Obat Gondongan Alami

Obat Gondongan Alami

Gondongan adalah salah satu penyakit yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Penyakit yang memiliki nama medis parotitis atau mumps ini dapat menyerang siapa saja di berbagai kalangan usia. Namun dalam banyak kasus, penyakit gondongan lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Meski terbilang umum, gondongan yang tidak segera diobati berpotensi menyebabkan peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Mengetahui berbagai pilihan obat gondongan ampuh adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala, menghindari penularan virus ke orang lain, serta mencegah komplikasi. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai Obat Gondongan Alami :

1. Lendir Lidah Buaya

Kebanyakan dari kita mungkin sudah tahu akankhasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut. Namun sebenarnya lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati gondongan. Secara efektif, bahan alami ini akan membuat rasa sakit dapat menjadi lebih ringan.

  • Caranya: Ambil atau potong daun lidah buaya secukupnya. Ambil bagian lendir atau gelnya, lalu gosokkan ke area yang terkena peradangan dan membengkak. Pemakaian dari luar ini begitu sederhana tanpa menguras banyak waktu. Bila ingin lebih ampuh, coba tambahkan juga bubuk kunyit sedikit saja. Menggunakannya sehari 3 kali selama beberapa hari, bengkak dan nyeri dipastikan hilang secara alam tanpa adanya efek samping berbahaya.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ini bukan belimbing yang biasanya buahnya bisa kita nikmati kesegarannya. Buah ini juga dikenal dengan istilah belimbing sayur yang biasanya ibu-ibu pakai untuk bahan memasak. Namun bukan buahnya yang akan kita pakai di sini, melainkan bagian daunnya.

  • Caranya: Cukup ambil daun belimbing wuluh segenggam saja bersama bawang putih sedikit yang kemudian dapat dicampur dan ditumbuk bersama. Pastikan ramuan telah halus sebelum akhirnya bisa dikompreskan ke bagian wajah yang membengkak dan sakit. Bengkak serta nyeri di bagian rahang akan dapat hilang hanya dengan beberapa kali pemakaian. Meski daunnya kecil, khasiatnya untuk gondongan tak dapat kita remehkan.

3. Jahe

Kita semua pasti tahu bagaimana efektifnya rempah satu ini untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan dan masuk angin. Rasanya yang pedas dan juga efek hangatnya benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman. Jahe pun ternyata bagus untuk dijadikan obat penyembuh gondongan.

  • Cara 1: Siapkan saja sekitar 2 rimpang bahan herbal satu ini. Setelah itu, jahe dapat kita kupas lebih dulu sebelum dilanjutkan dengan proses menumbuk. Tumbuklah sampai teksturnya lembut dan tambahkan air secukupnya hanya untuk membuatnya seperti pasta. Setelah jadi, langsung pakai untuk dioleskan ke daerah gondongan.
  • Cara 2: Untuk alternatifnya, boleh juga ramuan yang sudah jadi di atas untuk diaplikasikan lebih dulu ke kain lembut. Barulah kain tersebut dipakai untuk mengompres pembengkakan di wajah. Dijamin bengkak plus nyeri akan berkurang.

4. Bubuk Margosa dan Kunyit

Kombinasi kedua bahan ini bakal memberikan efek luar biasa pada daerah yang mengalami gondongan. Kunyit sendiri sebenarnya bisa menjadi tambahan atau campuran bahan lainnya untuk menyembuhkan gondongan.

  • Caranya: Bubuk margosa serta kunyit perlu kita sediakan secukupnya, lalu campur keduanya. Haluskan kunyit lebih dulu agar lebih mudah untuk membuat pasta setelah ditambah bubuk margosa. Pasta dapat dibentuk ketika kita menambahkan air sedikit saja. Obat oles herbal sudah jadi dan ramuan dapat langsung kita oles ke bagian wajah yang meradang. Pengobatan setiap hari dalam beberapa hari akan memberikan hasil maksimal.

5. Selada Air

Gondongan pun dapat dicoba diobati menggunakan selada air. Bahan ini bukanlah hal yang sulit dijumpai karena setiap kali kita makan sandwich dan burger, selalu ada selada di dalamnya. Rupanya, selada air pun mampu menyembuhkan gondongan secara efektif.

  • Caranya: Kita bisa memasaknya dan alangkah nikmatnya bila selada air ini kita jadikan sup. Mengonsumsinya secara sering dan setiap hari selama gondongan akan mengurangi keluhan. Pembengkakan dan rasa nyeri otomatis akan berkurang dalam beberapa hari. Tak hanya garam yang memiliki kandungan iodium, tapi selada air juga berkadar iodium cukup tinggi. Selada inilah yang cukup canggih untuk kita andalkan sebagai pengempis pembengkakan.

6. Madu

Ketahui lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu supaya kita bisa membeli yang benar-benar murni. Madu murni tak hanya baik untuk kesehatan kulit maupun penyakit organ dalam kronis. Infeksi virus yang menyerang kelenjar air liur juga dapat diatasi dengan madu.

  • Caranya: Sediakan saja madu murni yang bisa kita pakai satu sendok makan setiap kali minum. Campurkan dengan air satu gelas, lalu minumlah paling tidak sehari dua kali. Melakukannya setiap hari atau rutin akan otomatis mempercepat penyembuhan. Hanya dalam hitungan hari kita akan dapat melihat kemajuannya, di mana pembengkakan mengempis dan nyeri pun hilang.

7. Air Putih

Pengobatan gondongan satu ini adalah yang tersimpel. Karena terbukti paling sederhana dan manjur, maka tak ada salahnya dilakukan. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya sekadar dehidrasi. Sistem kekebalan tubuh berkurang juga bisa dikarenakan terlalu capek plus kekurangan cairan.

  • Caranya: Cukup dengan mengonsumsi air putih banyak-banyak, sekitar 8-10 gelas setiap hari akan membantu penyembuhan. Karena kita tak diperbolehkan mengonsumsi jus buah untuk sementara waktu, nikmati air putih yang lebih menyehatkan. Dengan tubuh mendapatkan cairan yang cukup, daya tahan tubuh akan meningkat. Gondongan lalu juga akan pulih semakin cepat.

8. Blawu

Nama lain dari bahan ini adalah kapur biru dan memang sudah terkenal ampuh dalam mengatasi gondongan. Blawu akan membantu meringankan rasa sakit dan mengempiskan pembengkakan pada rahang.

  • Caranya: Siapkan kapur biru atau blawu secukupnya saja, bersama dengan air. Air tak usah banyak-banyak, lalu blawu tersebut bisa dilarutkan. Setelah larut, lanjutkan dengan membalurkan ramuan ke daerah yang terkena gondongan secara merata. Pengobatan alami atau tradisional ini benar-benar efektif kalau dilakukan rutin. Bengkak akan mengempis dalam beberapa kali penggunaan dan akhirnya sembuh total.

Image result for gondongan