Obat Memar Tradisional

Obat Memar Tradisional

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma

Obat Memar Tradisional

Memar atau lebam adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit. Memar ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya. Endapan sel darah pada jaringan kemudian mengalami fagositosis dan didaurulang oleh makrofaga. Warna biru atau ungu yang terdapat pada memar merupakan hasil reaksi konversi dari hemoglobin menjadi bilirubin. Lebih lanjut bilirubin akan dikonversi menjadi hemosiderin yang berwarna kecoklatan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Obat Memar Tradisional :

1. Jahe Merah dan Daun Dewa

Analgesik terkandung di dalam daun dewa sehingga sangat pas untuk meredakan rasa nyeri di mana pun bagian tubuh Anda yang merasakan hal tersebut. Sementara itu, jahe merah menawarkan rasa panas yang akan menjadikan luka memar malah membaik dengan cepat. Bahkan terlepas dari efek samping jahe, jahe mampu membuat tubuh lebih hangat.

Dengan perbandingan 3:5, siapkan kedua bahan di mana daun dewa sebanyak 3 gram dan jahe merah 5 gram, setelah dibersihkan keduanya bisa Anda tumbuk hingga halus dan rebuslah. Setelah diangkat karena mendidih, Anda siap untuk menyaringnya dan meminumnya selagi hangat. Mengonsumsi setiap hari akan mengatasi memar dari dalam.

2. Daun Jarak Pagar

Mungkin Anda cukup familiar dengan daun jarak pagar dan bisa menemukannya dengan mudah? Silakan gunakan daun jarak pagar ini dengan mengambil beberapa lembar, mencucinya, lalu kemudian tumbuk secukupnya. Setelah ditumbuk kasar, tempelkan ke area memar Anda karena ini akan menyembuhkan dari luar.

3. Biji Blustru

Jika Anda mencari cara mengobati luka memar, silakan coba biji blustru karena bahan tradisional ini sangat mujarab. Biji blustru ini perlu Anda sangrai hingga matang, tapi pastikan untuk tidak dimakan. Biji blustru yang sudah disangrai bisa Anda tumbuk, lalu tempelkan ke area kulit yang memar secara teratur sampai memar menghilang.

4. Daun Sirih

Seperti kita tahu, daun sirih memiliki banyak kegunaan, dan ternyata luka memar pun siap untuk diobati dengan daun sirih ini. Ketika dipakai, Anda akan merasakan kenyamanan maksimal dan Anda pasti akan menyukainya. Cukup dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, lalu saat menanak nasi Anda bisa simpan daun di atasnya untuk dihangatkan.

Cara menghangatkannya bisa dengan demikian atau bakarlah di atas api asalkan tak dibiarkan terlalu lama karena akan hangus. Saat hangat-hangat, tempelkan daun ke luka memar Anda dan lakukan perawatan ini setiap hari sampai memar benar-benar hilang dan rasa sakit memudar.

5. Gandarusa dan Bunga Pacar Air

Bahan lainnya yang bisa dijadikan obat mujarab bagi memar Anda adalah gandarusa dan bunga pacar air. Perlu Anda ketahui bahwa gandarusa merupakan bahan yang bisa memperlancar aliran darah. Itulah mengapa gandarusa merupakan obat yang baik untuk luka memar untuk menjadi penetral.

Sediakan kedua bahan secukupnya, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Bahan yang sudah siap bisa langsung Anda tumbuk-tumbuk, baik halus maupun kasar tergantung keinginan Anda. Ketika ditumbuk, sari atau getahnya akan keluar dan Anda bisa menempelkan secara langsung ke area luka memar. Gunakan setiap hari hingga memar menghilang dan sembuh.

6. Umbi Daun Dewa

Khasiat umbi daun dewa bagi luka memar sangat bagus di mana bahan ini akan mampu meredakan rasa sakit pada memar. Bahan tradisional ini jugalah yang siap melancarkan peredaran darah sehingga tak hanya rasa sakitnya saja yang memudar, memar pun akhirnya nanti turut hilang.

Siapkan 3 bahan, yakni umbi daun dewa yang juga disertai dengan bunga mawar serta daun siantan serta bunganya. Perbandingan ketiganya adalah 1:1:3. Ketiga bahan dapat Anda tumbuk dan rebus sampai mendidih. Saringlah kemudian dan masukkan ke dalam gelas untuk Anda minum setiap hari secara rutin hingga memar Anda hilang dan sembuh total.

7. Kencur

Manfaat kencur sangat banyak dan segudang di mana salah satunya bisa juga dimanfaatkan sebagai obat luka memar. Cukup dengan menyediakan 5 jari kencur berikut bahan lainnya untuk dikombinasikan, yakni beras, Anda siap untuk meramu. Kedua bahan bisa Anda tumbuk dan hasil tumbukan bisa ditempelkan ke area luka memar selama beberapa hari berturut-turut secara rutin.

8. Seledri

Sebagai jenis sayur yang baik dikonsumsi untuk menekan tekanan darah tinggi, bahan yang biasanya selalu melengkapi sayur sop Anda dapat digunakan sebagai obat memar yang bengkak sekalipun. Zat analgesik di dalamnya cukup tinggi sehingga mampu meredakan rasa nyeri pada memar.

