Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis

Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah luka kecil dan dangkal yang muncul pada jaringan lunak pada mulut atau pada dasar gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan mempersulit makan dan berbicara. Sariawan tidak menular dan dapat muncul satu atau beberapa. Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitiscanker sores, atau mouth ulcer.

Siapapun dapat mengalami sariawan. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada remaja dan dewasa muda, serta wanita. sariawan yang kompleks jarang ditemui namun orang dengan sejarah sariawan rentan terhadap sariawan yang parah.

Penyebab sariawan tidak diketahui, namun beberapa ahli menduga gangguan sistem imun, bakteri, atau virus dapat mempengaruhi. Pada beberapa kasus, trauma pada jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan :

1. Madu

Madu memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik, sehingga membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Jika usia anak di atas satu tahun, untuk mengobati sariawannya bisa menggunakan madu ya, Bun. Caranya dengan mengoleskan ke bagian sariawan beberapa kali. Tetapi, ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah satu tahun ya.

2. Kunyit

Sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan anti-bakteri, yang terkandung dalam kunyit bisa membantu segala macam luka agar cepat sembuh. Caranya, haluskan kunyit, lalu aduk dengan sedikit air hangat hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bagian yang sakit. Air perasan kunyit juga bisa dikonsumsi, bisa campurkan dengan madu sebelum diberikan ke si kecil.

3. Kelapa

Air, santan, maupun minyak dari kelapa dapat digunakan untuk obat sariawan. Caranya, air kelapa bisa diminum, santan digunakan untuk berkumur, sedangkan minyak kelapa dioleskan ke bagian yang sakit. Bahkan, minyak kelapa adalah pilihan terbaik untuk mengobati sariawan pada bayi yang berusia kurang dari enam bulan.

4. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu obat herbal yang bisa menyembuhkan sariawan. Selain itu, kemangi juga membantu menghilangkan stres dalam tubuh anak. Dengan demikian dapat mengurangi kemungkinan sariawan berulang. Cara mengonsumsinya, kunyah bersama dengan air hangat beberapa kali sehari.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga salah satu pilihan bagus untuk mengatasi sariawan pada anak. Sifat anti-bakterinya baik untuk kesehatan gusi. Caranya, kupas kulit lidah buaya, ambil gelnya, kemudian oles pada bagian yang sakit. Atau bisa campurkan gel tersebut dengan air dingin, bilas bagian yang sakit tiga kali sehari agar hasilnya maksimal.

6. Akar manis

Akar manis bersifat demulcent (meringankan) dan anti-inflamasi, yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak di sekitar sariawan. Caranya, rendam satu sendok makan akar manis ke dalam 2 gelas air, gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari. Jika akar manis dalam bentuk bubuk, maka bisa campurkan dengan kunyit atau madu, lalu oles ke bagian yang sakit.

7. Es krim

meskipun ini bukan pengobatan sariawan untuk bayi, es krim berguna untuk membantu meringankan rasa sakit yang dirasakan anak-anak. Dingin pada es krim dapat menenangkan bagian yang sakit dan anak-anak pasti menyukai ‘obat’ ini, Bun.