuk menyikay gigi adalah dua kali sehari dan setelah makan.
  2. Bersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi menggunakan benang pembersih gigi. Cara ini akan membantu menghilangkan semua kotoran yang terdapat pada bagian gigi dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.
  3. Selalu membilas atau berkumur setelah makan untuk membersihkan semua kotoran yang masuk ke sela gigi. Cara ini bisa dilakukan jika Anda tidak sempat untuk gosok gigi.
  4. Gunakan cairan untuk berkumur yang khusus bisa melawan pertumbuhan bakteri, membunuh kuman dan mencegah terbentuknya plak. Cara ini akan membantu melawan sakit gigi dan mencegah agar tidak mudah terkena sakit gigi.
  5. Usahakan untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi. Dokter gigi akan membantu membersihkan semua plak atau karang gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi.
  6. Jika Anda memiliki gigi berlubang maka lakukan perawatan secara rutin. Anda bisa mencoba untuk melakukan perawatan tambal gigi. Langkah ini sangat penting untuk menjaga agar tidak ada sisa makanan yang masuk ke dalam lubang dan menjadi tempat bersarang bakteri.
  7. Ketika Anda mengkonsumsi makanan ringan atau camilan lain maka usahakan untuk langsung segera minum. Cara ini akan membantu mengangkat kotoran dari sisa makanan yang terdapat pada sel-sela gigi.
  8. Hindari terlalu sering mengkonsumsi kopi atau teh yang bisa menyebabkan noda pada gigi.
  1. Perhatikan untuk menggosok gigi dengan gerakan yang benar. Cara yang benar adalah tidak dengan menggunakan kekuatan penuh untuk membersihkan semua kotoran. Anda bisa mencoba untuk menggosok gigi dengan cara yang sangat lembut kemudian bersihkan dengan gerakan yang benar. Gunakan jenis sikat gigi yang memiliki bentuk tidak terlalu besar sehingga bisa menjangkau semua bagian mulut.
  2. Hindari kebiasaan merokok. Kebiasan merokok juga sangat buruk untuk gigi. Rokok bisa menyebabkan penumpukan nikotin pada bagian lapisan gigi. Selain itu bahan rokok akan membuat kandungan asam dalam mulut menjadi sangat tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kondisi mulut menjadi lebih asam sehingga bisa membuat sakit gigi.
  3. Hindari kebiasaan minuman keras atau alkohol. Dengan menjaga agar tidak mengkonsumsi minuman keras maka Anda sudah bisa terlindungi dari bahaya minuman keras bagi kesehatan.
  4. Jika Anda memiliki bagian gigi yang tidak rata atau struktur yang sangat kacau maka juga bisa menyebabkan sakit gigi. Cara yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki struktur gigi ke ahli. Gigi yang tidak sesuai dengan susunan bisa menyebabkan masalah struktur yang buruk dan bahkan menyebabkan kerusakan gigi jangka panjang.
  5. Anda juga bisa menghindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan gigi rusak seperti makanan yang terlalu manis. Makanan yang mengandung gula bisa tertinggal dalam lapisan gigi. Hal ini bisa menyebabkan gigi berlubang atau penumpukan bakteri pada gigi.

Sakit gigi memang sangat mengganggu dan bisa menyebabkan penderita tidak bisa melakukan berbagai aktifitas. Perawatan gigi yang baik bisa membantu Anda mencegah sakit gigi dan menjaga agar kesehatan gigi juga selalu terjaga. Jadi pertimbangkan untuk terus melakukan perawatan gigi.