Obat Jamur Kuku Alami

Obat Jamur Kuku Alami

Infeksi jamur kuku, atau yang dikenal dengan onychomycosis, adalah salah satu bentuk infeksi yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Gejala yang paling mudah dilihat adalah kuku berwarna putih, cokelat, atau kuning dan menyebabkan kuku menjadi mudah patah. Nah, tahukah Anda bahwa obat jamur kuku yang ampuh tidak melulu harus pakai resep dokter? Ya, ada berbagai obat jamur kuku alami yang mungkin saja sudah tersedia di dapur Anda. Apa saja?. Nah berikut ini adalah Obat Jamur Kuku Alami  :

1. Jus Lemon

Obat alami pertama yang direkomendasikan untuk mengobati jamur kuku adalah jus lemon. Lemon selain mengandung vitamin C tinggi juga berkandungan antijamur dan antiseptik tinggi. Asam sitratnya juga bisa menghambat penyebaran infeksi jamur.

Caranya: Cukup ambil jus lemon segar dan balurkan di bagian kuku tangan atau kaki yang terinfeksi, lalu tunggulah sekitar setengah jam sebelum dibersihkan dengan air hangat. Atau, campurkan jus lemon dan minyak zaitun secukupnya dengan takaran yang sama masing-masing dan oles serta pijatkan di bagian kuku yang terinfeksi; tunggulah selama beberapa jam setelahnya sebelum dibasuh dengan air biasa.

2. Bawang Putih

Walau ada efek samping bawang putih yang perlu untuk kita ketahui dan waspadai, tetap saja bumbu dapur satu ini sangatlah baik untuk mengatasi berbagai penyakit dalam maupun luar. Antijamur adalah sifat yang bisa ditemukan pada alisin di dalam bawang putih.

Cara 1: Campurkan minyak bawang putih dengan cuka putih dengan perbandingan takaran 1:1 di mana setelah ramuan jadi, aplikasikan dengan membalurkannya di bagian kuku yang terinfeksi lalu, bungkuslah dengan kain perban dan tunggu selama beberapa jam sebelum dibuka. Ulangi setiap hari untuk hasil maksimal dan sampai infeksi atau jamur kuku hilang total.

Cara 2: Apabila minyak bawang putih tak tersedia, Anda bisa membuatnya sendiri dengan meggoreng lebih dulu 2 siung bawang putih yang telah digeprek, lalu campurkanlah dengan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan. Setelah jadi, barulah dilanjutkan dengan menyaring bagian minyaknya. Atau, bisa juga Anda langsung memakan bawang putih mentah sebanyak 1 atau 2 siung setiap hari.

3. Minyak Jeruk

Minyak jeruk diketahui berkandungan sifat antijamur yang cukup tinggi sehingga akan sangat ampuh bila menggunakannya sebagai obat bagi penderita jamur kuku. Hanya saja, waspadai reaksi alergi yang kiranya dapat muncul karena menggunakan minyak ini. Sebelum memakainya, sebaiknya dites dulu pada sebagian kecil kulit Anda.

Caranya: Pakailah alat tetes untuk meneteskan sedikit minyak jeruk pada bagian kuku yang terkena infeksi jamur, namun jika memiliki kulit sensitif, campurkan dengan sedikit minyak biji anggur sedikit lebih dulu. Setelah itu, tunggu sekitar setengah jam sebelum dibasuh. Menggunakannya sehari 2-3 kali lebih disarankan untuk hasil terbaik.

4. Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan bahan alami lainnya yang juga efektif untuk menyembuhkan jamur pada kuku. Ini karena di dalam minyak ini ada kandungan antiseptik tinggi sehingga dapat melawan kulit iritasi maupun segala infeksi.

Caranya: Ambil minyak lavender sebanyak 5 tetes bersama dengan minyak pohon teh dengan jumlah tetes yang sama. Sediakan juga kapas bersih dan halus di mana tetesan kedua minyak bisa diteteskan pada kapas tersebut, barulah diaplikasikan ke bagian kuku yang terkena infeksi jamur berikut area kulit di sekitarnya. Tinggalkan kurang lebih 10 menit saja sebelum dibersihkan dengan air biasa, lalu keringkan kuku dan jari; lakukan metode ini sehari 2-3 kali supaya cepat membaik.

5. Obat Kumur Listerine

Seperti kita tahu, obat kumur memiliki kandungan antibakteri dan itulah mengapa obat kumur tak hanya menjadi penyegar mulut namun juga seringkali digunakan sebagai obat sejumlah masalah kesehatan, termasuk jamur kuku. Alkohol dan antiseptik di dalam obat kumur ini juga sangat tinggi sehingga akan membasmi segala bentuk jamur serta bakteri penginfeksi kulit.

