Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Obat Alami Mengatasi Cantengan

Obat Alami Mengatasi Cantengan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras , Obat Sakit Tenggorokan Alami , Titik Pijat Mengatasi Sakit Kepala , Tips Menjaga Kandung Kemih , Tips Agar Tidak Keracunan Makanan , Cara Mengatasi Gatal Akibat Kutu , Obat Tradisional Kuku Berjamur , Obat Alami Mengatasi Cantengan , Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering , Tips Melahirkan Lancar Dan Normal , Cara Menghilangkan Stretch Mark , Makanan Memicu Kebutaan , Kenali Jenis Penyakit Mata , Bahaya Kafein Bagi Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu
Obat Alami Mengatasi Cantengan

Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal. Cantengan dapat terjadi pada kuku di salah satu kaki atau di kedua kaki. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Alami Mengatasi Cantengan  :

1. Rendam atau cuci kaki

Merendam kaki dalam air sabun dengan suhu hangat, nyatanya bermanfaat untuk membantu menjaga area jari yang cantengan jadi bersih dan bebas bakteri. Rendam kaki dalam air hangat tiga hingga empat kali per hari. Anda juga dapat menambahkan garam Epsom ke dalam air untuk menambah rasa nyaman.

2. Pakai cuka apel

Cara mengobati cantengan di rumah lainnya adalah dengan menggunakan cuka apel . Anda dapat mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit.

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel sebagai obat cantengan alami, banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang sehingga dapat mengatasi cantengan.

3. Gunakan kapas atau kasa

Menaruh gumpalan kapas di bawah batas kuku, ternyata bisa jadi cara mengobati cantengan. Cara tersebut dapat membantu menggeser kuku untuk tumbuh ke arah yang benar.

Ambil sepotong kapas atau kain kasa yang berukuran kecil dan gulung. Taruh kapas atau kasa tersebut di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku.

Hal ini akan mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Cara ini mungkin membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi cukup efektif untuk mengurangi nyut-nyutan di area yang cantengan.

4. Hindari dulu pakai sepatu hak tinggi atau sepatu yang agak sempit

Jika Anda ingin kuku kaki yang cantengan cepat sembuh, Anda harus menghindari pakai sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai kedua sepatu tersebut dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan.

Jika Anda tetap memakainya, maka rasa sakit akan semakin sering muncul dan cantengan jadi sembuh lebih lama. Maka itu, sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki yang longgar terlebih dulu hingga cantengan sembuh.