Obat Alami Ruam Popok Bayi

Obat Alami Ruam Popok Bayi

Image result for Ruam Popok Bayi

Ruam popok merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit kulit pada bayi yang ditandai dengan munculnya ruam kemerahan hingga luka melepuh di sekitar area dimana popok dipasang. Area yang dimaksud di sini meliputi organ keintiman, pantat, serta paha atas.

Penyebab utama munculnya ruam popok adalah terlalu lama memakai popok yang kotor. Endapan kotoran dalam popok, apakah itu feses atau urin, bisa mengiritasi kulit bayi. Di samping itu, pemicu lain munculnya ruam popok adalah karena:

  • Infeksi jamur.
  • Infeksi bakteri.
  • Alergi terhadap makanan (biasanya saat bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat) atau produk baru.
  • Gangguan pencernaan.
  • Kulit bayi pada dasarnya memang sensitif.
  • Popoknya terlalu ketat atau ukurannya kekecilan.
  • Kulit bayi tidak cocok atau alergi dengan bahan popoknya.
  • Popok kurang bersih saat dicuci.
  • Efek samping dari antibiotik, baik yang dikonsumsi bayi itu sendiri, atau ibu menyusui.
  • Cara yang salah dalam mengeringkan kulit bayi, dengan digosok dan bukannya ditepuk.
  • Bertambahnya usia – bayi usia 9-12 tahun lebih rawan terkena ruam popok.
  • Tidur dengan popok kotor.
  • Diare.

Dengan mengenali penyebabnya, maka diharapkan selaku orangtua kita dapat mengantisipasinya sehingga mampu melakukan penanganan dan pencegahan. Tidak perlu langsung mengandalkan obat ruam popok, sebaiknya pada awalnya kita lakukan upaya penanganan dan pencegahan sederhana sehari-hari. Berikut adalah Obat Alami Ruam Popok Bayi :

1. Cuka

Untuk bayi Anda yang mengalami ruam popok, jangan ragu untuk mengatasinya dengan menggunakan obat alami semacam cuka. Cuka adalah salah satu solusi terbaik dan teraman untuk menyeimbangkan kembali kadar pH kulit yang tinggi.

Meski aman untuk kulit bayi yang masih sensitif, tak ada salahnya untuk membuat larutan solusi cuka yang ringan. Caranya, Anda bisa menambahkan cuka putih sesendok teh ke secangkir air. Campuran larutan inilah yang Anda gunakan untuk diusapkan ke bokong bayi ketika mengganti popok dan cara sederhana ini siap menyelamatkan ruam popok pada kulit sang buah hati.

2. Shea Butter

Karena di dalam shea butter ada kandungan antijamur dan anti-inflamasi, maka jangan ragu untuk menggunakannya sebagai obat bagi bayi Anda yang mengalami ruam popok. Di dalam shea butter pun ada lemak nabati yang mampu meningkatkan peredaran darah dan menghilangkan ruam kemerahan dengan cepat.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membersihkan bagian bokong bayi lebih dulu dengan air hangat dan sabun ringan, lalu keringkan. Usapkan shea butter secukupnya ke area bokong bayi, tinggalkan selama beberapa menit sebelum kemudian Anda lanjutkan dnegan mengenakan popok ke sang buah hati. Anda bisa menggunakannya rutin hingga ruam popok berhasil hilang.

3. Air Susu Ibu (ASI)

ASI diketahui dan diyakini sangat bermanfaat dalam melawan infeksi dan juga menenangkan kulit yang teriritasi. Air susu ibu memang yang terbaik dan bahkan bisa diperoleh tanpa membayar mahal untuk menyembuhkan ruam popok pada bayi. Tanpa adanya reaksi alergi dan efek samping berbahaya lainnya, Anda bisa menggunakan sebagai obat.

Ambil saja beberapa tetes ASI dan usapkan lembut pada area bokong bayi yang terserang ruam popok. Biarkan dulu sejenak hingga ASI mengering pada kulit bayi sebelum dipakaikan popok baru. Dengan ASI, Anda tak usah khawatir akan berbagai dampak negatif yang kemungkinan bisa memperburuk kondisi ruam popok.

4. Minyak Kelapa

Karena yang alami selalu lebih baik dan aman, jadi tak salah kalau Anda mencoba untuk memakai minyak kelapa sebagai obat ruam popok. Sifat antimikroba dan antijamurnya begitu tinggi dan aman bagi kulit bayi. Efek penenang alami dan penyembuhnya sangat efektif dalam membuat bayi kembali nyaman meski memakai popok.

Gunakan pelembab alami ini dengan cara menerapkannya langsung ke bagian bokong bayi dengan cara mengusapkannya lembut. Jika ingin konsistensi yang lebih ringan dan cair, campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan air biasa. Gunakan beberapa kali dalam sehari secara teratur hingga ruam popok benar-benar memudar.

5. Baking Soda

Mungkin Anda agak khawatir karena pernah mendengar akan bahaya baking soda dalam penggunaannya, jadi apakah benar aman bagi bayi? Untuk menyembuhkan ruam popok pada kulit bayi, ya, bahan ini ampuh dan aman asalkan dipakai dengan benar. Pastikan Anda melarutkan 2 sendok makan baking soda ke dalam air sebanyak 4 cangkir air.

Setiap penggantian popok, Anda bisa membersihkan bokong si kecil lebih dulu dengan campuran air baking soda ini. Setelah itu, gunakan handuk atau kain lembut bersih untuk ditepuk-tepukkan demi mengeringkan kulit bokongnya. Barulah Anda pakaikan popok baru setelah itu; pastikan bokong si kecil sudah benar-benar kering sebelum popok baru dikenakan.

