Obat Keseleo Lutut Tradisional

Obat Keseleo Lutut Tradisional

Image result for Obat Keseleo Lutut Tradisional

Keseleo atau terkilir adalah cedera yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan sendi. Keseleo paling sering terjadi pada bagian pergelangan kaki. Namun, keseleo bisa juga terjadi di lutut atau tangan. Kondisi ini pasti akan menimbulkan rasa nyeri, bengkak, memar, dan menurunkan kemampuan bergerak. Karena itu, simak berbagai Obat Keseleo Lutut Tradisional yang akan kami berikan berikut ini .

1. Lemon

Buah lemon bukanlah buah yang asing lagi karena ada banyak nutrisi yang diberikannya bagi kesehatan tubuh serta kulit. Untuk keseleo pada lutut pun, lemon juga bisa Anda andalkan.

  • Caranya: Sediakan 1 atau 2 buah lemon yang kemudian dipotong-potong menjadi kecil-kecil. Potongan-potongan kecil buah lemon tersebut dapat Anda ikat pada sebuah kain bersih, lalu celupkanlah ke dalam minyak wijen hangat secukupnya. Setelahnya silakan Anda pakai dengan mengompreskan ke lutut yang keseleo sekitar 10 menit. Melakukannya sehari 2 kali akan memberikan hasil efektif.

2. Kunyit

Sebagai obat alami bagi lutut yang keseleo, kunyit juga sangat berguna dan dapat Anda manfaatkan dengan baik. Kandungan kurkumin pada kunyit mengandung anti inflamasi yang akan mengurangi rasa nyerinya.

  • Caranya: Sediakan secangkir air dan masukkanlah 1 ½ sendok teh kunyit dan jahe. Rebus atau didihkanlah selama 10 menit sebelum akhirnya bisa Anda saring dan menambahkan madu secukupnya. Nikmatilah sehari 2 kali untuk kesembuhan lutut Anda. Atau, Anda juga dapat menyediakan segelas susu, lalu masukkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh; tambahkan madu juga untuk mempermanisnya.

3. Jahe

Walau ada efek samping jahe yang memang perlu diketahui, Anda pun harus tahu bahwa jahe sangat berguna dalam mengatasi masalah lutut yang keseleo. Ini semua berkat adanya kandungan anti inflamasi di dalamnya.

  • Caranya: Sediakan 1 rimpang jahe yang bisa Anda hancurkan, lalu kemudian rebus bersama dengan secangkir air. Perebusan bisa dilakukan selama 10 menit sebelum akhirnya bisa Anda saring dan ditambahkan sedikit jus lemon serta madu. Mengonsumsinya sehari 2-3 cangkir bisa menyembuhkan rasa sakit pada lutut akibat keseleo. Atau, gunakan minyak jahe untuk mengurut lutut yang keseleo sampai hasilnya terasa membaik.

4. Cuka Sari Apel

Selain dapat dijadikan obat penurun gejala kolesterol serta solusi bagi tekanan darah tinggi, cuka sari apel dapat menurunkan rasa sakit pada lutut. Jika lutut menjadi sulit digerakkan karena keseleo, mobilitas Anda akan meningkat berkat cuka sari apel in.

  • Caranya: Sediakan 2 gelas air putih, masukkan 2 sendok teh cuka sari apel, aduk hingga merata. Minumlah larutan ini sebagai tonik sampai lutut tidak lagi sakit. Atau, bisa juga Anda jadikan cuka sari apel sebagai obat gosok dengan mencampurkan sesendok makan minyak zaitun bersama sesendok makan cuka sari apel. Lakukan pemijatan sehari 2 kali hingga rasa nyeri hilang.

5. Kompres Dingin

Tampaknya sudah tak diragukan lagi bahwa kompres dingin sangat bisa membantu lutut atau area otot lain yang terserang keseleo. Karena efek dingin yang diberikannyalah pembengkakan dapat dicegah dan akan membuat sirkulasi darah tetap lancar.

  • Caranya: Ambil beberapa es batu yang bisa Anda bungkus menggunakan handuk tipis. Kompreskan langsung ke area lutut yang keseleo antara 10-20 menit. Sehari Anda bisa melakukannya 2-3 kali agar lebih efektif hasilnya. Anda juga bisa mencoba melakukan metode kompres panas dan dingin bergantian bila keseleo sudah makin parah.

