Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Obat Infeksi Tenggorokan Tradisional

Obat Infeksi Tenggorokan Tradisional

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke , Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki , Makanan Penyebab Asam Lambung Naik , Mengobati HIV AIDS Secara Tradisional , Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Eksim Basah , Cara Mengobati Kutil , Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan , Bahaya Daging Sapi Bagi Kesehatan , Manfaat Kelapa Arab , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Gejala Liver Bengkak , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Bahaya Cuka Makan Bagi Kesehatan , Obat Sakit Gigi Paling Ampuh , Obat Tradisional Limpa Bengkak , Obat Tradisional Daun Meniran Untuk Diabetes , Khasiat Rumput Mutiara Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal , Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami , Ramuan Tradisional Penghilang Mual Maag , Obat Wasir Berdarah Tradisional ,  Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis , Cara Mengobati Asma Kambuh , Obat Infeksi Tenggorokan Tradisional , Obat Tradisional Sesak Nafas
Obat Infeksi Tenggorokan Tradisional

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan. Di Indonesia, radang tenggorokan sering kali disebut dengan istilah panas dalam.

Faringitis akan membuat tenggorokan terasa tidak nyaman. Biasanya kondisi ini menimbulkan sensasi rasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda sulit untuk makan dan menelan.

Biasanya radang tenggorokan menjadi salah satu gejala umum dari beberapa penyakit yang berbeda. Bisa juga, kondisi ini terjadi akibat penyakit lain, seperti flu, demam, dan mononukleosis (demam kelenjar). Kondisi ini biasanya akan mereda tanpa obat dalam waktu kurang dari seminggu. Berikut adalah Obat Infeksi Tenggorokan Tradisional :

1. Garam dan obat kumur

Cara aplikasi garam dan obat kumur sebagai langkah meredakan infeksi tenggorokan:

  • Sediakan secangkir air putih hangat, seperempat sendok makan garam serta satu sendok makan obat kumur.
  • Aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  • Lalu gunakan untuk berkumur hingga menyentuh keseluruhan mulut sampai bagian paling belakang sekalipun selama beberapa saat untuk kemudian buang dan ludahkan.
  • Ulangi seperti itu sampai ramuan cairan anda habis seluruhnya.
  • Pastikan untuk menghabiskan campuran larutan ini dalam sekali pakai. Penyimpanan yang kurang higienis justru berpotensi untuk menjadi sarang bakteri yang bisa memperparah sakit jika dipaksakan untuk digunakan lagi dengan jeda waktu di kemudian hari.

Khasiat dari campuran larutan hangat garam dan obat kumur:

  • Rasa asin dari garam akan sangat membantu untuk memberikan sensasi bersih pada keseluruhan mulut anda sampai bagian terbelakang dan yang terpenting yakni untuk menetralisir asam berlebih yang berada pada daerah sekitar tenggorokan anda.
  • Di lain sisi campuran larutan tersebut akan mengurangi keluhan rasa panas bagaikan terbakar yang biasa muncul pada gejala infeksi tenggorokan.
  • Penambahan obat kumur juga ditujukan khusus untuk mengurangi keberadaan kuman ataupun bakteri yang kemungkinan menjadi sebab pemicu terjadinya infeksi pada tenggorokan.
  • Membantu untuk proses pemulihan permukaan jaringan tenggorokan yang terkena infeksi secara lebih optimal.

2. Lemon

  • Sediakan secangkir air putih lalu kemudian campur merata dengan satu sendok teh air perasan buah lemon.
  • Campur lalu kemudian gunakan untuk berkumur secara mendalam, perlahan dan merata sampai habis keseluruhannya lalu buang dan muntahkan setelahnya.
  • Cairan ini terbukti mampu secara lebih maksimal membantu kesembuhan dari jaringan tenggorokan yang mengalami pembengkakan. Dan juga di sisi lain kandungan antioksidan yang tinggi sangatlah ampuh untuk memerangi keberadaan virus maupun bakteri yang menjadi penyebab terjadinya infeksi.

3. Jahe, madu dan lemon

  • Sediakan satu sendok teh parutan jahe yang telah dibersihkan, satu sendok teh madu, setengah cangkir air hangat mendekati panas dan perasan air lemon sebanyak setengah dari buahnya.
  • Campurkan keseluruhannya sampai merata lalu gunakan untuk berkumur secara mendalam, menjangkau mulut serta sebagian tenggorokan anda. Selesaikan sampai habis keseluruhan larutan.
  • Kandungan tambahan madu sangat bagus untuk menjaga kesehatan tenggorokan dari infeksi yang berawal dari bakteri. Serta kandungan jahe dapat memberi rasa hangat sebagai pereda gatal tenggorokan yang kemungkinan menyertai keluhan anda.

