Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit

Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina , Buah Yang Membuat Awet Muda , Manfaat Jambu Mete Untuk Maag , Manfaat Jagung , Makanan Yang Memudahkan Persalinan , Manfaat Kimchi , Buah Untuk Kesehatan Mata , Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid , Manfaat Badan di Kop , Obat Asam Urat Alami , Makanan Yang Memicu Nyeri Sendi , Obat Tradisional Kayu Secang , Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh , Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit , Cara Mencegah Kanker Prostat , Kenali Penyakit Dompo , Cara Mengatasi Darah Tinggi
Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit

Sakit pinggang sering dialami banyak orang dan disebabkan oleh berbagai macam. Sakit pinggang ada yang bersifat ringan dan berlangsung sebentar, namun ada pula yang parah sampai menghambat aktivitas keseharian. Penyebab utama dari sakit pinggang adalah karena adanya otot atau ligament yang terkilir akibat dari meregang berlebihan. Berikut adalah Obat Alami Sakit Pinggang Kecetit :

1. Kumis kucing

 

Sejak dulu orang manganggap kumis kucing adalah obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang. Oleh karena itu, Ibu kita sering menanam kumis di halaman rumah sebagai bunga hiasan rumah dan tanaman obat herbal.

 

2. Daun Bakung

 

Selain kumis kucing, daun bakung juga dipercaya sebagai alternatifobat sakit pinggang. Caranya lumayan gampang, yaitu dengan membakar beberapa helai daun bakung kemudian setelah layu lumuri dengan minyak kelapa, dan tempelkan di pinggang yang terasa nyeri. Daun bakung ini hanya digunakan sebagai obat luar saja.

 

3. Akar Ilalang

 

Selain kedua tanaman diatas, akar ilalang dipercaya mampu meredakan nyeri pinggang. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 5 helai akar ilalang dan rebus hingga mendidih. Minumlah air tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari hingga pinggang benar-benar terasa tidak sakit. Bunda dapat mengkonsumsi obat ini seminggu sekali sebagai pencegahan nyeri pinggang.

 

4. Air Putih

 

Banyak orang berpendapat bahwa air putih adalah obat dari segala macam penyakit termasuk obat sakit pinggang. Bila selepas bangun tidur pinggang kita terasa sakit, maka minumlah air putih hangat 3-4 gelas. Ingat, air hangat, bukan air dari dalam kulkas yang dingin. Percayalah, beberapa waktu kemudian pinggang kita akan terasa enteng dan nyeri akan hilang. Minum air putih selepas bangun tidur sebaiknya tidak hanya dilakukan pada saat pinggang terasa sakit saja, namun sebaiknya setiap hari sebagai tindakan pencegahan.

Selain beberapa obat sakit pinggang kecetit seperti di atas yang bisa digunakan, rasa sakit pada pinggang juga dapat diatasi dengan beberapa terapi, di antaranya:

  • Terapi fisik. Dilakukan untuk menguatkan otot, meningkatkan kelenturan dan kemampuan pergerakan, serta memperbaiki postur tubuh.
  • Traksi (traction). Menggunakan beban untuk menarik struktur tulang belakang hingga seimbang.
  • Manipulasi tulang belakang. Dilakukan untuk menstimulasi dan mengatur tulang belakang dengan jaringan disekelilingnya. Terapi ini hanya dapat dilakukan oleh dokter yang bersertifikasi.

Selain itu, Anda juga dapat mencegah sakit pinggang dengan berbagai cara di antaranya: tetap aktif bergerak untuk mencegah pembentukan jaringan parut penyebab kekakuan dan menggunakan koyo atau krim yang mengandung capsaicin guna mengurangi nyeri pada pinggang.