6. Minyak Kelapa

Baik itu keseleo lutut ringan atau serius, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat urut yang mujarab karena mampu melancarkan peredaran darah pada area lutut.

  • Caranya: Cukup ambil beberapa tetes minyak kelapa yang kemudian dapat Anda oles ke bagian lutut yang sakit karena keseleo. Oleskan sambil memijat bagian yang keseleo pelan-pelan dan lakukan ini serutin mungkin. Dengan pengobatan rutin, rasa sakit akan berkurang secara berangsur. Akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan minyak kelapa yang sudah dihangatkan terlebih dulu karena efeknya jauh lebih besar.

7. Bawang Putih

Meski diketahui bahwa ada efek samping bawang putih, bumbu dapur ini sangat baik tak hanya untuk kesehatan organ dalam tubuh. Berkandungan anti inflamasi, bawang putih dapat membantu mengurangi rasa sakit keseleo pada lutut Anda.

  • Caranya: Campurkan saja jus atau sari bawang putih sebanyak 1 sendok makan bersama dengan minyak kelapa hangat 2 sendok makan. Solusi satu ini dapat Anda gosok-gosokkan pada lutut yang keseleo, tunggu sekitar setengah jam sebelum Anda membilasnya menggunakan air hangat. Dalam sehari, Anda bisa menggunakan cara perawatan ini 4 kali selama beberapa hari ke depan hingga otot lutut dan sendi-sendinya membaik. Atau sebagai alternatif dari minyak kelapa, Anda bisa mencampurkannya dengan minyak almond 1 sendok teh.

8. Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang putih, ada sifat anti inflamasi di dalam bumbu dapur ini meski diketahui ada pula efek samping bawang merah yang mengkhawatirkan. Baik itu keseleo, peradangan, maupun pembengkakan, segala bentuk rasa nyeri juga akan dapat dikurangi oleh bawang merah.

  • Caranya: Ambil bawang merah 1 siung saja yang ukurannya besar dan potong-potong atau iris hingga menjadi kecil-kecil. Sama seperti lemon tadi, irisannya bisa Anda bungkus dan ikat pada sebuah kain. Selanjutnya, Anda bisa menempelkan atau mengompreskannya ke lutut yang keseleo selama kurang lebih 2 jam. Bila takut lelah memeganginya, gunakan plester atau solasi untuk merekatkannya.

9. Minyak Jarak

Obat tradisional lainnya yang bagus untuk keseleo pada lutut adalah minyak jarak yang juga bersifat anti inflamasi.

  • Caranya: Sediakan kain bersih yang bisa Anda lipat beberapa kali, lalu celupkanlah ke minyak jarak. Kain ini bisa Anda kompreskan langsung ke area yang sakit karena keseleo dan lapisilah dengan plastik. Ambil sebotol air panas yang bisa Anda tempelkan pada lutut yang tengah dikompres dengan kain celupan minyak jarak tadi, taruh saja di atasnya. Tempelkanlah selama 30 menit dan setelah itu Anda bisa melepas keduanya dan memberikan pijatan lembut. Melakukannya sehari 2-3 kali lebih disarankan karena akan terasa lebih efektif hasilnya.

10. Minyak Zaitun

Dengan adanya senyawa fenolik pada minyak zaitun, inilah yang menjadikan minyak zaitun super efektif dalam mengatasi masalah keseleo atau peradangan pada lutut Anda.

  • Cara 1: Minyak zaitun harus Anda panaskan lebih dulu lalu biarkan agak sedikit lebih hangat sebelum dioles ke lutut yang cedera. Ketika mengoles, Anda juga bisa memijatnya secara lembut beberapa menit saja. Minyak ini akan sangat berguna dalam merilekskan otot lutut dan memudarkan rasa nyerinya. Dalam sehari, Anda boleh mengobati 3-4 kali supaya hasilnya lebih cepat pulih.
  • Cara 2: Anda bisa juga menambahkan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan bersama 1 kuning telur. Aduk rata lalu oles campuran ini ke area yang keseleo pada lutut Anda. Tutuplah dengan kapas serta gunakan kain kasa untuk memerbannya selama 2 hari. Untuk beberapa hari Anda bisa mengulangi proses ini sambil diimbangi dengan istirahat yang cukup. Lutut yang keseleo akan lebih cepat sembuh ketika Anda melakukan cara ini.