Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Obat Dan Pengobatan Psoriasis

Obat Dan Pengobatan Psoriasis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi
Obat Dan Pengobatan Psoriasis

 

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih.
Semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala.

Tingkat keparahan gejala psoriasis berbeda-beda dan intensitasnya bisa berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu, tapi kemudian bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidapnya.

Hingga saat ini, jumlah pengidap psoriasis di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Tetapi, telah didirikan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia sejak tahun 2006 untuk membantu para pengidap.

Penyebabnya belum diketahui, tetapi psoriasis kemungkinan disebabkan oleh penyakit autoimun, yaitu jenis sel darah putih yang disebut limfosit T atau sel T. Biasanya, sel-sel T menjangkau seluruh tubuh untuk mendeteksi dan melawan zat asing, seperti virus atau bakteri. Jika Anda memiliki psoriasis, sel-sel T inilah yang menyerang sel-sel kulit sehat seolah-olah terjadi luka atau infeksi. Hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan pada sel T. Psorias tidak menular ataupun bersifat kanker.

Psoriasis tidak dapat disembuhkan tetapi pengobatan dapat membantu mengontrol gejalanya.

Anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu psoriasis dan menggunakan obat sesuai resep untuk mengontrol dan mengurangi gejala. Langkah-langkah umum yakni menjaga kebersihan kulit, menghindari cedera kulit dan kulit kering, hindari terekspos sinar matahari yang menyengat, dan mandilah menggunakan oatmeal. Pengobatan untuk psorias ringan sampai sedang antara lain dengan mengaplikasikan krim topikal, lotion, sampo, dan salep yang mengandung tar batubara. Ini akan mengurangi peradangan (kemerahan), kerak kulit, dan gatal-gatal. Steroid dan obat anti-inflamasi lainnya bisa diterapkan pada kulit (topikal) untuk kasus ringan hingga sedang juga sebagai kombinasi terapi untuk kasus yang lebih parah.

Pengobatan lain yaitu penggunaan asam salisilat dalam minyak (menghilangkan plak), PUVA (psoralen dan paparan sinar ultraviolet A [UVA]), obat penurun kekebalan (misalnya, metotreksat, isotretinoin), antihistamin (untuk gatal-gatal) serta antibiotik (untuk infeksi bakteri sekunder).

Obat Dan Pengobatan Psoriasis

  • Gunakan obat sesuai dengan resep dokter
  • Beritahu dokter tentang semua obat yang Anda gunakan, termasuk obat-obatan tanpa resep
  • Berjemur di bawah sinar matahari yang lembut
  • Menjaga kebersihan kulit dengan baik
  • Rutin menemui dokter Anda
  • Hindari kemungkinan terjadinya infeksi oleh bakteri. Kemerahan di sekitar kulit yang terluka, bernanah, nyeri atau pembengkakan pada kelenjar getah bening, serta demam adalah tanda-tandanya
  • Menghindari cedera kulit dan kulit kering. Ini dapat memicu penyakit
  • Hubungi dokter jika:
  • Tanda-tanda infeksi muncul
  • Luka memburuk, atau muncul luka baru bahkan jika Anda sedang menjalani terapi
  • Ada bintil di kulit terutama yang disertai demam, kelelahan, nyeri otot, nyeri sendi atau bengkak