6. Tanah Liat Hijau Perancis

Pada umumnya, tanah liat hijau Perancis ini sudah beredar dan mudah didapatkan sebagai masker wajah. Selain bisa merawat kulit agar senantiasa sehat, segar dan awet muda, bahan ini juga sangat efekti dalam menyembuhkan ruam popok pada bayi. Ketika ruam popok terjadi akibat infeksi jamur, gunakan saja tanah liat hijau Perancis ini.

Penyebaran dari ruam popok pun dapat dicegah dengan baik dan kulit bokong bayi pun menjadi lembut kembali dan jauh dari bahaya ruam popok. Di area kulit bokongnya bisa Anda taburi dnegan tanah liat ini secukupnya seperti ketika menaburi bedak. Lakukan hal tersebut setiap kali mengganti popok.

7. Minyak Pisang/Plantain Oil

Minyak pisang sudah terbukti efektif dalam menjadi obat bagi ruam popok yang menyebabkan rasa sakit di kulit bayi dan hal ini dinyatakan oleh banyak ahli kesehatan. Ketika ruam popok terjadi pada si kecil dan reaksi alergilah yang menjadi pemicunya, minyak ini bisa Anda andalkan sebagai solusi.

Sifat anti-alergi di dalam minyak ini akan menenangkan dan mengurangi peradangan, jadi langsung saja daun pisang Anda hancurkan dan tempelkan ke bokong bayi yang terkena ruam popok. Ketika dihancurkan maka daun pisang akan mengeluarkan getah atau minyak. Atau, bisa juga menggunakan produk minyak pisang di mana hal ini dilakukan setiap kali mengganti popok.

8. Oatmeal

Menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, oatmeal memang banyak dikonsumsi ketika hendak mengurangi berat badan atau menjaga kesehatan jantung. Padahal kegunaan dari oatmeal bisa lebih dari itu di mana oatmeal sangat aman ketika digunakan sebagai solusi ruam popok pada bayi.

Gunakan saja oatmeal sebanyak 1 sendok makan (pastikan yang digunakan adalah oatmeal kering) ke air mandi si kecil. Biarkan sang buah hati menggunakan waktu 10-15 menit untuk berendam di dalam air oatmeal tersebut. Mandikan pula si kecil di dalam larutan tersebut supaya kulit bokong bayi Anda yang terserang ruam popok bisa sembuh dengan cepat.

9. Tepung Jagung

Maizena alias tepung jagung adalah bahan alami yang diketahui memiliki kemampuan dalam menyerap kelembaban. Jadi, bahan ini termasuk aman bila digunakan untuk kulit bayi yang masih tergolong sensitif. Bahan ini dapat membantu agar kulit bayi senantiasa dalam kondisi kering dan mencegah serta mengatasi ruam popok.

Setelah bokong bayi Anda dibersihkan, Anda bisa menaburi bagian yang terkena ruam popok dengan tepung jagung ini secara merata. Setelah itu, popok baru bisa dikenakan langsung. Pengobatan ini lebih dianjurkan untuk dilakukan setiap kali proses penggantian popok secara rutin hingga akhirnya kulit bokong bayi Anda bebas dari ruam popok.

10. Petroleum Jelly

Ketika bokong bayi terkena iritasi ruam popok sebagai efek dari feses dan urine yang mengenai kulitnya, petroleum jelly adalah obat alami yang boleh dicoba. Setiap mengganti popok si kecil, bersihkan bagian bokongnya memakai air hangat, keringkan, lalu terapkanlah petroleum jelly langsung ke area kulit bayi Anda.

Petroleum jelly termasuk bahan yang aman dan sesuai untuk kulit bayi sehingga Anda tak usah khawatir. Setiap kali mengganti popok, jangan lupa melakukan pengobatan ini karena penggunaan yang rutin tentunya mendukung supaya ruam popok menjadi lebih cepat sembuh.

11. Jus Cranberry

Untuk mengatasi sekaligus mencegah ruam popok akibat serangan bakteri, kulit bokong bayi Anda bisa dirawat menggunakan jus cranberry. Berikan saja sekitar 2-3 ons kepada bayi Anda, bukan dengan mengoleskannya ke kulit, melainkan membiarkan si kecil mengonsumsinya secara rutin. Hanya saja, bayi Anda memang paling tidak sudah berusia sekitar 1 tahun untuk dapat mengonsumsi jus ini.

12. Lidah Buaya

Tak salah lagi, khasiat lidah buaya untuk kulit juga berlaku bagi para bayi yang tengah tak nyaman karena ruam popok. Para orang tua yang bermasalah karena hal tersebut bisa langsung mengambil gel lidah buaya untuk dioles ke bokong bayi setiap kali mengganti popok. Melakukan secara rutin jelas akan lebih efektif hasilnya.

13. Minyak Zaitun

Menawarkan efek penenang bagi kulit, minyak zaitun merupakan salah satu bahan terbaik yang bisa Anda terapkan pada kulit bayi yang beruam popok. Campurkan 1-2 sendok teh minyak zaitun dengan air sebanyak 1 sendok teh. Oles ramuan langsung ke bokong si kecil secara teratur setiap Anda menggantikan popoknya.

14. Putih Telur

Untuk masalah ruam popok, jangan lupa bahwa putih telur juga bisa dijadikan obat alami bagi bayi Anda. Gunakan 3-4 butir telur di mana bagian putihnya bisa dipisahkan dari kuningnya dan kemudian putih telur dioles ke area yang terkena ruam popok. Ruam popok dijamin hilang dan sembuh dengan pemakaian rutin selama beberapa hari.