Caranya: Isilah ember yang cukup besar yang kemudian diisi dengan obat kumur yang biasa Anda pakai; alangkah baiknya mencampurkan obat kumur bersama dengan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, lanjutkan dengan merendamkan bagian kuku jari tangan/kaki yang terinfeksi jamur ke dalam air tersebut setengah jam lamanya. Gosok-gosokkan perlahan kuku yang terinfeksi sewaktu merendamnya di dalam ramuan obat kumur ini dan dilanjutkan dengan membasuhnya dengan air biasa. Lebih disarankan lagi untuk melakukan pengobatan alami ini sehari 1-2 kali setiap hari hingga infeksi jamur kuku benar-benar hilang dan sembuh.

6. Minyak Oregano

Di dalam minyak oregano, terkandung yang namanya sifat antiseptik, antiviral, antijamur, antiparasit, antibakteri serta analgesik yang sangat bisa diandalkan untuk mengatasi masalah jamur kuku yang dihadapi.

Caranya: Ambil 2 tetes minyak oregano dan campurkan dengan minyak zaitun sebanyak sesendok teh. Aplikasikan ramuan campuran ini pada area kuku dan kulit jari kaki atau tangan yang terinfeksi jamur secara merata. Tinggalkan sejenak sekitar setengah jam lamanya sebelum disusul dengan membersihkannya menggunakan air biasa. Setelah dibasuh dengan air biasa, maka keringkan sebelum memakai alas kaki (bila kuku jari kaki Anda yang diobati). Gunakan obat ini 1-2 kali dalam sehari selama kurang lebih 3 minggu untuk melihat hasil terbaik.

7. Minyak Kelapa

Di dalam minyak kelapa, kandungan asam kaprilatnya sungguh tinggi di mana asam kaprilat ini merupakan asam lemak rantai sedang yang mampu menembus dinding sel jamur. Jadi intinya, kandungan tersebut mampu melawan jamur dan membasmi infeksi jamur.

Caranya: Ambil sedikit minyak kelapa secukupnya dan oleskan ke bagian yang terinfeksi tipis-tipis saja. Tunggu 15 menit sebelum akhirnya bisa Anda bilas kuku dan jari yang diobati tadi. Asalkan rutin dan telaten, pasti akan merasakan hasil terbaiknya. Hanya saja, bila Anda alergi terhadap kelapa atau memiliki kulit sensitif, sebaiknya tidak memakainya dan memilih bahan lain yang lebih aman.

8. Cuka Putih

Untuk melawan infeksi akibat jamur kuku, cuka putih merupakan bahan alami ampuh untuk diandalkan. Bahkan dengan memakai cuka putih, pH kulit juga akan dikembalikan normal seperti semula sehingga memang cuka putih menjadi salah satu yang paling efektif untuk dijadikan obat.

Caranya: Sediakan air hangat dan cuka putih masing-masing dengan perbandingan 2:1 yang kemudian bisa dicampurkan. Rendam kuku jari tangan atau kaki yang terkena infeksi ke dalam solusi ini sekitar 10-15 menit lamanya. Setelah itu bisa Anda cuci bersih menggunakan air biasa. Lakukan sampai jamur hilang, yakni setiap hari 2 kali per hari. Jika terjadi iritasi pada kulit, tambahkan takaran airnya.

9. Baking Soda

Walau ada bahaya baking soda, bahan ini tetap juga banyak yang menggunakan untuk masalah kesehatan kulit. Salah satu bahan dapur yang paling sering dipakai ini juga baik untuk dijadikan obat bagi penderita jamur kuku dan bahkan mampu membantu menghilangkan bau kaki.

Caranya: Siapkan 1 ½ cangkir baking soda, 1 ½ cangkir garam Epsom, dan ¼ cangkir 3 persen hidrogen peroksida yang kesemuanya bisa dicampurkan ke dalam 4 cangkiir air panas. Setelah tercampur, tambahkan lagi ¼ cangkir cuka putih ke dalamnya, lalu rendamkan area yang terinfeksi jamur 10 menit lamanya sebelum dibersihkan dengan air biasa. Melakukannya setiap hari di mana seharinya 2 kali akan memberikan hasil paling maksimal.

 

10. Minyak Pohon Teh

Bahan dengan istilah lain tea tree oil ini adalah bahan berkandungan antiseptik serta antijamur yang sangat baik untuk jamur kuku. Minyak ini juga merupakan solusi bagi infeksi kulit lainnya.

Caranya: Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh bersama sesendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Lalu, ambil bola kapas bersih yang bisa dicelupkan pada ramuan dan langsung aplikasikan pada kuku berjamur Anda. Tinggalkan selama 10 menit, lalu lanjutkan dengan menggosoknya dengan sikat gigi lembut secara perlahan; lakukan sehari 2-3 kali supaya hasilnya memuaskan.

11. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah bahan alami lainnya yang bisa menghentikan atau menghambat penyebaran jamur di kuku Anda. Pada waktu yang sama, jamur dan bakteri akan dapat dibasmi oleh kandungan baik di dalam cuka sari apel ini.

Caranya: Campurlah air dan cuka sari apel masing-masing perbandingan 1:1 dan setelah dicampur rata, rendamkan kuku yang berjamur di solusi ini setengah jam lamanya setiap hari. Setelah selesai, keringkan lebih dulu sebelum dibersihkan dengan air biasa. Dalam beberapa minggu, jika dilakukan rutin maka akan tampak hasil seperti yang diharapkan.

12. Ekstrak Daun Zaitun

Untuk jamur kuku, ada lagi ekstrak daun zaitun yang bisa dijadikan obat manjur. Di dalam ekstrak ini ada kandungan tingi akan antiviral dan antibakterinya sehingga Anda bisa menggunakan suplemennya sebagai obat ketika mengalami ketidaknyamanan karena infeksi tersebut. Bahkan bagi yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, ekstrak daun zaitun bisa dikonsumsi untuk menurunkan/menormalkan kadarnya.

13. Bawang Merah

Selain bawang putih, terlepas dari efek samping bawang merah, bumbu dapur ini juga merupakan bumbu dapur ampuh untuk menyembuhkan jamur kuku. Di dalam bawang merah terkandung sifat antijamur sehingga mampu membunuh jamur penyebab infeksi secara efektif.

Caranya: Cukup sediakan sejumlah irisan bawang merah, lalu gosok-gosokkan perlahan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur. Lakukan selama 5-10 menit dan kemudian tunggu mengering selama 20 menit sebelum membasuh dengan air biasa dan mengeringkannya. Lakukan rutin demi hasil yang maksimal dan memuaskan.

14. Kunyit

Sifat antiseptik di dalam rempah satu ini sangatlah tinggi sehingga kerap dijadikan sebagai obat alami ampuh bagi sejumlah masalah kesehatan, baik itu penyakit dalam maupun luar. Bahkan untuk jamur kuku, kunyit bisa Anda andalkan dengan mudah.

Caranya: Sediakan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok dan campurkanlah dengan air secukupnya. Setelah ramuan jadi, barulah Anda bisa menerapkannya atau membalurkan ramuan di bagian kuku serta kulit kaki atau tangan yang terserang infeksi jamur. Tunggulah barang 3-4 jam sebelum kemudian bisa dibilas dengan air biasa.

15. Obat Topikal

Pada umumnya, obat topikal bisa digunakan berdasarkan resep dokter dan topikal sendiri artinya obat ini hanya perlu diterapkan di area yang sakit saja atau secara lokal. Obat topikal biasanya ada dalam bentuk lotion dan krim di mana cara kerjanya cukup lambat dan bisa sampai beberapa bulan, namun sangat efektif ketika kasus jamur kuku tersebut ringan.

Contoh obat topikal adalah Ciclopirox lacquer kuku dan Amorolfine di mana pemakaian tidak bisa sembarangan atau sewaktu-waktu. Untuk obat ini, hanya boleh digunakan seminggu 2 kali antara 6-12 bulan dan tak disarankan untuk menggunakannya jangka panjang lebih-lebih tanpa resep dari dokter.

16. Obat Oral

Untuk melawan infeksi jamur, obat oral biasanya menjadi solusi juga di mana obat ini artinya adalah obat minum. Obat untuk jamur kuku secara oral memang cukup banyak, hanya saja bisa menyebabkan komplikasi kesehatan apalagi dengan seseorang yang mempunyai riwayat kesehatan tertentu.

Obat untuk jamur kuku secara oral contohnya antara lain adalah Itrakonazol kapsul 100/200 mg sehari sekali atau juga biasanya diresepkan 200 mg bd yang dikonsumsi 7 hari tiap bulannya. Terbinafine adalah contoh obat oral lainnya yang pemberian dosisnya pada umumnya 250 mg tablet sehari sekali. Namun sebelumnya, dokter harus sudah tahu riwayat kesehatan Anda agar dapat mencegah segala kemungkinan komplikasi.

17. Lacquer Antijamur

Lacquer antijamur ini terkadang dimanfaatkan ketika hendak membasmi infeksi jamur kuku. Penggunaannya persis seperti ketika seorang wanita menggunakan cat kuku. Obat ini sangat mudah digunakan dan bahkan cukup efektif dalam menghilangkan jamur kuku. Hanya saja, penggunaan obat ini harus berdasarkan resep dokter.