Untuk memakainya, seledri bisa dihancurkan lebih dulu di dalam plastik. Plastik di sini bisa Anda gunakan supaya sari atau getah seledri tidak akan terbuang. Tumbuk sampai halus dan tempelkanlah ke bagian memar Anda yang sakit. Supaya tidak bergeser, balutlah dengan baik menggunakan kain kasa, tunggu sampai mengering sebelum Anda bisa menggantinya dengan ramuan seledri baru.

9. Kumis Kucing

Bahan tradisional lainnya yang bisa Anda andalkan adalah kumis kucing di mana tanaman ini banyak dijumpai pada pekarangan karena tumbuh secara liar. Karena sifat kimiawinya hangat, manis, dan pedas, ini akan sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah serta membuat otot yang tegang jauh lebih rileks dan lemas.

Untuk menggunakannya, tanaman yang sudah disiapkan bisa dicuci lebih dulu sebelum akhirnya Anda giling sampai halus. Tempelkanlah kumis kucing yang telah dihaluskan pada area memar Anda. Supaya tidak terjatuh, terlepas dan mengenai benda sekitar Anda, silakan membalutnya menggunakan kain kasa. Tanaman ini juga bisa Anda rebus dan air rebusannya Anda pakai untuk merendam bagian yang memar selagi hangat.

10. Buah Kelapa

Jenis buah yang airnya kerap dijadikan penawar racun ini ternyata bermanfaat pula dalam menyembuhkan memar. Bahan yang dibutuhkan oleh Anda adalah buah kelapa yang kondisinya setengah tua. Ketika buah sudah siap, parutlah dan tambahkan cuka yang kemudian ditempel ke luka memar. Tunggulah kering lalu buatlah ramuan baru untuk mengganti ramuan lama, lakukan begitu seterusnya sampai memar hilang dan sembuh.

11. Daun Murbei

Bila Anda mengalami memar dan bengkak, daun murbei adalah salah satu bahan tradisional ampuh untuk diandalkan. Sebagai obat bengkak memar, daun murbei sangat ampuh hanya dengan merebus 15 gram daunnya selama 15 menit di dalam 2 gelas air. Setelah mendidih dan diangkat, Anda bisa menyaringnya dan jadikanlah 2 kali minum, yakni sore dan pagi. Obat ini dipercaya menyembuhkan secara efektif dari dalam untuk luka memar Anda.

12. Daun Kol Banda

Satu lagi bahan yang sebaiknya Anda pertimbangkan, yakni daun kol banda yang bisa Anda ambil beberapa lembar saja. Jangan lupa untuk mencucinya sampai ebrsih, lalu daun bisa Anda panaskan di atas api hingga daun melemas. Selesai memanaskannya, pastikan Anda menempelkan ke area yang memar dan bengkak saat kondisinya sudah hangat supaya efektivitasnya makin tinggi dalam menyembuhkan.

13. Kompres Panas Dingin

Untuk langkah pertolongan pertama benturan kepala atau bagian tubuh lainnya dan meminimalisir risiko memar bengkak, kompres panas dingin adalah cara atau obat tradisional paling ampuh. Untuk membuat darah mengalir lebih lancar, es batu adalah bahan yang tepat dan justru es batulah pencegah pembekuan di luka memar.

Secara bergantian dalam kurun waktu tertentu, kompres luka memar dengan air hangat setelah dari es batu tadi. Handuk kecil bisa disiapkan untuk Anda celup ke air hangat dan langsung Anda kompreskan ke area memar demi mengurangi risiko pembengkakan juga. Anda bisa menggunakan obat ini pada memar yang menyerang kaki, tangan maupun area wajah.

14. Buah Nanas

Kandungan enzim bromelain yang tinggi di dalam nanas adalah yang paling bermanfaat dan mampu menjadi penyembuh luka memar. Untuk menggunakannya nanas bisa Anda parut lebih dulu, barulah hasil parutan dikompreskan ke area yang terkena memar. Tunggu kering, yakni sekitar 30 menit sebelum akhirnya Anda memakai air biasa untuk membilas.

15. Kulit Pisang

Setelah makan pisang, jangan dulu membuang kulitnya seperti biasa karena bagian kulit pisang sangatlah luar biasa mampu menjadikan luka memar jauh lebih baik. Memar akan mudah hilang ketika Anda rajin menggosok-gosokkan kulit pisang sambil memberi sedikit pijatan di bagian yang memar tersebut. Lakukan rutin agar hasilnya pun memuaskan.

16. Lidah Buaya

Setiap kita sudah tak perlu lagi mempertanyakan akan khasiat lidah buaya untuk kulit. Rupanya khasiatnya tak hanya sekadar bagus untuk mencerahkan dan melembabkan kulit, Anda pun mampu menjadikan lidah buaya sebagai obat luka memar. Tanaman ini bisa Anda siapkan dan ambil bagian gelnya untuk secara langsung dioles ke luka memar. Sifat baik dari gelnya akan membantu menurunkan risiko pembengkakan dan peradangan.

17. Bawang

Baik itu bawang merah atau bawang putih, keduanya memiliki manfaat besar untuk meredakan dan menghilangkan memar. Siapkan bawang merah yang sudah Anda belah menjadi 2, lalu oleskan bagian dalamnya langsung ke area memar dan lakukan hal ini sampai memar hilang serta sembuh total.

Sementara bawang putihnya, Anda bisa mengonsumsinya mentah-mentah setiap hari 2 siung untuk memulihkan memar dari dalam. Tak perlu takut akan efek samping bawang putih karena selama tidak berlebihan tak akan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Sifat antibiotiknya begitu baik dan efektif menyembuhkan luka memar Anda dengan cukup cepat.