4. Merica lada dan bubuk cabai

  • Sediakan secangkir air putih panas. Kemudian tambahkan ke dalamnya, anda bisa pilih diantara kedua alternatif. Yakni menggunakan satu sendok teh penuh lada atau merica, maupun anda juga bisa memilih untuk menggunakan bubuk cabai rawit saja.
  • Campurkan semua bahan sampai terlarut semua dan menghasilkan cairan pedas. Kemudian gunakan untuk berkumur secara mendalam dan menyeluruh.
  • Habiskan seluruh larutan tersebut dalam satu kali waktu pemakaian racikan.
  • Jika mulut anda terasa pedas terbakar anda bisa gunakan untuk berkumur dengan jeda setiap seperempat jam sekali.
  • Memang awalnya menimbulkan efek kurang nyaman namun ketahuilah bahwa larutan ini amatlah berkhasiat untuk mengurangi keluhan inefksi pada tenggorokan anda,
  • Senyawa capsicum dalam larutan pedas tersebut dapat meringankan gejala sakit tenggorokan yang anda derita dengan memberi efek pereda untuk peradangan yang sedang mendera.

5. Kunyit dan garam

  • Sediakan secangkir air putih hangat mendekati panas, satu sendok teh penuh bubuk kunyit dan juga satu sendok teh penuh garam.
  • Campurkan hingga tercipta larutan merata dan gunakan untuk berkumur secara mendalam dan menyeluruh.
  • Kandungan kunyit yang sangat kaya akan antioksidan terpercaya mampu untuk memberi perlawanan terhadap mikroba penyebab infeksi pada tenggorokan anda.

6. Cengkeh

  • Sediakan secangkir air putih lalu tambahkan dua sendok ekstrak cengkeh yang telah halus atau menjadi bentuk bubuk.
  • Larutkan hingga merata dan gunakan untuk berkumur secara mendalam.
  • Kandungan cengkeh dapat melawan serangan bakteri serta meringankan gejala peradangan yang terjadi sehingga infeksi sakit tenggorokan pun akan lebih cepat dapat diringankan dan dipulihkan seperti sedia kala.

7. Tomat

  • Sediakan setengah cangkir air panas dan tambahkan dengan setengah cangkir yang telah dilumatkan lembut menjadi bentuk jus dan tambahkan pula kurang lebih sepuluh tetes saus pedas.
  • Campurkan keseluruhan bahan sampai merata dan gunakan untuk berkumur secara mendalam dan menyeluruh sampai habis seluruh campuran larutan tersebut,
  • Cara ini diharapkan mampu untuk mengurangi gejala infeksi tenggorokan yang tengah mendera. Plus kandungan antioksidan tinggi dalam senyawa likopen pada buah tomat sangat terpercaya mampu untuk mendongkrak kinerja tubuh untuk segera melakukan proses penyembuhan secara lebih optimal.

8. Teh hijau

  • Cara pengaplikasiannya mirip dengan saat anda menyeduh teh pada umumnya. Namun pastikan untuk menambah jumlah teh hijau yang anda seduh sehingga tercipta larutan yang lebih pekat. Dan tidak perlu anda tambahkan gula pada cairan teh hangat tersebut.
  • Lalu mulai gunakanlah untuk berkumur dalam-dalam dan habiskan hingga seluruh cairan tak bersisa lagi.
  • Teh hijau sangat dipercaya memiliki kandungan alamiah untuk memerangi ragam infeksi yang menyerang tubuh. Kandungan antioksidan tinggi juga langsung membidik sasaran mikroba taupun bakteri yang kemungkinan menjadi penyebab dari infeksi tenggorokan yang sedang anda derita.

9. Sari cuka apel, garam dan madu

  • Ada dua opsi cara penggunaan sari cuka apel untuk kesembuhan infeksi tenggorokan yang disertai peradangan maupun batuk tak berkesudahan. Yang pertama sediakan segelas air putih hangat, tambahkan satu sendok makan sari cuka apel dan juga satu sendok teh garam dapur halus. Campur merata lalu gunakan untuk berkumur.
  • Cara selanjutnya yakni buatlah campuran ramuan dengan takaran seperempat cangkir sari cuka apel digabung dengan seperempat cangkir juga madu asli. Ratakan sampai terlarut semua. Lalu coba minum ramuan tersebut dengan takaran satu sendok sekali minum. Ulangi tiap beberapa waktu sekali atau setiap satu jam sekali demi kesembuhan anda yang lebih maksimal.
  • Sari cuka apel sangat dipercaya berkhasiat secara efektif untuk memerangi ragam mikroba maupun bakteri yang menjadi pemicu timbulnya keluhan infeksi tenggorokan yang sedang anda derita.

10. Obat-obatan medis

  • Jenis antibiotik yang biasa diberikan ahli medis demi menanggulangi mikroba penyebab infeksi tenggorokan yakni  jenis amoxicillin maupun penicillin.
  • Sedangkan untuk mengurangi keluhan peradangan di sekitar tenggorokan yang sakit terinfeksi maka obat jenis analgesik yang biasa diberikan kepada pasien yakni semacam acetaminofen, ibuprofen atau bahkan juga dalam bentuk obat kumur khusus.
  • Sedangkan untuk mempermudah proses penyembuhan maka sejenak menghindari ragam polutan, asap rokok ataupun minuman beralkohol sangatlah disarankan agar semakin optimal.